Gratis! 9 Aplikasi VPN Terbaik dan DNS Tunnel Tercepat Android

Situs kesayangan terblokir? Gunakan aplikasi vpn terbaik dan juga dns untuk membantu atasi masalah pembatasan dan mempercepat koneksi internet.

Aplikasi VPN Android

Belum lama ini (22 Mei 2019) Indonesia dihebohkan dengan terblokirnya atau pembatasan akses tiga (3) sosial media terkenal yakni Instagram (IG), Facebook (FB, dan juga WhatsApp (WA).

Akibatnya banyak orang yang mengeluh pasalanya tidak bisa mengakses akun sosial media. Pembatasan ini dilakukan untuk memperlambat tersebarnya berita HOAX karena masalah 22 mei tersebut.
Tidak Bisa Buka WhatsApp, Facebook dan Instagram? Begini Solusinya
Meskipun sebuah sosial media dan situs mengalami pembatasan atau diblokir, masih ada banyak cara untuk membuka dan mengembalikan akses tersebut, salah satu caranya adalah menggunakan aplikasi vpn android atau menggunakan dns.

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk mengekripsi sebuah jaringan, dengan kata lain adalah mengamankan kita dari serangan cyber crime.

Dikarenakan mampu mengenkripsi sebuah jaringan, VPN juga mampu menjebol firewall yang ada pada jaringan sehingga situs yang tadinya memiliki akses terbatas membuat terbuka dengan bantuan aplikasi vpn android ini.

Kelebihan lainya yang dapat ditemukan ketika menggunakan VPN adalah penyedia internet / internet service provider (ISP) tidak mampu mentracking log atau riwayat browser yang kita kunjungi.


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan aplikasi vpn terbaik android dan juga aplikasi dns android untuk membantu kamu membuka situs yang diblokir sekaligus dapat mempercepat koneksi internet.
MOHON BACA!! - Untuk mengunduh aplikasi vpn android, mungkin akan melewati Safelink, bagi yang bingung bagaimana cara melewatinya bisa baca - Cara melewati safelink dengan mudah!


1.1.1.1: (Not VPN Android) Faster & Safer Internet

Aplikasi DNS yang memiliki prinsip kerja seperti VPN, bisa dikatakan aplikasi ini terbaik dalam hal mengenkripsi sebuah paket data, yang dimana dapat juga digunakan untuk membuka sebuah situs dan aplikasi yang memiliki batasan akses (terblokir).

ikon 1.1.1.1: Internet Lebih Cepat & Aman
1.1.1.1: Internet Lebih Cepat & Aman
Free - Android
File Code: 1.1.1.1: Internet Lebih Cepat & Aman.apk

Dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan cloud internet terbesar di dunia yakni CloudFlare, jadi jangan ditanyakan lagi mengenai kecepatan vpn ini, lebih hebatnya lagi bisa diunduh gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Yang menjadikan 1.1.1.1 spesial adalah akses internet yang diberikan sangatlah cepat karena hanya mengenkripsi protokol saja dan mengirim permintaan dari web langsung ke client. (untuk cara kerja vpn bisa lihat pembahasan dibawah)

Bisa dikatakan 1.1.1.1 salah satu aplikasi DNS android terbaik yang pernah ada, karena bisa dikatakan 1.1.1.1 adalah aplikasi DNS untuk mengekripsi pertama kali yang ada pada sistem operasi Android.

Gunakan salah satu layanan VPN Gratis ini untuk menonton acara kesukaan dengan aman, tanpa adanya pembayaran tambahan alias gratis.


Betternet – Free best VPN Android

Aplikasi VPN android dan juga bisa digunakan untuk komputer (PC) Free. Sebuah best vpn apps yang dikembangkan oleh Betternet LLC menyediakan keamanan ultra dalam berjelajah di internet.

ikon Free VPN - Betternet VPN Proxy & Wi-Fi Security
Free VPN - Betternet VPN Proxy & Wi-Fi Security
Free - Android
File Code: Free VPN - Betternet VPN Proxy & Wi-Fi Security.apk

Disediakan berbagaimacam pilihan server seperti negara Amerika (US), Eropa (EU), Singapura (SG), India (IN), dan masih banyak lagi. Hal ini bisa untuk mengatasi masalah lag pada server ketika bermain game.

Seperti ketika kita bermain sebuah game yang dimana game tersebut berlokasi server pada negara India, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi VPN untuk bermain game tersebut.

Sangat disayangkan untuk menggunakan aplikasi vpn ini (pengguna pc) harus berlangganan terlebih dahulu, tapi tenang bagi pengguna android kamu tinggal connect saja tidak perlu menjadi subcribtion.


TurboVPN – Best Faster VPN Android

TurboVPN sempat populer karena mampu untuk melakukan manipulasi (bypass) jaringan internet kartu Tri (3). Pasalnya ketika kamu membeli paket Unlimted dan mengalami FUP, TurboVPN mampu membantu mengilangkan FUP tersebut.

ikon Turbo VPN–VPN Gratis Tanpa Batas & Hotspot Teraman
Turbo VPN–VPN Gratis Tanpa Batas & Hotspot Teraman
Free - Android
File Code: Turbo VPN–VPN Gratis Tanpa Batas & Hotspot Teraman.apk

FUP adalah (Fair Usage Policy) atau pembatasan akses internet dibatas wajar, kebanyakan paket internet yang menggunakan embel-embel “Unlimited” pasti memiliki sebuah FUP.

Ketika sudah menapai FUP maka kecepatan akses internet yang cepat akan menurun secara derastis (sesuai dengan ketentuan penyedia internet). Namun dulu TurboVPN mampu menanipulasi FUP tersebut sehingga akses internet yang diberikan tetap cepat

Tapi karena operator telah menutupi atau memperbaiki BUG ini PASTINYA, jadi saya sendiri kurang tahu apakah masih bisa digunakan untuk bypass atau sudah tidak bisa, silahkan coba sendiri.


Psiphon PRO – Tunnel VPN Android Gratis

Ketika uang pas dan tidak punya uang untuk membeli kuota leguler yang pada akhirnya tidak punya pilihan lain selain membeli paket Chat atau akses Sosial Media.

ikon Psiphon Pro
Psiphon Pro
Free - Android
File Code: Psiphon Pro.apk

Namun siapa sangka bahwa paket Chat dan Sosial media bisa diubah menjadi paket Reguler? Memang tidak semua paket dan operator Support menggunakan skema ini.

Aplikasi Psiphon Pro VPN Gratis ini mampu mengubah paket chat menjadi reguler sekaligus juga mengenkripsi jaringan layaknya protokol vpn pada umumnya.

Disediakan dua mode Tunnel, yakni Browser Only dan juga Full Tunnel. Perbedaanya bisa dikatakan sangatlah signifikan yakni;

Browser Only, hanya mampu mengekripsi segala koneksi yang terhubung dengan browser bawaan aplikasi Psiphon, sedangkan Full Tunnel berfungsi layakanya aplikasi vpn android lainya yakni Full Enkripsi jaringan.


VPN Hub – Unblock Best Site

Kabar gembira untuk para warga yang suka mengakses sebuah situs yang serupa dengan KucingPoi, karena kini hadir aplikasi vpn gratis android yang didesain khusus untuk unblock situs 18+.

ikon VPN Gratis - Tanpa Log: VPNhub - Streaming
VPN Gratis - Tanpa Log: VPNhub - Streaming
Free - Android
File Code: VPN Gratis - Tanpa Log: VPNhub - Streaming.apk

Meskipun pada dasarnya aplikasi DNS juga bisa, namun yang membuat saya memasukan aplikasi ini adalah benar benar didesain untuk melakukan unblock situs yang berbau dewasa (judi juga termasuk).

Uniknya sebagian besar penyumpang apk ini berasal dari Indonesia, bisa diketahui bahwa orang Indonesia suka dengan hal yang berbau dewasa.

Bahkan foto sampul yang digunakan saja kayak situs ParnoHUB yang dimana situs dewasa paling terkenal dikalangan remaja, dapat kamu unduh gratis melalui playstore.


Thunder VPN – A Fast , Unlimited, Free VPN gratis Proxy

ThunderVPN adalah app yang menyediakan layanan VPN Proxy gratis di android, tidak membutuhkan konfigurasi khusus untuk menggunakanya, karena cukup mengeklik dengan satu ketukan maka akan terhubung ke server.

ikon Thunder VPN - A Fast , Unlimited, Free
Thunder VPN - A Fast , Unlimited, Free
Free - Android
File Code: Thunder VPN - A Fast , Unlimited, Free.apk

Mengamankan data saat kita berjelajah di Internet, karena mampu mengenkripsi sebuah koneksi TLS, HTTP, dan protokol lainya menjadi sebuah IP dinamik.

Memiliki berbagai macam server vpn diberbagai macam negara, tinggal memilih server mana yang sekiranya memiliki ping rendah agar dapat mendapatkan kecepatan akses internet yang tinggi.

Mendukung berbagai macam versi android baik versi lama sampai versi baru, dan juga menyesuaikan tampilan User-Interface (UI) yang elegan, sehingga sangat enak untuk dipandang.


Aplikasi VPN Android diatas bisa kamu gunakan gratis (FREE) yang bisa digunakan untuk mengatasi situs yang terblokir dengan cara mengenkripsi sebuah jaringan.

Banyak yang bertanya kenapa banyak aplikasi menyediakan akses vpn gratis kepada penggunanya? Dan dari mana mereka mendapatkan sebuah penghasilan?

Mereka mendapatkan pemasukan dari tayangya sebuah iklan pada sebuah aplikasi, maka sudah sewajarnya jika menggunakan aplikasi tiba tiba muncul sebuah iklan. Sudah menjadi rahasia umum pemasukan berasal dari sebuah iklan.

Namun perlu diketahui untuk selalu berhati hati ketika menggunakan aplikasi vpn gratis android. Karena ada isu yang mengatakan bahwa menggunakan apk gratis akan bedampak buruk bagi keamanan.

Karena si pemilik server biasanya menyimpan sebuah log berupa history (riwayat browser) yang telah kamu kunjungi. Maka sebisa mungkin hndari penggunaan vpn untuk hal yang sensitif seperti mengakses internet banking atau yang berhubungan dengan financial.

Meskipun belum ada kasus besar terkait bahaya menggunakan vpn, namun tidak ada salahnya berhati hati dari pada menjadi korban Phising.

Dulu waktu jaman Internet Gratis, aplikasi inilah yang sering digunakan untuk bypass koneksi internet, yang dimana dapat meningkatkan kecepatan akses sebuah internet.

Cepat atau lambatnya akses internet itu tergantung server mana yang digunakan. Untuk saat ini server Singapura yang bisa dikaterogirkan sebagai server tercepat untuk aplikasi vpn dan dns.

Jika kalian memiliki server VPN, SSH, Proxy sendiri bisa menggunakan aplikasi vpn yang menyediakan konfigurasi secara manual seperti halnya adalah;


HTTP Injector

Apps legend yang digunakan mengakses internet gratis dengan memanfaatkan sebuah bug (celah) host pada penyedia akses internet / Internet Services Provider (ISP).

ikon HTTP Injector - (SSH/Proxy/VPN)
HTTP Injector - (SSH/Proxy/VPN)
Free - Android
File Code: HTTP Injector - (SSH/Proxy/VPN).apk

Punya server sendiri untuk dijadikan server SSH atau Tunnel? Bisa menggunakan aplikasi ini untuk membantu kamu menghubungkan antara client dengan server.

Terlebih lagi jika kamu suka dengan melakukan (bugging) pada suatu ISP karena bisa memberikan akses internet gratis. Sampai saat ini sebenarnya saya masih bingung terkait akses internet gratis.

Apakah operator sengaja memberikan bug tersebut, atau emang bener bener kesalahan sistem sehingga terjadi BUG, karena bisa saja itu merupakan salah satu strategi marketing yang digunakan untuk meningkatkan pelanggan.


OpenVPN

Suka membuat tunnel dengan server sendiri? Tenang aplikasi OpenVPN akan membantu kamu dalam menghubungkan client ke server vpn. Bisa dikatakan apk ini adalah aplikasi vpn terbaik untuk mengakses tunnel pribadi.

ikon OpenVPN Connect – Fast & Safe SSL VPN Client
OpenVPN Connect – Fast & Safe SSL VPN Client
Free - Android
File Code: OpenVPN Connect – Fast & Safe SSL VPN Client.apk

Namun sangat tidak direkomendasikan untuk orang awan, karena harus melakukan konfigurasi manual agar dapat menghubungkan ke server (bahkan harus mencari server vpn terlebih dahulu).

Banyak penyedia server vpn gratis yang ada di Indonesia, salah satu penyedia terbesar adalah Fastssh, FreeVPN, VPNtunnel dan lain lain, namun dibatasi pembuatanya dan memiliki masa aktif dalam setiap akun.

Dengan membuat akun vpn biasanya langsung diberikan sebuah file berisikan sebuah config, yang dimana nantinya bisa kamu import kedalam apk ini agar bisa terhubung dengan server.


KPN Tunnel

Sebuah tunnel yang disukai oleh masyarakat grentongers untuk akses internet gratis all operator, sama halnya seperti HTTP Injector bahwa kamu harus melakukan konfigurasi manual.

ikon KPNTunnel Revolution (Official)
KPNTunnel Revolution (Official)
Free - Android
File Code: KPNTunnel Revolution (Official).apk

Perbedaanya terletak pada metode request packet dan beberapa fitur bisa dikatakan lebih lengkap dari aplikasi sebelah, salah satu fitur yang sering digunakan adalah no-proxy.

Yang dimana pada bug no-proxy ini bisa akses internet unlimited gratis untuk operator XL Axiata dan AXIS (pada masanya) Namun karena kuota murah jadi jarang yang mencari bug (bug hunter).

Aplikasi diatas sering digunakan untuk akses internet gratis, namun mulai dari 2016 pengguna tiga (3) aplikasi diatas sudah berkurang mengingat harga kuota sekarang juga relatif murah.

Berbicara mengenai pulsa, sekarang kamu juga bisa memulai berjualan pulsa hanya dengan modal Rp.50,000 saja loh, dengan bantuan sebuah aplikasi android tentunya, untuk lebih lengkapnya mungkin bisa baca artikel dibawah ini.
Modal Rp.50,000. Bisa Buka Kios Pulsa Sendiri!
Kembali lagi ke pembasahan seputar aplikasi VPN android, mungkin jika disuruh memilih saya merekomendasikan aplikasi 1.1.1.1 atau nomor satu (1) diatas. Karena sebenarnya aplikasi 1.1.1.1 bukanlah aplikasi vpn melainkan sebuah DNS.

Tapi tenang, sama seperti vpn yang berfungsi untuk mengenkripsi jaringan, bedanya adalah aplikasi DNS android ini hanya mengubah struktur gateway yang ada dalam koneksi internet kamu tanpa mengubah lokasi.

Biasanya kan aplikasi VPN bisa mengubah lokasi tuh, misalnya menggunakan Server Singapura, dengan otomatis lokasi kamu jika dilacak akan berada di Singapura, kenapa bisa begitu?

Pada dasarnya aplikasi VPN memiliki cara kerja yakni Client (kamu) mengirimkan paket permintaan (request packet) suatu website ke server vpn yang kemudian server vpn mengakses web tersebut kemudian baru dikirimkan ke Client (kamu).

Simpelnya begini skemanya ( Client -> Server VPN -> Web -> Server VPN -> Client ) jadi VPN sebagai perantara akses antara kamu dengan web yang akan diakses.

Fungsi lain dari aplikasi vpn android ini mungkin dapat membantu menyetabilkan koneksi internet, terutama bagi kamu yang suka bermain game online dan mengalami lagging bisa untuk mencoba apps ini.


Apakah ada kekurangan dari penggunaan VPN?

Meskipun banyak sekali kelebihan dari aplikasi vpn android ini, namun perlu diketahui bahwa ada juga banyak kekurangan atau sisi negatif yang ditimbulkan untuk penggunaan secara jangka lama.

Bahkan Kominfo saja pernah melarang keras dari penggunaan VPN karena dianggap membahayakan bagi pengguna, adapun perihal yang dipermasalahkan adalah;


1. Dapat Mencuri Data Sensitif

Permasalahan yang maraknya beredar yakni dapat mencuri data sensitif, namun perkataan ini belum dikonfirmasi kebenaranya. Kenapa bisa dibilang dapat mencuri Data Sensitif?

Seperti yang saya bilang tadi bahwa sistem kerja vpn adalah menjembatani antara Client dengan Server (perantara) yang dimana ketika kita mengakses sesuatu maka sebagai perantara juga tau dong apa yang sedang kita akses.

Namun menurut saya pribadi dalam konteks “Mencuri Data Sensitif” itu tidak sepenuhnya terjadi karena hanya menggunakan VPN, karena aplikasi dan website sekarang sudah menggunakan sistem enkripsi yang disebut sebagai SSL.

Meskipun ada sebuah log history dalam server vpn, namun karena sudah terenkripsi oleh SSL, pemilik server tidak semena mena bisa membuka log history yang ada. Kalaupun bisa palingan Isinya cuman kode yang sudah dienkripsi.

Mungkin bahayanya jika server mengirimkan sebuah data palsu atau yang biasa disebut sebagai foward-site yang dimana akan mengakses sebuah situs palsu (phising).

Dimana pada ketika pengguna memasukan data pribadi kedalam web phising, maka akan tersimpan datanya pada suatu hosting. Mungkin bisa kejahatan menggunakan embel embel vpn melalui web-fowarding / foward-site.


Menghabiskan Banyak Kuota

Perlu diketahui penggunaan VPN juga dapat mengurangi kuota secara cepat, atau mengonsumsi data internet yang besar. Simpelnya memakan kuota 2x lipat dari data yang asli.

Simpelnya gini, ketika kamu mendownload file yang memiliki ukuran 100 MB, maka kuota yang kamu perlukan menjadi 200 MB. Karena kamu sebagai client harus mengirimkan ke server yang kemudian dikirim ke web server dan pada akhirnya difoward ke client.

Mungkin permasalah serius ini hanya terjadi pada pengguna kuota, saya sebagai pengguna WiFI santai saja, karena paket Unlimited tidak akan menjadi sebuah masalah.

Untuk pengguna HP saya sarankan untuk menggunakan aplikasi 1.1.1.1 saja, karena berfungsi hanya mengganti DNS dan tidak memakan terlalu banyak kuota.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai aplikasi vpn android terbaik yang bisa kamu pakai secara gratis, mungkin kedepanya saya akan membahas aplikasi vpn yang dapat digunakan untuk komputer.

Baca juga