Panduan Cara Optimasi SEO YouTube pada Channel Mudah!

Optimasi SEO YouTube
Ternyata cara untuk optimasi SEO youtube pada video sangatlah mudah tutorialnya hampir sama dengan SEO dalam sebuah blog yakni menggunakan deskripsi sebagai penunjang dan juga beberapa fitur yang diberikan oleh YouTube sendiri.

Terkadang channel yang menawarkan tentang pengetahuan, eksperimen, dan video yang berkualitas kalah bersaing dengan video yang sekiranya ringan. Setelah dianalisa ternyata pada video tersebut memiliki masalah pada optimasi SEO youtube baik on-page maupun off-page.

Sebelum memberikan tutorial optimasi YouTube saya sudah mencoba sendiri perbedaan mulai dari sebelum dan sesudah melakukan optimasi, ternyata memberikan hasil yang cukup signifikan. Salah satu akun YouTube yang saya kelola adalah telocaspoHD - ToaFromYT.

Saya akui untuk konten anime sangat sulit bersaing karena sudah banyak juga channel besar yang membahas seputar Wibu, namun saya tidak menyerah karena passion saya terletak pada hal yang berbau dengan Jepang.

Menggungah video dengan benar

Tahukah kamu bahwa mengupload video ke YouTube terdapat tata cara supaya video mudah dicari? Disini saya akan menyampaikan beberapa poin penting cara yang benar memasukan video ke dalam channel sebelum nantinya kita akan melakukan optimasi.

1. Melakukan Riset Keyword

Hal paling dasar untuk melakukan Optimasi SEO YouTube adalah melakukan riset keyword, karena sangat penting agar video mendapatkan banak view.

Jika bertujuan untuk komersial atau mencari uang melalui YouTube langkah pertama yang harus diambil yakni melakukan Riset Keyword dan mencari low kompetitor, misalnya membuat video dengan pesaing yang cukup rendah misalnya tentang pendidikan atau hal yang jarang orang lain punya namun tetap dicari.

Sebagai contoh bahwa niche Memasak memiliki saingan yang rendah, jadi saya ingin membuat video tentang bagaimana cara memasak nasih goreng, dari sini kamu harus melakukan riset keyword untuk judul saya sendiri menggunakan YouTube Suggest yang bisa didapatkan ketika kamu mencari sesuatu dikolom pencarian.

Optimasi SEO YouTube - YouTube Keyword Suggest 

Kamu bisa menggunakan salah satu judul yang telah ditampilkan dalam YouTube Search Suggest dan kemudian nanti bisa melakukan optimasi dengan metode dibawah. Intinya Research keyword selain mengetahui jumlah pesaing juga membantu dalam menentukan long-tail-title atau judul panjang. 

Bisa juga dengan bantuan pihak ketika yakni UberSuggest atau Google Keyword Planner, kebanyakan orang menggunakan UberSuggest karena sangat mudah digunakan tanpa harus login terlebih dahulu.

Optimasi SEO YouTube - Ubersuggest

Volume adalah jumlah pesaing dalam keyword/judul tersebut sedangkan Trend, adalah sering kali orang mencari dengan judul tersebut. Bisa dilihat pada keyword cara masak nasi goreng memiliki trend yang sangat bagus yang artinya setiap hari orang mencari dengan keyword tersebut.

Mengapa membuat konten dengan low-kompetitor?
Sangat sulit untuk channel yang baru saja dibuat bersaing dengan channel yang sudah besar, tidak perlu buru buru untuk bersaing cukup mencari low-competitor dengan trend yang stabil sehingga ada penonton yang melihat video kamu dari pada menargetkan yang high-competitor saking sulitnya bersaing malah tidak ada orang yang menonton video kamu karena sulit sekali diindex oleh mesin pencari.

2. Menamai file sesuai dengan judul (singkat)

Berilah nama file yang sebelum diupload sesuai dengan judul namun secara pendek atau inti dari judul misalnya tadi kan saya ingin membuat tentan Cara memasang nasi goreng judul pendek bisa kita ambil menjadi masak-nasi-goreng usahakan menggunakan tanda - untuk mengganti spasi.

Atau juga bisa menggunakan tanda underscore untuk optimasi seo youtube dibidang judul atau garis bawah sebagai ganti spasi menjadi masak_nasi_goreng namun saya sendiri lebih suka menggunakan tanda strip/minus karena pada blogger hanya bisa menggunakan tanda minus seperti alamat postingan ini optimasi-seo-youtube.html


3. Membuat Thumbnail menarik

"Jangan nilai karya dari covernya" namun jika cover bagus ya pasti dilihat. Thumbnail atau Cover bisa menjadi ajakan kepada penonton untuk menonton video kita, biasanya orang ketika melihat sebuah cover yang menarik pasti akan dilihat meskipun kontenya jelek, karena pada dasarnya orang suka melihat segala apapun dari covernya.

Dari sini kamu bisa memanfaatkan sebuah cover yang menarik untuk memikat para penonton, dan juga jangan lupa untuk memberikan penamaan pada thumbnail seperti judul namun versi pendek.

Baiklah mungkin hanya itu adalah langkah dasar tentang bagaimana tata cara untuk mengunggah video di YouTube dengan benar, sekarang mari kita melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Terbaru optimasi SEO YouTube

Dari dulu hingga sekarang sebenarnya cara dasar untuk memaksimalkan kinerja video pada YT masihlah sama, tinggal dari diri kita sendiri untuk menanggapinya dan mengembangkanya. Berikut adalah cara dasar yang terbukti sangat ampuh untuk meningkatkan wawasan video.

1. Judul yang menarik

Sebuah title atau judul adalah hal yang pertama kali dilihat, semakin menarik judul sebuah video maka memiliki potensi mendatangkan viewer yang banyak. Seperti halnya menggunakan kata yang mengandung emosi seperti "Amazing!, Hebat, Sedih, dll" pada awal, tengah atau akhir kalimat.

Sebagai contoh penggunaan kata yang memakai emosi:

Hebat! Orang ini makan cabe sebanyak 5kg.
Sedih! Ditinggal oleh pacarnya.. padahal dia.
Amazing! Meski sendiri pemuda ini mampu ...

Selain itu kita juga dapat menggunakan Numeric Method yakni menggunakan sebuah angka pada sebuah judul. Bisa menggunakan tanggal, tahun, bulan atau jumlah pembahasan yang dilakukan dalam video seperti:

5 Rekomendasi Anime Harem Terbaik
Kampus ISI Yogyakarta 2018
20 Cara untuk menghemat uang ditahun 2018

Bisa juga ditambahkan Numeric Method dengan sebuah kata emosional seperti halnya:

Heboh! 10 Hal yang mungkin tidak kamu ketahui.
Rahasia! 5 Kasus yang disembunyikan oleh Nafaskuda.
Sttt! 5 senjata mematikan yang dibuat pada tahun 1947.

Faktor pemicu besar untuk mendatangkan pegunjung atau viewer adalah terletak pada Judul atau title. Namun masih banyak tutorial dibawah untuk meningkatkan peforma sebuah Channel YouTube.

Judul adalah hal yang paling penting untuk melakukan Optimasi SEO YouTube terbaru ini, selain pentingnya melakukan optimasi pada channel youtube.

2. Deskripsi video

Memberikan Caption atau Deskripsi sangatlah perlu untuk memberikan sedikit informasi tentang konten apa yang sedang dibahas pada video. Selain memberitahu tentang isi ke penonton dengan memanfaatkan fitur ini kamu bisa mencantumkan sedikit tentang keyword yang ingin kamu bidik pada deskripsi.

Optimasi SEO YouTube - Deskripsi Video

Misalnya pada video yang telah terunggah di YouTube membahas tentang "Bagaimana cara membuat blog" bisa pada deskripsi disikan "Membahas mengenai tutorial bagaimana cara membuat blog dengan mudah di blogger gratis tanpa dipungut biaya.." Bisa juga dikembangkan dalam bentuk sinopsis panjang, semakin banyak deskripsi maka kesempatan untuk menempati Page One di YouTube sangat besar dengan syarat deskripsi dan konten sesuai atau tidak berbeda jauh.

Tips: Berilah deskripsi setidaknya 100-200 kata, pada deskripsi berilah keyword yang ingin kamu tembak misalnya kisah romance, atau romance.

Hal paling dasar untuk melakukan optimasi seo youtube terletak pada deskripsi, orang orang sering menyebutnya sebagai cara setting video youtube agar view banyak.

3. Panjang durasi video

YouTube sendiri juga menyuruh kita agar memiliki sebuah video paling tidak 15 menit atau lebih, pada durasi tersebut adalah kriteria ideal bagi seorang konten kreator, pasalnya semakin panjang durasi sebuah video maka akan memberikan efek positif bagi Channel.

Menurut penelitian yang belum pernah dilakukan bahwa setelah pihak YT memperbaharui kebijakanya dan menambahkan sebuah Algoritma dimana Watch Time sangat mempengaruhi ranking daripada Viewer.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Bisa dilihat dan dibandingkan pada sebuah video yang memiliki durasi 15 menit dan hanya memiliki 1,000 Viewer dan video dengan durasi 5 menit namun telah ditonton sebanyak 2,000x, mungkin kebenyakan orang akan menjawab lebih unggul video dengan durasi 5 menit 2,000x ditonton. Namun ternyata salah, nyatanya disini yang memenangkan kompetisi yakni 15 menit dengan viewer 1,000. Kok bisa?

Optimasi SEO YouTube - Panjang Durasi Video


Jelas bisa, seperti yang saya bilang tadi bahwa Watch Time lebih penting daripada jumlah viewer yang artinya semakin panjang video kamu semakin baik (dengan catatan panjang tetapi menarik). Menurut pakar seo-youtube juga sedemikian rupa. Bagi temen temen yang bingung kenapa kok bisa, akan saya jelaskan sekilas tentang cara memperhitungkanya:

Update! Sekarang untuk optimasi seo youtube cukup memperpanjang durasi video.

15menit x 1,000view = 15,000 menit
5menit x 2,000view = 10,000 menit

Karena lebih menggutamakan Watch Time > Viewer maka video yang paling lama ditonton (satuan menit/jam) akan memenangkan rank dalam mesin pencari YouTube, sama halnya dengan sebuah postingan dalam blog. Semakin banyak kata maka semakin berkesempatan untuk tampil pada halaman pertama search engine.

Karena peraturan terbaru seo youtube lebih mementingkan watch time daripada jumlah view maupun subcriber, jadi bagi temen temen yang ingin optimasi video youtube silahkan perbanyak watch time dengan cara memperpanjang durasi video.

4. Menggunakan TAG populer

Menggunakan sebuah TAG pada video dapat membantu untuk menampilkan video kita ke sebuah video populer. YouTube memberikan fitur "Matched Content" dimana akan menampilkan sebuah konten yang serupa/mirip dengan video.

Fitur ini sangat membantu untuk konten kreator yang kurang paham akan SEO dan sulit bersaing dimesin pencari baik Google maupun YouTube, karena dengan ini kamu akan terbantu mendatangkan trafik dari orang lain menuju ke channelmu.

Optimasi SEO YouTube - TAG sebuah video

Untuk mencari TAG populer ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti menggunakan aplikasi pembantu ataupun bisa juga melalu browser. Saya sendiri menggunakan sebuah alat bantu yang ada dibrowser [Unduh YouTube Helper] Ekstensi ini sangatlah membantu untuk melakukan analisa dan juga melihat sebuah TAG dari video populer.

Baca juga: Cara Ampuh Mencari Hashtag Populer Untuk Menambah Follower

Dalam penggunaan TAG kamu tidak boleh memasukan kata kunci sembarangan karena nantinya akan dianggap spam, usahkan memasukan sesuai dengan konten kamu semisal dengan judul "Cara memasak telur dengan benar" maka bisa kamu memasukan tag Memasak, Masak Telur, Telur Goreng, dll yang terkait dengan judul.

Tools ini juga sangat sering digunakan oleh para YouTuber untuk melakukan optimasi SEO youtube.

