10 Cara Mempercepat & Menstabilkan Koneksi Internet Download

Cara Mempercepat & Menstabilkan Koneksi Internet Download

Mempercepat dan menstabilkan koneksi internet saat mendownload ternyata sangatlah mudah, ada beberapa aplikasi yang mampu meningkatkan kecepatan internet baik digunakan dalam smartphone android ataupun komputer.

Koneksi yang lambat dan tidak stabil mungkin dapat membuat kita emosi, bagaimana tidak? Jika memiliki koneksi yang lambat dan kurang stabil maka akan menganggu jalannya permainan atau gameplay, pengguna akan mengalami lagging atau sampai membuat game crash karena koneksi.

Terutama saat mengunduh sebuah file, pasti jika koneksi lemot akan membuat waktu menunggu jadi lebih lama bukan? Sabar sih sabar, cuman kesabaran juga ada batasnya. Namun tenang pada kesempatan kali ini ada sedikit tips dan trik dalam mengatasi permasalahan dalam menggunakan Internet.



1. Pastikan Koneksi Memadai

Penyebab koneksi lemot yakni biasanya berasal dari ISP (Internet Service Provier) atau penyedia internet, jika kamu berlangganan internet menggunakan Wifi pastikan kamu menggunakan paket yang memiliki kecepatan internet yang memadai.

Karena tidak bisa dipungkiri manusia memiliki sifat "Ingin murah dan pelayanan bagus", kebanyakan orang (termasuk saya) juga menginginkan hal itu, namun harus diterima bahwa jarang atau bahkan tidak ada dengan harga murah kita bisa mendapatkan kualitas yang tinggi.

Baca juga: Cara Mengetahui Aplikasi Yang Mengonsumsi Banyak Kuota

Kembali lagi ditopik pembahasan bahwa HARGA dapat menentukan kecepatan sebuah internet, jadi bagi kamu yang memiliki paket yang murah harus diterima bahwa kecepatan internet yang bisa digunakan hanya sebatas itu saja, mungkin solusinya adalah mengupgrade atau meningkatkan paket internet ke yang lebih cepat namun biasanya membutuhkan biaya yang relatif tinggi.


2. Internet Download Manager (Komputer)

ikon Internet Download Manager
Internet Download Manager
Free/Trial - Windows
File Code: Internet Download Manager.exe

Kemungkinan lain jika kamu sudah berlangganan pada paket yang mahal namun koneksi internet lemot, kamu bisa menggunakan aplikasi untuk membantu kamu dalam proses mengunduh file pada internet yakni bernama Internet Download Manager.

Internet Download Manager atau yang biasa dikenal sebagai IDM ini adalah aplikasi yang bisa dikatakan sangat membantu dan menunjang kecepatan ketika sedang mengunduh suatu file. Bagaimana tidak? aplikasi ini mampu meningkatkan kecepatan hingga dua kali lipat kecepatan internet.

Kamu pengguna kuota? tidak perlu khawatir karena dengan bantuan aplikasi IDM kamu dapat melanjutkan proses unduhan ketika kamu sudah isi ulang kuota, dilengkapi dengan fitur "Resume Download" memungkinkan kamu untuk melanjutkan proses unduhan.


3. IDM Lite (Android)

ikon IDM Lite
IDM Lite
Free - Android
File Code: IDM Lite.apk

Aplikasi yang seharusnya hanya ada pada komputer kini hadir juga dismartphone android, meskipun bukan dari pihak IDM namun saya menemukan aplikasi yang memiliki nama dan juga fitur yang sama seperti aplikasi pada versi komputer.

IDM Lite atau bisa dikatakan IDM versi android ini hadir memberikan fitur yang sangat membantu untuk mengunduh sebuah file, banyak dari aplikasi download manager yang ada pada android namun menurut saya IDM Lite lah yang terbaik, karena mendukung fitur Resume Download dan juga Refresh Link dimana kamu bisa melanjutkan unduhan dimanapun dan kapapun.

Dalam versi android aplikasi ini tersedia dua versi yakni IDM Lite dan IDM Pro dilihat dari namanya juga sudah tau bahwa IDM Lite dapat diunduh secara gratis sedangkan IDM Pro dapat diunduh ketika kamu telah membeli atau berlangganan terlebih dahulu, namun versi gratis tidak kalah jauh karena berbedaan yang signifikan terletak pada penampilan iklan saja.


4. Menggunakan Layanan PING

ikon Terminal Emulator
Terminal Emulator
Free - Android
File Code: Terminal Emulator.apk

Layanan PING hal yang sering digunakan atau bahkan bisa dikatakan wajib digunakan ketika bermain game online, kenapa? selain untuk mengecek koneksi internet layanan ping juga mampu menstabilkan koneksi internet.

PING ini berfungsi mengirimkan dan menerima paket data internet secara terus menerus sehingga internet tidak dibiarkan untuk IDLE atau tidak digunakan. Biasa perangkat internet jika tidak digunakan akan putus atau berhenti secara otomatis, maka dengan adanya ping ini koneksi akan dipaksa terus bekerja.

Untuk menggunakan layanan ini kamu bisa menggunakan aplikasi CMD (Command Prompt) untuk Windows dan Terminal Emulator untuk android, untuk menggunakanya cukup mudah:

Komputer
Buka RUN atau tekan Windows + R > masukan "CMD" tanpa tanda kutip > tuliskan perintah ping 8.8.8.8 -t kemudian tekan ENTER, biarkan program itu terus berjalan agar menstabilkan koneksi.

Android
Buka Terminal Emulator dan masukan perintah ping 8.8.8.8 kemudian ENTER sama seperti CMD diatas biarkan program ini terus berjalan agar dapat membuat koneksi berjalan dengan lancar.


5. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Faktor lain yang mempengaruhi kecepatan dan kestabilan internet adalah ruang memori, ketika kamu mengunduh sesuatu dari internet maka dengan otomatis akan tersimpan dalam ruang penyimpanan, perlu kamu ketahui bahwa setiap melakukan aktifitas download sistem atau aplikasi akan membuat file cache yang sering disebut sebagai File Temporary atau file sementara yang membutuhkan ruang penyimpanan yang besar pula.

Untuk itu maka penting sekali untuk mengosongkan atau memberikan ruang penyimpanan yang lebih, selain dapat mempercepat proses download, ruang memori yang lebih juga akan membantu mengurangi lag dan freeze yang terjadi pada perangkat elektronik seperti smartphone dan komputer.

Hapus file yang tidak berguna seperti kenangan dari mantan, atau file lama yang benar benar tidak terpakai, jika merasa bahwa file tersebut sangat penting kamu bisa menyimpanya kedalam penyimpanan online seperti Google Drive atau Cloud Storage lainya yang dapat kamu gunakan secara gratis, atau juga bisa menggunakan aplikasi pembersih bawaan yang mampu membersihkan file sampah secara otomatis.


Saat melakukan proses download mesin dalam perangkat elektronik akan bekerja dengan maksimal karena perangkat keras seperti memori penyimpanan, ram, jaringan berjalan secara bersamaan. Usahakan saat proses pengunduhan jangan membuka aplikasi terlalu banyak karena akan membuat perangkat elektronik menjadi lagging sehingga menganggu proses pengunduhan maupun digunakan dalam bermain game online.

Untuk menutup aplikasi yang berjalan bisa keluar dari aplikasi atau menggunakan bantuan Taks Manager, untuk mengakses via windows bisa menekan CTRL + Alt + DEL dan untuk smartphone android bisa menekan tombol Menu (berada disamping kiri home) selama 2 detik.


7. Menggunakan Aplikasi NetCut

ikon NetCut
NetCut
Free - Windows, Android
File Code: NetCut.apk/exe

Kamu pengguna wifi umum dan banyak yang pakai sehingga lemot? sebuah wifi jika banyak orang yang pakai pastinya akan menurunkan kecepatan akses internet namun ada cara licik untuk mengakali semua itu dengan aplikasi yang bernama NetCut.

NetCut adalah sebuah aplikasi atau bisa dikatakan tools internet untuk memotong sebuah perangkat yang terhubung dengan wifi seolah olah kamu adalah admin, dengan bantuan aplikasi ini kamu dapat menghentikan atau memblokir orang yang terbubung pada seuatu wifi.

Baca juga: Cara Membobol Jaringan Wifi Dengan Mudah

Namun sangat tidak disarankan untuk menggunakan NetCut karena akan menimbulkan kerugian pada pihak lain, jika kamu menggunakan NetCut maka saya anggap kamu sudah bertanggung jawab atas segala resiko yang terjadi.


8. Clear History & Cache Browser

Merawat sebuah browser juga sangatlah penting karena semakin banyak kamu berjelajah menggunakan aplikasi browser seperti Mozila, Google Chrome maka semakin banyak juga Cache dan History yang terekam pada smartphone sehingga mengurah banyak ruang penyimpanan pada perangkat elektronik.

Untuk membersihkan Cache dan History kamu cukup membuka aplikasi Browser yang kamu gunakan kemudian menuju ke Setelan atau Pengaturan dan cari Cache dan History kemudian Clear All.


9. Memperkuat Sinyal

Jika cara diatas tidak bekerja maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memperkuat sinyal, terutama bagi kamu pengguna WiFI jika sinyal hanya satu bar pastinya membuat akses internet menjadi lambat bukan?

Mendapatkan sinyal banyak dalam penggunaan wifi ternyata cukup mudah yakni mendekatkan perangkat elektronik / smartphone kedekat router atau wifi berada sehingga mendapatkan akses sinyal yang mencukupi.

Untuk pengguna data seluler bisa mencoba mengganti lokasi dan temukan titik dimana dapat mendapatkan sinyal yang memadai, atau bisa juga mencari tower provider yang berada pada lokasi kamu.


10. Gunakan Sistem Operasi Terbaru

Ternyata sistem operasi juga berpengaruh atas berjalanya koneksi internet, menggunakan operasi sistem yang paling baru dapat menunjang akses internet dikarenakan infrastruktur jaringan internet. Maka dari itu jangan takut untuk selalu memperbaharui sistem operasi yang kamu gunakan.

Baca juga: Cara Membuat Google Translate Offline Mode (Tanpa Internet)

Untuk pengguna Windows kamu bisa menggunakan fitur Windows Update untuk memperbaharui sistem dan program, sedangkan untuk android bisa digunakan fitur System Update yang sudah disediakan dalam pengaturan android, cukup mudah bukan.

Bagaimana setelah melakukan tutorial diatas? Apakah koneksi internet kamu menjadi cepat dan stabil? atau justru memiliki cara jitu untuk meningkatkan kecepatan akses internet? silahkan berikan pendapat kamu melalui kolom komentar dibawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel