-->

Apa Itu Heroine, MC, Hero, Anti-Hero, dan Villain Pada Anime

Suka berdiskusi anime di grup maupun di forum? Kenali dulu apa itu Heroine, Main Character (MC), Hero, Anti-Hero dan juga Villain.

Pengertian Heroine, MC, Hero, Anti-Hero, dan Villain

Dalam dunia anime maupun perfilman pasti terdapat pemeran utama atau karakter utama, untuk menentukan suatu karakter adalah pemeran utama atau bukan bisa dilihat dari seberapa banyak dirinya tayang pada anime.

Karakter utama juga sering digunakan sebagai pengambilan sudut padang sepanjang jalan cerita yang ada, intinya semakin banyak karakter tersebut muncul maka bisa dianggap bahwa dia adalah karakter utama.
Namun ada istilah lain yakni Heroine yang berarti pahlawan wanita atau karakter utama seorang wanita, lalu kalau karakter utamanya adalah seorang laki-laki dan terdapat Heroine, lalu siapa dong yang menjadi karakter utama? Kan sama-sama utama?

Dikesempatan sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang Apa Itu OVA, ONA, OAD dan TV Series Pada Anime, bagi yang belum membaca artikel sebelumnya ya silahkan dibaca untuk menambah wawasan.


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian Heroine, Main Character atau MC anime, Hero, Anti-Hero dan juga Villain pada sebuah anime.


Apa Itu MC Anime

Main Character atau yang lebih dikenal sebagai MC adalah sebutan untuk tokoh utama atau pemeran utama pada suatu anime, film, maupun drama. Sebutan lain untuk Main Character adalah Protagonis.

Seperti yang saya bilang tadi bahwa karakter utama sering digunakan sebagai pengambilan sudut pandang cerita dan juga sering muncul pada cerita yang ada.

Contoh Main Character (Anime):
  1. Kirito (Sword Art Online)
  2. Maou Sadao (Hataraku Maou-sama!)
  3. Shiba Tatsuya (Mahouka Koukou No Rettousei)
  4. Uesugi Fuutaro (5-toubun no Hanayome)
  5. Sora (No Game No Life)


Apa Itu Heroine

Heroine memiliki sebuah arti yakni Pahlawan Wanita. Namun pada umumnya istilah ini sering digunakan untuk menujukan karakter utama wanita pada seuatu anime bergenre romansa (romance).

Peran Heroine yakni mendampingi atau sebagai pasangan dari tokoh utama baik dalam bentuk sebagai rekan kerja maupun sebagai pasangan dalam percintaan (pacar/istri).

Contoh Karakter Heroine Terbaik (Anime):
  1. Nakano Nino (5-toubun no Hanayome)
  2. Rem (Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu)
  3. Megumi Kato (Saenai Heroine no Sodatekata)
  4. Fuyuumi Ai (Ore no Kanojo to Osananajimi ga Shuraba Sugiru)
  5. Eba Yuzuki (Kimi no Iru Machi)


Apa Itu Hero

Hero secara harfiah memiliki sebuah arti Pahlawan. Kebanyakan karakter yang memiliki sebutan Hero pasti adalah suatu karakter yang berpegang teguh pada keadilan.

Baca juga: Apa Itu Sequel, Prequel, Remake, Reboot dan Spinoff

Karakter Hero sering digambarkan dengan garda depan keadilan, selalu membantu orang-orang yang sedang kesulitan, selalu menyelsaikan pekerjaan dengan kebaikan dan slogan yang paling menonjol yakni ingin menyelamatkan semua orang yang ada.

Contoh Karakter Hero Terbaik (Anime):
  1. Naruto (Naruto)
  2. Iwatani Naofumi (Tate no Yuusha no Nariagari)
  3. Kanon (Maou Gakuin no Futekigousha)
  4. Midoriya Izuku (Boku no Hero Academia)
  5. Saitama (One Punch Man)


Apa Itu Anti-Hero

Jika Hero adalah pahlawan yang berdiri atas nama keadilan sedangkan Anti-Hero adalah kebalikanya. Anti-Hero adalah julukan untuk suatu karakter yang tidak perduli atau tidak berdiri atas nama keadilan.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua anti-hero itu jahat karena ada beberapa karakter anti-hero yang berjuang demi kebaikan, hanya saja cara yang mereka gunakan tergolong kejam, sadis atau tidak mencerminkan seorang pahlawan.

Contoh Karakter Anti-Hero Terbaik (Anime):
  1. Light Yagami (Death Note)
  2. Akame (Akame Ga Kill)
  3. Guts (Berserk)
  4. Hei (Darker Than Black)
  5. Lucy (Elfen Lied)


Apa Itu Villain

Villain jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia memiliki sebuah arti Penjahat. Sebutan lain untuk Villain adalah Antagonis.

Maka jika terdapat suatu karakter yang memiliki peran atau julukan sebagai Villain maka sudah dipastikan bahwa karakter tersebut berada dipihak yang jahat atau berada dipihak yang berlawanan dengan tokoh utama.

Contoh Karakter Villain Terbaik (Anime):
  1. Uchiha Madara (Naruto)
  2. Malty (Tate no Yuusha no Nariagari)
  3. Nobuyuki Sugo (Sword Art Online)
  4. Petelgeuse Romanee-Conti (Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu)
  5. Griffith (Berserk)


Kesimpulan

Untuk menjawab pertanyaan yang tadi saya sampaikan diawal yakni:

“Jika karakter utamanya adalah seorang laki-laki dan terdapat Heroine, lalu siapa dong yang menjadi karakter utama? Kan sama-sama utama?”

Jawabanya adalah mereka berdua atau Main Character dan Heroine tetaplah karakter utama, karena seperti yang kita tahu bahwa pada suatu anime atau film tidak ada patokan minimal atau maksimal dalam menentukan karakter utama.

Karakter utama bisa lebih dari satu bahkan ada yang memiliki 4 karakter utama pada animenya, jadi terserah sama pembuat ceritanya.

Baca juga: Apa Itu Manga, Manhwa, dan Manhua

Dan dari pembahasan dari awal hingga sampai disini dapat disimpulkan atau secara sederhana:

  1. MC atau Main Character adalah sebutan untuk karakter utama atau pemeran utama.
  2. Heroine adalah sebutan untuk karakter utama wanita.
  3. Hero adalah sebutan untuk karakter yang berdiri atas nama keadilan.
  4. Anti-Hero adalah sebutan untuk karakter yang tidak perduli atau tidak berdiri atas nama keadilan.
  5. Villain adalah sebutan untuk karakter penjahat atau berada dipihak yang berlawanan dari tokoh utama.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai apa itu MC Anime, Heroine, Hero, Anti-Hero dan juga karakter Villain, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel