Bagaimana Cara Menjadi Manajer dan Memimpin Yang Baik

Bagaimana Cara Menjadi Manajer dan Memimpin Yang Baik
Menjadi manajer yang baik dan dapat memimpin tim dengan benar akan membuat pekerjaan jauh lebih efisien dan produktif. Cara memimpin ini juga dapat mempengaruhi kualitas minset seseorang dan juga memberikan motivasi untuk membuat kualitas pekerja menjadi lebih tinggi.

Banyak menajer yang memiliki ego yang tinggi dimana memaksakan kehendaknya untuk mencapai tujuan yang menurutnya ideal, memaksa bukanlah cara untuk memimpin dengan benar karena justru membuat mental dan pikiran tertekan. Untuk itu ada beberapa hal yang ingin kita bahas yang mungkin dapat membantu untuk menjadi manajer atau pemimpin yang baik.

Lantas bagaimana cara membuat tim menjadi lebih Efisien dalam produktifitas?

Pertama perlu kita pahami apa itu Efisien menurut KBBI:

  1. (Sebuah sistem atau mesin) yang memaksimalkan produktifitas dengan usaha atau biaya yang minimum / sedikit.
  2. (Seseorang) yang bekerja dengan baik dan kopeten.

Seperti yang bisa kamu lihat bahwa efisiensi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari baik dari setiap individu maupun dalam sebuah tim. Terkait dilingkungan bisnis pasti akan sangat menguntungkan jika efisiensi bisa diterapkan dalam tim dimana akan meningkatkan produktifitas dan kualitas tanpa membuang waktu dan banyak uang.

Pertama ada beberapa hal yang perlu diketahui apakah tim kamu:

  1. Terorganisi / Tersruktur
  2. Mampu Bekerja sama
  3. Mampu bekerja dilingkungan kondusif
  4. Orang yang terlatih (skilled)
  5. Mudah diberi Motivasi
  6. Memiliki Visi dan Tujuan yang sama

Apakah dalam tim kamu sudah memiliki semua itu? Tenang jika tidak juga tidak dipermasalahkan karena kita juga bisa belajar dari kesalahan maupun kegagalan dalam kehidupan. Berikut adalah beberapa cara untuk membangun sebuah tim kerja dan bagaimana cara memanajemen kepemimpinan dengan benar:


Optimalkan Kerja dan Hargai Sebuah Proses

Jangan memulai sesuatu hal yang besar pada sebuah tim yang baru saja dibuat atau yang baru kamu pimpin, karena hal kamu belum mendapatkan kepercayaan dari masing masing individu, lakukan mulai dari hal yang kecil dan mudah terlebih dahulu.

Baca juga: Panduan Cara Optimasi SEO Video di Channel YouTube Lengkap

Sebelum memulai suatu pekerjaan, beritahu kepada tim kamu agar selalu menghargai sebuah proses dan lakukan secara optimal / maksimal agar kita bisa belajar dari pengalaman, dari sini kita akan mengetahui kekuatan dan kemampuan dari setia individu dan mengenali kelemahan atau kekurangan mereka, apakah mereka mampu bekerja dengan baik, apakah mereka tanggung jawab?

Gunakan sebuah note atau catatan untuk mencatat hasil identifikasi segala permasalahan yang ada, dan mencoba untuk menemukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut, karena bagaimanapun untuk mencapa sebuah keberhasilan dibutuhkan sebuah proses.


Selalu Bekerja Sama Dengan Tim

Seperti yang dikatakan Mantan Presiden Amerika Serikat yang bernama Abraham Lincoln:

"Jika aku memiliki waktu enam jam untuk menebang sebuah pohon, saya akan menghabiskan waktu sebanyak empat jam untuk mengasah kapak."

Pedoman itu sering diterapkan dalam perusahaan besar dimana menajamkan atau melakukan orientasi / pelatihan kepada calon karyawan agar berkompeten dalam bidang kerja, daripada merekrut banyak orang namun justru mengurangi efisiensi kerja.

Dalam melakukan pelatihan diperlukan sebuah kerjasama dan saling pengertian satu sama lain agar terciptanya suatu kepahaman yang sama. Untuk melakukan orientasi kamu bisa memberikan pekerjaan yang ringan terlebih dahulu. Tentu! kamu harus mendampingi agar dapat membantu ketika mendapatkan masalah atau kesulitan, darisini-lah kerja sama bisa terbangun meski dalam masa pelatihan.

Tips: Selalu menekankan betapa pentingnya kerja sama.


Melakukan Pertemuan Teratur

Setiap tim pasti memiliki perbedaan dengan tim lain,dan tidak bisa dipaksakan untuk mengikuti aturan yang sama, maka dari itu selalu mengadakan pertemuan agar bisa lebih mengenal karakter dari setiap individu.

Namun jangan mengadakan pertemuan secara terus menerus ketika membahas topik yang masih sama, karena akan membuat jenuh pada saat pembahasan. Tim kamu membutuhkan waktu untuk menyelesaikan suatu hal. Namun mengadakan meeting ini adalah hal yang baik dan paling efisien untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat.

Baca juga: Pengertian dan Ciri Macam Macam Surat

Mencoba untuk pendekatan dan pastikan tim kamu mengetahui bahwa kamu sedang mencari bagaimana cara untuk meningkatkan efisiensi kerja meskipun itu hanya sebesar 1%. Seperti kata pepatah bahwa sedikit sedikit lama lama menjadi bukit.


Fokus Pada Satu Hal Dahulu

Setiap hari pasti selalu terdapat pekerjaan yang sangat banyak, saking banyaknya sampai tidak cukup waktu untuk menyelesaikanya. Katakan kepada tim kamu agar selalu fokus untuk menyelesaikan pekerjaan yang bisa dianggap besar atau memiliki dampak yang besar untuk kedepanya.

"Akan lebih cepat mengisi ember dengan batu besar daripada kerikil"

Istilah jika diterjemahkan yakni Batu adalah Pekerjaan dan ember adalah pendapatan. Dengan menjaga konsisten dalam bekerja akan membuat efisiensi tercipta.

Namun kebanyakan orang akan selalu mengerjakan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu, hal ini tidak masalah karena setiap individu memiliki sifat dan cara berfikir yang berbeda, namun kamu harus selalu memantau orang yang selalu mengerjakan pekerjaan ringan ini, akan tetapi jika orang tersebut tidak menyelesaikan tepat waktu bisa dianggap sudah tidak berkompeten untuk bekerja.


Menganalisis Komposisi dalam Tim

Menganalisis komposisi dalam sebuah tim untuk bekerja sangatlah penting bahkan sangat berdampak dalam menciptakan efisiensi dalam bekerja. Perhatikan tim kamu baik dari Individu maupun beberapa grup. Apa yang keunggulan setiap individu atau tim? Apakah skill setiap individu dapat aplikasikan dalam tim? Siapa yang tidak memiliki keahlian?

Jika kamu sudah mengetahuinya kamu bisa mencatat dan mulai membuat struktur tim, karena tidak ada orang yang mampu berkerja sendiri. Pastikan komposisi dan struktur tim seimbang supaya jika salah satu seseorang tidak bisa masih ada orang lain yang bisa membantunya, intinya membuat komposisi tim bertujuan untuk saling melengkapi.

Tips! Perlu diketahui bahwa kekurangan bukanlah kelemahan, karena itu hanyalah sebuah skill yang tidak dimiliki oleh tim kamu. Hargailah sebuah proses karena sejatinya kemampuan akan terbentuk atau diperoleh melalui proses dan pengalaman. Jangan pernah menyudutkan orang yang memiliki kekurangan karena akan menyebabkan depresi yang akan menurunkan kemampuan bekerja.


Berikan Sebuah Latihan / Pelatihan

Jika ingin membuat orang dalam tim kita memiliki kemampuang yang tinggi, latihlah mereka dengan konsisten atau terus menerus. Tim kamu pasti akan mengapresiasi kamu karena telah meluangkan waktu untuk mengajari skill baru kepada mereka, cara ini sangatlah efektif untuk menciptakan efisiensi dalam bekerja.

Meskipun kamu tidak dapat melatih mereka, kini jamanya teknologi dimana kursus bisa dilakukan dengan online, manfaatkan fitur yang sudah disediakan dalam internet seperti halnya adalah kursus bahasa asing, bagaimana cara mengedit meskipun sebagian ada yang harus membayar namun tidak sedikit juga yang disediakan secara gratis.

Baca juga: Cara Belajar Bahasa Inggris dan Asing Cepat (GRATIS)

Tak lepas juga agar selalu membuat suasana yang nyaman dan menyediakan lingkungan yang sehat, karena hal ini mempengaruhi kondisi kesehatan baik psikologi maupun fisik.


Merekrut Orang Yang Tepat

Jika kamu tidak bisa meningkatkan skill atau melatih tim, mungkin untuk kedepanya kamu bisa merekrut atau mencari orang yang memiliki kemampuan sesuai dengan yang dibutuhkan. Memang sangat sulit untuk mencari orang yang benar benar memiliki kemampuan yang tinggi, namun bisa dicari dengan cara menyeleksi dengan ketat meliputi aspek yang harus dipenuhi untuk bergabung ke dalam tim.

Sebagai contoh beberapa aspek yang harus dipenuhi untuk dapat bergabung dalam tim kamu:

  • Menguasai Bahasa Inggris baik tertulis atau lisan
  • Mampu menggunakan program Adobe After Effect
  • Mampu mengoperasikan komputer dan jaringan
  • Mampu berbicara didepan publik

Mungkin juga bisa ditambahkan dalam segi kesehatan calon pekerja ataupun kepribadian yang dimiliki. Akan sangat terbantu jika kamu memiliki teman atau kerabat yang memiliki kemampuan untuk menyeleksi orang, jangan pernah takut untuk meminta kepada teman atau kerabat yang kamu miliki.

Mencoba metode pengakuan karyawan untuk melihat kinerja dalam tim. Tidak semua pengakuan atau apresiasi harus dengan uang, karena masih ada hal lain yang bisa diberikan semisalnya sebuah barang.

Namun meskipun kemampuan yang dimiliki sangatlah hebat belum tentu dapat bekerja dengan baik dalam sebuah tim, maka dari itu sangatlah penting untuk mengatur struktur komposisi dalam tim.


Menentukan Tujuan Sebuah Tim

Setiap tim harus memiliki sebuah tujuan, baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Pastikan tujuan jelas dan orang orang dalam tim kamu paham apa tujuan utama tim yang ingin dicapai, misalnya menggiati bidang Internet Marketing, maka kamu dan tim kamu harus fokus dalam bidang Internet Marketing atau sering juga disebut IMers.

Tujuan yang jelas juga akan mendorong para individual untuk bekerja keras dan sadar betapa penting pekerjaan mereka bagi bisnis yang dijalani.

Ketahuilah bahwa orang biasanya suka mendengar atau saran langsung dari CEO atau Manajer diperusahaan tentang kinerja dipandangan CEO atau Manajer, beritahu dari sisi pandang kamu tentang bagaimana kinerja mereka sehari hari, seberapa banyak mereka berkontribusi terhadap petumbuhan perusahaan dan sebagainya.


Tingkatkan Moral dan Berfikir Positif

Pengakuan keunggulan bukan hanya dipandang dari kemampuan, namun bisa dilihat dari kinerjanya apakah mampu meyelesaikan tugas tepat waktu dan apakah mampu untuk bekerja keras?

Dulu pernah saya membaca sebuah artikel dalam internet yang menyatakan:

"Tidak perduli sebagus talentanya, sepintar atau selemah apapun seseorang jika tidak berusaha maka tidak akan berhasil, orang berhasil itu karena bekerja keras"

Luangkan waktu untuk mengenali keunggulan tim dari berbagai macam pekerjaan kecil maupun besar, serta tingkatkan moral mereka agar selalu menjadi individu yang baik untuk kedepanya. Berfikir positif adalah kuncinya.

Baca juga: Blogger? 11 Aplikasi Untuk Membantu Mengelola Blog di Android

Meningkatkan moral dapat dilakukan mulai dengan hal yang kecil seperti mengucapkan Terimakasih ketika telah diberi bantuan, atau mengucapkan selamat pagi, siang, sore, malam pada awal atau akhir pertemuan. Selalu memberikan apresiasi kepada orang yang bekerja keras dan memberikan semangat untuk orang yang kurang baik kinerjanya.


Kesimpulan

Jika bisa disimpulkan mungkin hanyalah selalu bersabar dan hargai proses, semua tidak ada yang instant dan butuh yang namanya pelatihan, semua orang pernah gagal dan membuat kesalahan namun dari kesalahan itu kita mampu belajar agar lebih baik kedepanya.

Jika salah satu orang dalam tim memiliki kekurangan, janganlah pernah untuk menindas, atau mendeskriminasi, karena dalam tim semua saling melengkapi, semua saling menutupi kekurangan masing masing.

Mengenali keunggulan dalam tim juga akan membantu untuk suatu proyek kedepanya, semisal tim memiliki keunggulan dibidang pemasaran internet (internet marketing) maka ketika ada proyek yang berkaitan langsung ambil dan dikerjakan.

Referensi:
- https://kbbi.web.id/efisien (Apa itu efisien?)
- https://id.wikipedia.org/wiki/Kerja_sama (Pentingnya kerja sama)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel