Konfigurasi Template Blog Agar Diterima di Google AdSense

Punya blog tapi belum diterima program Google AdSense? Mungkin kesalahan yang dilakukan terletak pada struktur template sehingga sulit diterima. Banyak faktor yang mempengaruhi tentang diterima atau tidaknya dalam Google AdSense, salah satunya adalah faktor Template Blogger.

Konfigurasi Template Blog Agar Diterima di Google AdSense

Blogger adalah platform gratis untuk membuat suatu blog, yang dimana pada blog tersebut kamu bisa mengisi sebuah konten baik berupa tulisan, gambar maupun sebuah video dengan gratis (tanpa dipungut biaya).

Template Blogger adalah sebuah tema yang nantinya akan membuat atau tampilan sebuah blog menjadi lebih elegan atau modern (tergantung tema yang digunakan), dengan Template ini membantu membuat sebuah blog atau website terlihat Profesional.

Agar diterima dalam program iklan Google AdSense, kamu harus memilih dan melakukan konfigurasi template blog agar diterima di Google AdSense, salah satunya pemanfaatan navigasi yang jelas serta menampilkan fitur unggulan.

Untuk itu betapa pentingnya memperhatikan faktor reputasi blog dan juga bagaimana cara menampilkan sebuah struktur kepada pengunjung agar lebih mudah dikenali fungsinya (termasuk menata sebuah navigasi).



Terlebi lagi sekarang harus menggunakan sebuah tema yang Mobile-Friendly dan Responsive, karena itu menjadi titik acuan agar blog mampu bersaing dalam Search Engine, menentukan tema juga dapat digunakan untuk Optimasi SEO on-page.


Syarat agar blog diterima di Google AdSense

Google sendiri memiliki signal atau persyaratan yang harus dipenuhi agar diterima dalam program iklanya AdSense, sekarang tidak seperti dulu karena pada saat ini Google AdSense melakuka penijauan yang sangat ketat, beberapa signal atau persyaratan agar diterima di Google AdSense sebagai berikut;

1. Konten Yang Memadai
Google menyarankan agar membuat artikel atau konten yang unik dan berkualitas, karena sebenarnya titik ukur reputasi blog berasal dari sebuah konten yang dibuat. Apakah artikel tersebut bermanfaat atau tidak.

Pastikan artikel yang kamu buat tidak melanggar kebijakan dan pedoman webmaster Google, seperti memposting artikel tentang aplikasi dan game bajakan itu melanggar kebijakan, apalagi membuat tutorial tentang bagaimana cara hacking.
Cara membuat safelink blog spot dengan blogger mudah
Sebuah konten yang melanggar kebijakan dan pedoman maka beresiko akan ditolak oleh Google AdSense, bahkan bisa sampai deindex di mesin pencari, yang lebih parah jika blog kena takedown sehingga mau tidak mau akan dihapus oleh pihak Google.

2. Keunikan Konten
Seperti kata mastah bahwa Konten adalah Raja, maka membuat artikel yang unik akan membantu blog kamu diterima di google adsense, karena mampu memberikan pembahasan yang berbeda dari blog yang lainya.

Jika tidak punya ide untuk menulis artikel, silahkan cari referensi disitus besar atau mengunakan koran, yang dimana nanti tulis ulang dengan bahasamu sendiri (rewrite) namun usahkan seunik mungkin supaya tidak teridentifikasi sebagai duplikat konten (copy).

3. Umur Sebuah Blog dan Website
Sudah menjadi rahasia umum persyaratan agar diterima di google adsense, yakni sebuah umur blog. Kebanyakan situs yang diterima paling tidak (minimal) memiliki umur lebih dari 1 bulan, karena Google sendiri menganggap blog yang berumur 1 bulan pasti sudah siap menampilkan iklan.

Pernah teman saya mendapatkan email pemberitahuan bahwa Google tidak menerima sebuah situs atau blog yang sedang dalam pengembangan, nah biasanya blog yang masih dalam pengembangan ini memiliki usia kurang dari 1 bulan, jadi akan sulit jika blog kamu berumur kurang dari 1 bulan.

4. Visitor
Faktor selanjutnya adalah pengunjung, semakin banyak pengunjung maka kesempatan untuk diterima di Google AdSense pun menjadi tinggi, karena pada dasarnya sebuah iklan membutuhkan sebuah impresi untuk ditampilkan.

Meskipun tidak mutlak berada pada visitor, namun jumlah pengunjung perhari menjadi penunjang agar blog diterima pada saat peninjauan.

5. Kelayakan Template
Yang paling akhir adalah faktor tampilan atau template. Menata sebuah struktur tampilan juga tak kalah penting dengan konten, karena tampilan ini mampu memberikan navigasi yang akan memudahkan pengunjung untuk mencari artikel yang ingin mereka cari.

Google sendiri menyarankan agar memberikan navigasi yang tidak membuat visitor kebingungan atau menyesatkan, yang artinya jangan terlalu banyak navigasi tapi juga jangan terlalu sedikit (balance).

Ditemplate ini juga dibagi penilaianya lagi seperti;

  • Mobile Friendly
  • Responsive
  • SEO Friendly
  • Speed Load Time
  • Tata Letak & Navigasi

Nah pada kesempatan kali ini saya akan mengulas terkait tentang bagaimana cara melakukan konfigurasi template agar diterima persyaratan Google AdSense.

Sejauh ini 5 poin diatas adalah titik acu apakah blog layak untuk ditempati sebuah iklan AdSense atau tidak, mungkin masih ada banyak lagi faktornya namun 5 diatas adalah hal yang sangat berpengaruh diterima atau tidaknya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah template yang mungkin bisa langsung diterima ketika mengajukan pertinjauan blog.


Konfigurasi Template dan Konten Agar Diterima di Google AdSense

Melakukan pemilihan template sangatlah penting, dan tak lupa juga untuk melakukan konfigurasi, seperti melakukan penyempurnaan navigasi serta kelengkapan konten untuk mendukung sebuah navigasi.

Selagi sedang masa peninjauan, silahkan gunakan template yang sangat simpel (fast load dan seo friendly) bisa menggunakan template Textrime dari mbak Igniel ini, karena memiliki fitur yang sudah di Optimasi SEO sedemikian rupa dan dapat membantu agar blog cepat diterima di Google AdSense.

Untuk template blogger agar diterima di Google AdSense, saya sarankan untuk menggunakan template yang dibuat oleh mbak Igniel, yakni Textrim v1 Template Simple [Download], untuk mengunduhnya bisa langsung di klik saja.
Cara Memasang Template Blog Dengan Mudah
Silahkan pasang terlebih dahulu template Textrim terlebih dahulu, jika sudah terpasang tinggal melakukan konfigurasi, hal yang perlu diubah yakni;

(Agar mudah mencari kode dibawah silahkan gunakan bantuan Find pada browser dengan cara menekan CTRL + F dan masukan kode)

Konfigurasi Navigas Utama

<li><a href='#' title='Menu 1'>Menu 1</a></li>
<li><a href='#' title='Menu 2'>Menu 2</a></li>
<li><a href='#' title='Menu 3'>Menu 3</a></li>
<li><a href='#' title='Menu 4'>Menu 4</a></li>
<li><a href='#' title='Menu 5'>Menu 5</a></li> 

Ubah tanda tagar atau # dengan alamat navigasi atau halaman yang ingin kamu tampilkan, serta mengganti judul Menu 1 sampai 5 dengan nama navigasi yang kamu inginkan. Misalnya seperti dibawah ini;

<li><a href='https://www.nafaskuda.com/search/label/WegaHow' title='WegaHow?'>WegaHow?</a></li>

Dan seterusnya, INGAT tampilkan menu navigas yang sekiranya penting atau yang ingin kamu tampilkan saja. Jangan semua page dimasukan dalam menu Navigasi, karena akan membuat orang orang bingung, begitu juga pihak Google AdSense ketika meninjau artikel.


Konfigurasi Navigasi Pendukung

<a href='#' title='About'>About</a>
<a href='#' title='Contact'>Contact</a>
<a href='#' title='Disclaimer'>Disclaimer</a>
<a href='#' title='Privacy Policy'>Privacy Policy</a>
<a href='#' title='Sitemap'>Sitemap</a>

Ganti tanda tagar atau # dengan alamat page / halaman yang ingin kamu tuju.

Navigasi pendukung sebenarnya juga berperan sangat penting, karena menampilkan seperti legalisasi dokumen pada blog (ya meskipun saya sendiri pasang cuman buat formaliasi) namun sangat pengaruh pada saat peninjauan Google.

Buat halaman pendukung seperti About, Contact, Disclaimer, Privacy Policy dan Sitemap supaya blog dan website terlihat profesional dan meyakinkan. Jika bingung bagaimana cara membuatnya, silahkan cari tutorial di Google, karena sudah banyak para blogger yang mengulasnya.

Atau bisa menulis ulang atau memodifikasi seperti yang saya Gunakan, silahkan cek halaman dengan mengeklik alamat dibawah ini;


Silahkan tulis dengan bahasa sendiri, usahakan jangan sama persis ditakutkan nanti teridentifikasi sebagai duplikat konten (copypaste) oleh Google, sehingga akan menurunkan reputasi blog yang kamu kelola.

Konfigurasi Sosial Media

<a href='https://www.facebook.com/#' title='Facebook'>
<a href='https://twitter.com/#' title='Twitter'>
<a href='https://www.pinterest.com/#' title='Pinterest'>
<a href='https://www.instagram.com/#' title='Instagram'>
<a href='https://www.youtube.com/#' title='Youtube'>

Ternyata mencantumkan akun sosial media kita menjadi nilai plus di mata Google, karena dengan mencatumkan sosial media, berarti sebuah website atau blog dapat dipertanggung jawabkan, kenapa? Karena dengan adanya akun somsed untuk menghubungi pemili blog pun jadi lebih mudah.
Blogger? 11 Aplikasi Untuk Membantu Mengelola Blog di Android
Silahkan ubah alamat warna merah sesuai dengan url sosial media yang kamu kelola atau yang masih bisa untuk dihubungi.

Oke mungkin hanya itu saja pembahasan tentang persyaratan agar blogkita disetujui dalam program iklan Google Adsense, sampai bertemu pada pembahasan selanjutnya stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel