-->

Apa Itu Yggdrasil dan Ragnarok Dalam Mitologi Nordik

Yggdrasil dan juga Ragnarok mungkin tidak asing lagi pada sebuah cerita fantasi baik dalam anime, game, film hingga novel. Lalu apa sih pengertianya?

Pengertian Yggdrasil dan Ragnarok Dalam Mitologi Nordik

Norse Mythology atau Mitologi Nordik sebuah kepercayaan yang dianut oleh negara Eropa Utara (Denmark, Norwegia, Islandia, dan Swedia) sebelum kedatangan agama kristen.

Secara sederhana Mitologi adalah kepercayaan terhadap suatu legenda atau kisah-kisah kuno yang berakitan dengan makhluk supernatural, kosmologi, dan mitos lainya.

Banyak game yang menggunakan mitologi nordik sebagai setting cerita seperti Age of Mythology, God of War, Ragnarok Online dan masih banyak lagi.


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian Yggdrasil dan juga Pengertian Ragnarok dalam Mitologi Nordik (Norse Mythology)


Yggdrasil (Pohon Kehidupan)

Yggdrasil adalah pohon kehidupan yang menghubungkan 9 dunia (alam semesta). Dalam mitologi nordik pohon Yggdrasil merupakan pusat dari ke-9 dunia diantaranya adalah Asgard, Vanaheim, Alfheim, Midgard, Jotunheim, Svartalfheim, Nidavellir, Niflheim, Muspell atau Muspellheim.
Menurut berbagai macam sumber, 9 dunia/alam semesta terletak pada ranting, daun, dan juga akar pada pohon Yggdrasil.

Setiap dunia yang ada pada pohon Yggdrasil memiliki penghuni serta kondisi yang berbeda.

Asgard

Asgard adalah dunia para Æsir atau para dewa-dewi yang paling berkuasa dialam semesta

Vanaheim

Vanaheim merupakan tempat tinggal para dewa-dewi yang tugasnya untuk mengatur kesuburan dan fenomena alam.

Alfheim

Alfheim merupakan dunia para Elf atau peri tinggal, meskipun elf dibagi menjadi dua ras (elf dan dark-elf) namun mayoritas penduduk pada Alfheim merupakan para white-elf.

Midgard

Midgard adalah dunia para manusia atau dunia tempat tinggal para makhluk hidup yang tidak abadi. Secara sederhana Midgard ini sama seperti dunia yang kita tinggali saat ini.

Jotunheim

Jotunheim merupakan dunia dimana para Jotun (Giant) atau manusia raksaksa tinggal.

Svartalfheim

Svartalfheim adalah dunia para Svartalfar dan Dokkalfar tinggal, atau mungkin kita lebih mengenalnya sebagai Swart Elf atau Dark Elf.

Nidavellir

Nidhavelir adalah dunia dimana para Dwarf dan para orang-orang kerdil (kurcaci) tinggal.

Niflheim

Niflheim adalah dunia untuk makhluk yang telah mati (roh) dan juga tempat tinggal makhluk kegelapan. Dunia ini penuh dengan kabut putih sekaligus dipenuhi dengan salju dan bongkahan es.

Muspell atau Muspellheim

Muspellheim adalah dunia para surt (raksaksa yang terbuat dari lahar dan api) tinggal. Jika Nilfheim dipenuhi dengan kabut putih dan juga salju, Muspellheim ini dipenuhi dengan lahar (lava), kabut gelap dan juga api.

Itu adalah penjelasan mengenai pohon kehidupan beserta nama dunia yang ada didalam Yggdrasil.


Ragnarok (Takdir Para Dewa)

Ragnarök dalam mitologi nordik sebuah bencana besar yang melibatkan seluruh alam semesta (ke-9 dunia yang ada dipohon kehidupan/Yggdrasil).

Bencana besar dalam Ragnarok disebabkan oleh pertempuran antara dewa yang dipimpin oleh Odin, dan para monster yang dipimpin oleh Loki.

Terdapat tokoh-tokoh penting dalam peristiwa ini seperti:

  • Odin – Penguasa Dunia
  • Ve (Lodur) – Saudaranya Odin
  • Vili (Hoenir) – Saudaranya Odin
  • Thor – Dewa Petir
  • Tyr – Dewa Bertangan Satu
  • Heimdall – Pencipta Manusia dan Penjaga Bifrost
  • Ull – Dewa Keadilan
  • Bragi – Dewa Puisi
  • Forseti – Dewa Keadilan dan Hukum
  • Vidar – Anaknya Odin
  • Vali – Anaknya Odin
  • Balder – Dewa Kecantikan
  • Loki – Dewa Api
  • dan masih banyak lagi.

Pertempuran itu tidak hanya dilakukan oleh para dewa, dan juga monster namun melibatkan seluruh alam semesta termasuk umat manusia.

Akibat dari pertempuran itu membuat banyak para dewa yang berguguran dan juga hampir memusnahkan seluruh makhluk hidup yang berada di alam semesta.

Secara sederhana Ragnarok merupakan akhir dari alam semesta yang biasa kita sebut sebagai kiamat.

Namun terdapat sepasang manusia (wanita dan laki-laki) bernama Líf dan Lífþrasir yang selamat dari peristiwa bencana besar itu (Ragnarok).

Mereka berhasil selamat dikarenakan pada saat Ragnarok berlangsung, mereka berlindung diantara cabang-cabang pohon kehidupan yang bernama Yggdrasil.

Bisa dibilang bahwa Lif dan Lifprasir ini sama seperti Adam dan Hawa (generasi kedua), karena sebelumnya (generasi pertama) ada Ask dan Embla yang merupakan manusia pertama ciptaan para dewa/tuhan.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai apa itu Yggdrasil dan juga apa itu Ragnarok pada mitologi nordik, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel