Cara Mempercepat Koneksi Internet Download Pada Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet Download Pada Android

Koneksi Internet yang buruk tentu akan memperlambat proses download pada android, untuk itu kebayakan orang mencara cara mempercepat koneksi internet mereka. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan, namun masih banyak orang yang tidak mengetahuinya.

Internet memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini, bahkan mayoritas teknologi yang ada didunia ini menggunakan infrastruktur koneksi internet, kecepatan Internet sendiri bermacam macam tergantung tingkat kebutuhan dan menyesuaikan biaya langganan.

Tentu untuk mendapatkan akses Internet yang cepat kamu harus menggunakan layanan yang berkualitas, biasanya memang menguarkan biaya yang lumayan besar, namun ketika kamu sudah menggunakan layanan yang mahal namun mendapatkan kecepatan yang rendah? tenang ada solusi untuk masalah itu.

Sebelumnya saya sudah pernah membuat artikel terkait Cara Mempercepat & Menstabilkan Koneksi Internet Download, mungkin bisa juga dijadikan sebagai sumber referensi terkait masalah Internet, oke langsung saja menuju ke pembahasan.

Pertama kamu harus mengunduh sebuah aplikasi terlebih dahulu agar dapat mempercepat koneksi internet pada saat download di android, berikut adalah aplikasinya:

ikon IDM Lite
IDM Lite
Free - Android
File Code: IDM Lite.apk


Aplikasi diatas hampir mirip atau bisa dikatakan sama seperti aplikasi Internet Download Manager yang terdapat pada komputer, dimana bisa menunjang kecepatan akses internet. Memang apa kelebihan aplikasi ini dibandingkan yang lain?:

  • Mendukung fitur auto-resume (bisa dilanjutkan ketika kuota habis)
  • Mendukung fitur Add-URL (memasukan url secara manual)
  • Mempercepat akses download karena membagi file menjadi beberapa bagian
  • Lokasi penyimpanan bisa ditentukan secara manual (Support OTG)
  • Membatasi Kecepatan Download (bisa digunakan agar tidak membebankan akses pada download)
  • Mendukung akses Proxy (SSH Internet Gratis)
  • Bisa digunakan untuk mengunduh file pada server Torrent
  • Refresh Link dan Redownload (bisa digunakan untuk link expired)
  • dan lain lain.

Fitur yang paling saya suka dalam aplikasi ini adalah Refresh Link, dimana dengan bantuan fitur ini kamu bisa melanjutkan proses download dikemudian hari, karena pada umumnya sebuah server download membatasi akses url selama 12 jam, ketika sudah melewati 12 jam, maka pengguna sudah tidak bisa mengunduh melalui url / alamat tersebut..

Nah dengan bantuan fitur Refresh Link ini membantu melanjutkan proses download meskipun batas server dibatasi, sungguh enak bukan? Lantas bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? Berikut adalah tutorialnya:

Mencari link untuk diunduh

Pastikan kamu memiliki sebuah link atau alamat file yang ingin kamu download, atau sebagai media pembelajaran kamu bisa menggunakan link yang sama seperti saya yakni https://www.ssyoutube.com/watch?v=QmZ3SW3ogrY

Salin alamat download terlebih dahulu dengan cara menekan tombol yang sudah saya beri tanda merah diatas agar muncul dialog terlebih dahulu.

Menyalin alamat url untuk dimasukan

Salin alamat dengan cara memilih Copy link text atau Copy link address, maka dengan otomatis sekarang kamu memiliki direct link untuk dimasukan kedalam aplikasinya.

Memasukan alamat url ke aplikasi

Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi yang telah kamu download tadi (jika tidak membunyai aplikasinya silahkan download terlebih dahulu, link atau alamat aplikasi ada diatas) setelah terbuka klik Icon Plus atau gambar tambah seperti petunjuk diatas.

Menghubungkan dari url ke aplikasi

Maka akan muncul kotak dialog seperti diatas, pada kolom atas sendiri paste atau tempelkan link download yang kamu salin tadi yang kemudian klik Connect untuk menampilkan sebuah informasi file yang akan didownload.

Memulai pengunduhan file

Setelah muncul Informasi atau scanning file suda selesai maka tombol yang tadinya bertulisan Connect akan menjadi Start, untuk memulai proses pengunduhan silahkan klik tombol Start seperti petunjuk pada gambar diatas, dan file pun berhasil diunduh.


Kok bisa mempercepat koneksi internet download?

Dikarenakan aplikasi ini sangat mirip atau sama seperti aplikasi Internet Download Manager, dimana bisa membagi unduhan menjadi beberapa bagian atau istilahnya berkas dipecah membuat pengunduhan file semakin cepat.
Istilah pemecahan file ini disebut sebagai Thread, dalam aplikasi ini hanya mampu membagi file menjadi 8 bagian atau 8 Thread, berbeda dengan IDM yang versi komputer yang dimana bisa membagi file menjadi 50 thread.

Namun secara fungsi penggunaan sistem Thread ini sangat menunjang kecepatan akses Internet Download pada android, namun yan kembali lagi, jika paket atau layanan Internet tidak memumpuni ketika menggunakan bantuan aplikasi ini ya sama saja bohong. 


Apakah bisa melanjutkan download file yang masih 50% ?

Sangat bisa sekali, karena IDM versi Android ini mendukung fitur Refresh Link, yang dimana memperbolehkan pengguna untuk memperbaharui akses link yang telah dibatasi, sehingga kamu bisa melanjutkan proses unduhan.

Jangankan 50%, bahkan ketika proses unduhan baru menyentuh kurang dari 10% pun bisa dilanjutkan, hal ini lah yang membuat saya menyukai aplikasi ini sebagai penunjang proses pengunduhan file di internet.

Hal ini sangat cocok bagi kamu yang minim akan kuota atau keterbatasan kuota, dengan menggunakan aplikasi ini ketika Kuota habis dan unduhan terhenti, maka ketika kamu sudah membeli kuota atau pinjam koneksi temen (thetering) bisa dilanjutkan lagi.


Mendukung Konfigurasi Proxy

Selain mempercepat koneksi internet download, aplikasi ini juga memberikan fitur yang mendukung koneksi perantara yang disebut sebagai Proxy, dengan fitur ini kamu bisa melapisi jaringan atau bahasa yang kita kenal mengunblock sebuah situs yang diblokir oleh kominfo.

Semisal kamu mendownload disitus yang tidak bisa diakses, maka dengan menggunakan Proxy ini kamu bisa mengunduhnya. Terlebih lagi bagi pengguna SSH akan sangat diuntungkan karena mendapatkan akses internet secara gratis.

Dengan adanya fitur ini kamu bisa menggunakan kombinasi aplikasi seperti VPN atau Injector yang dimana akan menunjang kecepatan sekaligus memberikan internet gratis unlimited.


Mendukung Torrent Server

Bagi kamu yang suka mengunduh dalam situs dengan jaringan Torrent tak perlu khawatir lagi, karena fitur dalam aplikasi ini juga terdapat sebuah alat yang bisa digunakan untuk mengunduh di torrent tanpa perlu membutuhkan aplikasi tambahan.

Baca juga: Cara Untuk melewati Safelink yang Rumit Dengan Mudah

Selain itu juga bisa menunjang Seed dan Leench server download, sehingga mampu mempercepat proses pengunduhan.



Penyebab Koneksi Download Lambat?

Ada banyak sekali penyebab maraknya peforma internet menurun, mulai dari komponen hingga provider. Berikut adalah beberapa faktornya:


1. Akses jaringan kurang lancar

Hal yang sering dialami oleh pengguna internet baik menggunakan jaringan nirkable maupun kabel. Untuk kendala yang sering dialami oleh pengguna jaringan Nirkable adalah gangguan sinyal (seperti pembatasan bagunan, curah hujan dan kecepatan angin) sangat berpengaruh dalam penangkapan sinyal. Sangat tidak diutungkan menggunakan jaringan Nirkable yang dimana pada area tersebut terdapat banyak sekali tumbuhan, bangunan dan kecepatan angin yang tinggi.

Mungkin solusi untuk meminimalisirnya adalah menggunakan jaringan kabel, namun menggunakan jaringan kabel juga ada kendalanya seperti perebutan bandwith yang ada. Perlu diingat akses dalam kabel juga terdapat batasanya (ada maks request/download) jadi ketika server atau lalulintas padat pasti akan menurunkan kecepatan jaringan itu.

Solusi untuk masalah terkait ini mungkin tidak ada, karena semua pasti ada kelebihan dan juga kekuranganya.


2. Komponen Pemancar/Penangkap Sinyal

Hal yang perlu diperhatikan lainya adalah umur atau kinerja dari sebuah komponen baik pemancar maupun penangkap sinyal, kasusknya dalam HP Android atau perangkat elektronik lainya ketika suatu komponen panas maka akan menurunkan kinerja komponen tersebut.

Jadi perlu diperhatikan ketika android panas pada saat download, maka kecepatan internet juga akan menurun. Terlebih lagi jika kualitas sinyal sangatlah buruk membuat perangkat penangkap sinyal bekerja secara ekstra yang pada akhirnya akan membuat panas dengan cepat.

Dalam kasus ini dapat diatasi dengan cara membeli perangkat atau memperbaharui komponen yang sekiranya sudah tua dan tidak berfungsi dengan baik, bisa juga mencari spot tempat dimana sinyal dapat ditangkap dengan baik.


3. Server download buruk / lemot

Tidak selamanya koneksi internet yang lemot disebabkan dari diri kita sendiri, pasalnya ada sebuah kasus yang dimana server download memang lemot (buruk) atau juga ada beberapa server download yang membatasi kecepatan akses internetnya, dan jika ingin merasakan kecepatan akses yang cepat biasanya kamu harus berlangganan (membayar) terlebih dahulu.

Jadi sebelum mengunduh pastikan server download apakah memiliki peraturan semacam pembatasan kecepatan atau tidak, jika iya sebisa mungkin untuk mencari alternatif hosting atau mirror link agar bisa merasakan kecepatan akses yang cepat.

Baca juga: Cara Mengetahui Password Wifi Orang Lain

Selain itu juga ada faktor bahwa server berada jauh dari negara kita, kasus ini sudah pada umumnya, maksudnya semua orang juga mengalami bahwa ketika kita mengunduh sebuah file yang dimana letak server berada jauh dari negara kita maka akan membuat kecepatan akses menurun (karena jarak), namun hal ini bisa diatasi dengan cara menggunakan VPN.

4. Kapasitas Memori Penyimpanan

Hal yang tak kalah penting dalam menunjang koneksi internet ialah sebuah kapasitas memori, mengunduh atau mengambil data dari internet tentu membutuhkan ruang memori untuk menyimpanya, namun ketika kapasitas memori terbatas atau penuh maka akan membuat proses pengunduhan melambat bahkan sampai gagal.

Untuk itu sangatah penting untuk memberikan ruang tambahan agar memori dapat digunakan untuk menyimpan file yang akan diambil dari internet. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk membersihkan sampah yang dapat diunduh melalui Google Play Store.

Selain permasalahan diatas sebenarnya masih banyak lagi faktor lainya seperti spesifikasi kurang memumpuni (RAM, Prosesor, SD Card, dll) yang dimana juga tak kalah penting.


5. Aplikasi lain yang menggunakan resource

Penyebab lainya ialah sumber internet atau koneksi telah digunakan oleh aplikasi lain (background application) biasanya aplikasi semacam ini terus berjalan tanpa sepengetahuan kita, sebagai contoh aplikasi yang berjalan pada latar belakang yakni seperti app chatting (WhatsApp, Line) sertia aplikasi media sosial (Facebook, Twitter,dll).

Pastikan sebelum melakukan download (agar koneksi terfokus pada saat proses pengunduhan) tutup semua aplikasi yang memiliki potensi menggunakan jaringan internet. Saya sendiri sering jengkel ketika aplikasi Google Maps tiba tiba mengunduh secara otomatis tanpa pemberitahuan.


6. Salah konfigurasi APN (Access Point Name)

Mungkin bagi kamu yang sempat menikmati masa dimana SSH jaya tidak asing lagi tentang APN, pada masanya APN ini sangat sering digunakan untuk melakukan Internet Gratis dan Juga untuk meningkatkan kecepatan sebuah Internet, sebelumnya sih saya tidak percaya, namun setelah mengganti APN ternyata kecepatan Internet meningkat.

Pastikan konfigurasi sama seperti yang direkomendasikan oleh Operator, atau jika kalian bingung kalian bisa menggunakann Google untuk melakukan konfigurasi APN pada smartphone android yang kamu gunakan.

Mungkin hanya itu saja terkait masalah Internet yang saya ketahui, untuk lebih lengkapnya mungkin kalian bisa menggunakan situs lain sebagai referensi terkait masalah yang kamu alami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel