page hit counter

Cara Mengatasi Lag Saat Bermain PUBG Mobile di Android

Mengatasi Lag Saat Bermain PUBG Mobile

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah lag yang terjadi saaat kita memainkan game PUBG Mobile pada smartphone Android. Memang sangatlah kesal jika saat bermain game mengalami Frame atau patah patah, telebih lagi saat bertemu musuh.

PUBG Mobile adalah sebuah game Battle Royale yang sangat populer dimainkan pada smartphone, baik pada Android maupun iPhone, game ini mengadaptasi dari PUBG versi PC yang bisa dimainkan untuk hp, bahkan untuk pengguna komputer juga sudah disediakan sebuah emulator yang dimana kamu bisa menggunakan Mouse dan Keyboard sebagai controller.

Sebenarnya masalah lag dapat diatasi dengan cara membeli ponsel baru dengan spesifikasi yang memadai, karena saat ini game PUBG sudah tidak bisa dinikmati untuk ponsel yang memiliki spesifikasi yang rendah atau jadul, namun Lembiru (lempar beli yang baru) bukanlan solusi untuk masalah ini.


Cara atasi lag saat bermain game PUBG Mobile

Meskipun begitu ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengurangi atau meminimalisir terjadinya lagging pada saat bermain game PUBG Mobile, mungkin tidak sedikit dari pemain menggunakan aplikasi ini untuk mengatasinya.

ikon GFX Tool
GFX Tool
Free - Android
File Code: GFX Tool.apk

Pertama saya agak ragu menggunakan aplikasi ini karena tidak mungkin sebuah aplikasi mampu menghilangkan lag pada saat bermain game, namun setelah member squad nkid membuktikan, saya terheran "kok iso", ini jadi solusi untuk kita pemilik hp kentang (spek rendah).

Baca juga: Setting Terbaik Game PUBG Mobile di Tencent Game Buddy

Pertama silahkan download terlebih dahulu aplikasi yang sudah saya cantumkan link download diatas, atau kamu bisa mengunduhnya langsung melalui Google Play Store dengan kata kunci "GFX Tool" dan perlu diingat bahwa jangan mengunduh dan memasang GFX yang memiliki seri pubg karena akan menyebabkan akun kamu kebanned. (untuk lebih aman silahkan menggunakan link yang sudah saya sediakan).

Konfigurasi Aplikasi GFX Tool

Buka aplikasi GFX Tool, disini sebenarnya kamu bebas untuk mengubah atau menentukan konfigurasi kamu sendiri, asalkan menggunakan settingan paling rendah atau low. Jika bingung silahkan samakan setelan seperti gambar diatas, atau lebih jelasnya silahkan baca dibawah ini.

Select version: 0.11.0 (GP)
Resolution: 960x540
Graphics: So Smooth
FPS: 60fps
Anti-aliasing: disable
Styles: Soft
Shadow: Select or skip
Rendering Quality: Low

Konfigurasi diatas cocok digunakan untuk hp yang memiliki spesifikasi kentang (low) seperti milik saya, alasan saya lock fps diangka 60 agar gerakan terasa smooth atau lag.

Konfigurasi Aplikasi GFX Tool

Lanjutan konfigurasi low spek supaya tidak lag

Light Effects: Disable
GPU Optimization: Enable
Save Control: Enable

Kemudian jika sudah selesai melakuka setting pada aplikasi GFX Tool kamu tinggal klik ACCEPT seperti gambar diatas yang sudah saya beri tanda merah, dan jalankan game PUBG Mobile kamu (jangan membuka game lainya terlebih dahulu).

Kolaborasi aplikasi GFX Tool dan PUBG mobile

Pasti tidak ngelag kan? kesan pertama yang kamu rasakan pasti PUBG rasa Free Fire karena aplikasi ini menurunkan grafik bahkan semua teksture yang ada dalam game PUBG, namun dengan mengubah grafik seperti Minecraft atau Free Fire akan membuat PUBG tidak lag saat bermain atau lancar jaya.

Kesan dan Perasaan yang pertama kali ketika menggunakan aplikasi GFX Tool adalah kagum karena benar bena bisa membuat tidak lag, namun karena mata saya tidak terbiasa dengan hal yang burik atau harus beradaptasi pada grafik yang belum saya kenal membuat saya mual mual, TIDAK hanya game burik saja, bahkan Far Cry yang memiliki grafik HD pun terkadang saya harus melakukan adaptasi agar tidak mual.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Android LAG/ Macet dan Lemot Terbaru

Bukanya saya merendahkan atau mengejek sebuah video game, ya pada dasarnya saya memiliki gangguan "mabuk kendaraan" dan "mabuk bermain game" mungkin kalian akan paham jika memiliki penyakit "mabuk kendaraan" seperti saya, dimana merasa mual ketika naik kendaraan seperti mobil, penyakit ini (bukan penyakit sih) tapi fenomena ini dinamakan Motion Sickness.

Kembali ke pembahasan mengenai aplikasi GFX Tool ini, di Indonesia sendiri sudah banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk bermain game lain juga seperti ROS - Rules of Survival dan game lainya, terbukti juga mampu menunjang kinerja hp jadul. Untuk lebih spesifiknya silahkan baca dibawah ini.


Kelebihan Menggunakan GFX Tools

Sebagai pengguna atau calon pengguna aplikasi, kita harus mengetahui kelebihan yang bisa dirasakan terlebih dahulu untuk menggunakanya.

  • Membuat game menjadi lebih ringan dan tidak lag
  • Bisa menggunakan konfigurasi manual (bisa meningkatkan kualitas gambar)
  • Lock FPS atau mengunci FPS diangka 60fps untuk mendapatkan gerakan Smooth
  • Mengoptimasi dan Mengoptimalkan kinerja GPU pada saat bermain game
  • Mampu menghilangkan fitur Anti-aliasing yang membuat HP bekerja keras
  • Menghilangkan shadow dan texture pada sebuah game
  • Penyesuaian Rendering Quality berdasarkan kemampuan GPU

Sebenarnya masih banyak lagi, namun perubahan atau kelebihan yang bisa dikatakan cukup signifikan adalah poin yang saya sebutkan diatas.


Kekurangan Menggunakan GFX Tools

Meskipun tedapat benefit atau kelebihan dalam emnggunakan GFX Tools namun terdapat juga kekuranganya, diantara lain:

  • Membuat grafik menjadi burik (kualitas gambar menurun)
  • Ada beberapa game yang tidak kompatibel dengan aplikasi ini
  • Jika menggunakan lock FPS akan membuat HP menjadi cepat panas
  • Kenyamanan pengguna menjadi menurun karena kualitas diturunkan
  • Tidak menggunakan data dari game asli (potensi banned)

Kurang lebih kekuranganya terletak pada kenyamanan pengguna atau pengalaman pengguna dalam bermain game, karena tidak maksimalkan resource dalam sebuah video game. Meskipun begitu jika dibandingkan kekurangan menurut saya masih worth karena kelebihan yang didapatkan juga banyak.


Tips bermain PUBG Mobile agar tidak lag

Terdapat juga menghilangkan lag tanpa harus menggunakan aplikasi, namun sangat direkomendasikan menggunakan sebuah aplikasi ya, ini sebagai tambahan atau penunjang saja.


1. Jangan bermain sambil mengcharger

Kebiasaan pemain game mobile adalah melakukan charger atau mengisi daya pada saat bermain, padahal hal ini sebenarnya tidak diperbolehkan karena dapat mengurangi umur sebuah komponen hp. Arus listrik yang baru saja masuk ke dalam baterai langsung dikeluarkan ke hardware, membuat aktifitas listrik dalam baterai terus terjadi.

Pada akhirnya akan membuat baterai menjadi panas dan juga komponen dalam hp, ketika komponen hp panas maka akan membuat kinerja smartphone menurun derastis, terlebih lagi baterai tidak boleh berada pada suhu 45 derajat celcius. Inti yang ingin saya sampaikan adalah jangan bermain sambil mengisi daya baterai.

Usahakan sebelum bermain agar baterai sudah terisi penuh, sehingga tidak perlu mengisi daya pada saat bermain. Lebih baik mengunggu baterai penuh daripada bermain tidak maksimal dikarenakan game patah patah.


2. Jangan menjalankan aplikasi terlalu banyak

Menjalankan begitu banyak App akan membuat memori RAM terpakai begitu banyak, padahal saat kita bermain sebuah video game juga membutuhkan kapasitas memori ram yang begitu banyak, hal ini bisa diatasi dengan menutup beberapa aplikasi yang tidak digunakan seperti WhatsApp, Browser dan lainya.

Atau jika kamu menggunakan smartphone yang mendukung mode game, silahkan gunakan fitur itu karena sangat membantu dalam menunjang saat bermain, mode ini mempu menutup semua aplikasi sehingga komponen smartphone hanya bekerja pada satu aplikasi/game yang dijalankan.


3. Mengosongkan ruang memori

Memori adalah peran penting untuk media penyimpanan file baik digunakan untuk menyimpan aplikasi maupun sebuaah game. Namun tahukah kamu bahwa sebuah aplikasi atau game meski sudah dipasang membutuhkan ruang penyimpanan lagi?

File Sementara ini sering disebut sebagai cache atau temporary file yang berguna untuk melakukan optimasi agar kinerja jauh lebih cepat. Namun file cache ini juga memakan ruang penyimpanan yang sangat besar, untuk itu kamu harus mengosongkan memori sebanyak mungkin agar file cache dapat berkembang dengan leluasa.

Tenang biasanya Cache ini akan hilang setelah aplikasi ditutup, atau untuk membersihkanya kamu bisa menggunakan pembersih yang sudah terpasang pada smartphone kamu, yang bisa ditemukan pada File Manager / Akses berkas.


4. Menggunakan kipas atau pendingin

Komponen hp yang kepanasan akan membuat kinerja menjadi menurun, tidak hanya pada smartphone saja melainkan disemua perangkat elektronik seperti komputer, maupun televisi jika terdapat komponen yang memiliki panas berlebihan akan menurunkan kinerjanya. Bahkan juga mampu melelehkan suatu komponen yang berakibat tidak bisa digunakan lagi.

Jika ingin memaksimalkan kinerja perangkat elektronik usahakan gunakan pada tempat yang dingin, atau bisa menggunakan alat pendingin bantuan seperti kipas angin, AC dan masih banyak lagi, atau jika ingin yang mudah gunakan sebuah kipas yang terbuat dari kertas atau buku.

Saya sendiri dan teman teman squad nkid ezport juga sering menggunakan sebuah kipas angin seharga Rp.100.000 sebagai pendingin saat bermain game PUBG Mobile, dan terkbutki sangat ampuh tentu ditemani dengan aplikasi GFX Tool, agar lebih maksimal dinginkan hp bagian belakang (baterai) bukan pada bagian layar.


5. Melakukan Restart HP

Untuk menjaga kesetabilan sebuah smartphone, melalukan Restart atau Muat Ulang sangat diperlukan, supaya aplikasi atau game yang berjalan dapat tertutup sampai keakarnya, dan juga membuat android melakukan istirahat sejenak.

Baca juga: Cara Mengetahui Aplikasi yang Mengonsumsi Banyak Kuota Pada Android

Alangkah baiknya untuk mematikan hp sementara, tidak usah lama lama minimal 5 menit agar seluruh komponen benar benar beristirahat sejenak, meskipun sebentar namun akan memberikan dapak atau efek yang sangat signifikan setelah hp dimantikan untuk sementara waktu, seperti halnya manusia membutuhkan tidur.

Mungkin hanya itu beberapa tutorial dan tips untuk menghilangkan lag pada saat bermaing game terutama game PUBG Mobile, adapun jika sudah lag parah silahkan membeli smartphone yang baru karena tidak bisa dipungkiri game sekarang memang membutuhkan spesifikasi yang tinggi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel