Kekurangan dan Kelebihan Cloud Mining dengan Hardware

Bitcoin menjadi mata uang yang sangat banyak diminati oleh banyak orang, bahkan beberapa perusahaan telah menggunakan sistem pembayaran menggunakan teknologi Bitcoin, lantas bagaimana cara kerja bitcoin sehingga bisa untuk di Mining ?. Para miners bitcoin bertugas untuk memecahkan kode atau memproses transaksi dengan mesin yang bisa memecahkan kode matematic yang diberikan oleh server, lantas apa perbedaanya ?

Baca Juga : Apa itu BitCoin dan Bagaimana Menggunakanya

Cloud Mining

Kekurangan dan Kelebihan Cloud Mining dengan Hardware
Image source : http://getbitcoinguide.com/wp-content/uploads/2015/08/cloud-mining.jpg
Pernah mendengar kata Cloud ? sebagian besar pastinya pernah. Cloud itu saya terjemahkan sebagai Virtual karena tidak nyata alias tidak berupa fisik. Cloud Mining dapat diartikan kamu menyewa hardware orang lain, atau membeli hardware dan dijalankan ditempat orang lain.

  • Bitcoinminer
  • Bitcoin mining equipment
  • Bitcoin mining server
  • Bitcoin mining computer
  • Mining for bitcoins

Cloud Mining

Menambang secara online atau sering disebut sebagai Cloud Mining adalah si penambang menyewa sebuah hardware atau perangkat keras kepada penyedia Cloud Mining, jadi seorang miner tidak perlu membeli sebuah hardware untuk melakukan aktifitas mining bitcoin seperti halnya sebagai investasi namun dalam dunia Crypto.

Apa keuntungan Cloud Mining ?


- Tidak perlu memikirkan biaya listrik 

Dengan menyewa sebuah hardware, kamu tidak perlu memikirkan biaya listrik karena semuanya telah di urus oleh penyedia cloud mining, jadi intinya disini kamu hanya terima gaji tanpa mengurusi atau memonitoring hardware, dan tak perlu khawatir akan mati listrik karena biasanya si penyedia mining online sudah ada backup sebuah listrik seperti menggunakan generator listrik dan juga memanfaatkan tenaga surya sebagai sumber listrik.

- Menghemat tempat ruangan

Tentu menyewa hardware mining atau cloud mining, kamu tidak perlu memikirkan space atau ruangan untuk penempatan sebuah hardware mining. Berbeda dengan mining menggunakan hardware dimana kamu harus menyiapkan ruangan khusus untuk tata letak alat miner, terlebih lagi ruangan juga harus ultra-dinging jika tidak di inginkan kerusakan cepat pada sebuah hardware.

Baca juga: Situs Cloud Mining Bitcoin Murah dan Terpercaya

- Tidak memerlukan hardware tambahan.

Tidak membutuhkan perangkat keras tambahan, beda halnya jika kamu memilih self-mining menggunakan hardware, komponen untuk membuat penambang bitcoin pribadi sangatlah banyak membutuhkan alat tambahan supaya menambang bisa berjalan (akan di ulas di artikel bawah).


- Langsung pakai

Seperti yang saya bilang tadi bahwasanya cloud mining hanya tinggal menyewa dan tinggal merasakan keutungan, karena sistemnya hampir sama seperti investasi atau saham, dimana jika kalian memiliki saham maka akan mendapatkan keuntungan seperberapa persen, tergantung modal yang kamu tanam dalam melakukan investasi.

Apa kekurangan Cloud Mining ?


- Rawan terhadap Scam

Sulit sekali mencari sebuah cloud mining yang dapat dipercaya, karena tidak seikit kasus dimana penipuan yang mengatas namakan "Cloud Mining" dimana pemilik website mining online palsu ini hanya membuat situs yang menawarkan pelayanan mining dan pada akhirnya jika sudah terima uang pemilik tiba tiba menghilang atau dengan alibi dimana situs yang dimilikinya terkena serangan hacker sehingga saldo para investor atau miner hilang.

- Biaya maintenance terkadang melebihi pendapatan

Selain rawan terhadap scam terkadang jika jumlah investasi mu sedikit atau menyewa hardware yang sangat murah akan mengakibatkan biaya maintenance atau perawatan melebihi jumlah penghasilan. Biasanya biaya maintenance ini dipakai untuk melakukan perawatan rutin terhadap hardware dan untuk mengganti jikamana ada hardware yang rusak, namun kembali lagi ke kerugian nomor satu, alibi ini bisa dimanfaatkan untuk menipu para miner.

Hardware Mining

Kekurangan dan Kelebihan Cloud Mining dengan Hardware
Image source : https://enshop.bitmain.com/userfiles/image/00320160331102450629H22A3Q3105C5.jpg

Berbeda dengan Cloud Mining, hardware mining adalah metode mine dengan membeli beberapa hardware khusus untuk mining bitcoin.

Sebagai Contoh :
- Antminer
- Power Supplier
- Route/Ethernet Cable
- PC/Komputer/Laptop
- Cooling/Kipas/Pendingin

Baca Juga : Beli & Trading Game Cepat dan Murah

Mining menggunakan Hardware

Menambang menggunakan hardware atau perangkat keras seperti Antminer, GPU, dan alat mining lainya, biasanya mining menggunakan hardware hanya dilakukan oleh para professional saja, karena harus benar benar menghitung pemasukan dan pengeluaran, meningat Diff atau tingkat kesulitan untuk mining sering berubah ubah, sehingga perlu memperhitungkan pengeluaran dan laba.

Apa Kelebihan pake Hardware ?


- Meminimalisir Scam

Berbeda dengan cloud mining bahwa menggunakan sebuah hardware dapat meminimalisir ternjadinya penipuan, karena perangkat keras benar benar ada didepan kita dan bisa disentuh. Kenapa juga bisa di juluki meminimalisir scam? Karena biasanya penyedia hardware mining seperti antminer sudah menyediakan situs pool untuk melakukan mining, sehingga tidak mungkin sekali situs besar untuk melakukan penipuan, meskipun terkadang terjadi penipuan yang dilakukan oleh situs besar.

Baca juga: Pengertian Scam dalam Bisnis Online

- Bisa di upgrade Hardware tergantung selera.

Jika modal sudah balik dan ingin mendapatkan pendapatan yang lebih banyak, kamu bisa mengupgrade atau menambah lagi jumlah alat mining sehingga dapat menghasilkan pendapatan yang sangat besar, tentu juga akan mengonsumsi sebuah energi listrik yang banyak. 


- Profit yang didapatkan lebih banyak.

Pendapatan yang didapatkan mungkin bisa lebih banyak daripada menggunakan jasa cloud mining, karena pendapatan benar benar sepenuhnya milik kamu tanpa dipotong biaya perawatan, karena yang merawat hardware mining juga kamu sendiri. Jadi bisa dikatakan lebih menghemat biaya perawatan.

Apa Kekurangan Hardware ?


- Untuk sekarang biaya listrik mahal

Karena kebanyakan yang menggunakan hardware pribadi adalah benar benar miner professional dimana mampu menghitung semua pengeluaran dan pemasukan, karena jika tidak benar benar dihitung akan mengalami bangkrut, dimana pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan. Mengingat biaya listrik yang sekarang mahal dan juga tingkat kesulitan untuk mining selalu meningkat, namun jika ingin mengatasinya adalah berinovasi menggunakan listrik tenaga surya untuk menjalankan alat mining. 

- Banyak alat atau hardware yang harus dibeli

Memiliki alat tambang pribadi lebih cenderung kepada hardware, bawasanya kamu harus menyediakan sebuah alat tambahan seperti unit komputer yang sangat wajib dimiliki untuk mengoprasikan jalanya mining dan juga alat tambahan seperti kabel, rig, router dan masih banyak lagi. Terlebih lagi harus memikirkan tentang tagihan internet, karena untuk melakukan mining dibutuhkan sebuha koneksi internet. 

Baca juga: Agen Pulsa All Operator dan Voucher Game Online Murah Terpercaya


- Membutuhkan ruang dan uang yang banyak

Tentu jika ingin membangun alat miner pribadi sangat banyak sekali ruangan yang dibutuhkan begitu juga pengeluaran uang. Untuk membuat ruanganya saja sudah menghabiskan puluhan juta, belum untuk membeli alat miner yang harganya juga tidak main main, bisa mencapai lima hingga 50 juta untuk alat minernya.

Kesimpulan
"Aktifitas mining adalah perkerjaan memecahkan alur matematika dalam transaksi setiap bitcoinya yang disebut dengan miner, barang siapa yang berhasil memecahkan alur matematika akan mendapatkan reward berupa bitcoin. Baik dari Cloud mining hingga self-mining menggunakan hardware pasti memiliki segala kekurangan dan kelebihan, tinggal dari kita untuk memanajemen dan ingin menggunakan yang mana."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel