Cara Mengatasi CorelDRAW Tidak Bisa Export, Save dan Print

Muncul pesan CorelDraw Illegal? Sudah wajar bagi pengguna bajakan muncul pesan seperti ini, hal ini membuat tidak bisa melakukan export, save, print, dll.

Cara Mengatasi CorelDRAW Tidak Bisa Export, Save dan Print

CorelDraw adalah aplikasi untuk para desainer yang berguna untuk membuat gambar vektor atau seni dengan kualitas high quality / high definition.

Pesan peringatan yang menandakan CorelDraw Illegal atau bajakan ini muncul diberbagai macam versi, seperti x4, x5, x6, x7, dan x8 dan tidak perduli menggunakan OS apapun.

Sebagai pengguna yang mendapatkan pesan ini tentu harus mencari tutorial menangani corel draw error untuk mengatasinya.

Tentu hal ini membuat pengguna CorelDraw tidak bisa melakukan produktifitas atau belajar mendesain grafis.

Banyak orang yang menggunakan aplikasi CorelDraw untuk memulai karir sebagai Graphics Designer atau Desain Grafis bukan desan gratis loh ya.

Berbeda dengan Adobe Photoshop, karena PS didesain sedemikian rupa untuk memanipulasi sebuah foto, salah satu aplikasi android untuk memanipulasi sebuah foto adalah Adobe Lightroom CC Full Presets.

Langkah untuk mengatifkan fitur Save, Export, Print, dan lain sebagainya caranya adalah membeli lisensi asli dari pihak CorelDraw.

Namun untuk membeli lisensi ini kamu membutuhkan biaya untuk berlangganan alias membayar, tapi adakah cara lain selain membeli lisensi?

Jawabanya Ada! cuman harus membutuhkan aplikasi bantuan bawaan Windows atau aplikasi pembantu lainya seperti FAB atau Firewall Apps Blocker.


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi fitur Save, Export dan Print tidak bisa digunakan, tak perlu khawatir, namun akan saya bahas secara bertahap.


Mengapa bisa terdeteksi CorelDraw Bajakan?

Sebelum menuju ke tutorial mari kita bahas terlebih dahulu penyebab terjadinya pendeteksi CorelDraw Illegal agar kalian tahu bagaimana sistematik cara kerja pendeteksian ini.

Baru baru ini muncul pesan yang mengatakan program yang digunakan illegal (bagi pengguna bajakan), dikarenakan pihak corel sedang melakukan pemberantasan program illegal.

Sudah sewajarnya bagi pengguna coreldraw illegal mendapatkan pesan dan fitur Export, Save As, Print dan lain lain tidak bisa digunakan. Untuk melakukan pengecekan program, dibutuhkan sebuah koneksi internet antara komputer yang kamu gunakan dengan server dari pihak Corel Draw.

Nah karena membutuhkan koneksi Internet, kita bisa sedikit memanipulasi sistem pengecekan program illegal ini. Yuk mari kita bahas bersama.


Cara Mengatasi Corel Draw x7 Illegal Software

Cara untuk mengaktifkan kembali fitur Export dan Save di aplikasi coreldraw ini bisa dikatakan gampang gampang susah, karena membutuhkan bantuan pihak ketiga.

Sebelum memulai cara ini, pastikan kamu memiliki Master Program + Keygen Corel Draw terlebih dahulu, jika belum silahkan cari disitus program bajakan terdekat atau gunakan Google.

Pertama, hal yang perlu dilakukan adalah menghapus seluruh Program dari Corel Family (CorelDraw, Corel Connect, Corel Capture, Corel Photo Pain), caranya sangat mudah;

  1. Pastikan kamu menggunakan sistem operasi Windows.
  2. Masuk ke Control Panel, jika menggunakan Windows 10 tinggal ketik aja “Control Panel” dikolom pencarian atau Cortana.
  3. Pilih Program atau Uninstall Program untuk menghapus CorelDraw.
  4. Kemudian pilih CorelDRAW Graphics Suite X7 (saya memakai versi X7 mungkin untuk pengguna x3, x4, x5, x6, x7 dan x8 kurang lebih sama.)
  5. Tunggu sampai proses penghapusan selesai.
  6. Restart Komputer terlebih dahulu.
  7. Pastikan koneksi internet kamu mati (matikan seluruh akses internet seperti WiFi dalam komputer), bisa menggunakan mode pesawat (air plane mode).
  8. Install kembali CorelDRAW sampai selesai (proses crack/patch).

Kedua, pastikan proses Installasi dan Crack/Patch selesai dan pastikan sampai saat ini kamu belum terhubung atau tekoneksi dengan internet.

Jika sudah memenuhi kondisi yang saya sebutkan diatas bisa melanjutkan tutorialnya, download aplikasi dibawah ini terlebih dahulu. 

Firewall Apps Blocker v.3 - [Download Now]

Bingung dalam melewati Safelink? bisa membaca artikel pada Cara Melewati Safelink untuk Mengatasi CorelDraw Yang Terkunci Fitur.

FAB atau Firewall Apps Blocker adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menghentikan atau memblokir akses internet sebuah aplikasi secara paksa.

Dikarenakan proses pendeteksian coreldraw illegal ini menggunakan internet, maka kita hanya perlu mematikan akses internetnya saja supaya tidak terdeteksi program bajakan.

Extract file yang tadi kamu unduh bernama [nafaskuda.com] Fab.zip ke direktori harddisk C:\ agar terdeteksi oleh sistem.

Memblokir Akses Internet dengan FAB

Setelah terekstrak masuk ke dalam folder Fab kemudian klik kanan pada Fab_x64.exe (tergantung versi Windows apakah 64bit atau 32bit, dikarenakn saya menggunakan Windows 10 64bit maka saya pilih Fab_x64.exe).

Jangan lupa untuk menggunakan akses administrator dengan memilih Run as Administrator agar diberikan akses untuk memblokir aplikasi.

Menambahkan Aplikasi ke FAB

Untuk menambahkan atau memblokir akses internet aplikasi yang diinginkan, cukup menekan tombol bergambar plus + seperti gambar diatas.

Mengatasi Error Corel Draw

Kemudian cari lokasi dimana aplikasi CorelDRAW bajakan terinstall, atau bisa menggunakan direktori yang sama seperti milik saya C:\Program Files\Corel\CorelDRAW Graphics Suite X7\Programs64 (setiap versi mungkin beda beda).

Kemudian Block semua program yang memiliki ekstensi .exe seperti gambar diatas, dan pilih Open untuk menambahkan aplikasi corel ke dalam Firewall Apps Blocker (FAB).

Fitur Terkunci Corel Draw

Jika sudah seperti gambar diatas, berarti kamu telah sukses memasukan aplikasi Corel Draw Illegal kedalam FAB, sekarang pihak corel juga tidak dapat melakukan pengecekan program illegal kedalam komputer kamu.

Sekarang kamu bisa mengaktifkan koneksi internet kembali, tanpa takut terdeteksi bajakan. Seharusnya cara ini mampu membantu mengatasi aplikasi CorelDraw Illegal error yang tidak bisa Save, Export dan Print pada versi x3, x4, x5, x6, x7 dan x8

Namun alangkah baiknya bagi kamu yang sudah berpenghasilan untuk membeli Corel Draw Original atau secara resmi agar mendukung pihak Corel agar terus mengembangkan aplikasi desain grafis ini.


Cara Membeli Lisensi Original CorelDraw

Untuk mendukung suatu karya atau hasil kerja seseorang, perlu yang dinamakan sebuah apresiasi baik secara pujian maupun memberikan sebuah materi.

Seperti yang saya bilang tadi bahwa, alangkah baiknya jika kamu sudah berpenghasilan, yang dimana hasil tersebut sebagian berkat aplikasi ini maka tidak ada salahanya untuk “menghalalkan” CorelDRAW dengan cara membeli lisensi original.

Caranya bagaimana? Sebenarnya cukup mudah, hanya saja membutuhkan biaya, begini caranya untuk membeli lisensi original;

  1. Jika kamu memiliki kartu kredit atau akun paypal sangat disarankan untuk membeli langsung di situs official CorelDraw, berikut alamatnya https://www.coreldraw.com/en/product/coreldraw/
  2. Tinggal ikuti Instruksi yang disuruh untuk melakukan pembelian. Untuk harga bervariasi tergantung kebutuhan.
  3. Bisa juga menggunakan pihak ketiga yakni toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, Enterkomputer dan lain lain.

Bagaimana? Cara untuk membeli lisensi original sangatlah mudah bukan? Setelah aplikasi CorelDraw jangan lupa dilanjut dengan Windows Original ya.


Cara Menghilangkan Pesan Sign In CorelDraw

Ketika membuka aplikasi Corel Draw, pasti selalu disuguhi sebuah pesan berbentuk Popup, yang menyuruh pengguna untuk melakukan Sign In.

Tahukah kamu, ternyata pesan ini bisa dihilangkan dengan sangat mudah (namun tidak disarankan, karena ada beberapa kasus justru menyebabkan aplikasi menjadi crash).

Meski ini tidak berpengaruh pada fitur Print, Save, dan Export namun sangat menganggu aktifitas saat membuka aplikasi ini.

Lalu cara untuk menghilangkan pesan Sign in CorelDraw bagaimana? berikut tutorialnya;

  1. Buka Explore terlebih dahulu untuk mengakses berkas.
  2. Kemudian cari sebuah file yang bernama RMPCUNLR.DLL
  3. Bisa dicari manual atau menggunakan bantuan search pada Explore
  4. Ketika sudah menemukan file tersebut, silahkan ganti nama sesuka hati atau bisa juga menghapus file RMPCUNLR.DLL

Dengan otomatis pesan untuk melakukan Sign In akan hilang dengan sendirinya. Namun ada beberapa versi yang tidak mendukung penghilangan pesan ini, alhasil apps menjadi crash.

Bagaimana nih setelah bergelut melawan pendeteksian coreldraw illegal cukup mudah bukan?

Di Indonesia sendiri saya yakni masih banyak pengguna program coreldraw illegal atau coreldraw bajakan, karena sempat kemarin Search Query ramai dengan Keyword

“Cara mengatasi coreldraw tidak bisa export”
“Cara mengatasi coreldraw tidak bisa save”
“Cara mengatasi coreldraw tidak bisa print”

Maka dari itu saya membuat artikel ini agar teman teman mampu melakukan produktifitas kembali Makanya saya membuat artikel ini agar teman teman mampu melakukan produktifitas kembali.

Jika kamu jago mendesain mungkin bisa memulai untuk mempublikasikan karya atau bahkan bisa menjualnya memalui situs desain yang ada.

Pengen mempamerkan karya berupa desain bisa mengunggah ke sosial media yang sering digunakan oleh anak remaja yakni Instagram.

Atau jika ingin menjual karya desain bisa langsung menjualnya disitus desain seperti 99design, Sribu, freelancer dan masih banyak lagi.

Oke mungkin itu saja terkait bagaimana Cara mengatasi CorelDraw tidak bisa melakukan save, export, print X4, X5, X6, X7,X8 pada saat mengedit, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel