Cara Menjalankan Aplikasi Windows di Android

Banyak sekali software atau aplikasi yang berkembang pada sistem operasi Windows, dan bahkan kebanyakan developer Game berkembang pada sistem operasi windows, jadi tidaklah heran kenapa sistem operasi yang digunakan pada komputer kebanyakan memakai Windows.

Cara Menjalankan Aplikasi Windows di Android

Pada awalnya Windows diciptakan untuk perangkat komputer, namun kini kamu bisa menjalankan aplikasi yang terdapat pada sistem operasi Windows di smartphone android kamu dengan mudah. Namun dibutuhkan sebuah aplikasi tambahan di android untuk dapat mengakses aplikasi Windows di Android.
Operating System Android
Developer WineHQ
Licensed Free
Internet Online/Offline
[DOWNLOAD NOW]
Wine adalah aplikasi/software library yang membuat sistem operasi seperti Linux, MacOS dan BSD dapat menjalankan aplikasi yang terdapat pada Windows. Meskipun mirip dengan emulator namun sebenarnya Wine bukanlah emulator. 

Cara Menjalankan Aplikasi Windows di Android
Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mendownload aplikasi Wine terlebih dahulu (link ada diatas) kemudian pilihlah Wine versi terbaru dengan melihat tanggal rilis seperti gambar diatas, dan juga berdasarkan sistem versi android yang kamu pakai.

Cara Menjalankan Aplikasi Windows di Android

Sebelum melakukan installasi silahkan berikan akses kepada Unknown Sources yang berfungsi untuk memberikan akses penginstallan aplikasi yang tidak dikenal. Bisa kamu temukan pada Pengaturan/Setting > Security / Keamanan > Unknown Sources / Sumber Tidak Dikenal.

Disini saya masih bingung dalam penggunaan Wine namun saya menemukan cara menginstall aplikasi/software dalam Wine menggunakan Wine Command Prompt.

Command:
cd sdcard/Download/[filename.exe]

Pengertian
- cd untuk membaca sebuah direktori.
- sdcard tempat penyimpanan file biasanya di android terdapat sdcard0 yaitu penyimpanan Internal sedangkan sdcard1 adalah penyimpanan eksternal.
- Download adalah folder dimana file berada.
- filename.exe file yang akan di eksekusi untuk di install kedalam Wine.

Beberapa Hal Yang Wine Tidak Support
Untuk saat ini (24/02/2018) Library atau Wine belum mendukung untuk menjalankan Game yang berada di Window dikarenakan kurangnya runtime yang tersedia, mungkin kedepanya Wine akan mensupport beberapa komponen yang bisa menjalankan game dalam Wine, dan masih terbatasnya Software yang telah dicompile atau yang bisa dijalankan dalam Wine.

Tambahan Informasi
Saya mendapatkan informasi seputar aplikasi yang compatibel atau yang bisa dijalankan dalam aplikasi Wine. Silahkan bisa membaca pada forum XDA link dibawah ini.


Mungkin tutorial seputar Wine akan saya share pada kesempatan selanjutnya, karena masih keterbatasan pengetahuan seputar Wine jadi saya tidak berani mencoba hal yang aneh aneh, takutnya terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan, atau jika dari kalian sudah ahli dalam penggunaan Wine silahkan sharing-sharing seputar Wine di Android.

Baca juga

Posting Komentar

Tata Cara Berkomentar Dengan Benar
~ Menggunakan bahasa yang sopan dan benar
~ Dilarang menggunakan bahasa kotor
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang memancing keributan