-->

Pengalaman dan Cara Investasi Reksa Dana di Bibit

Hampir setengah tahun saya belajar dan memulai investasi reksa dana pada aplikasi Bibit, bagaimana hasilnya dan cara untuk berinvestasi? Mari kita bahas!

Pengalaman dan Cara Investasi di Bibit

Bibit adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membeli Reksa Dana, sudah banyak orang yang mulai menggunakan Bibit Reksa Dana sebagai tempat untuk menabung uang.

Dengan menyimpan uang di Reksa Dana membuat dana yang tersimpan terbebas dari Inflasi, bahkan dengan berinvestasi selain digunakan menabung juga nasabah akan mendapatkan keutungan.

Meskipun tidak banyak, keutungan yang diperoleh bisa dijadikan Passif Income setiap harinya.


Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya berinvestasi pada aplikasi Bibit Reksa Dana, dan membagikan panduan bagaimana cara memulai investasi.


Pengalaman Investasi di Aplikasi Bibit

Seperti yang saya bilang tadi bahwa saya telah menggunakan aplikasi Bibit selama kurang lebih setengah tahun, jadi disini saya akan berbagi pengalaman saya pribadi.

Aplikasi Bibit Reksa Dana

Dengan waktu kurang dari 1 tahun saya berhasil mendapatkan keutungan (belum teralisasi) sebanyak Rp.120,176 dengan investasi kurang dari 7 juta. Setiap bulanya saya menabung kurang dari 1 juta (tergantung sisa uang yang dimiliki).

Portofolio Investasi Reksa Dana

Reksa Dana yang saya miliki kebanyakan saya alokasikan kedalam instrumen pasar uang dan obligasi, jujur saya masih belum berani untuk berinvestasi pada instrumen saham.

Untuk produk reksa dana yang saya gunakan ada:

  • Sucorinvest Money Market Fund
  • Sucorinvest Sharia Money Market Fund
  • Sucorvinest Bond Fund
  • Batavia Dana Kas Maxima
  • Manulife Dana Kas II
  • Manulife Obligasi Unggulan Kelas A
  • Majoris Sukuk Negara Indonesia

Saya melakukan pembelian lebih dari produk reksa dana dari Manajer Investasi yang berbeda bertujuan untuk diversifikasi.

Penjualan Unit Reksa Dana

Investasi Reksa Dana ini sangat cocok digunakan untuk Dana Darurat atau untuk uang yang bersifat likuid (dapat dicairkan kapan saja), karena untuk melakukan pencairan dana di Bibit, kamu hanya perlu menunggu 2 hari kerja dan dengan otomatis dana dari penjualan akan langsung masuk kedalam rekening atm.

Bagi pemula sangat disarankan untuk mencoba instrumen pasar uang terlebih dahulu, karena pada instrumen tersebut hampir tidak pernah mengalami penurunan harga (untung terus).

Menabung dengan aplikasi Bibit juga dapat melawan inflasi setiap harinya, bahkan sambil menabung nasabah bisa mendapatkan keutungan, berminat investasi sekarang? Ikuti panduan dibawah ini. 


Cara Investasi di Aplikasi Bibit Reksa Dana

Pastikan kamu sudah memiliki Kartu Identitas, bisa menggunakan KTP maupun SIM dan juga sudah memiliki kartu rekening untuk menerima uang.

Bagi yang belum memiliki Rekening bisa mendaftar rekening secara online, salah satu bank yang menyediakan pendaftaran online adalah Bank BTPN Jenius.

ikon Bibit - Investasi Reksadana Otomatis
Bibit - Investasi Reksadana Otomatis
Free - Android
File Code: Bibit - Investasi Reksadana Otomatis.Apk

Unduh terlebih dahulu apliaksi Bibit melalui alamat diatas atau bisa langsung melalui Google Play Store.

Halaman Pendaftaran Bibit Reksa Dana

1. Tekan Register untuk mulai melakukan pendaftaran.

Formulir pengisian tanggal lahir

2. Masukan tanggal lahir sesuai dengan kartu identitas, setelah itu jawab pertanyaan yang diajukan berdasarkan pilihan dari hati nurani.

Profil resiko investasi

3. Setelah menjawab pertanyaan, aplikasi Bibit akan menampilkan profil resiko investasi kamu. Silahkan tekan Lanjut Registrasi untuk menuju ke tahap selanjutnya.

Promo Cashback Bibit

4. Masukan nomor hp yang masih aktif untuk menerima kode verifikasi.

5. Masukan kode
promocash50k
dan tekan tombol Gunakan, setelah memasukan kode kamu akan mendapatkan voucher berupa cashback sebesar Rp.25.000 hingga Rp.50.000 (jika promo masih berlaku).

6. Tekan Lanjutkan untuk menyelesaikan registrasi.

7. Disini proses verifikasi akun akan dilakukan oleh pihak Bibit, biasanya memakan waktu 1 hingga 2 hari.

Produk reksa dana instrumen pasar uang

8. Setelah akun terverifikasi, buka kembali aplikasi Bibit Reksa Dana.

9. Scroll kebawah dan pilih produk pada Pasar Uang.

Marketplace Reksa Dana

10. Pilih produk Reksa Dana Pasar Uang yang kamu inginkan, disini saya merekomendasikan produk Sucorinvest Money Market Fund (Konvensional) atau Sucorinvest Sharia Money Market Fund (Syariah).

Minimal Pembelian Unit

11. Minimal pembelian produk Reksa Dana yakni Rp.100.000, tekan Beli untuk membeli unit reksa dana.

Nominal Pembelian Unit RD

12. Masukan nominal minimal pembelian atau sesuai dengan dana yang kamu miliki saat ini (tidak boleh kurang dari nominal pembelian).

Konfirmasi pembayaran

13. Jangan lupa beri tanda centang atau cek list seperti gambar diatas, dan tekan tombol Bayar Sekarang untuk melakukan pembayaran.

Metode pembayaran

14. Lakukan pembayaran melalui metode yang disediakan, disini saya menggunakan dompet online GOPAY untuk melakukan pembayaran.

Notifikasi pembelian unit reksa dana

15. Setelah pembayaran berhasil maka dengan otomatis akan mendapatkan notifikasi pembelian pada email yang terdaftar pada aplikasi Bibit.

Portofolio Investasi

16. Buka menu Portofolio pada aplikasi Bibit dan pilih portofolio bernama Dana Tabungan.

Produk Reksa Dana Sucorinvest

17. Tertera produk Reksa Dana yang telah kamu beli, beserta keutungan yang didapatkan.

18. Untuk menjual reksa dana (mencairkan dana) tekan tombol Jual.

19. Jika ingin menambah unit reksa dana tekan tombol Top Up.

Keutungan (earning) yang didapatkan biasanya akan muncul setelah satu minggu semenjak pembelian unit reksa dana yang didapatkan, keutungan yang didapatkan bedasarkan besar modal yang diinvestasikan.

Semakin banyak dana yang diinvestasikan maka hasil yang diperoleh juga akan besar (high risk, high return). Untuk pembahasan lebih lengkap bisa membaca pada Panduan Investasi Reksa Dana Bibit [Lengkap].

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai pengalaman dan cara investasi pada aplikasi Bibit Reksa Dana, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel