Cara Menghindari Copyright (Hak Cipta) Video YouTube, Terbaru!

Mengatasi Peringatan (Strike) perihal Hak Cipta atau Copyright dalam pada video YouTube ternyata mudah asalkan bermain adil (fair-use) penggunaan karya. Pada dasarnya suatu karya baik musik, gambar, video maupun visual lainya memiliki lisensi hak cipta.

Cara Menghindari Copyright (Hak Cipta) Video YouTube, Terbaru!

Hak Cipta atau Copyright tidak asing lagi ditelinga para konten kreator YouTube, terutama untuk kreator yang menggunakan banyak sekali visual baik berupa musik maupun video.

Pihak YouTube sangat melarang secara tegas bahwa tidak boleh menggunakan karya milik orang lain tanpa seijin pemilik, jika tidak nanti akan diberikan sebuah peringatan atau Strike.

Pelanggaran Hak Cipta (Strike) tentu akan berpengaruh pada reputasi channel YouTube, tentu jika melanggar lebih dari 3x maka berakibat akun akan ditangguhkan sampai dibanned.

Tentu masalah copyright menjadi momok menyeramkan bagi konten kreator, terutama para reuploader atau sebuah video yang menggunakan video orang lain sebagai pendukung visual.



Tenyata hal ini tidak hanya terjadi pada YouTube saja, melainkan sosial media besar seperti Facebook, Instagram, Twitter sampai Blogger juga menggunakan sistem ini, dan pinalti yang diberikan ketika melanggar juga hampir sama.

Meskipun begitu, ada gak sih cara menghindari copyright pada video di YouTube? Jawabanya ADA. Semua hal dalam Internet tentunya bisa diakali dengan sejuta macam cara, sebut saja metode manipulasi.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara memanipulasi sebuah video, musik dan gambar agar tidak terkena pelanggaran hak cipta youtube mudah.


Penyebab Pelanggaran Hak Cipta (Copyright) 

Sebelum menuju ke pokok pembahasan, alangkah baiknya mengetahui penyebab terjadinya pelanggaran hak cipta, karena mungkin masih banyak orang belum mengetahui penyebab aslinya karena apa.

Mengetahui penyebab juga bermanfaat agar bisa mengidentifikasi permasalahan agar tidak terjadi pada hari & konten selanjutnya, karena segala hal pelanggaran (strike) akan berakibat buruk bagi reputasi sebuah channel.


Menggunakan Musik/Video/Gambar Berlisensi

Sebuah karya visual baik bentuk Musik, Video maupun Gambar memiliki sebuah hak cipta, mesin dan pihak YouTube sangat memproteksi secara ketat segala hal berhubungan dengan hak cipta.

Contoh Kasus 1

Wega sangat suka segala hal berbau Jepang salah satunya adalah Manga (komik buatan jepang), Wega menghabiskan waktu lebih dari 3 jam seharinya untuk membaca Manga.

Dikarenakan Manga Go Toubun no Hanayome memiliki banyak penggemar, maka Wega berfikiran untuk membuat channel YouTube membahas tentang Manga Go Toubun. 
Cara Menambah Subcriber YouTube Melalui Aplikasi dan Website
Jika sebuah video hanya berisikan suara saja tentu tidak enak dilihat oleh para penonton, maka Wega mengambil gambar dari Manga (Full-Page) agar dapat membantu memvisualisasikan pembahasan.

Analisis Kesalahan: Manga Go Toubun no Hanayome diterbitkan oleh perusahaan Kodansha, tentu segala hak cipta berada dikenali penuh Penerbit dan Penulis.

Jika Wega menggunakan Gambar dari Manga Go Toubun dengan otomatis akan terkena klaim hak cipta dari perusahaan Kondansha ataupun agensi lisensi perusahaan (meskipun hanya mengambil sebuah gambar saja).

Contoh Kasus 2

Fina adalah pecinta drama korea, setiap ada waktu senggang dia selalu menonton drama korea, dikarenakan Drakor memiliki sebuah cerita romantis dimana dapat membuat tangis ke penonton.

Sama seperti Wega, Fina juga berfikiran untuk membuat channel YouTube dimana membahas segala hal tentang Drama Korea, terkait berita terbaru aktor, rekomendasi drama korea, dan gosip terbaru.

Video pertama, Fina ingin mengunggah tentang Rekomendasi drama korea romance, tentu untuk memvisualisasikan dibutuhkan cuplikan gambar atau video. Fina pun memutuskan menggunakan video dari Drakor berjudul Goblin.

Analisis Kesalahan: Goblin adalah serial Korean Drama yang diterbitkan tvN dan diproduksi oleh Studio Dragon. Tentu jika Fina menggunakan video dari serial Goblin langsung akan terdeteksi melanggar hak cipta secara otomatis oleh mesin YouTube.

Fina akan mendapatkan dua jenis pelanggaran, yakni menggunakan video milik orang lain, sekaligus mendapatkan peringatan menggunakan musik yang terdapat pada film tersebut.

Ketika sebuah konten atau visual mengandung hak cipta, kamu hanya akan diberikan dua pilihan, yakni tetap bisa mempublikasikan video namun tidak dapat mendapatkan pemasukan dari iklan, pendapatan ini nantinya akan diberikan kepada pemilik hak cipta.

Pilihan kedua yakni menghapus video tersebut atau menghilangkan bagian yang melanggar hak cipta, seperti mengganti musik, menghapus video, dan lain lain.

Alangkah baiknya untuk meninggalkan konten berbau hak cipta, karena sangat berbahaya bagi kelangsungan sebuah channel maupun website. Ingin tau bahayanya? Simak dibawah ini;


Bahaya Mendapatkan Strike Peringatan

Mendapatkan teguran hak cipta tentu memiliki dampak pada reputasi sebuah website maupun channel YouTube, maka dari itu kreator harus berhati hati agar terhindar dari strike YouTube.

Jika kamu terkena Strike (Peringatan) baik dalam Pelanggaran Hak Cipta atau Melanggar Pedoman Komunitas dengan otomatis akan mengurangi reputasi channel.

Pemilik Channel akan mendapatkan hingga maksimal 4 kali peringatan. Jika melanggar lebih dari 4 kali maka channel akan ditangguhkan sampai dibanned. Tentu akibatnya sangat fatal jika tidak berhati hati.

Pada saat penangguhan channel biasanya pemilik melanggar lebih dari dua kali, dalam masa penangguhan itu kreator tidak dapat mengunggah video pada YouTube selama 3 bulan atau tenggat waktu yang telah ditentukan.

Tak perlu khawatir karena dalam waktu 3 bulan dengan otomatis channel akan membaik dengan sendirinya, perumpamaan sederhananya seperti diskors selama 3 bulan, setelah masa penangguhan habis maka reputasi channel akan kembali seperti semula.

Intinya pihak YouTube juga sayang terhadap kreator yakni memberikan peringatan dan penangguhan terlebih dahulu, tidak semena mena langsung menghapus channel YouTube.



Cara Memanipulasi Copyright

Sudah saatnya membahas mengenai bagaiamana cara memanipulasi copyright pada sebuah konten. Langkah untuk melakukan manipulasi tentu membutuhkan bantuan beberapa aplikasi baik pada perangkat komputer maupun android.


Memanipulasi Gambar

Melakukan manipulasi terhadap foto maupun gambar sangat ampuh digunakan untuk mengindari pemindaian copyright oleh mesin YouTube. Salah satunya adalah mengubah warna, menghapus beberapa bagian maupun melakukan penggambaran ulang.

Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi seperti;

  1. Adobe Lightroom CC Full Preset
  2. PicsayPro Premium

Dengan bantuan aplikasi android editing foto diatas dapat digunakan untuk memanipulasi sebuah foto, mulai dari color grading hingga menghapus beberapa bagian seperti mengganti background, atau menambahkan suatu objek.

Metode Manipulasi Foto:

  1. Menghapus Background atau Objek lain
  2. Menambahkan Objek (Watermark)
  3. Mengubah Struktur Foto (Rotate dan Crop)
  4. Menambahkan Filter / Frame (Mengubah Struktur Warna) 

Menambahkan efek seperti salju atau bunga sakura terbukti juga mampu menghilangkan peringatan copyright pada channel YouTube, tinggal bereksperimen saja intinya.


Memanipulasi Video
Tak jauh berbeda dengan gambar, ternyata sebuah video juga perlu dimanipulasi agar tidak terdeteksi oleh sistem, metodenya juga hampir sama yakni bisa menghilangkan beberapa bagian atau menambahkan objek seperti memberika watermark.

Bisa menggunakan aplikasi editing video seperti:


  1. Kinemaster PRO
  2. Adobe Premier PRO
  3. Sony Vegas

Beberapa metode manipulasi yang bisa digunakan:

  1. Mengambil cuplikan tidak lebih dari 10 detik
  2. Melakukan color grading (mengubah struktur warna)
  3. Menggunakan Frame (tidak menampilkan keseluruhan)
  4. Memberikan Watermark
  5. Menggunakan Effect Salju, Bunga Sakura, dan lain lain

Intinya melakukan manipulasi agar sebuah visual tidak mirip dengan visual aslinya. Meskipun hanya berbeda sedikit namun dapat menghindari pemindaian oleh mesin.


Memanipuasi Audio

Memanipulasi sebuah Audio mungkin tergolong cukup mudah, karena kamu bisa melakukan remix atau menambahkan instrumen lainya seperti suara gendang, drum, gitar atau mencover dengan suara sendiri.

Males melakukan semua itu? Tenang bisa juga melakukan editing audio seperti menaikan sebuah Pitch (nada) atau juga bisa menggunakan versi Nightcore / Versi musik audio dipercepat.
Panduan Cara Optimasi SEO YouTube pada Channel Mudah!
Masih banyak software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk memanipulasi visual agar tidak terdeteksi oleh mesin, beberapa diantaranya aplikasi diatas.


Cara Mendeteksi Suatu Hak Cipta

Sangat perlu sekali mendeteksi suatu hak cipta agar video dapat menghasilkan uang atau dimonetisasi. Namun adakah suatu alat atau aplikasi untuk mendeteksi suatu hak cipta?

Perlu diketahui bahwa pihak YouTube sedang mengembangkan sebuah AI (Artificial Intelligence) bertugas untuk mendeteksi konten duplikat dan mengandung hak cipta, mesin ini bernama Copyright Match Tool YouTube.

Namun ada beberapa cara agar dapat terdeteksi oleh mesin bahwa konten mengandung hak cipta. Sebenarnya trik ini tergolong trik lama namun masih bisa digunakan dengan baik hingga sekarang.

Cara Mendeteksi Suatu Hak Cipta

Pertama kamu unggah terlebih dahulu video kedalam Studio YouTube, dan jangan dipublikasikan terlebih dahulu selama kurang dari seminggu (semakin lama semakin baik).

Hal ini agar Mesin Pendeteksi Hak Cipta melakukan pemindaian secara penuh terhadapat konten yang kamu upload pada channel YouTube. Biasanya konten mengandung copyright akan mendapatkan logo Copyright.

Begitu juga sebaliknya, jika konten bersih tidak mengandung Copyright maka kamu sebagai kreator tidak akan mendapatkan teguran atau peringatan terkait masalah copyright.

Setelah mengetahui video bersih tanpa perlu khawatir bisa langsung dipublikasikan agar dapat ditonton oleh Subcriber Channel YouTube. Namun alangkah baiknya tetap menggunakan konten bebas copyright, gimana cara mencarinya? simak BAB dibawah ini.


Situs Download Musik, Video, Gambar Bebas Copyright 

Jangan khawatir, karena terdapat sebuah material baik bentuk musik, video, gambar dan animasi dimana dapat digunakan secara gratis tanpa perlu khawatir akan terkena claim copyright.


Download Musik Gratis (NonCopyright)

Musik menjadi komposisi wajib pada setiap video, karena mampu menggambarkan suasana pada kejadian. Seperti jika suasana sedih iringan musik slow, saat bahagia, gembira dan masih banyak lagi.

Kamu dapat mendapatkan musik secara gratis dengan label NonCopyrightSong atau musik royaliti lainya. Namun dengan catatan mencantumkan (credit title) pada deskripsi.


1. YouTube Audio Library

Pada YouTube Audio Library kamu sudah disediakan dengan banyak sekali musik dapat diunduh secara gratis tanpa perlu khawatir akan Copyright karena pihak YT sendiri yang memberikan musik ini.

YouTube Audio Library


Silahkan kunjungi Audio Library dan dapatkan berbagai macam berkas audio baik dalam musik, istrumen, maupun sound effect gratis. Saya sendiri menggunakan Audio Library Official untuk memperindah konten dichannel.

2. NonCopyrightSong

Sebuah channel youtube NonCopyrightSong atau lebih dikenal sebagai NCS. Mungkin tidak asing lagi dengan NCS karena banyak YouTuber Gaming menggunakan musik ini sebagai latar belakang musik ketika sedang bermain game.

Meskipun bukan Official dari YouTube, namun dapat digunakan secara gratis. Kunjungi NCS – Free Music dan pilih lagu kesukaan kamu, namun perlu diketahui bahwa kamu harus menyertakan credit title pada deskripsi.

Masih banyak penyedia audio gratis seperti Bendsound dan Royaliti lainya. Namun sangat disarankan mencoba kedua rekomendasi diatas agar terhindar dari sebuah teguran.


Unduh Gambar Gratis (Free-use)

Visual Pendukung agar konten tidak membosankan yakni dengan cara menampilkan sebuah visual gambar. Tentu dengan dukungan foto penjelasan akan lebih mudah dipahami oleh penonton.
Solusi Masalah Tab Monetisasi YouTube Dinonaktifkan Terbaru!
Berikut adalah situs untuk mengunduh stock Gambar / Foto gratis dan bisa digunakan sebagai konten pada channel youtube:

1. Pixabay

Temukan sebuah gambar dan video gratis namun berkualitas hanya di Pixabay. Meskipun gratis namun Pixabay memberikan High Definition dan Resolusi tinggi pada setiap gambar.

Akses situs Pixabay dan cari foto & video kesukaan kamu, tidak hanya foto dan video saja karena Pixabay juga menyediakan vector untuk proyek animasi maupun media pembelajaran lainya.


2. Freepik

Bagi animator atau designer tidak asing lagi mendengar kata Freepik, adalah sebuah situs download vector gratis terbesar didunia. Web ini sangat cocok digunakan animator maupun desainer dalam mencari material ataupun inspirasi.

Selain mengunduh vektor secara gratis, bagi desainer juga diberikan kesempatann unuk menjual desainya kedalam Freepik, tentu harga ditawarkan bervariasi tergantung dengan kualitas dan keunikan setiap desain.


3. DevianArt

Suka dengan anime atau FanArt sebuah film? Jawabanya ada di DevianArt, sedikit gambaran mengenai situs ini, DevianArt adalah sebuah komunitas pembuat karya seni terbesar Didunia, atau lebih gampangnya adalah tempat untuk pamer karya seni (pameran) namun pada internet.

Sama seperti Pameran Seni lainya, hanya saja pameran ini bersifat Online atau menggunakan akses internet agar dapat menyaksikan sebuah karya seni.

Jangan lupa agar selalu menghargai pembuat gambar, foto, maupun fanart dengan cara menantumkan credit title pada video maupun deskripsi.


Footage Video & Animasi Gratis (Creative Commons) 

Selain menggunakan Pixabay dalam mencari Footage Video, kamu juga bisa mencari langsung dari situs YouTube, karena beberapa diantaranya memang sudah dilisensikan untuk dipakai ulang atau Creative Common.

Footage Video & Animasi Gratis (Creative Commons)

Untuk mencari sebuah video dengan lisensi Creative Common cukup memasukan sebuah kata kunci / judul pada kolom pencarian. Misalnya ingin mencari “video lucu” kemudian tekan ENTER atau cari.

Kemudian pada bagian filter Feature cukup pilih Creative Common. Setelah mengaktifkan mode penyaringan ini hasil video yang ditampilkan dapat digunakan ulang sebagai Footage dalam sebuah konten.

Namun alangkah baiknya sebagai kreator kita harus mampu dan berusaha dalam memproduksi karya original dari diri kita sendiri agar tidak terjadi sebuah hal yang tidak diinginkan.
Pembahasan Tentang Google AdSense, Panduan Untuk Pemula!
Pada dasarnya konten dalam YT adalah karya dari seseorang. Buatlah sebuah karya dengan ciri khas masing masing agar dikenal oleh banyak orang.

Seperti kata Agung Hapsah bahwa konten pertama yang dibuat oleh seseorang pasti akan jelek dahulu, tidak mungkin langsung bagus. Pernyataan ini berlaku untuk YouTuber besar sekalipun.

Oke mungkin itu saja pembahasan tentang cara menghilangkan copyright (hak cipta) pada video channel YouTube. Sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel