Cara Agar Baterai Smartphone Mengisi Penuh Dengan Cepat

Cara Agar Baterai Smartphone Mengisi Penuh Dengan Cepat
Sebuah smartphone pasti membutuhkan suatu daya dari baterai, sering kali baterai cepat habis dan untuk melakukan pengisian daya atau charging dibutuhkan waktu yang sangat lama (biasanya 1-2jam) hingga baterai sepenuhnya terisi. Bagi kamu yang termasuk orang sibuk mungkin 1-2jam terasa sangat lama, terlebih lagi pekerjaan yang kamu lakukan sangat membutuhkan smartphone.


Namun tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara agar pengisian daya bisa dilakukan secara cepat bahkan dalam keadaan smartphone masih digunakan. Namun perlu diketahui juga, semakin besar kapasitas sebuah baterai maka juga semakin lama pengisian yang dilakukan dan semakin lama juga penggunaanya.

1. Matikan Smartphone / Handphone
Cara paling sederhana dan paling basik adalah melakukan pengisian daya dalam keadaan smartphone mati, metode ini sangatlah ampuh untuk mempercepat proses pengisian karena smartphone tidak dalam mode bekerja, perlu diketahui juga penyebab pengisian baterai yang sangat lama adalah terdapat banyak sekali aplikasi yang berjalan pada saat smartphone dihidupkan, sehingga mengonsumsi daya baterai yang cukup banyak, maka dari itu mematikan proses aplikasi / smartphone dapat mempercepat pengisian daya pada baterai.

2. Mematikan Aplikasi Yang Tidak Terpakai
Seperti yang sata bilang tadi, aplikasi berjalan adalah penyebab sebuah pengisian daya melambat, maka dari itu untuk mempercepat pengisian baterai juga dapat dilakukan dengan cara menghentikan secara paksa aplikasi yang tidak sedang kita gunakan, kebanyakan aplikasi yang mengonsumsi daya baterai yang banyak adalah Facebook, Instagram, dan aplikasi lainya.

3. Menggunakan Mode Pesawat
Selain sebuah aplikasi yang mengonsumsi daya baterai yang banyak, ternyata sebuah sambungan koneksi internet juga membutuhkan daya yang cukup besar juga, pernahkah kalian merasa ketika menyalakan sebuah data internet atau koneksi internet kemudian smartphone menjadi lebih hangat atau bahkan panas? Kondisi ini disebabkan karena smartphone yang digunakan mengirimkan sebuah data secara terus menerus keinternet sehingga mau tidak mau smartphone terus bekerja meskipun dalam keadaan layar mati.

Mode pesawat ini dapat dimanfaatkan untuk mempercepat proses pengisian karena seperti yang diketahui bahwa mode pesawat berguna untuk mematikan seluruh aktifitas smartphone yang menggunakan jaringan internet seperti akses internet data, wifi, bluetooth dan lainya. Namun efek dari penggunaan ini kamu tidak bisa mengakses sebuah jaringan internet atau berinteraksi dengan smartphone lainya.

4. Jika Ingin Mengakses Internet, Sebisa Mungkin Menggunakan WiFi
Mungkin  dalam melakukan charging tanpa menggunakan internet adalah suatu yang cukup aneh, mengingat sekarang pengguna smartphone sebagian besar menggunakan agar terhubung dalam sebuah internet, namun ntah kenapa jika menggunakan jaringan WiFi hanya mengonsumsi baterai yang sangat sedikit dari pada menggunakan Celluler Data atau Paket Data. Mungkin bisa ditanyakan kepada teman kalian yang paham tentang jaringan WiFi.

5. Jangan Sambil Digunakan, NGEGAME TERUTAMA!
Ketika orang bingung kenapa pada saat charging membutuhkan waktu yang sangat lama, ehh ternyata pada saat melakukan pengisian daya baterai digunakan untuk bermain game, perlu di ingat atau diketahui bahwa aktifitas bermain game dalam smartphone membutuhkan daya baterai yang sangat banyak, karena dengan bermain game akan memaksa perangkat keras (hardware) seperti prosesor, gpu dan lain lain untuk bekerja keras. Tentu aktifitas ini akan sangat mengonsumsi sebuah daya baterai dengan cepat, sehingga akan menghambat proses pengisian.

6. Gunakan Charger Original (charger bawaan)
Menggunakan sebuah charger Original dari smartphone akan membantu dalam pengisian daya baterai menjadi lebih cepat, karena charger original dari bawaan didesain khusus dan sangat kompatibel pada saat pengisian sebuah baterai. Mungkin pernah mendengar atau mengalami sebuah kasus sebuah smartphone sedang dicharger namun bukanya bertambah daya malah daya dalam baterai berkurang. Hal itu disebabkan karena charger tidak cocok baik dalam input maupun output sebuah daya listrik yang masuk kedalam baterai.

Mungkin hanya itu saja cara agar pengisian baterai menjadi lebih cepat, mungkin dalam sebuah smartphone juga terdapat fitur Power Saving Mode yang berguna untuk membantu dalam penggunaan baterai (lebih awet) maupun mempercepat sebuah pengisian daya, Tidak Disarankan untuk mendownload sebuah aplikasi untuk menghemat baterai, karena menurut penelitian yang belum dilakukan, aplikasi tersebut bukan mempercepat pengisian malah memperlambat pengisian baterai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel