Cara Mengubah Template Blog Dengan Mudah

Template atau Tampilan untuk blog memang sangatlah penting untuk membuat pengunjung menjadi nyaman. Tampilan yang sangat Userfriendly membuat pengunjung betah membaca artikel yang ada dalam blog anda, untuk itu kamu harus memilih template yang kamu sukai dan disukai oleh pengunjung, pada kesempatan kali ini aku akan mengajarkan bagaimana cara untuk mengganti template blogger dengan mudah.

Blogger sendiri membiarkan pengguna untuk mengganti template blog secara custom yang artinya dapat dimodifikasi sesuka hati. Banyak sekali juga penyedia template secara gratis dengan desain yang sangat bagus dan SEO pastinya.


Untuk mengubah template blog ada beberapa cara, namun disini saya akan memberikan tutorial yang paling gampang untuk mengubah template blog secara mudah dan cepat.

Baca Juga : Cara Membuat Safelink Blogger

Pertama kamu harus memiliki sebuah template terlebih dahulu, kamu bisa memilih dan mendownloadnya di situs template terkenal yaitu Gooyaabitemplates.com. atau bisa juga menggunakan situs penyedia template blogger lainya seperti Arlina, Sora template dan masih banyak lagi,

Cara Mengubah Template Blog Dengan Mudah

Setelah mendownload template disana kamu ekstrak file hasil downloadtan kamu. Aku biasa menggunakan aplikasi WinRAR untuk mengekstrak, kamu bisa mendownload Winrar dengan Klik Tautan Ini. Dikarenakan biasanya template sudah dipack maka membutuhkan aplikasi pembantu seperti Winrar untuk mengekstrak.

Cara Mengubah Template Blog Dengan Mudah


Setelah file berhasil diekstrak, biasanya file template memiliki format XML atau TXT namun tidak menutup kemungkinan dalam penggunaan format lain, selanjutnya silahkan masuk ke Dashboard Blogger.com dan mengeklik Template seperti gambar diatas.

Cara Mengubah Template Blog Dengan Mudah

Untuk mengganti template, kamu bisa menggunakan fitur Cadangkan/Pulihkan seperti gambar diatas yang sudah aku beri tanda panah. Berguna untuk memasukan sebuah file template yang telah kamu ekstrak tadi.

Cara Mengubah Template Blog Dengan Mudah

Untuk mengunggah file klik Telusuri untuk mencari file template yang didownload tadi.

Cara Mengubah Template Blog Dengan Mudah

Kemudian cari file yang sudah kamu ekstract tadi kemudian pilih file yang berenteksi atau berformat XML atau TXT
Cara Mengubah Template Blog Dengan Mudah

Dan klik Unggah untuk mengupload, jika proses selesai silahkan klik Tutup dan tunggu beberapa saat, proses pemasangan template akan dilakukan otomatis oleh Blogger, yang perlu kamu lakukan disini hanyalah menunggu proses tersebut.

Cara Mengubah Template Blog Dengan Mudah

Langkah selanjutnya adalah mematikan fitur Seluler dengan cara mengeklik Roda Gigi seperti gambar diatas. Berguna untuk mematikan tampilan template mobile atau untuk smartphone, biasanya jika tidak dimatikan maka jika blog diakses melalui smartphone atau handphone, maka tidak sama seperti template hasil pemasangan, akan tampil template bawaan google.

Cara Mengubah Template Blog Dengan Mudah

Samakan settingan dengan gambar diatas, jika sudah kamu hanya perlu menekan tombol Simpan dan lihat tampilan blog kamu sekarang. Kalau tampilan blogku sih seperti gambar dibawah.

Cara Mengubah Template Blog Dengan Mudah

Selanjutnya cek blog kamu, apakah tampilan sudah berubah atau masih sama, jika sudah berubah maka pemasangan template telah berhasil dilakukan.

Apa keutungan mengganti template?
Banyak keutungan yang bisa didapatkan dalam mengganti template ini seperti membuat tampilan blog menjadi lebih professional meskipun menggunakan platform blogspot atau blogger, terlebih lagi jika template sudah disetel SEO Friendly dimana akan blog akan di optimasis secara otomatis dan dampak baiknya adalah mendapatkan visitor yang banyak dan artikel akan muncul pada halaman pertama google atau istilahnya adalah Page-one.

Apakah setelah template diganti, kita masih bisa mengganti dengan template lain?
Sangat bisa sekali karena pada blogger ini selain gratis juga dapat mengganti template blog sesuai keinginan, baik membuat template sendiri atau mendownload dan menggunakan template orang lain.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih template blog.
Ada hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan sebuah template blog seperti;

1. Template SEO-Friendly
SEO atau Search Engine Optimation berguna untuk melakukan optimasi blog kamu pada mesin pencari google, dimana akan membantu mendatangkan banyak pengujung karena sebuah artikel telah teroptimasi. Banyak template yang dibagikan secara gratis dan sudah SEO-Friendly, dimana kamu hanya tinggal memakai tanpa harus memilirkan strategi seo pada blog kamu.

Baca juga: Panduan Cara Optimasi SEO YouTube pada Channel Mudah!

2. Template Mobile-Friendly 
Yang dimaksud dengan Mobile-Friendly adalah dimana saat blog diakses melalui Mobile atau smartphone, karena tampilan Desktop dengan Handphone akan jauh berbeda, nah kamu perlu memperhatikan tampilan blog kamu jika diakses dalam smartphone, apakah tetap bagus atau justru hancur, karena kebanyakan pengunjung dari blog berasal dari pengguna handphone.


3. Template Fast-Load Speed
Load-Speed akhir akhir ini sangatlah menjadi perhatian Google, karena bagi sebuah web atau blog yang memiliki kecepatan akses yang sangat cepat akan menambah poin plus dimata mesin pencari, dan mampu mendorong untuk menampilkan blog dan artikel pada halaman pertama google.

4. Navigasi
Betapa pentingnya sebuah navigasi yang terdapat dalam blog, karena fitur yang berguna untuk menunjukan katalog atau kategori artikel kamu, dan juga fitur yang sering digunakan seperti tombol Home untuk melihat halaman depan, dan juga Label untuk mengkategorikan sebuah artikel secara spesifik, sehingga dapat memudahkan pengunjung untuk mencari artikel yang terkait sesuai dengan tema atau pembahasan.

Kesimpulan
"Untuk mengganti template kamu harus memiliki file template untuk dipasang dalam blog kamu, banyak penyedia template gratis dalam google."

Baca juga