Cara Mengatasi HP Android LAG/ Macet dan Lemot Terbaru

Cara Mengatasi HP Android LAG/ Macet dan Lemot Terbaru
Beberapa penyebab dan cara ampuh untuk mengatasi smartphone Android yang sering terjadi LAG, Lemot, Hang (Macet tiba tiba) bahkan sampai restart sendiri. Sering kali saya alami ketika bermain game, tiba tiba android mengalami lag, bahkan sampai memuat ulang. Tentu hal ini sangat menjengkelkan dan membuat tidak nyaman ketika beraktifitas menggunakan smartphone.

Menurut penelitian yang belum pernah dilakukan, ternyata Lag atau macet tidak hanya terjadi di smartphone dengan platform android, sering juga dialami pada pengguna iPhone, Blackberry, bahkan handphone java sekalipun, bahkan lagging sering terjadi juga di laptop maupun sebuah laptop, pada era digital penggunaan teknologi sangat dibutuhkan namun masalah ini dapat menghambat aktifitas. Hampir semua penyebab dan solusi untuk atasi lagging sama.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Tindakan Blokir Instagram Terbaru

Namun kini tak perlu khawatir lagi, karena sudah terdapat aplikasi untuk membantu mengatasi masalah itu, beberapa tips dan trik juga ampuh untuk mengatasi smartphone lemot menjadi android yang tidak lemot lagi bahkan peforma bisa seperti hp baru dibeli. Namun sebelum menuju ke pokok pembahasan, mari kita ketahui,

Penyebab Android lemot, lag dan sering macet?

Jika ditanya soal penyebab mungkin sangatlah banyak, namun disini saya akan menyampaikan beberapa faktor yang sangat mempengaruhi terjadinya lag. Pada dasarnya semua teknologi baik smartphone maupun komputer memiliki sebuah kapasitas berfikir yang disebut sebagai RAM (Random Access Memory) dan juga kecepatan berfikir yang disebut sebagai CPU (Central Prosessor Unit).

Mengingat sebuah game pada jaman sekarang membutuhkan spesifikasi yang cukup besar membuat smartphone harus menggunakan kekuatan secara penuh sehingga mengakibatkan Overheat atau berlebihan secara berfikir yang menyebabkan komponen hp android panas, setelah komponen ini panas biasanya kinerja menjadi tidak maksimal yakni menyebabkan kecepatan akses menurun (lemot), macet atau lag, dan bahkan sampai bisa reboot ulang.

Kendala lainya juga bisa bepengaruh pada sebuah kapasitas memori media penyimpanan, jika ruang kosong dalam seuatu bidang penyimpanan sangat sedikit, membuat kinerja hp melambat karena tidak bisa membuat cache yang dimana cache ini berguna untuk memberikan kecepatan akses yang sangat cepat. Namun cache sendirilah penyebab terbesar terjadinya lag karena mengonsumsi jumlah memori yang sangat besar.

Penyebab lain yakni komponen (spesifikasi smartphone) tidak mampu untuk menjalankan sebuah game atau aplikasi. Seperti yang saya bilang tadi bahwa di jaman digital modern dimana sekarang sebuah game dan aplikasi membutuhkan komponen yang tinggi agar bisa dijalankan.

Terakhir adalah usia sebuah komponen, perlu kamu ketahui juga didunia ini tidak ada yang abadi begitu juga dengan sebuah komponen yang memiliki batas usia pakai. Sesering sering kamu menggunakanya maka akan terkisis dan memperpendek usia komponen tersebut. Jadi jika dirangkum penyebabnya adalah;

1. Terlalu banyak aplikasi berjalan

Pada jaman sekarang banyak sekali aplikasi yang "Running in Background" atau aplikasi yang terus berjalan seperti aplikasi chatting (Whatsapp, Blackberry Messenger), aplikasi sosial media (Facebook, Twitter, Instagram) yang memaksa komponen pada smartphone terus bekerja tanpa henti. Kebanyakan aplikasi berjalan juga akan menyebabkan,

2. Memori RAM penuh

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi bahwa RAM (Random Access Memory) adalah batasan kemampuan perfikir sebuah smartphone, semakin banyak sebuah aplikasi yang berjalan maka semakin pula mengonsumsi sebuah memori RAM yang cukup besar, dan pada akhirnya jika memori ram habis akan membuat smartphone mengalami LAG. Makanya sekarang orang orang lebih cenderung memilih sebuah smartphone android yang memiliki kapasitas RAM yang cukup besar, guna untuk mencegah android mengalami macet macet.


3. Kapasitas penyimpanan hampir habis

Memori penyimpanan adalah tempat yang penting untuk menyimpan sebuah file penting seperti dokumen, memori card sendiri memiliki kapasitas ukuran yang berbeda beda, mulai dari satu sampai 128 GB untuk saat ini. Perlu diketahui bahwa setiap aplikasi membutuhkan yang namanya cache untuk melakukan optimasi, biasanya cache inilah yang membantu menambah kecepatan sebuah aplikasi, namun dalam menambah kecepatan sebuah akses aplikasi dibutuhkan ruang memori yang sangat banyak sehingga jika kapasitas penyimpanan penuh sebuah aplikasi tidak bisa membuat cache dan menjadikan smartphone android terkadang sering mengalami LAG atau Macet macet.

4. Smartphone dalam keadaan panas

Segala komponen jika mengalami overheat atau kepanasan pasti akan menurunkan sebuah peforma, kecuali sebuah komponen yang dari awalanya ditugaskan menjadi panas seperti seterika, oven dan lain lain. Berbeda dengan komponen pada smartphone maupun komputer, jika salah satu komponen saja yang mengalami panas maka akan menimbulkan penurunan peforma yang mengakibatkan lag, hanya saja pada komputer maupun laptop sudah memiliki yang namanya sistem pendingin yakni menggunakan sebuah kipas, namun pada smartphone saat ini belum terdapat sistem pendingin untuk mendinginkan sebuah komponen yang terletak pada HP.

5. Cache yang belebihan

Selain untuk mempercepat sebuah akses aplikasi, ternyata cache sendirilah penyebab lain terjadinya sebuah lagging, karena cache membutuhkan ruang memori yang sangat banyak justru menyebabkan ruang memori terkikis termaka cache. Terlalu banyak cache juga tidak bagus untuk kesehatan aplikasi maupun hp android, karena sering kali kebanyakan cache justru membuat tertumpang tindih sebuah data yang seharusnya ada menjadi tidak ada, dan sebaliknya yang tidak ada menjadi ada. Bahkan sampai bisa membuat sebuah aplikasi keluar dengan sendirinya akibat over-cache, sama seperti kasus aplikasi Instagram.

Baca juga: Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Sering Keluar Sendiri (Force Close)

Penyebab diataslah yang sering sekali menjadi penyebab utama akan hp lag, namun tak perlu khwatir karena banyak sekali cara untuk mengatasinya, terlebih lagi sekarang banyak sekali tools aplikasi yang dapat membantu untuk mengoptimalkan kinerja dalam android.

Begini terbaru cara mengatasi hp android yang lemot/ lag


1. Hapus aplikasi & game yang sekiranya tidak perlu

Terlalu banyak aplikasi didalam sebuah smartphone memang sangat membantu dalam kehidupan sehari hari, namun ternyata tidak bagus untuk kesehatan sebuah hp. Banyaknya aplikasi yang berjalan akan mengonsumsi RAM sehingga akan membuat handphone menjadi lemot, terutama sebuah game yang dimana membutuhkan konsumsi memori yang sangat banyak, menghapus aplikasi dan game juga dapat membuat ruang penyimpanan memori menjadi lebih banyak yang dimana mampu untuk meminimalisir terjadinya lag.

2. Matikan atau Restart smartphone secara berkala

Tips yang paling ampuh yakni mematikan smartphone sejenak tidak lama hanya membutuhkan waktu lima menit, gunanya untuk membiarkan komponen yang terdapat dalam hp untuk beristirahat. Tapi jika kamu orang yang tidak dapat hidup menggunakan hp, cukup merestart atau reboot ulang guna untuk merefresh atau mematikan sebuah aplikasi berjalan yang sangat banyak. Lakukan hal ini secara berkala saya sendiri selalu melakukan reboot ulang setiap pagi sebelum berangkat sekolah, dan sering kali mematikan ketika saya sedang tidur.

3. Ketika hp panas, istirahatkan hingga dingin

Penyebab utama komponen cepat panas yakni penggunaan internet yang berlebihan serta bermain game yang tidak kenal waktu, seperti yang diketahui bahwa untuk menjalankan sebuah game dibutuhkan kinerja komponen yang terus menerus sampai pengguna selesai bermain game, mengakibatkan cepat panas. Ketika sudah panas cukup berhenti bermain game sejenak, paling lama lima sampai 10 menit, namun jika tidak bisa berhenti ketika bermain game namun android sudah panas, cukup gunakan sistem pendingin seperti kipas, menggunakan kipas adalah cara yang sangat ampuh dimana saya dan teman teman saya sendiri juga menggunankanya.

4. Menggunakan wallpaper dan tema simple

Kebanyakan orang ingin tampilan dalam androidnya keren sehingga memakai sebuah tema (launcher) yang sangat modern, dimana tema ini dapat didownload secara gratis di Play Store dengan berbagai tampilan yang di inginkan, begitu juga dengan wallpaper yang sangat stylelist bahkan sampai beranimasi. Hal ini selain mengonsumsi memori RAM yang sangat banyak juga dapat menguras habis baterai dalam sekejap. Sebisa mungkin gunakanlah Wallpaper dengan style yang minimalis tanpa embel embel apapun.

5. Kurangi penggunaan smartphone!

Sekarang orang cenderung tidak bisa meninggalkan hp, bahkan limat menit tidak memegang hp saja rasanya sudah gimana gitu, penggunaan hp yang terlalu sering tidak bagus untuk umur dalam komponen hp, selain buruk untuk komponen juga buruk untuk kehidupan sosial karena dengan adanya teknologi ini kemampuan bersosialisasi secara langsung semakin berkurang, ditambah lagi dengan banyaknya pecandu game yang menggunakan hp android sebagai alat bermain. Seperti yang saya bilang tadi bermain game dapat membuat hp menjadi panas secara cepat untuk itu jangan sering menggunakan android untuk bermain game secara berlebihan.

6. Memperbaharui OS Android

Tidak menutup kemungkinan penyebab terjadinya lag adalah bug atau sistem operasi yang cacat, karena tidak hanya sistem operasi, banyak sekali sebuah aplikasi yang mengalami cacat sistem atau biasa disebut sebagai bug, solusinya kamu bisa memperbaharui OS atau Operating System pada android kamu berguna untuk memperbaiki sebuah sistem yang mengalami BUG, namun tidak sedikit juga setelah memperbaharui OS android tidak mendapatkan peforma yang lebih baik justru membuat smartphone menjadi sering macet macet.

7. Reset android dengan Fatory Reset

Sekiranya jika tips dan trik diatas tidak dapat mengatasi lag pada smartphone kamu bisa menggunakan langkah terakhir yang mungkin paling ampuh diantara poin-poin diatas, yakni mengembalikan hp seperti setelan pabrik atau sering juga disebut sebagai "Fatory Reset" dengan menggunakan trik ini hp benar benar seperti setelan pabrik atau kondisi sama seperti pertama kali membeli hp. Dengan melakukan Fatory Reset kamu akan kehilangan segala data data seperti aplikasi, game, catatan yang terdapat didalamnya, file, berkas (terkecuali tersimpan didalam SD Card). Caranya sangat mudah cukup masuk ke Pengaturan > Buat Cadangan & Setel Ulang > Kembalikan ke setelan Pabrik atau bisa juga melalui Prompt pada saat booting.

Tak perlu khawatir lagi akan akan terjadinya lemot pada smartphone karena sudah mengetahui tips dan trik cara ampun untuk mengatasinya, ditambah lagi banyak sekarang aplikasi yang berguna untuk membantu mengoptimalisasi kinerja android supaya menjadi lebih depat dan tidak lemot.

Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Seeder, Greenify, CCleaner agar android tidak lagi lemot karena dapat membantu mengurangi konsumsi RAM pada android dengan cara mematikan aplikasi yang tidak perlu secara otomatis.

Meski begitu jika sudah pada waktunya belilah smartphone dengan spesifikasi yang tinggi, berguna untuk mengatasi lag meskipun digunakan untuk aktifitas yang berat seperti menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan dan bermain game tanpa henti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel