Panduan Lengkap Investasi Reksa Dana Dengan Aplikasi Bibit

Punya uang nganggur tapi bingung mau diapain? Mendingan untuk modal investasi reksa dana supaya bisa mendapatkan Keuntungan yang lebih besar dari deposito.

Panduan Investasi Reksa Dana

Mungkin Investasi sudah tidak asing lagi untuk kalangan milenials, karena sudah banyak sekali media yang menyingung mengenai dunia investasi ini.

Investasi sendiri juga ada banyak jenisnya, mulai dari investasi reksa dana, emas, mata uang digital, tanah, properti dan masih banyak lagi.

Secara sederhana tujuan investasi adalah untuk mencari Keuntungan dimasa depan, ingat Keuntungan dimasa depan.


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu reksa dana sekaligus bagaimana cara untuk mendapatkan atau membeli reksa dana ini.


Pengertian Reksa Dana

Secara sederhana Reksa Dana adalah suatu wadah atau tempat uang/modal dari investor, dimana uang/modal ini nanti akan dikelola oleh Manajer Investasi ke berbagai macam instrumen investasi.

Misalnya jika terdapat produk Reksa Dana Pasar Uang, maka manajer investasi akan mengalokasikan/mengelola dana dari investor ke instrumen pasar uang, begitu juga ketika ada produk Reksa Dana Saham maka manajer investasi akan mengalokasikan atau mengelola dana untuk membeli Saham.

Intinya tujuan investasi pada produk Reksa Dana adalah untuk mencari Keuntungan dimasa depan, lalu bagaimana cara untuk mulai investasi reksa dana?


Cara Registrasi Aplikasi Bibit

Perlu diketahui bahwa untuk membeli reksa dana, calon nasabah harus berusia minimal 18 tahun atau sudah memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk), jika belum memiliki KTP bisa menggunakan KTP milik orang tua.

Setelah kita membahas pengertian dari Reksa Dana dan Investasi mungkin sudah saatnya kita mencoba produk ini menggunakan bantuan aplikasi yang bernama Bibit.
Cara Transfer Pulsa Ke Semua Operator Terbaru
Buat yang belum memiliki aplikasinya, silahkan kamu bisa mengunduh melalui Google Play Store maupun melalui link dibawah ini.

ikon Bibit - Investasi Reksadana Otomatis
Bibit - Investasi Reksadana Otomatis
Free - Android
File Code: Bibit - Investasi Reksadana Otomatis.Apk

Bibit adalah sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai jembatan perantara nasabah investor dengan manajer investasi (marketplace), dengan aplikasi Bibit ini kita bisa membeli sebuah unit diproduk Reksa Dana.

Registrasi Aplikasi Bibit

Pertama buka aplikasi Bibit yang sudah terpasang pada smartphone, kemudian klik Register untuk melakukan pendaftaran. 

Pertanyaan Tanggal Lahir

Disini kamu akan diberikan beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk menentukan profil resiko investasi. Sebenarnya ini bersifat opsional, namun alangkah baiknya untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan oleh Bibit secara jujur.

Pertanyaan pertama yakni informasi mengenai tanggal lahir kamu.

Pertanyaan Status Pernikahan

Pertanyaan kedua yakni “Apakah kamu sudah menikah dan memiliki tanggungan keluarga?” Disini karena saya masih single maka saya memilih Belum, masih single.

Pertanyaan Penghasilan Perbulan

Dilanjut dengan pertanyaan “Berapa pendapatanmu dalam sebulan dalam rumah tangga kamu?” Disini karena saya bekerja sebagai Freelancer, maka saya menggunakan gaji rata rata dengan nilai Rp.4,000,000.

Jika kamu masih pelajar/mahasiswa silahkan isi dengan rata rata uang sisa (bersih) dari kiriman orang tua atau hasil kerja.

Pertanyaan Total Kekayaan

Pertanyaan keempat yakni “Berapa nilai kekayaan kamu (IDR)?” Disini kamu harus mengisikan seluruh kekayaan yang kamu miliki, seperti jumlah uang yang kamu punya saat ini, saldo dalam atm, aset emas, semuanya dijumlahkan ke dalam bentuk Rupiah.

Karena kebetulan saya memiliki aset reksa dana dan juga emas dengan nilai Rp.3.000.000, jika kamu belum memiliki uang kas atau aset seperti emas, bisa diisi dengan nominal Rp.0.

Pertanyaan Tujuan Investasi

Pertanyaan kelima adalah “Dalam berinvestasi, apa yang kamu utamakan?” disini saya menjawab Keduanya sama penting, karena tujuan saya dalam berinvestasi yakni untuk mencari Keuntungan sekaligus mengindari kerugian.
Pertanyaan Mengenai Kondisi Pasar
Pertanyaan terakhir adalah “Pasar keuangan seringkali naik-turun. Jika nilai invetasi kamu turun 15% dalam sebulan dengan keadaan pasar yang tidak menentu, apa yang akan kamu lakukan”.

Penjelasan sederhana dari pertanyaan ini adalah dulu kamu pernah membeli emas dengan harga Rp.700,000/gram, keseokan harinya emas turun harga menjadi Rp.600,000/gram, lalu apa yang akan kamu lakukan?

Apakah kamu akan menjual emas itu untuk menghindari kerugian lebih banyak atau kamu akan membeli emas lagi diharga Rp.600,000 dengan harapan besok harga emas akan kembali naik?

Saya sendiri menjawab Beli lagi, karena tujuan investasi saya yakni digunakan untuk jangka panjang. Percaya atau tidak, aset berupa emas setiap harinya terus mengalami perubahan harga (begitu juga dengan Reksa Dana).
Jika dilihat dari chart atau statistik, pergerakan harga tersebut cenderung lebih mahal bukan lebih murah daripada harga pada saat penjualan pertama, bisa dilihat harga emas dulu adalah Rp.50,000, namun dalam beberapa tahun kemudian emas mengalami kenaikan harga menjadi Rp.800,000.

Profile Resiko Investasi

Setelah menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Bibit, munculah sebuah profil resiko investasi. Jika menurut jawaban dari pertanyaan yang telah diajukan oleh pihak Bibit, saya memiliki profil resiko Investor Agresif.

Dimana pada profil ini memiliki sebuah toleransi terhadap resiko yang tinggi, namun meskipun resiko tinggi, return (Keuntungan) yang didapatkan pun juga besar.

Pusing? Gak perlu dipikirin bro, karena pertanyaan tadi sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada Keuntungan yang kamu dapatkan nanti, karena disini saya hanya akan membahas tentang Reksa Dana Pasar Uang, dimana pasti akan mendapatkan untung namun secara perlahan.

Untuk membuka akun Bibit silahkan klik Lanjutkan Registrasi.

Formulir Registrasi Bibit

Disini Bibit akan meminta kamu untuk memasukan nomor telepon yang masih aktif, nantinya Bibit akan mengirimkan kamu sebuah kode verifikasi untuk proses aktivasi akun.

Jangan lupa juga untuk memasukan kode promo / voucher pada kolom Kode Refferal yakni
promocash50k
lalu klik Gunakan.

Dengan menggunakan kode refferal
promocash50k
nantinya kamu akan mendapatkan cashback mulai dari Rp.25,000 hingga Rp.50,000.

Kemudian klik Lanjutkan.

Langkah selanjutkan kamu akan disuruh untuk memberikan dokumen seperti;

  1. Foto Kartu Identitas / Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Foto Tanda Tangan Dikertas Putih
  3. Foto Selfie / Foto Diri / Foto Wajah
  4. Informasi Nomor Rekening (untuk menerima Dana)

Bagi kamu yang tidak memiliki Kartu Rekening Bank tapi males keluar rumah juga bisa menggunakan rekening bank digital seperti Jenius, dengan aplikasi Jenius ini kamu bisa membuat rekening bank tanpa harus datang ke kantor banknya.

