Cara Mudah Membuat Mouse Biasa Menjadi Mouse Macro

Istilah Mouse Macro adalah mouse yang dikhususkan untuk gaming (walau bisa digunakan untuk hal yang lain, namun kebanyakan orang menggunakan mouse macro sebagai mouse gaming), disebut mouse macro karena memiliki script yang dikhususkan untuk melakukan aksi/action.

Cara Mudah Membuat Mouse Biasa Menjadi Mouse Macro

Contoh sederhana dalam macro adalah kamu bisa mengubah klik kanan pada mouse kamu menjadi key yang ada dalam keyboard, misalnya disini saya mengatur/mengubah klik kanan saya menjadi huruf W, maka dengan otomatis ketika saya menekan klik kanan pada komputer seolah olah saya menekan huruf W, padahal tombol yang saya tekan adalah klik kanan pada mouse.

Cara Mudah Membuat Mouse Biasa Menjadi Mouse Macro

Disini untuk mengubah mouse biasa menjadi mouse macro kamu memerlukan sebuah software untuk mengubahnya, namun sebelum itu mouse yang sangat direkomendasikan untuk menjadi mouse macro adalah jenis mouse yang memiliki tombol tambahan seperti tombol foward, back seperti gambar diatas.

Baca juga: Belanja Di Lazada Aman atau Tidak ? Pengalaman Belanja

Namun tidak perlu khawatir karena mouse biasa pun juga bisa digunakan namun tidak semaksimal mouse diatas. Silahkan unduh terlebih dahulu software yang digunakan untuk mengubah mouse biasa menjadi mouse macro dibawah ini kemudian langsung saja install.
Operating System Windows
Developer Phillip Gibbons
Licensed Free
Internet Offline
[DOWNLOAD NOW]

Cara Mudah Membuat Mouse Biasa Menjadi Mouse Macro

Pertama tama cobalah untuk menekan tombol yang ada pada mouse kamu, gambar diatas adalah ketika saya menekan tombol Foward (mouse yang saya pakai seperti gambar yang paling atas), maka setelah menekan tombol yang berada pada keyboard dengan otomatis akan muncul indikator kuning seperti gambar diatas.

Cara Mudah Membuat Mouse Biasa Menjadi Mouse Macro

Disini terdapat banyak sekali pilihan, namun pada kesempatan kali ini saya akan mengubah tombol Foward yang berada pada mouse menjadi tombol ALT di keyboard, mengingat saya bermain game Rules of Surival maka sangat dibutuhkan tombol ALT untuk melihat sekitar.

Maka disini saya memilih Simulate Keys seperti gambar diatas (untuk mengubah tombol pada mouse menjadi tombol yang berada di mouse)

Cara Mudah Membuat Mouse Biasa Menjadi Mouse Macro

Isikan pada kolom diatas sesuai dengan tombol yang di inginkan, disini saya mengisi {ALT} karena ingin mengubah tombol Foward menjadi tombol ALT, kamu juga bisa mengkombinasikan seperti ketika menekan tombol Foward langsung menekan tombol CTRL + ALT + DEL seperti yang dijelaskan pada kolom script, jika kamu ingin mengubah tombol Foward menjadi tombol CTRL + ALT + DEL kamu cukup menuliskan script pada kolom {CTRL}{ALT}{DEL} kemudian jika sudah silahkan klik OK pada tombol dibawah.

Cara Mudah Membuat Mouse Biasa Menjadi Mouse Macro
Langkah terakhir tinggal klik Appy dan silahkan coba untuk menekan tombol yang sudah disetting tadi.

Pertanyaan yang sering diajukan!
Q: Apakah tombol yang sudah di atur bisa dikembalikan seperti semula?
A: Bisa dengan reset key atau menghapus software macro.

Q: Apakah bisa digunakan disegala game?
A: Bisa, tinggal menyesuaikan hotkey saja.

Q: Apakah bisa digunakan pada keyboard?
A: Tidak bisa, karena software ini dikhususkan untuk mouse saja.

Q: Apakah software ini berbahaya ?
A: Tidak, karena software ini hanya merubah hotkey saja.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar artikel ini, langsung saja mengajukan pertanyaan melalui kolom komentar atau jika malu bertanya dipublik bisa langsung contact kita dengan melalui menu contact pada blog ini.

Baca juga