Mudah! Cara Mengatasi Download Limit Google Drive Terbaru

Bete ketika ingin download tapi malah kena limit Google Drive? Biasanya akan muncul pesan “Maaf, Anda tidak dapat melihat atau mendownload file ini sekarang”, Ketika pihak Google memberikan sebuah batasan unduhan perhari.

Mudah! Cara Mengatasi Download Limit Google Drive Terbaru

Google Drive adalah media penyimpanan online atau sering disebut sebagai cloud-storage dimana memberikan layanan gratis sebuah penyimpanan online dengan kapastias penyimpanan 15 GB.

Banyak orang menggunakan server Google Drive karena terbukti memiliki stabilitas dan kecepatan sangat tinggi, sehingga mampu mempercepat koneksi internet.

Sebenarnya ada trik dan cara agar dapat mempercepat koneksi internet pada saat download, saya sudah pernah mengulas pada artikel Cara Mempercepat Koneksi Internet Download Pada Android dan juga pada 10 Cara Mempercepat & Menstabilkan Koneksi Internet Download.

Perlu diketahui bahwa pihak Google juga memberikan sebuah batasan (limit) untuk setiap harinya, misalnya 1 file hanya bisa di unduh sebanyak 10x, ketika lebih dari 10x dalam sehari maka file tersebut akan dilimit atau dibatasi.

Biasanya ketika sebuah file Google Drive mengalami limit, akan muncul sebuah pesan;
Maaf, Anda tidak dapat melihat atau mendownload file ini sekarang.

Baru-baru ini terlalu banyak pengguna yang telah melihat atau mendownload file ini. Harap akses kembali file nanti. Jika file yang Anda coba akses terlalu besar atau digunakan oleh banyak orang, butuh waktu 24 jam agar sebelum file dapat dilihat atau didownload. Jika Anda masih tidak dapat melihat file setelah 24 jam, hubungi administrator domain.

Dari pesan itu kita mengetahui bahwa limit akan dibuka kembali setelah 24jam dari jam pertama kali file didownload. Namun apakah harus menunggu 24jam terlebih dahulu agar terbebas dari limit Google Drive?

Tidak kok, kamu tidak perlu menunggu 24 jam agar terbebas dari Google Drive limit, karena ada suatu trik cara untuk mengatasi semua itu.


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana mendownload file di Google Drive yang terkena limit tanpa bantuan sebuah aplikasi (hanya membutuhkan akun google saja).Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Google Drive


Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Google Drive

“Menunggu itu berat, kamu tidak akan kuat, pake trik aja biar limit hilang”. Hal ini mungkin sudah diketahui oleh banyak orang, namun tidak ada salahnya membahasnya kembali karena masih ada orang di internet tidak tau bagaimana cara mengatasinya.

Pertama yang dibutuhkan adalah akun Google, dikarenakan kebanyakan pengguna internet sudah memiliki akun Google saya rasa tidak perlu memberikan sebuah tutorialnya.

Langkah selanjutnya adalah masuk kedalam drive.google.com terlebih dahulu dengan akun Google / GMAIl (sebenarnya bisa nanti, namun alangkah bainya login terlebih dahulu).

Menambahkan File ke Google Drive

Cari sebuah link download Google Drive yang terkena limit, kemudian pada bagian Kanan terdapat sebuah icon/gambar logo Google Drive dengan tanda plus atau +, klik tombol tersebut.

Hal ini bertujuan untuk menambahkan ke Whitelist atau melakukan Bookmark file tersebut kedalam akun GDrive pribadi.

Membuat Salinan File di Google Drive

Masuk kedalam drive.google.com untuk mengakses segala file yang tersimpan di media penyimapan milik Google, dan cari nama file yang kamu masukan kedalam Whitelist tadi.

Klik kanan pada bagian file, kemudian pilih Buat salinan, berfungsi untuk memindahkan file dari akun GD orang lain kedalam akun Google Drive milik pribadi.

Mungunduh Berkas Salinan di Google Drive

Tunggu sampai proses pensalinan file selesai, dan dengan otomatis ketika proses selesai, file yang tercopy akan memiliki tambahan nama didepan yakni salinan.

Misalnya nama file sebelumnya adalah limit_google_drive.mkv setelah tersalin akan menjadi salinan limit_google_drive.mkv, untuk mengunduh klik kanan pada file salinan tersebut dan pilih Download atau Unduh.

Bagaimana, sangat mudah bukan mengatasi limit GD? Namun perlu diperhatikan bahwa ketika melakan copy file maka kapasitas penyimpanan di Google Drive akan terpakai.

Maka untuk itu ketika selesai mengunduh lakukan penghapusan file, agar GD bisa digunakan kembali untuk membantu mengatasi limit pada saat download 24jam.


Penyebab Limit Google Drive

Pertanyaan ini sudah saya jelaskan diatas, namun akan saya bahas lebih detail permasalahan dan penyebab kasus pembatasan file pada saat download.

Sebenarnya tidak hanya GDrive saja yang memberikan pembatasan download pada server. Pasalnya masih banyak sekali penyedia cloud-storage membatasi jumlah unduhan.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Perlu diketahui pada melakuka aktifitas Download itu membutuhkan resource / sumber daya dari server yang besar, terlebih lagi jika jumlah unduhan dalam 1 hari bisa melebihi dari 100 orang dengan kapasitas file 100GB.

Tentu dengan hal itu akan membebani sebuah kinerja server, akibatnya web akan sulit untuk diakses, dan meskipun bisa diakses namun mengalami loading lama (lemot), karena bandwidth server terkuras habis.

Tentu dengan hal itu akan membebani sebuah kinerja server, akibatnya web akan sulit untuk diakses, dan meskipun bisa diakses namun mengalami loading lama (lemot), karena bandwidth server terkuras habis.

Meskipun server sekelas Google jika mengalami permintaan unduhan banyak, saya rasa masih terdapat kemungkinan server mengalami down meskipun hanya beberapa ms saja, karena didunia ini tidak ada yang sempurna.

Jadi inti dari BAB ini adalah melakukan pembatasan akan membantu server tetap terjaga dan dapat beroprasional dengan baik, dimaksudkan tidak mengalami keterlambatan akses dan kecepatan akses (menghemat bandwidth).


Alternatif Mengatasi Google Drive Limit 

Ketika ukuran file tidak cukup untuk dimasukan kedalam akun pribadi (file lebih dari 15GB) tentu akan membuat pengguna pusing bagaimana caranya, karena jika file lebih dari 15 GB tidak dapat dimasukan kedalam penyimpanan pribadi (Google Drive Free).

Namun juga terdapat cara lain, yakni menggunakan server leech, dimana ketika menggunakan server leech memungkinkan pengguna untuk mengunduh secara tidak langung atau gampangnya menggunakan bantuan pihak ketiga agar dapa mengakses sebuah file.

Metode ini sering disebut sebagai Bypass limit Google Drive ampuh, karena tanpa membutuhkan akun GMAIL sekalipun. Bagi pembaca lama mungkin sudah tahu tentang cara bypass google drive limit.

Bagi kamu yang ingin melakukan bypassing limit pada Google Drive bisa membaca tutorial Cara Download File dari MEGA Tanpa Aplikasi Resmi, meskipun pada artikel itu saya membahas mengenai hosting MEGA, namun juga bisa digunakan dengan baik pada GDrive.

Alternatif lainya adalah menggunakan server download lainya, pada jaman sekarang pasti pembuat artikel (situs download) sudah memberikan pilihan kepada kita, kita ambil contoh website download anime Samehadaku.

Pada situs Samehadaku menggunakan server download lebih dari satu, diantaranya adalah Zippyshare, Google Drive, Clickupload, Ratcay, Uptobox dan masih banyak lagi, menjadikan hosting lain sebagai cara alternatif mengatasi limit pada Google Drive.


Mengatasi Server Google Drive Lemot

Meskipun dibawah naungan teknologi raksaksa Google, nyatanya terkadang GDrive mengalami penurunan kecepatan karena overload bandwidth.

Dan uniknya hanya terjadi dibeberapa negara saja, bisa saja operator seluler atau Internet Service Provider (ISP) yang mengalami gangguan, sehingga ketika mengakses GD akan lebih lambat.

Solusi untuk mengatasi Google Drive lemot ada banyak cara, namun sebuah trik yang paling ampuh adalah memindahkan server negara atau menggunakan bantuan DNS.

Saya sendiri pernah mengulas aplikasi DNS dan VPN pada artikel Gratis! 9 Aplikasi VPN Terbaik dan DNS Tunnel Tercepat Android dimana dpat digunakan untuk membantu mengatasi server internet lemot disegala ISP.

Perlu di ingat juga bahwa koneksi lemot tidak selamanya disebabkan oleh Internet Service Provider maupun server hosting file. Bisa saja penyebabnya terletak pada sebuah hardware.

Beberapa hardware yang mempengaruhi internet lemot adalah;

  1. Router Internet (Penyebar Sinyal)
  2. WiFi Card / USB (Penangkap Sinyal)
  3. Media Penyimpanan (Hard Disk / SDCard)

Ketiga hardware diatas sangat mempengaruhi atau yang bertanggung jawab atas kecepatan akses sebuah internet. Kita ulas mulai dari Router Internet berfungsi untuk menyebarkan sinyal internet kedalam bentuk sinyal WiFi.

WiFi Card / USB bertugas untuk menangkap sinyal WiFI yang dipancarkan oleh Router Internet, sedangkan media penyimpanan berperan sebagai wadah untuk menyimpan data dari internet.

Ketika 3 komponen tersebut mengalami kerusakan atau penurunan peforma, biasanya diberikan tanda cepat panas, akan mengakibatkan akses internet juga menurun. Seperti ping tidak stabil, kecepatan menurun signifikan, dan skenario buruknya akses internet hilang.

Maka sangat perlu sekali melakukan maintenance (perawatan) pada setiap komponen internet, sama halnya dengan Google Drive yakni memberikan pembatasan agar komponen server tetap terjaga.

Untuk meningkatkan kecepatan juga bisa dibantu dengan aplikasi seperti Internet Download Manager, Internet Accelerator dan masih banyak lagi. Namun faktor utama kecepatan internet ya ketiga komponen diatas.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai cara mengatasi pesan limit google drive terbaru, sampai bertemu dikesempatna selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel