Pengertian Scam dan Legit dalam Bisnis Online

Pernahkan kamu mendengar kata Scam dalam sebuah forum dalam bisnis online? Biasanya kata ini sering digunakan ketika seseorang atau sebuah media sedang mengulas suatu bisnis online, baik seperti cloud mining atau penyedia iklan dalam blog. Lantas apa pengertian dari scam?

Pengertian Scam dalam Bisnis Online

Pengertian Scam

Scam atau bahasa mudahnya adalah Penipuan, dimana seseorang atau organisasi telah menipu client atau orang lain. Sebagai mana contoh terdapat sebuah website dimana ketika kita memasang sebuah aplikasi pada smartphone kita dan kemudian ketika aplikasi terpasang dengan otomatis akan mendapatkan reward berupa poin yang dapat ditukarkan dalam bentuk uang (misalnya). Bukan hanya aplikasi saja, bahwa scammer game juga ada.

Namun begitu pengguna ingin menukarkan hadiah tersebut, pihak website tidak memberi hadiah atas pemasangan sebuah aplikasi. Kasus tersebut bisa dikatakan adalah SCAM atau tindakan penipuan. Biasanya istilah Scam sering digunakan pada dunia elektronik atau dunia maya demi mendapatkan keuntungan tertentu. Perlu di ingat bahwa Scam berbeda dengan Spam.

Banyak sekali kejahatan dunia maya yang bisa menghapiri kita, bahkan terdapat kejahatan lain seperti Phising, carding dan masih banyak lagi. Sebagai referensi untuk mencegah kamu terkena kejahatan dunia maya bisa membaca dua artikel dibawah ini.

2. Apa itu Carding ? Sisi Gelap Internet atau Kejahatan Dunia Cyber

Pengertian Legit

Tidak perlu dijelaskan tadi bahwa Legit adalah kebalikan dari Scam, dimana memberikan simbol Terpercaya yang mana membayar kepada pengguna yang telah melakukan sebuah pekerjaan (memasang sebuah aplikasi contohnya).

Seperti halnya salah satu situs untuk melakukan penukaran pulsa online yang sudah saya review menghasilkan ulasan yang positif atau legit, bisa membaca pada Menukarkan Pulsa Menjadi Uang Dengan Mudah, disitu saya sudah melakukan uji coba dan ternyata sangat terpercaya.

Dunia Maya sebenarnya adalah tempat yang sangat cocok untuk melakukan tindakan kejahatan, karena mengingat tidak saling bertatap muka, mudah saja untuk melakukan kejahatan salah satu contonya adalah tindakan SCAM atau penipuan. Bahkan di Indonesia sendiri sudah terdapat UU ITE dimana terdapat hukum akan penggunaan elektronik dunia maya.

Beberapa tips untuk menghindari scam dan mencari yang legit

Sebenarnya untuk mengindari sebuah web atau perusahaan yang scam dan mencari yang legit ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni;

1. Baca berita atau ulasan

Hal yang pertama yang dilakukan adalah memeriksa sebuah ulasan atau review mengenai sebuah website atau perusahaan. Bisa dilakukan dengan bantuan mesin pencari Google seperti memasukan sebuah keyword "nama perusahaan/webiste SCAM LEGIT" sebagai contoh saya menemukan sebuah website advertisement blog yang bernama Popcash, dan kemudian saya ingin melihat ulasan apakah adnetwork maka saya mengetikan sebuah kata kunci di google "popcash SCAM LEGIT" maka akan terdapat banyak sekali ulasan mengenai web atau perusahaan tersebut.

2. Periksa website

Mungkin jika ingin mengetahui detail sebuah web atau perusahaan kamu bisa melihat dan memeriksa website tersebut, ada beberapa hal yang perlu kamu teliti meskipun terlihat sepele namun sangat berpengaruh untuk menentukan reputasi sebuah website seperti memeriksa kelengkapan menu Contact, Disclaimer, Tahun Copyright dan juga akun sosial akan menambah reputasi kepercayaan sebuah website.

Namun untuk website atau sebuah perusahaan yang baru saja landing atau baru dibuat, sangat sulit untuk menentukan reputasi kepercayaanya karena belum terdapat sebuah ulasan. Kalau dulu saya sendiri untuk menentukan reputasi sebuah website saya mencobanya sendiri, meskipun jika perusahaan tersebut scam saya akan rugi, namun mencoba juga tidak ada salahnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel