Blogger? 11 Aplikasi Untuk Membantu Mengelola Blog di Android

Blogger? 11 Aplikasi Untuk Membantu Mengelolah Blog di Android
Cara membuat artikel memang tidak ada batasanya terutama seorang blogger kamu bisa menggunakan android dengan beberapa bantuan aplikasi untuk mengelola sebuah blog.

Beberapa aplikasi gratis yang terdapat dalam Google Play Store maupun disitus lainya dapat digunakan untuk mengelola blog menggunakan smartphone kamu, tidak perlu menggunakan laptop atau komputer kini kamu sudah bisa ngeblog menggunakan hp.

Namun sebelum itu perlu diketahui bahwa mengelola suatu webiste menggunakan android memang cukup sulit, namun dengan menjadikan kebiasaan lama kelamaan akan terbiasa dan menjadi muda dengan sendirinya.

Aplikasi untuk mengelolah blogger di Android

Banyak sekali aplikasi gratis maupun berbayar yang bisa dimanfaatkan untuk ngeblog, mulai aplikasi untuk menulis, mengedit, memposting, bahkan sampai untuk mempromosikan sebuah artikel berikut adalah 11 aplikasi android untuk ngeblog degan mudah.

1. Blogger

Aplikasi ini wajib dimiliki oleh para pengelola blog maupun blogger, karena dengan adanya aplikasi ini kamu bisa langsung menulis sebuah artikel melalui android dan langsung bisa untuk mempublikasikan dalam blog yang dikelola. Terdapat juga fitur draft dimana ketika belum selesai menulis artikel, hasil tulisan yang telah ditulis akan tersimpan dengan otomatis.

11 Aplikasi Untuk Membantu Mengelolah Blog di Android

Dalam aplikasi ini juga membantu untuk menambahkan sebuah multimedia seperti foto dan video yang berguna untuk membuat artikel lebih menarik maupun membuat nilai seo on-page meningkat. Untuk sekarang hal yang sangat disayangkan oleh aplikasi ini yakni jarang disentuh atau bahkan malah tidak pernah mendapatkan pembaruan sistem maupun fitur pada aplikasi Blogger.
Operating System Android
Developer Google LLC
Licensed Free
Internet Online
[DOWNLOAD NOW]
Namun meskipun begitu aplikasi ini masih layak digunakan untuk memposting sebuah artikel baik menambahka tulisan, gambar, maupun video.

2. Word Counter

Pernahkah mendengarkan perkataan para mastah atau seseorang yang sudah berpengalaman dalam dunia blog memberikan sebuah tips bahwa, ideal sebuah artikel atau postingan mengandung sejumlah kata minimal 500 kata.

11 Aplikasi Untuk Membantu Mengelolah Blog di Android

Dalam aplikasi blogger tidak disediakan word count atau penghitung jumlah kata, dengan bantuan aplikasi ini kamu bisa mengetahui jumlah kata yang sedang kamu tulis bahkan kita juga bisa mengetahui jumlah karakter dan juga paragraf. Aplikasi ini sangat membantu pengguna android untuk menuliskan artikel diblog.
Operating System Android
Developer Spians Labs
Licensed Free
Internet Offline
[DOWNLOAD NOW]
Dilengkapi juga dengan fitur save dan auto-save. Kamu bisa menggunakan fitur save ketika sudah selesai menuliskan sebuah artikel, sedangkan fitur auto-save digunakan ketika kamu belum selesai menuliskan sebuah artikel. Tentu bagi hp yg memiliki masalah dengan baterai akan terbantu karena auto-save (menyimpan otomatis) dilakukan setiap kalian melakukan perubahan pada tulisan.

3. Puffin Browser

Sebuah browser yang berperan untuk mengontrol penuh fitur yang disediakan oleh Blogger dalam sebuah web, dengan mengakses langsung ke halaman Blogger.com maka dengan otomatis fitur yang ditawarkan akan muncul, namun untuk menikmati fitur tersebut kamu harus memilki sebuah browser untuk mengakses halaman blogger.

Biasanya ada beberapa alat penjelajah internet yang tidak mendukung Javascript dan sebuah flash, sedangkan kedua hal tersebut wajib didukung jika tidak maka laman akan blank atau tampilan kosong. Kebetulan saya sendiri menggunakan Puffin Browser selain minim terhadap iklan (tidak seperti tetangga sebelah yang ngakunya ada ad-block justru malah aplikasinya yang penuh sengan iklan).
Operating System Android
Developer CloudMosa, Inc.
Licensed Free
Internet Online
[DOWNLOAD NOW]
Aplikasi ini juga bisa dikatakan sangat ringan dan untuk tampilan clean (simple, bersih, minimalis) sehingga sangat cocok digunakan untuk pengguna smartphone yang memiliki spesifikasi rendah seperti saya. Terdapat juga fitur seperti Request desktop view atau menampilkan seperti tampilan desktop komputer. Untuk lebih lanjutnya kamu bisa membaca artikel pada Merubah Tampilan Browser Mobile ke Desktop pada Android, Mudah! maka dengan otomatis kamu akan mendapatkan tampilan dekstop meski menggunakan smartphone android.

4. Picsay Pro

Dalam sebuah artikel gambar tidak kalah penting dengan sebuah tulisan, karena dengan gambar yang dapat mendukung sebuah tulisan agar lebih mudah untuk dipahami selain menambah daya tarik juga menambahkan nilai seo on-page.

Jika menggunakan komputer saya memakai Adobe Photoshop dibantu dengan CorelDraw sedangkan dalam android bisa ditemukan sebuah aplikasi gabungan antara Adobe Photoshop dengan CorelDraw yakni Picsay Pro. Dengan aplikasi ini lamu akan sangat terbantu dalam mengelola sebuah gambar, seperti memberikan sebuah caption berupa tulisan sampai mengatur sinematografi (gelap, terang, warna, dll) dengan mudah.
Operating System Android
Developer Shinycore
Licensed Free
Internet Offline
[DOWNLOAD NOW]
Picsay Pro aplikasi yang sering digunakan para editor foto di android bahkan banyak sekali pengguna aplikasi ini yang membuat sebuah komunitas berupa grup di Facebook. Karena fitur yang ditawarkan sangalah lengkap dan sangat ringan digunakan baik konsumsi RAM maupun Media Penyimpanan.

5. anWriter free HTML editor

Bagi kamu yang ingin mengganti atau menambahkan sebuah Widget pada template tidak perlu khawatir akan tejadi hang atau Freeze pada hp (pengalaman saat ingin mengganti template tiba tiba hp langsung  hang/freeze ketika melakukan editing template langsung dihalaman blogger menggunakan browser).

Dengan HTML/Script Editor kamuw langsung bisa melakukan penyuntingan, namun sebelum itu kamu harus mendownload terlebih dahulu file template yang berada diblogger dengan cara Masuk ke Dashboad Blogger yang kamu kelola => Menuju ke Tema => Backup/Pulihkan.
Operating System Android
Developer Ansmsoft
Licensed Free
Internet Offline
[DOWNLOAD NOW]
Setelah itu biasanya kamu akan mendapatkan sebuah file dengan ektensi .xml, pada file tersebut mengandung script yang membantu untuk mengatur tampilan dalam blog. Mustahil dalam mengedit langsung menggunakan browser karena akan memakan resource hp yang sangat banyak. Untuk itu kamu bisa menggunakan aplikasi ini mengedit template dalam blog tanpa khawatir hp terjadi hang.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Android LAG/ Macet dan Lemot Terbaru

6. SEO SERP mojo - Rank Tracker

Biasanya beberapa hari atau bahkan sampai berbulan bulan setelah kita memposting sebuah artikel dalam blog, maka dengan otomatis artikel tersebut akan masuk kedalam index mesin pencari baik Google, Bing ataupun search engine lainya.

Orang yang sudah mahir atau berpengalaman dalam dunia blogger pasti selalu menargetkan artikelnya untuk menempati posisi pada halaman pertama, atau istilah ini disebut sebagai artikel page-one. Untuk mendapatkan page-one pada mesin pencari dibutuhkan beberapa kriteria minimal yang diterapkan oleh Algoritma Google seperti yang saya bilang tadi bahwa ideal sebuah artikel yakni mengandung minimal 500 kata.
Operating System Android
Developer 34MOJI
Licensed Free
Internet Online
[DOWNLOAD NOW]
Meskipun 500 kata bukan faktor utama, namun bisa dijadikan patokan untuk masuk ke halaman pertama. Bagi kamu yang ingin mengetahui apakah artikel dalam blog kamu ada yang masuk kedalam halaman pertama Google, kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Karena aplikasi ini mampu menganalisis banyak keyword sekaligus (multiple) tanpa harus mengecek satu per satu dalam Google.

Bahkan kamu bisa memonitorin hari ini keyword yang dibidik naik ke halaman pertama mesin pencari atau justru malah turun ke halaman lainya. Kamu benar benar terbantu dalam mengelola sebuah blog bermodalkan hp android.

7. Translate Google

Alasan mengapa saya memasukan aplikasi Google Translate yakni untuk menterjemahkan suatu tulisan dari bahasa asing sebagai sumber referensi. Terkadang seorang penulis blogger cenderung mengandandalkan otak untuk merangkai kata kata dan pada akhirnya malah bingung sendiri.

Maka dari itu kita bisa menterjemahkan sebuah artikel yang sama seperti pembahasan pada postingan untuk menambahkan sebuah kata kata. Bisa juga untuk membuat artikel berbahasa Inggris dimana pengunjung dari luar negeri memiliki harga iklan yang relatif tinggi.
Operating System Android
Developer Google LLC
Licensed Free
Internet Online/Offline
[DOWNLOAD NOW]
Namun sangat disayangkan meskipun bisa untuk menterjemahkan dari bahasa ke bahasa lain, terkadang Grammarliar atau pengejaanyan salah. Tapi tak perlu khawatir karena terdapat juga sebuah aplikasin yang dapat untuk mengoreksi dan meperbaiki Grammaliar sebuah kata yakni:

8. Grammarly Checker

Grammarly Cheker adalah seuah aplikasi yang berfungsi untuk memperbaiki atau membenarkan sebuah kata, ejaan sampai kata hubung yang salah (saat ini hanya tersedia Bahasa Inggris) sangat berguna untuk Blogger yang membuat artikel dengan target luar negeri.
Operating System Android
Developer Grammarly, Inc.
Licensed Free
Internet Online/Offline
[DOWNLOAD NOW]
Dengan memasukan sebuah paragraf atau bahkan bisa mengupload sebuah dokumen yang kemudian akan diperbaiki secara otomatis oleh aplikasi ini. Tapi tenang kamu akan diberitahu bagian mana saja yang salah dan harus diperbaiki. Jadi dengan aplikasi ini kita bisa membuat artikel dengan bahasa asing sekaligus belajar Grammarly Bahasa Inggris.

Baca juga: Kubik News, Aplikasi Penghasil Pulsa Terbaru dan Tips Memperbanyak Poin!

Meskipun sudah faseh dalam Berbahasa Inggris, nyatanya banyak orang yang menggunakan Grammarly untuk memperbaiki penulisan kata dalam sebuah artikel.

9. Google Analytics

Setelah blog sudah berumur kurang lebih satu tahun, saatnya memantau trafik dalam suatu blog. Memantau trafik sudah menjadi hal yang wajar, karena dari sini kita dapat mengetahui seberapa lama pengunjung membaca pada sebuah postingan, artikel apa saja yang paling banyak dibaca, sampai asal darimana pengunjung datang untuk membaca artikel dalam blog.
Operating System Android
Developer Google LLC
Licensed Free
Internet Online
[DOWNLOAD NOW]
Google Analytics memberikan sebuah fitur yang sangat lengkap dan gratis, dapat digunakan untuk memantau trafik secara real-time juga dapat dikaitkan dengan Google Adsense untuk meningkatkan peforma tampilan iklan dan membantu advertisement untuk menargetkan iklan mereka.

10. Google Adsense

Ketika blog sudah diterima dari situs pengiklan besar didunia milik Google kamu bisa memantau dashboard melalui aplikasi yang sudah disediakan oleh Google sendiri, dalam aplikasi ini juga diperlihatkan tentang pendapatan hari ini dan laporan pendapatan spesifik seperti bulanan, per-tiga bulan, pertahun bahkan penghasilan bertahun tahun sebelumnya.
Operating System Android
Developer Google LLC
Licensed Free
Internet Online
[DOWNLOAD NOW]
Memudahkan pengguna android untuk melihat penghasilan harian. Tentu hal ini dapat menambah motivasi seorang blogger ketika melihat penghasilan yang banyak, mengapa tadi saya berkata bahwa jika blog sudah berumur satu tahun maka cocok untuk memasang Google Analitymmmmm.

Sama halnya seperti Google Adsense, jika blog masih berumur kurang dari satu tahun bukanya menambah motivasi ketika kita melihat di Analllitik dan Adsense justru malah membuat semangat dan mental menurun (down). Karena bisa dikatakan sebuah blog yang memiliki umur kurang dari satu tahun mendandakan masih dalam tahap pengembangan, istilahnya belum mapan.

11. Music Player

Menurut penelitian yang belum pernah dilakukan ternyata musik dapat memanipulasi emosi dimana dapat memberikan semangat dan inspirasi, dengan inilah dapat memicu otak agar lebih aktif dalam menuangkan ide dan inspirasi kedalam artikel, efeknya yakni membuat pembahasan lebih mudah dipahami oleh pembaca.
Operating System Android
Developer Leopard V7
Licensed Free
Internet Offline
[DOWNLOAD NOW]
Selain itu musik juga dapat menghilangkan rasa lelah, karena beberapa musik instrumental didesain khusus untuk menenangkan sebuah pikiran (relaksasi).

Sekiranya kamu membutuhkan ketenangan kamu bisa mendengarkan sebuah musik relaxing dimana pada musik tersebur hanya terdapat sebuah instrumen atau suara angin dan air saja, seperti halnya memanipulasi sebuah pikiran dengan menciptakan suasana melalui suara, seolah olah kita berada di pantai.

Baca juga: 5+ OST Anime Versi Piano Bikin Santai dan Semangat

Bagi kamu yang memiliki smartphone android dengan spesifikasi tinggi mungkin tidak membutuhkan semua aplikasi yang saya sebutkan diatas, karena pada dasarnya aplikasin yang saya cantumkan untuk sebuah smartphone yang memiliki spesifikasi Med-Low seperti hp saya.

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi yang dapat membantu untuk mengelola dan memanajemen sebuah Blog menggunakan android, namun aplikasi diataslah yang menurut saya paling powerfull dalam mengembangkan suatu blog.

Baca juga