5. Menambahkan Card/Kartu

Card atau Kartu disini hampir serupa dengan video yang terkait atau dalam blogger mungkin ganti dari "Baca Juga" memanfaatkan Card sangatlah berguna untuk memberikan navigasi pengarahan kepada penonton untuk menuju ke video lainya.

YouTuber populer pun juga sering menggunakan fitur ini karena terbantu dalam melakukan boosting traffic karena cara kerjanya hampir sama dengan Backlink video ke video. Hal ini mampu meningkatkan optimasi seo youtube.

6. Playlist pada akhir Video

Daftar Putar pada akhir konten bisa berguna untuk menunjukan video yang relevan terhadap penonton seperti menyajikan video yang terkait atau yang sekiranya menarik untuk ditonton.

Selain itu pada ending video kita juga memberikan sebuah ajakan untuk berlangganan pada channel kita seperti memasang tombol subcribe atau melakukan spamming promosi pada akhir video.

Memberikan daftat putar dapat membantu penonton memberikan konten yang serupa dan untungnya dikonten kreator adalah jika penonton melihat semua konten yang ada diplaylist pasti kan memberikan sebuah trafik dan juga watch time yang sangat banyak pada channel youtube yang dikelola.

Meskipun ini tidak terlalu berpengaruh pada optimasi seo youtube, namun sangat direkomendasikan karena penonton akan lebih mudah mencari video terkait.

7. Memberikan subtitle

Mengutamakan kenyamanan penonton & subcriber adalah hal yang wajib dilakukan untuk konten kreator, mungkin sangat jarang sekali seorang Content Creator yang memberikan sebuah subtitle pada video.

Padahal setelah dicermati selain membuat jelas sebuah percakapan atau penjelasan adegan subtitle juga mempu menambahkan reputasi channel dalam bidang Optimasi SEO YouTube, dimana akan memudahkan robot YouTube untuk menganalisis tentang apa konten yang dibahas.

8. Promosi (Share ke Sosial Media & Forum)

Mempromosikan sebuah konten adalah hal yang sewajarnya konten kreator untuk memperlihatkan video yang mereka buat, melakukan promosi dapat dilakukan dimana saja baik Online maupun Offline, namun disini saya akan membahas cara promosi Online melalui sosial media dan forum.

Untuk mempromosikan konten kamu tidak perlu membayar cukup membagikan kontenmu kedalam sosial media yang sering digunakan oleh banyak orang seperti Facebook, Instagram, Twitter atau juga bisa menggunakan platform forum terbesar di Indonesia yakni Kaskus jika ingin membagikan dengan orang luar bisa menggunakan forum Quora.

Optimasi SEO YouTube - Promosi Video di Forum

Namun jangan melakukan sembarang promosi seperti melakukan spamming, yang ada nantinya channel kamu akan terbanned baik dari sosial media, forum, maupun YouTube. Usahakan melakukan promosi ditempat yang relevan misalnya jika channelmu membahas tentang sebuah anime maka kamu harus membagikan di sebuah grup atau sub-forum yang memiliki tema yang sama yakni anime.

Hal ini bisa dikategorikan Optimasi SEO YouTube dibidang off-page, karena menggunakan bantuan pihak ketiga yakni sosial media atau forum.

9. Menanggapi komentar

Dimanapun berinteraksi sangatlah penting, tidak hanya berlaku didunia nyata melainkan didunia maya pun juga harus dilakukan. Salah satunya adalah menanggapi komentar atau berinteraksi dengan Subcriber.

Dalam YouTube sendiri juga menerapkan social engagement dimana akan mengutamakan sebuah video yang interaktif dan memiliki reputasi baik disosial media seperti jumlah share dan like. Semakin banyak interaksi pada sebuah video maka akan membantu channel blow-up atau naik daun.

Seperti halnya para YouTube populer selalu membujuk para penonton dengan kata kata ".. oke teman teman sekarang berikan pendapat kalian mengenai tekni seo ini dikolom komentar ya, atau mungkin kalian memiliki tekni optimasi dengan cara yang lebih mudah." dengan mendapatkan komentar dari pengguna maka akan menambah reputasi.

Ketika interaksi sering dilakukan maka juga akan berpengaruh pada reputasi, dan secara tidak langsung juga akan meng optimasi seo youtube dengan cara meningkatkan reputasi channel.

Optimasi SEO pada channel YouTube

Tak kalah penting melakukan pengoptimalan pada channel dimana akan berdampak pada bidikan Keyword tentang apa konten yang dibahas dan tema channel.

1. Deskripsikan Channel

Ketika kita membuat channel baru pasti direkomendasikan untuk mengisi suatu deksripsi dalam channel mengenai pembahasan / konten apa saja yang terdapat dalam channel ini dan tema yang dipilih. Memberikan sebuah deskripsi sangat membantu mesin pencari YouTube dan juga Penonton ketika ingin melihat sebuah konten yang diminati.

Misalnya channel kamu seluruh video tentang trik bisnis online mengenai tekni seo blogger dan youtube, maka kamu bisa memberikan sebuah deskripsi kurang lebih seperti berikut:

"Channel ini membahas segala sesuatu tentang tekni Optimasi SEO YouTube dan Website, mulai dari metode WhiteHat dengan cara memberikan optimasi pada konten dan deskripsi sampai metode BlackHat dengan memberikan keyword stuffing sampai menggunakan paid traffic untuk meningkatkan jumlah visitor."

Optimasi SEO YouTube - Optimasi Deskripsi Channel


Dengan menyebutkan satu atau dua keyword dalam Channel akan membantu dalam pencarian YouTube seperti halnya saya memberi sebuah deskripsi "Wibu Ampas" pada channel saya, maka ketika saya memasukan keyword dalam mesin pencari YouTube akan muncul nama dari channel saya bisa dilihat seperti gambar diatas.

2. Memperindah tampilan

Memperindah channel sudah hal yang wajib dilakukan, karena memberikan sebuah navigasi yang akses dapat memberikan kenyamanan pada penonton. Biasanya setelah melihat salahsatu video yang ada pada channelmu penonton langsung mengunungi profile untuk melihat tentang apa saja pembahasan yang dilakukan.

Memberikan suatu tampilan channel halaman depan mampu mempermudah untuk mencari sebuah konten seperti memberikan konten yang sangat populer atau sering dilihat dalam channel atau video terbaru.

3. Memberikan Backlink

Tidak hanya blog ternyata dalam YouTube juga mengenal sistem backlink, namun tidak sama metodenya dalam blog, untuk mendapatkan sebuah backlink untuk menuju ke konten bisa dilakukan dengan dua cara, yakni dengan metode:

Embedded video
Metode ini memasukan sebuah kode iFrame pada sebuah artikel/blog atau website dimana akan menampilkan sebuah video khusus yang telah dimasukan dalam kode Embedded.

Tanam link
Seperti backlink pada umumnya yakni menggunakan tanam link seperti memberikan link aktif pada url terkait atau alamat video. Namun metode ini sekarang bisa dikatakan kurang efektif mengingat jika kebanyakan backlink maka justru dianggap spam oleh Google sehingga bukanya menaikan reputasi justru malah menurunkan.

Saya serindiri sering mencantumkan video youtube ke dalam blog ini, karena terbukti mampu optimasi seo youtube dibidang off page dengan cara memberikan backlink.

4. Berinteraksi divideo orang lain

Tidak hanya berfokuskan pada channel kita, namun terkadang kita juga harus melihat konten yang dibuat oleh orang lain dan memberikan opini tentang konten yang dibuat oleh orang itu (saling memberikan feedback) dapat membangun tali persaudaraan.

Disamping itu kamu akan terlihat dimana mana seperti selalu berkomentar pada channel terkait dimana orang lain akan mengira "wah ini orang muncul terus disetiap update video channel ini" lama kelamaan orang lain pada kepoin, alhasil bisa menjadi calon subcriber.

5. Memberikan informasi media

Meskipun channel baru berumur satu hari akan tetapi tidak ada salahnya untuk memberikan informasi tentang akun sosial media yang kita pakai, bisa juga menambahkan akun Facebook, Instagram dan lain lain dimana ketika pada Subcriber kepo tentang pemilik channel bisa langsung melihat sosial media mereka.

Memanfaatkan sosial media yakni untuk melakukan promosi channel merupakan cara optimasi youtube namun dilakukan dengan cara optimasi seo youtube dengan metode off-page atau tidak dalam konteks yt. Terlebih lagi jika akun sosial mediamu sudah banyak pengikutnya akan mempermudah dalam membangun infrasruktur channel.

Manfaat setelah Optimasi video YouTube

Inti dari melakukan tutorial ini yakni untuk meningkatkan atau mendatangkan para penonton dan subcriber, juga dapat meningkatkan pendapatan Adsense.

1. Mendongkrak jumlah View

Tidak lain tidak bukan bahwa melakukan optimasi seo youtube sebenarnya tidak jauh dari mendongkrak atua meningkatkan jumlah penonton pada suatu video, dikarenakan melakukan pengoptimalan dapat meningkatkan reputasi maka akan membuat video mudah dicari dan tampil pada halaman pertama mesin pencari.

2. Meningkatkan Like & Subcriber

Setelah meningkatkan jumlah penonton juga secara otomatis akan meningkatkan jumlah like dan subcribe, namun semua itu tergantung konten yang terdapat didalamnya jika konten positif maka akan memberikan timbal balik yang positif dan sebaliknya jika negatif mungkin kamu akan mendapatkan lebih banyak unlike daripada like.

Meningkatkan like dan subcriber juga mampu meningkatkan optimasi seo youtube dibidang jaringan baik berupa interaksi maupun cangkupan.

3. Meningkatkan Kualitas dan Reputasi

Sebuah sistem reputasi atau rating sangat ditekankan dalam dunia digital, dimana ketika kamu telah mendapatkan reputasi bagus tidak perlu melakukan optimasi maka video kamu akan teroptimasi (optimasi seo youtube) dengan sendirinya, namun untuk meningkatkan reputasi awalnya membutuhkan banyak usaha seperti cara yang telah saya sebutkan diatas.

Sebuah reputasi channel akan ditentukan berdasarkan feedback/umpan balik penonton seperti;

View and frequency, jumlah penonton dan seberapa penonton melihatnya (menit).
Perbandingan Like dan Dislike, setelah menonton sebuah konten biasanya penonton akan memberikan sebuah umpan balik.
Flagging atau Pelaporan, dalam Youtube terdapat fitur untuk melakukan pelaporan video (report) dimana pengguna bisa melaporkan sebuah video yang tidak pantas terkait dengan standar komunitas youtube.
Shares, jumlah berapa banyak video dibagikan.
Subcribers, total pelanggan dalam sebuah channel
Annotation linking, berapa banyak link yang mengarah ke konten (like, komen, dll)
Favorites, memasukan video kedalam daftar favorit.

4. Menambah Pasif Income

Dari semua itu kita melakukan kerja keras, usaha yang melelahkan yakni untuk satu tujuan yaitu untuk mencari uang. Melakukan optimasi juga dapat menambah penghasilan pasif yang artinya tambahan uang jajan, meskipun berstatus pasif income ketika mendapatkan banyak pengunjung maka bisa digunakan juga sebagai main income atau penghasilan utama.

Baca juga: Berapa Lama Peninjauan Monetisasi YouTube?

Karena tidak bisa dipungkiri bahwa bekerja dalam internet jika ditekuni bisa menghasilkan beratus ratus juta, namun nuga membutuhkan perjuangan yang sangat keras, salah satunya adalah melakukan optimasi seo youtube agar

Beberapa software untuk berkarya
Banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan dalam membuat konten dalam YouTube baik bisa digunakan dalam komputer maupun Android seperti;

  1. Adobe Premier Pro
  2. Adobe Photoshop
  3. Adobe After Effect
  4. Kinemaster Pro
  5. Picsay Pro

Untuk seorang konten kreator sudah sewajarnya kita membuat kontenu yang kreatif, unik dan juga menghibur saya rasa cara diatas sangat mudah dilakukan jika memang dari awal passion kamu untuk menggiati YouTube.

Metode untuk SEO optimasi youtube sebenarnya masih banyak hanya saja tutorial diataslah sudah mewakili dari beberapa teknik seo on-page disebuah YouTube.

Baca juga