Untuk lebih lengkap tentang tata cara pembukaan rekening bisa membaca artikel pada – Jenius – Buka Rekening Tabungan Online Tanpa Biaya!

Setelah kamu mengirimkan dokumen diatas, maka pihak Bibit akan melakukan proses verifikasi 1×24 jam, berdasarkan pengalaman pribadi proses verifikasi ini hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam.


Cara Membeli Reksa Dana

Ketika akun berhasil diverifikasi oleh pihak Bibit, maka akun kamu sudah bisa digunakan untuk membeli produk Reksa Dana.

Reksa Dana Pasar Uang

Buka aplikasi Bibit terlebih dahulu, lalu geser kebawah. Nanti kamu akan menemukan sebuah produk reksa dana seperti;

  1. Reksa Dana Pasar Uang
  2. Reksa Dana Obligasi
  3. Reksa Dana Saham

Nah ketiga jenis reksa dana tersebut memiliki fungsi dan tingkatan resiko yang berbeda beda, semakin tinggi resiko dari reksa dana maka semakin tinggi juga Keuntungan yang akan didapatkan.

Untuk para pemula sangat disarankan untuk membeli produk reksa dana pasar uang, karena jenis reksa dana ini memiliki tingkat resiko yang sangat rendah namun masih bisa untuk mendapatkan Keuntungan (meski gak terlalu besar sih).

Produk Reksa Dana Pasar Uang

Pada produk Reksa Dana Pasar Uang, nantinya kamu akan diberikan banyak sekali manajer investasi. Bisa dilihat pada 1 Year Return adalah nilai peforma dari kinerja manajer investasi.

Misalnya ada sebuah Manajer Investasi yang memiliki 1 Year Return sebesar 7%, maka ketika melakukan investasi pada manajer tersebut, kamu akan berpotensi mendapatkan Keuntungan sebesar 7% dalam waktu satu tahun dari jumlah yang yang kamu investasikan.
Contoh sederhana kamu melakukan investasi sebesar Rp.10,000,000 (sepuluh juta rupiah) maka dengan presentase Keuntungan 7% maka kamu akan mendapatkan Keuntungan sebesar Rp.700,000, cukup banyak bukan?

Tentu semakin besar uang yang kamu investasikan maka Keuntungan pun juga akan ikut besar.

Disini saya sangat merekomendasikan untuk membeli produk reksa dana pasar uang dari manajer investasi Sucorinvest Money Market Fund, karena memiliki peforma yang baik pada tahun lalu.

Jika ingin membeli produk yang sama seperti saya, silahkan klik pada kotak Sucorinvest Money Market Fund untuk melihat produk lebih lanjut.

Peforma Produk Reksa Dana Pasar Uang

Mari kita analisis sejenak mengenai produk Reksa Dana dari Sucorinvest Money Market Fund. Pada informasi ini kamu bisa melihat sebuah kurva berwarna hijau yang cenderung naik, menandakan dari waktu ke waktu peforma dari produk ini mampu meraih Keuntungan yang sangat stabil.

Bisa dilihat juga bahwa produk ini memiliki profil tingkat resiko yang rendah, sehingga sangat cocok untuk digunakan untuk para investor pemula.

Total AUM (Asset Under Management) adalah seluruh dana kelolaan dari suatu manajer investasi, biasanya semakin banyak dana yang dikelola, maka sebuah produk / manajer investasi sudah memiliki banyak kepercayaan dan banyak digunakan oleh para investor.

Minimal Pembelian Unit Reksa Dana

Geser kebawah lagi, nanti kamu akan mendapatkan informasi mengenai minimal pembelian agar dapat berinvestasi pada suatu produk Reksa Dana.

Pada produk yang saya gunakan, ternyata untuk memiliki sebuah unit pada reksa dana membutuhkan pembelian minimal Rp.100,000 (setiap produk reksa dana memiliki minimal pembelian yang berbeda beda, ada yang minimal Rp.10,000 ada juga minimal pembelian Rp.1,000,000).

Jika sudah yakin ingin membeli produknya, silahkan klik Beli.

Nominal Pembelian Reksa Dana

Karena produk yang saya pilih tadi untuk minimal pembelian harus Rp.100,000. Maka saya harus mengeluarkan modal sebesar Rp.100,000. Klik Beli untuk melanjutkan pembayaran.

Syarat dan Ketentuan Pembelian Unit Reksa Dana

Jangan lupa untuk memberikan tanda centang atau ceklist pada Saya menyetujui pembelian reksa dana dihalaman ini dan telah membaca dan menyutujui……

Dilanjut dengan mengeklik Bayar Sekarang.

Metode Pembayaran

Disini kamu akan diberikan berbagai macam metode pembayaran seperti;

  1. GOPAY
  2. LinkAja
  3. Virtual Account
  4. Transfer Manual

Saya sendiri lebih memilih untuk menggunakan GOPAY sebagai alat untuk melakukan pembayaran, lalu setelah memilih metode pembayaran, klik Bayar untuk melanjutkan.

Melakukan Pembayaran Menggunakan GOPAY

Untuk pembayaran menggunakan GOPAY nantinya kamu akan diarahkan ke aplikasi GOJEK (pastikan pada smartphone yang kamu gunakan memiliki aplikasi GOJEK).

Riwayat Pembelian Unit Reksa Dana

Setelah pembayaran berhasil, pada menu Activity akan muncul sebuah informasi pembelian produk reksa dana.

Perlu diketahui bahwa proses verifikasi pembelian unit reksa dana membutuhkan 1-2 hari bursa, jadi tidak langsung masuk pada saat itu juga.

Note: hari bursa adalah hari senin hingga hari kamis, jadi kalau beli dihari sabtu/minggu, maka akan diproses pada hari senin yang akan datang.

Pembelian Unit Reksa Dana Telah Terverifikasi

Setelah unit reksa dana kamu sudah diproses dan diverifikasi oleh Manajer Investasi, nantinya akan muncul sebuah notifikasi baik melalui email maupun Bibit.

Kurang lebih seperti gambar diatas (email) yang memberitahu bahwa unit reksa dana sudah masuk kedalam akun Bibit kamu.

Nah ketika unit reksa dana sudah masuk, yang perlu kamu lakukan hanyalah berdiam saja, atau kalau bisa malah cari modal untuk diinvestasikan lagi. Lah kenapa?

Karena modal yang kamu berikan atau kamu investasikan itu tadi akan dikelola oleh Manajer Investasi, tentu kamu akan mendapatkan Keuntungan dari uang yang dikelola oleh manajer investasi ke dalam instrumen investasi.

Lalu bagaimana cara melihat Keuntungan atau uang yang kita peroleh dari produk ini? Gampang kok, simak dibawah ini.


Portofolio Keuntungan Reksa Dana

Tadi kan saya sudah menjelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi Bibit serta bagaimana cara untuk melakukan pembelian reksa dana nih, lalu bagaimana cara melihat Keuntungan yang kita dapatkan dari hasil investasi tadi? 

Portofolio Reksa Dana

Caranya mudah kok, buka aplikasi Bibit dan langsung menuju ke menu Portofolio, kjemudian masuk ke portofolio Dana Tabungan.

Profile Produk Reksa Dana Pasar Uang

Cari produk Reksa Dana Pasar Uang yang telah kamu beli tadi, misalnya Sucorinvest Money Market Fund.

Disana kamu bisa melihat beberapa informasi seperti:

  1. Current Balance – Total keseluruhan nilai dari reksa dana, meliputi jumlah modal investasi + Keuntungan (earning).
  2. Amount Invest – Total dana / modal yang kamu keluarkan untuk membeli unit reksa dana.
  3. Earning – Total Keuntungan yang kamu peroleh

Disini terdapat juga tombol Topup sekaligus Jual.

Ketika kamu ingin menambahkan modal investasi supaya nantinya bisa mendapatkan Keuntungan yang lebih banyak, maka kamu bisa menambahkan modal dengan cara menekan tombol Topup.

Namun jika kamu ingin menjual atau ingin menarik modal yang telah kamu investasikan, kamu bisa menekan tombol Jual.

Seperti yang saya bilang tadi bahwa semakin tinggi modal yang dikeluarkan, maka semakin tinggi juga Keuntungan yang didapatkan.

Intinya sebisa mungkin kalau ada uang sisa dan daripada uang tersebut nganggur maka lebih baik diinvestasikan saja, namun jika sudah kepepet atau memang benar benar tidak memiliki uang cash, maka kamu juga bisa menjual unit reksa dana dan menariknya ke rekening bank.

Berikut Daftar Reksa Dana Pasar Uang Terbaik

  1. Sucorinvest Money Market Fund (sangat direkomendasikan)
  2. Sucoinvest Sharia Money Market Fund
  3. Batavia Dana Kas Maxima
  4. Manulife Dana Kas II

Dengan begini kamu sudah resmi menjadi Investor, lalu bagaimana strategi untuk mendapatkan Keuntungan dari berinvestasi dengan aplikasi Bibit ini? Simak cara dibawah ini.


Tips Investasi Untuk Pemula

Untuk mengakhiri pembahasan kali ini, saya akan membagikan tips berinvestasi yang saya gunakan untuk mendapatkan Keuntungan yang maksimal.

Hal pertama, tentu untuk melakukan investasi ini sangat direkomendasikan untuk jangka panjang, misalnya dana yang dinvestasikan akan ditarik untuk waktu 1-2 tahun kemudian.

Intinya semakin lama dana ditarik maka Keuntungan yang didapatkan juga akan jauh lebih besar, mengingat Keuntungan pada produk Reksa Dana Pasar Uang tergolong kecil.

Hal kedua, jika ingin mendapatkan Keuntungan yang lebih besar, maka tentu kita sebagai investor juga harus menyiapkan modal juga banyak, karena dalam pola investasi menggunakan semboyan semakin tinggi modal investasi, maka semakin banyak juga Keuntungan yang didapatkan.

Hal ketiga, ketika kamu ingin menjual unit reksa dana, pastikan Keuntungan atau earning yang didapatkan sudah lebih dari Rp.5,000. Karena ketika melaukan penarikan, investor akan dikenakan biaya sebesar Rp.3,500.
Cara Verifikasi Paypal Tanpa Kartu Kredit
Jika kamu belum mendapatkan Keuntungan diatas Rp.3,500 maka bukanya untung tapi kamu akan rugi untuk biaya transfer antar bank, mesipun hanya beberapa ribu saja, tapi yang namanya rugi ya tetap rugi tidak memandang nominal kerugian.

Yang terakhir, membeli produk reksa dana pasar uang ini hanya digunakan untuk pembelajaran dan gambaran singkat mengenai dunia investasi, jika ingin mendapatkan Keuntungan yang jauh lebih besar dengan modal yang sangat kecil.

Kamu bisa membeli produk Reksa Dana Obligasi dan Reksa Dana Saham, ingat meskipun memiliki Keuntungan yang lebih tinggi dengan modal yang minim, investor juga harus siap untuk mengalami kerugian yang tinggi, mengigat pergerakan pasar pada Obligasi dan Saham yang tidak menentu.

Gimana nih sejauh ini paham gak? Kalau masih bingung atau ingin berbincang bincang mengenai dunia investasi reksa dana silahkan dm pada sosial media Instagram saya di @akuwega

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai panduan investasi reksa dana pasar uang pada aplikasi Bibit, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel