Cara Bobol Wifi? Mengetahui Password Wifi Orang Lain

cara membobol wifi

Ada banyak sekali cara bobol password wifi, salah satunya dengan cara membobol wifi dengan bantuan beberapa aplikasi di android maupun pc.

Mendengar kata Wifi mungkin membuat kalian bersemangat, mengingat Wifi menyediakan sebuah akses internet tanpa batas dengan kecepatan yang sangat cepat. Biasanya orang orang menggunakan wifi untuk mengunduh suatu file atau bermain game online.

Dikarenakan saat ini untuk berlangganan Wifi mengeluarkan biaya yang cukup mahal (untuk ukuran siswa) alangkah baiknya kita memanfaatkan sebuah wifi yang disediakan oleh sekolahan atau sebuah rumah makan.

Baca juga: Cara Untuk Melewati Safelink Yang Rumit Dengan Mudah

Namun jika di rumah makan besar minimal kita harus membeli secangkir kopi, atau makanan. Tapi tenang semua itu tidak perlu dikalukan karena ada beberapa cara untuk mengetahui password wifi pada suatu tempat atau milik orang lain.

1. Cara Melihat Password WiFi pada Windows 7/8/10

Langkah ini hanya bisa digunakan kepada sebuah komputer atau laptop yang PERNAH terhubung pada suatu wifi, jadi hanya untuk melihat password wifi yang tersimpan saja, berikut adalah tutorialnya.

cara mengetahui password wifi melalui windows

Disini saya menggunakan sistem operasi Windows 10, mungkin bagi pengguna windows 7 agak sedikit kebingungan namun basicnya sama semua. Pertama kamu masuk kedalam Control Panel, kalau saya tinggal menekan logo Windows pada keyboard dan mengetikan Control maka dengan otomatis Control Panel akan muncul seperti cara bobol wifi diatas.

control panel windows 10 feature

Saat masuk kedalam Control Panel kamu akan disuguhi berbagai macam fitur seperti pengaturan System sampai ke Program, namun disini kamu hanya perlu menuju ke Network and Internet dan setelah itu carilah menu Network Sharing and Center.

Network adapter status Windows 10

Carilah adapter Wifi kamu pada, kemudian jika sudah ketemu silahkan klik kanan pada adapter tersebut kemudian pilih Status seperti gambar cara bobol wifi diatas.

Wireless Properties

Kemudian pilihlah Wireless Properties, disana nanti akan terdapat banyak sekali informasi salah satunya adalah password wifi.

Setting Show Character Key Wifi

Setelah masuk kedalam Wireless Properties silahkan menuju ke Security dan jangan lupa untuk memberikan ceklist atau tanda centang pada Show characters untuk melihat kata sandi pada kolom Network Security key. Bisa diketahi bahwa key dari wifi tersebut adalah nkidezport8080

2. Cara Mengetahui Password Wifi melalui CMD (Command Prompt)

Cara ini sebenarnya sama seperti poin pertama yakni mengetahui kata sandi sebuah wifi yang pernah terhubung pada komputer atau laptop, namun menggunakan cara yang berbeda yakni melalui CMD atau Command Prompt biar terkesan seperti hacker, berikut adalah caranya.

Pertama tama pastikan kamu menggunakan sistem operasi Windows, kemudian pencet icon Windows + R pada keyboard secara bersamaan kemudian nanti akan muncul sebuah box perintah, ketikan cmd dan klik OK atau tekan ENTER pada keyboard.

Menggunakan Command Prompt Windows 10

Setelah muncul Command Prompt silahkan masukan perintah netsh wlan show profile perintah ini berfungsi untuk menampilkan nama wifi yang pernah tersambung dengan komputer/laptop.

Memasukan Command untuk melihat nama wifi

Nanti akan muncul banyak sekali nama wifi yang pernah terhubung, disini kita hanya mengambil nama wifi saja, kemudian setelah menentukan nama wifi yang ingin di eksekusi silahkan masukan perintah netsh wlan show profiles namawifi key=clear pada namawifi bisa kamu ganti dengan nama wifi yang kamu ingin eksekusi.

Misalnya saya ingin mengeksekusi wifi yang bernama Wifi@Id maka saya akan memasukan perintah netsh wlan show profiles Wifi@Id key=clear sama seperti gambar cara bobol wifi diatas, kemudian tekan tombol ENTER untuk melanjutkan.

Melihat Key Melalui CMD

Tara... akan muncul sebuah password pada baris Key Content, disana bisa melihat bahwa kata sandinya adalah gecho8080 bagaimana nih? sudah seperti hacker atau belum jika menggunakan CMD. Jika kalian ingin menipu atau membuat teman kalian terkagum dan menganggap kamu hacker ada nih tipsnya.

Karena hacker identik dengan warna CMD hijau maka kamu bisa mengganti warna background dengan memasukan perintah Color A kemudian untuk memberihkan command silahkan masukan perintah cls maka dengan otomatis warna background akan berubah.

3. Cara Mengetahui Password Wifi pada Android

Jangan salah sangka bahwa android juga bisa digunakan untuk mengetahui password wifi, hampir seperti pada komputer bahwa hanya bisa digunakan jika device pernah tersambung pada wifi. Biasanya bisa dilihat langsung melalui pengaturan, namun itu hanya bisa dilakukan pada smartphone tertentu.

Untuk cara pastinya bisa menggunakan bantuan aplikasi yang bernam ViewMyPassword bisa diunduh melalui link ini [Download Sekarang].

cara bobol wifi

Bagian yang saya beri tanda kotak adalah kata sandi sebuah wifi yang pernah terkoneksi dengan device tersebut. Namun hanya bisa digunakan untuk sebuah smartphone yang sudah memiliki akses ROOT, tanpa root aplikasi ini tidak bisa berjalan dengan baik.

Tidak disarankan untuk melakukan rooting pada device karena selain menghilangkan garansi juga bisa membuat smartphone menjadi tidak stabil jika melakukan root tidak sempurna atau gagal.

4. Cara Membobol Wifi Menggunakan Android

Cara bobol wifi ini bisa dilakukan juga untuk sebuah device yang belum diroot atau bisa dikatakan membobol wifi tanpa root dengan mudah bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi ini.

Namun disini kamu membutuhkan sebuah aplikasi untuk membantu dalam proses membobol wifi yakni WPS Tester yang dapat diunduh melalui link di bawah ini.

WPS Tester Versi Google Play [Download]
WPS Tester Versi MOD Premium [Download]

Sekedar memberitahu bahwa saya menggunakan versi yang premium pada tutorial ini karena fitur yang didapatkan lebih lengkap dan untuk kinerja aplikasinya sangat stabil.

WPA WPS Tester

Cara ini hanya bisa dilakukan pada wifi yang diproteksi dengan WPS atau jaringan 802.11i, jika bisa cara bobol wifi maka indikator akan berwarna hijau seperti gambar diatas. Kemudian tekan wifi yang memiliki indikator hijau.

Metode WPA WPS Tester

Pada aplikasi ini kamu akan diberikan banyak cara bobol wifi dengan pilihan metode, kamu bisa memilih metode baru dan metode lama serta menyesuaikan smartphone apakah sudah diroot atau belum. Kebetulan smartphone saya sudah diroot maka saya akan menggunakan metode Baru dengan akses root.

Setelah memilih metode silahkan tekan pada Connect Automatic With Try All Pins seperti gambar diatas kemudian tunggu beberapa saat, biasa memakan waktu sekitar satu sampai lima menit.

Hasil dari aplikasi WPA WPS Tester

Maka dengan otomatis jika proses telah selesai akan muncul berbagai informasi nama wifi dan juga password. Jika metode ini tidak berhasil maka kamu bisa menggunakan New atau Old Method dan juga menggunakan fitur Manual Pin jika kamu tidak sengaja mengetahui pin, Bruteforce untuk melakukan pengecekan PIN (membutuhkan waktu selama satu hari atau lebih), Custom PIN bisa digunakan jika kamu mengetahui device dari router wifi.


Dan yang terakhir adalah metode Experimental yakni sebuah metode yang baru saja dikembangkan untuk menembus segala vendor (meskipun hanya beberapa vendor yang dapat dicar celah menggunakan metode ini). Bisa atau tidaknya tergantung pada vendor, karena demi menjaga keamanan vendor biasanya mengupdate driver mereka untuk menutupu segala celah dan meningkatkan keamanan.

Tips Untuk Mengetahui Password Wifi Dengan Cepat

Meskipun bukan cara bobol wifi, namun ada cara lain untuk mengetahui kata sandi suatu koneksi wifi, cara ini juga sangat ampuh dan patut dicoba (namun membutuhkan keberanian) sebelum menuju ke tipsnya perlu diketahui langkah ini hanya berlaku untuk sebuah koneksi wifi yang diproteksi oleh password, bukan diproteksi menggunakan username dan password.

Jika diproteksi sebuah username dan password maka langkah satu satunya adalah dengan cara membobol wifi tersebut, namun jika hanya diproteksi menggunakan password saja mungkin bisa dicoba dengan cara berikut;

1. Menguping ketika orang lain menanyakan password wifi

Sering kali jika orang mampir ke suatu tempat untuk menanyakan sebuah kata sandi wifi, untuk itu kita bisa memanfaatkan dengan cara menguping ketika orang lain bertanya. Meskipun kesanya memalukan namun cara ini sangatlah ampuh dan patut dicoba.

Saya sendiri juga sering menguping untuk mengetahui kata sandi dan sampai saat ini masih bisa diaplikasikan pada kehidupan nyata, justru malah lebih mudah daripada kita membobol dengan cara diatas.

Meskipun membutuhkan tekad dan juga rasa malu (jika ketahuan) namun demi keutungan kedepanya tidak ada salahnya mencoba.

2. Melihat password melalui hp teman

Ketika teman kamu pernah terhubung dengan suatu koneksi Wifi maka dengan otomatis akan tersimpan pada sebuah smartphone atau pc, untuk melihatnya kamu cukup menggunakan langkah diatas untuk melihat kata sandi suatu wifi. (Lihat poin nomor 1,2 dan 4 diatas).

3. Menanyakan password wifi kepada pemilik

Kalau sekiranya sangat sulit dan kepepet tidak ada salahnya untuk bertanya baik baik secara langsung kepada pemilik, cara ini bisa dikatakan cara paling ampuh diantara segala cara yang ada, namun presentase keberhasilan yakni 50/50.

Jangan pernah bertanya kepada pemilik wifi dirumah makan karena untuk menikmati koneksi kamu harus membeli makanan atau minuman terlebih dahulu, jika ingin bertanya usahakan kepada pemilik wifi pribadi (rumah).

Ketika niat baik kemungkinan akan diberitahu kata sandi, kalau perlu sebelum bertanya membawa makanan, minuman atau rokok untuk diberikan kepada sang pemilik dan kemudian bertanya (ini sama saja modal wkwkw).

4. Menghubungkan komputer ke router (experimental)
Tidak direkomendasikan menggunakan cara ini karena mungkin jika ketahuan bisa terkena sanksi, hukuman dan pertanggung jawaban, namun untuk pembelajaran bisa dilakukan atau dicoba. Saya sendiri pernah melakukan waktu menduduki bangku SMP dan SMK.

Cara ini hanya bekerja jika settingan router masih default atau bawaan pabrik, dimana username dan password masih Admin. Jika sudah dikonfigurasi oleh administatrion maka sudah tidak bisa.

Untuk melakukan langkah ini dibutuhkan satu perangkat komputer atau laptop (disarankan menggunakan laptop pribadi). Kemudian carilah sebuah kabel LAN yang terhubung dengan router atau server dan tancapkan pada port RJ-45 pada laptop.

Tutorial hampir sama seperti poin 1 diatas tentang Melihat Password WiFi pada Windows 7/8/10 yakni menuju ke Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Pilih Adapter dan klik Status.

Mencari tahu IP Login

Setelah sampai sini pada Adapter silahkan mengeklik Details untuk mengetahui alamat IP yang nantinya digunakan untuk login.

Alamat IP login admin panel

Disini akan menampilkan berbagai macam informasi (kebanyakan angka) kemudian carilah tulisan IPv4 Default Gateway atau IPv4 DHCP Server disitu akan terdapat alamat untuk melakukan login di adminitration seperti gambar diatas alamat untuk masuk adalah 192.168.20.1

Setelah mendapatkan alamat akses login silahkan masukan atau akses melalui browser sesuai alamat login, bisa juga ditambahkan http dan port 8080 sebagai contoh http://192.168.20.1 atau http://192.168.20.1:8080 bisa juga tanpa http namun menggunakan port 8080

Masuk dalam admin panel

Jika masih setelan pabrik atau belum diubah oleh pemilik maka username dan passwordnya adalah admin setelah memasukan username dan password silahkan klik OK atau LOGIN untuk melanjutkan (jika tidak bisa masuk berarti router sudah dikonfigurasi oleh pemilik).

Melihat konfigurasi

Kebetulan disini saya pernah menemukan router tp-link jadi disini saya akan membagikan tutorial untuk tplink, namun kurang lebih semua wifi sama. Untuk mengetahui password wifi kamu cukup menuju ke Wireless > Wireless Security dan scroll kebawah nanti kamu akan menemukan Password.

Pada kolom password berisikan kata sandi wifi yang bisa kamu gunakan pada smartphone atau laptop. Sangat mudah bukan untuk mengetahui passwordwifi atau cara bobol wifi?

Baca juga: Cara Memperbanyak Follower Instagram Dengan Aplikasi

Sedekar mengingatkan bahwa artikel tentang bagaimana cara membobol, cara bobol wifi atua mengetahui password wifi ini hanya untuk pembelajaran saja, segala resiko yang terjadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab kamu, disini saya hanya sekedar berbagi pengalaman saja.

Mungkin hanya itu saja tentang bagaimana cara membobol wifi dengan mudah dan cepat, namun perlu di ingat bahwa pekembangan teknologi semakin pesat maka dengan otomatis sebuah keamanan semakin meningkat, jadi sangat sulit menggunakan cara diatas untuk mengetahui password wifi orang lain.

Baca juga