Cara Membuat Blog - Panduan Lengkap Untuk Blogger Pemula

Begini tutorial cara membuat blog mudah, panduan lengkap untuk blogger pemula agar mahir dalam mengembangkan blog dan melakukan optimasi SEO. Banyak blogger pemula yang memiliki mindset “Asal tulis aja, nanti dapat uang”.

Cara Membuat Blog

Namun menurut saya ketika menggunakan mindset atau prinsip “Asal tulis saja” hanyalah membuang waktu. Tapi perlu diketahui juga tujuan utama membangung sebauh blog itu untuk apa?

Mengingat kebutuhan sandang dan pangan selalu meningkat, pasti kebanyakan orang membuat blog untuk mencari uang, saya sendiri pun juga seperti itu. Karena tujuan ngeblog untuk mendapatkan rejeki maka sebagai blogger perlu diperhatikan langkah awal yang akan diambil.

Kebanyakan orang menganggap pekerjaan seorang Blogger yang katanya “Mudah” untuk dilakukan, namun kenyataan dilapangan bertolak balik.

Memang bisa dikatakan “Mudah” untuk mereka yang sudah terbiasa, namun untuk kita sebagai pemula akan sulit sekali jika mengambil langkah awal yang salah.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat blog yang baik dan benar (Standar Blogger Indonesia), poin pembahasan kali ini adalah;


Sebelum menuju ke tutorial, alangkah baiknya memperbaiki Mindset kita terlebih dahulu agar tidak bikin sakit hati dan berhenti ditengah jalan. Hal pertama yakni perlu diketahui Usia minimal blog yang bisa dikatakan mulai “Menghasilkan Uang” setidaknya lebih dari 4 (empat) Bulan.

Memang untuk mendaftar Google AdSense sendiri dengan usia 14 Hari sudah dapat diterima, namun sangat dianjurkan untuk mendaftarkan ke Google AdSense ketika umur blog kurang lebih 4 bulan.

“Lah nanti pas ngembangin blog kita gak dapat apa apa dong”

Bisa menggunakan iklan lainya untuk memonetize atau menemani dalam pengembangan blog.

Setelah memperbaiki mindset mari kita menuju langkah untuk build blog yang baik dan benar, berikut adalah langkah-langkahnya.


1. Membuat Blog menggunakan CMS Blogger

Bagi yang masih pelajar atau tidak ingin mengeluarkan uang dalam pembangunan blog, maka bisa menggunakan layanan Blogger secara gratis.

Blogger adalah sebuah platform untuk membuat sebuah blog yang disediakan oleh Google, layanan ini gratis bagi siapa yang ingin menuliskan karyanya kedalam blog. Sangat cocok digunakan pemula dalam mengenal dunia blog.

Dikarenakan ini layanan yang disediakan oleh Google, hal pertama yang harus dimiliki yakni sebuah GMAIL atau akun Google, dan saya hampir seluruh orang yang menggunakan smartphone android memiliki akun Google, jadi saya lewatkan tutorial membuat akun google.

Menuju ke langkah selanjutnya yakni mendaftarkan diri ke dalam situs Blogger.com (pastikan sudah login menggunakan gmail/akun google terlebih dahulu).

Membuat blog diblogger.com

Dalam dashboard Blogger pasti muncul tulisan Create New Blog atau dalam Bahasa Indonesia Buat Blog Baru, klik tombol tersebut untuk membuat blog baru.

Membuat nama dan domain blog

Isikan data yang diminta sesuai dengan nama blog & alamat blog yang kamu inginkan;

Title: Isikan dengan judul blog, contoh: JasapilokU
Address: Berisikan alamat yang nantinya digunakan untuk mengakses blog, misal jasapiloku.blogspot.com

Jika address belum digunakan maka akan tanda centang biru disamping kanan, untuk tampilan (Theme) bisa menggunakan bawaan blogger atau menggunakan template yang ada dalam Google (nanti akan saya bahas).

Setelah selesai dan memverifikasi apakah data yang diisikan benar, klik Create Blog untuk melanjutkan.

Ketika langkah ini sudah selesai, maka dengan otomatis kamu berhasil membuat blog atau sudah memiliki blog pribadi, langkah awal agar kinerja blog optimal perlu melakukan konfigurasi, sebagai berikut;


2. Melakukan Konfigurasi Blog di Blogger

Melakukan konfigurasi blog sangatlah penting, karena sama halnya melakukan optimasi agar kinerja lebih maksimal. Kesalahan blogger pemula tidak memperdulikan hal ini, yang mengakibatkan kinerja blog kurang maksimal di mesin pencari.

Setelah berhasil membuat blog, maka saatnya untuk melakukan konfigurasi, lebih tepanya memberikan meta deskripsi supaya mesin pencari bisa mengidentifikasi keyword (pembahasan) yang ada dalam sebuah blog.

Konfigurasi Deskripsi Blog

Masuk kedalam Dashboard Blogger kemudian pergi ke Setting / Setelan, pilih pada Basic, disana akan ada banyak sekali pengaturan yang ada, namun pada saat ini kita hanya perlu mengubah meta deskripsi saja.

Untuk mengubah meta description tinggal klik Edit seperti gambar diatas, masukan deskripsi sesuai dengan konten yang akan dibahas pada blog yang dikelola.

Misalnya blog Nafaskuda membahas seputar dunia blogger dan anime, maka dalam meta deskripsi silahkan masukan keterangan

“Situs panduan untuk membuat blog untuk pemula, sekaligus membahas mengenai anime dan hal yang berbau teknologi”

Atau jika blog kamu membahas seputar konten edukasi tentang dunia blogger, maka bisa diisikan pada deskripsi.

“Media belajar kursus online seputar dunia blogger, tips bagaimana cara melakukan optimasi seo” 

Tinggal disesuaikan saja seperti konten apa yang akan dibahas. Pentingkah mencantumkan deskripsi blog pada Meta Description? Jawabanya sangatlah penting, karena membantu mesin pencari mengindentifikasi suatu blog tentang apa yang akan dibahas.

Konfigurasi Meta Decription / Meta Tags

Sama seperti diatas, kamu dapat menemukan setelan ini dengan menuju ke Setting kemudian pilih pada Search Preference. Isikan sama seperti yang telah di isi dalam deskripsi blog tadi.

Meta tags ini membantu menampilkan deskripsi blog ketika sedang diakses dimesin pencari, misalnya ketika saya mencari di google dengan kata kunci “Nafaskuda” nanti akan muncul deskripsi yang sama sesuai dengan Meta tags yang dicantumkan dalam blogger


3. Mengubah Tampilan Blog / Template

Mengatur tampilan dalam sebuah blog sangatlah penting untuk memperindah tampilan sekaligus memberikan kenyamanan dan pengalaman yang baik untuk para pengguna (visitor).

Perlu diketahui juga bahwa Template Blog dapat mendongkrak kinerja blog, dengan catatan template tersebut sudah didesain sedemikian rupa (breadcrumb, schema, meta tag, dll), biasanya dapat ditemukan secara gratis dengan mengetik “Template SEO Friendly” atau “Template Optimasi SEO Gratis”.

Saya juga sempat mengulas sebuah template yang didesain SEO Friendly dan sangat cocok digunakan untuk blog baru dalam menghadapi peninjauan Google AdSense, bisa membaca Konfigurasi Template Blog Agar Diterima di Google AdSense 

Dalam artikel itu sudah saya sediakan tutorial bagaimana cara memasang template di blog dan juga template seo friendly yang sangat cocok digunakan pada saat peninjauan Google AdSense.

Atau sekiranya ingin mencari template yang cocok dengan niche (tema) blog bisa cari template blog gratis lainya di JasapilokU Template Blog Free, dalam situs itu sudah disediakan beraneka ragam template yang dapat di unduh secara gratis + SEO Friendly + Optimasi Kecepatan.

Penjelasan Istilah Blogger
SEO: Search Engine Optimization, praktik ini dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja dalam mesin pencari, manfaat dalam melakukan praktik SEO ini dapat menampilkan artikel / halaman seuatu website pada halaman pertama pada mesin pencari, atau disebut juga sebagai Page One.

SEO Friendly: Sama halnya sepert penjelasan diatas, hanya saja ketambahan kata Friendly yang artinya bersahabat dengan SEO, dengan kata lain sudah didesain sedemikian rupa agar menyesuaikan dengan praktik SEO tanpa harus melakukan konfigurasi manual.

Perlu diingat bahwa dalam pemilihan sebuah template, bukan tampilan yang dinilai, namun kecepatan akses. Google sendiri memberikan poin plus kepada sebuah blog dan website yang memiliki kecepatan akses cepat (meskipun tidak mutlak dinilai dari kecepatan).


4. Melakukan Riset Keyword

Agar mampu bersaing dengan blog lain, sangat perlu untuk membuat artikel yang berbobot dan juga perlu untuk melakukan optimasi SEO, tentu tidak lupa dengan riset keyword.

Mengapa melakukan Riset Keyword sangatlah penting? Akan saya jabarkan dalam bahasa sehari hari saja biar mudah dipahami. 

Dalam kehidupan, terutama dalam berdangan, perlu mengetahui Apa yang konsumen / orang inginkan, kemudian sebagai pedangan tentu mencari tahu apa yang orang inginkan, setelah melakukan pencarian sudah menemukan sebuah jawaban, yakni Konsumen menginginkan makanan ikan gurame.

Karena sudah mengetahui keinginan konsumen maka ditelusuri lebih lanjut lagi, apakah peminat makanan ikan gurame banyak atau tidak, setelah ditelusuri lagi ternyata peminatnya banyak sekali, anggap saja 100.000 Ikan Gurame per Bulan.

Nah aktifitas dalam cerita singkat diatas sama halnya dengan Riset Keyword, yang dimana kita sebagai penulis / blogger juga harus mengetahui apa yang publik inginkan, setelah mengetahui bahwa permintaan ikan gurame banyak, dari sinilah kesempatan untuk berdagang dimulai. 

Apa manfaat riset keyword? Banyak sekali yang didapatkan ketika melakukan riset keyword, sebagai contoh permintaan ikan gurame 100.000 per bulan, dalam pengaplikasianya ketika kamu berjualan iklan gurame maka produk akan terjual kurang lebih 100.000 per bulan.
Sama halnya dengan blog, ketika kamu membuat artikel yang dimana banyak peminatnya seperti ikan gurame, maka setiap bulan akan mendapatkan kurang lebih 100.000 pengunjung, atau dengan kata lain akan mendapatkan pengunjung kurang lebih 3,000/hari.

Kamu akan mendapatkan pengunjung 3,000/hari, itu saja hanya dengan satu artikel bagaimana jika membuat artikel yang potensial (banyak peminat) lainya? Bagaimana jika memiliki artikel potensial dengan rata rata peminat 10.000 perbulanya?

Untuk cara lebih lengkap tentang riset keyword bisa baca Panduan Optimasi SEO YouTube, langsung baca pada panduan Riset Keyword saja, karena platform YouTube dan Blogger kurang lebih sama untuk riset keywordnya.

Setelah menemukan keyword yang potensial maka tinggal mengaplikasikan pada sebuah postingan / artikel.

Cara membangung blog yang benar memang sangatlah sulit dilakukan, karena sangat banyak sekali pesaingnya, namun dengan bantuan artikel ini setidaknya kalian paham mengenai dasar dasar dalam membuat sebuah blog.


5. Membuat Postingan / Artikel SEO

Panduan membuat blog dengan artikel yang SEO ini tidak akan menjamin masuk kedalam page one mesin pencari, namun saya akan membagikan dasar atau standar penulisan / pembuatan artikel SEO Friendly.

Pertama pastikan sudah melakukan riset keyword yang potensial, selanjutkan tinggal menerapkan pada sebuah judul artikel, semisal melanjutkan cerita pendek mengenai Ikan tadi.

Membuat Artikel SEO

Karena saya sudah mendapatkan keyword yang potensial yakni Ikan Gurameh maka saya akan membuat artikel dengan judul Terbaru! Bisnis Makanan Ikan Gurameh, Meraih Keutungan Yang Besar.

Format Penulisan Artikel SEO Friendly
[Paragraf / 120 karakter pertama berisikan 1 target keyword]
[Konten/Isi Artikel minimal 500 kata + Penyebutan 1 target keyword]
[Penutup berisikan 1 target keywod]

Untuk penerapan bisa lihat gambar diatas, bisa juga ditambah dengan keyword turunan (sinonim).

Apa itu target keyword? Sebuah kata kunci yang ditujukan untuk menyatakan sesuatu kepada pengujung, ketika kita melakukan pencarian dalam Google pasti disuruh untuk memasukan sebuah kata kunci.

Seperti ketika ketika kamu ingin mengetahui panduang membangung blog pasti akan mengetik sebuah kata kunci dalam mesin pencari Cara membuat blog, nah “Cara membuat blog” inilah main keyword kemudian KW terdapat turunan lagi seperti kata sinonim dan lain lain.

Misalnya turunan dari Keyword “Cara membuat blog”, meliputi Panduan membuat blog, tutorial membuat blog, panduang membangun blog dan masih banyak lagi.

Kemudian setelah membuat konten dalam artikel, selanjutnya melakukan konfigurasi agar artikel lebih SEO Friendly, setelan ini dapat ditemukan dibagian kanan seperti gambar diatas.

Labels: Isikan dengan beberapa target keyword, semisal main keyword adalah Ikan gurame maka masukan kata kunci tersebut kedalam Label.

Permalink: Tambahkan target keyword dalam permalink, seperti halnya jika main keyword adalah ikan gurame, bisa melakukan konfigurasi permalink /bisnis-ikan-gurameh.html

Search Description: Saya sendiri suka mengisikan sama halnya seperti paragraf pertama yang mengandung main keyword dan kata pendukung.

Ketika sudah selesai membuat konten dan konfigurasi agar SEO, selanjutnya adalah mempublikasikan atau memposting artikel agar dapat dibaca oleh orang yang mengakses, caranya tinggal klik Publish.

Untuk memastikan apakah artikel sudah terposting dalam blog, akseslah alamat blog yang kamu kelola, seperti halnya milik saya adalah https://jasapiloku.blogspot.com, ketika artikel sudah muncul berarti sudah benar benar terpublish.


6. Sosial Media Share (Engagement)

Apakah membagikan artikel ke sosial media dibutuhkan? Jawabanya IYA, cuman harus juga tertarget. Untuk mencapai sesuatu hal yang maksimal kita harus melakukan riset terlebih dahulu.

Selain mampu mendongkrak trafik melalui cara promosi juga mendapatkan sebuah backlink yang akan membuat blog yang dikelola lebih dipercaya mesin pencari.

Usahakan mempromosikan blog sesuai dengan tema pembahasan, semisal artikel membahas tentang ikan gurameh maka share atau bagikan kedalam grup atau komunitas tentang Ikan / Perikanan atau khusus Ikan Gurameh.

Percuma melakukan promosi ditempat yang tidak sesuai dengan tema pembahasan, semisal artikel membahas mengenai Ikan gurameh, namun kamu sebagai pengelola malah mempromosikan dikomunitas Anime atau Burung, otomatis tidak akan nyambung bukan?

Banyak sosial media yang bisa digunakan sebagai tempat untuk promosi, seperti Facebook, Instagram, YouTube, Twitter dan masih banyak lagi. Tinggal bagaiman cara kita untuk melaukan promosi saja.


7. Pengalaman Ngeblog 6 Tahun

Bisa dikatakan perjalanan menjadi blogger tidak semulus perkataan orang orang disana, suka dan duka dapat ditemukan ketika menjadi blogger ataupun konten kreator (digital kreatif).

2013 – Awal saya membuat blog yang bernama Jasapilok, pada blog tersebut saya kembangkan selama 2 tahun dan alhamdulilah penghasilan setiap harinya bisa digunakan untuk membeli kebutuhan saya pada saat itu, atau kalau disebutin nominalnya adalah 10$/hari (Rp.100,000/hari) *dibulatkan saja.

Sekitar tahun 2015 atau tepat saya menginjak bangku SMK blog Jasapilok terbanned / dihapus oleh blogger (pihak Google) karena salah satu dari blog yang saya kelola memiliki masalah dalam hak cipta, namun tidak adil karena blog Jasapilok yang bersih dari pelanggaran ikut dihapus.

Disini saya sempat depresi karena kehilangan pendapatan perhari yakni 10$/day, nominal tersebut sangatlah banyak ketika masih menginjak usia SMP (Sekolah Menengah Pertama) menuju ke SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Saya sempat fakum selama 1 tahun, dan dalam 1 tahun itu saya benar benar menjalani kehidupan sebagai seorang pelajar tidak menyentuh blogger karena masih trauma dan depresi.

Namun dikarenakan saya suka menulis, maka saya mencoba bangkit kembali dan berhasil membuat blog yang bernama Nafaskuda yang sampai saat ini masih berdiri, Alhamdulilah penghasilan yang didapatkan bisa untuk makan dan memenuhi kebutuhan sehari hari.

Dari kisah yang saya alami mungkin banyak pahitnya dari pada manisnya, namun perlu diketahui bahwa “Usaha tidak akan membohongi hasil”, meskipun saya tidak menggunakan prinsip itu tapi memang benar bahwa Usaha tidak akan membohongi hasil.

Hingga saat ini saya menggunakan prinsip yang berhasil mensugesti saya bahwa “Rejeki udah ada yang ngatur, kita hanya perlu usaha sebisa kita” dan benar bahwa Rejeki sudah ada yang mengatur, terkait pendapatan yang sedikit atau besar berarti itu adalah rejeki yang bisa kamu dapatkan saat itu juga.

Daripada pembahasan menjadi tidak terarah maka akan saya akhiri pembahasan mengenai bagaimana cara membuat blog yang baik dan benar, untuk pembahasan panduan blog akan saya bahas dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel