Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Sering kali menemukan video yang berdurasi pendek akan tetapi ukuran atau size dari video tersebut sangat besar. Apalagi jika kamu pengguna aplikasi Fraps aplikasi ini terkenal sangat ringan untuk dijalankan akan tetapi juga video yang dihasilkan sangatlah besar. Pengalamanku menggunakan Fraps yaitu merekam video kurang lebih selama 10 menit, menghasilkan ukuran 20GB. Lantas bagaimana cara memperkecil ukuran video tanpa harus mengurangi kualitas gambar video ?. Mari kita ulas.

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Harus Mengurangi Kualitasnya


Handbrake adalah aplikasi Rendering atau untuk menconvert sebuah video kedalam format yang berbeda, aplikasi ini juga mampu mengecilkan ukuran video tanpa harus mengurangi kualitas videonya. Handbrake juga sering kali digunakan untuk para YouTuber dan para penyedia situs download Film dan Anime.

Cocok digunakan untuk kalian yang suka dengan Reupload atau YouTube Gaming, karena pengalaman jika record video gaming akan memakan memori yang sangat banyak saat proses record dan juga hasil setelah di edit. Nah aplikasi ini solusi yang cocok buat kalian semua sobat Nafas Kuda.

Baca Juga : Cara Menjadi Agen Pulsa All Operator dan Voucher Game Online

Terbukti sangatlah ampuh untuk mengecilkan ukuran video, Aplikasi ini dapat kamu dapatkan secara gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun dapat kamu download pada situs officialnya di https://handbrake.fr/

Untuk menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah, pertama yang kamu perlukan adalah mendownload aplikasinya terlebih dahulu, dan setelah mendownload silahkan install aplikasinya.

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Pertama kamu pilih file yang ingin kamu render dengan cara mengeklik File seperti gambar yang sudah aku tandai.

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Dan klik Browser untuk mengatur lokasi penyimpanan file yang ingin kamu Encoding atau Convert.

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Beri nama file yang ingin disimpan seperti gambar diatas, contoh file namanya adalah Nafas Kuda - Ini Hasil Encoded dan klik Save untuk menyimpan.

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Bagi kalian yang bermain YouTube Gaming aku rekomendasikan untuk Encode ke 720p atau 1080p karena itu resolusi yang disarankan untuk Youtube, jika sudah mensetting file Output klik pada Start Encode dan tunggu sampai proses Encode selesai.

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas
Coba lihat perbandingan file yang sebelum dan sesudahnya, jauh beda bukan ? Akan tetapi hasil kompresi ini tidak menurunkan kualitas gambar sedikitpun, kalaupun ada paling cuman kecil kok. Aku akan menunjukan hasik kompresi sebelum dan sesudah.

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Gimana hasilnya gak beda jauh kan ? Walau cuman sekian detik dan walau hanya background putih dan obyek sedikit dapat mengurangi banyak sekali ukuran yang berada pada video kamu, dan memberi kemudahan kamu dalam mengupload sebuah video ke YouTube. Jadi tunggu apalagi ?

Baca juga

Posting Komentar

Tata Cara Berkomentar Dengan Benar
~ Menggunakan bahasa yang sopan dan benar
~ Dilarang menggunakan bahasa kotor
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang memancing keributan