Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Tanpa Kursus (Otodidak)

belajar bahasa inggris

Beberapa cara cepat belajar Bahasa Inggris tanpa kursus atau otodidak (tanpa bantuan Guru) ternyata bisa dilakukan dalam rumah. Perkembangan teknologi yang semakin pesat memungkinkan kita belajar melalui bantuan smartphone.

Saat ini sudah banyak sekali media aplikasi yang dapat membantu dalam belajar Bahasa Inggris tanpa kursus dengan cepat tanpa mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk kursus. Sebelum menuju ke pembahasan, mengapa Bahasa Inggris otodidak itu penting?

Betapa pentingnya belajar Bahasa Inggris

Mungkin beberapa dari kalian tidak mengetahui mengapa Bahasa Inggris otodidak itu penting, dikarenakan seluruh negara di dunia menjunjung tinggi Bahasa Inggris menjadi alat berkomunikasi satu sama lain.


Hampir seluruh negara mengadakan pelajaran Bahasa Inggris ketika bersekolah sama seperti di Indonesia juga. Sebuah video game, website, buku panduan pun juga banyak yang menggunakannya. Jadi sekarang mengerti kan betapa pentingnya menguasai bahasa ini?

Baca juga: Pengertian dan Ciri Macam Macam Surat

Meskipun tidak lancar dalam penguasaan bahasa namun setidaknya mengerti sedikit artinya, karena kedepanya akan banyak sekali konten yang menggunakan bahasa ini, terlebih lagi jika ingin pergi ke luar negeri traveling maka hukumnya wajib untuk bisa berbahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris Online

Seperti yang saya bilang tadi bahwa belajar kini bisa dilakukan secara online, tidak hanya bahasa Inggris saja yang bisa dipelajari bahkan seluruh bahasa yang ada didunia ini dapat kita pelajari secara online secara gratis.

Namun juga terdapat sebuah aplikasi berbayar yang dapat membantu proses pembelajaran dengan memakai sistem guru online, namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai yang gratisan saja.

1. Duolingo

Duolingo bisa dikatakan sebuah aplikasi terbaik belajar berbagai macam bahasa, bahkan hampir seluruh bahasa yang ada didunia ini terdapat dalam aplikasi Duolingo seperti Bahasa Inggris tanpa kursus, Bahasa Jepang, Bahasa Korea dan masih banyak lagi.

Untuk mengunduh Duolingo, bisa menggunakan tautan ini [Unduh Sekarang]

Terlebih lagi aplikasi ini dapat digunakan secara gratis tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun tentu sangat membantu bagi orang yang ingin belajar namun tidak ingin mengeluarkan uang.

Materi Pembelajaran di Duolingo

Duolingo akan mengajari belajar bahasa inggris otodidak mulai dari dasar hingga yang paling sulit, jika ingin belajar bahasa inggris atau yang lain pun juga akan diajari mulai dari dasar hingga ke bagian yang lebih sulit.

Tingkat kesulitan akan terus meningkat setelah menyelesaikan sebuah materi atau soal dan juga kamu memiliki level yang tinggi maka tingkat kesulitan akan terus bertambah. Namun tenang jika tingkat kesulitan meningkat pasti skill juga akan bertambah.

Pertanyaan pada aplikasi Duolingo

Gambar diatas adalah pertanyaan dasar yang diberikan oleh aplikasi Duolingo, tentu bagi para pemula seperti saya akan terbantu belajar mulai dari nol. 

Tidak perlu khawatir jika kebingungan karena akan diberikan petujuk bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut bahkan terkadang akan terdapat juga rumusan menyelesaikan soal dengan cepat.

Latihan listening klub pada Duolingo

Listening? tidak perlu khawatir karena disini juga terdapat latihan listening semua bahasa yang dipelajari, biasanya soal listening yang diberikan berupa pertanyaan kemudian disuruh untuk menjawab atau disuruh menulis apa yang dengarkan.

Menurut saya fitur Listening ini akan sangat berguna kedepanya seperti membantu dalam Ujian Nasional atau saat kita berbicara dengan orang asing.

Selain fitur Listening juga akan disuguhi dengan speaking ya meskipun kita disuruh untuk mengucapkan satu atau dua kata saja namun sangat membantu kita belajar mengungkapkan atau mengucapkan suatu kata.

Usahakan jika diberi soal speaking gunakanlah alat Headphone atau Headset karena suara kamu harus jelas ketika mengucapkan suatu kata, maka alangkah baiknya menggunakan microphone yang ada pada headset atau headphone.

Berbagai macam bahasa yang dapat dipelajari

Seperti yang saya bilang tadi bahwa dalam aplikasi ini tidak hanya belajar bahasa Inggris, melainkan bisa memilih berbagai macam bahasa lainya seperti Bahasa Jepang, Korea, Italia, China.

Sangat direkomendasikan juga untuk para wibu / otaku indonesia yang ingin belajar bahasa jepang dengan bantuan sebuah aplikasi. Namun belajar bahasa jepang kamu harus menguasai English Language terlebih dahulu.

Karena Guide atau Materi pembelajaran yang diberikan belum tersedia menggunakan Bahasa Indonesia.

2. U-Dictionary

Ketika sudah menyelesaikan semua materi dalam Duolingo kemungkinan besar kamu sudah mahir atau setidaknya mengerti tentang Bahasa Inggris tanpa kursus. Kini saatnya tinggal melakukan peningkatan atau menambah kosa kata biasa disebut sebagai Vocabulary.

Untuk mengunduh U-Dictionary, bisa menggunakan tautan [Unduh Sekarang]

Kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi yang kini menjadi aplikasi gratis nomor #1 pembelajaran yang ada pada Playstore yakni U-Dictionary, aplikasi yang sama seperti Google Translate namun kelebihan aplikasi ini memberikan materi pembelajaran yang sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Fitur translating bahasa asing

Fitur yang disediakan aplikasi ini tentu untuk melakukan penerjemahan suatu bahasa ke bahasa lain seperti Bahasa Jepang ke Indonesia, Bahasa Indonesia ke English dan lain lain. 

Sama seperti Google Translate kamu bisa mengunduh suatu bahasa yang nantinya dapat digunakan ketika tidak ada jaringan internet, hal ini biasa disebut sebagai Offline Translation atau Pejerjemah Offline.

Selain menampilkan suatu arti, aplikasi ini juga mengajarkan kita bagaimana cara pengucapanya atau pelafalanya agar nantinya kita tidak salah ketika menggunakan kata tersebut dalam suatu percakapan.

Daily word atau Kosa kata harian

Vocabolary atau kosa kata sangatlah penting dalam pembelajaran suatu bahasa, karena dengan banyaknya kosa kata kita jadi mengerti apa yang orang lain katakan dan mengerti kata yang digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Terdapat fitur Daily Word atau kata kata harian dalam U-Dictionary yang dapat membantu untuk mengetahui kosa kata baru setiap harinya, tenang selain diajari bagaimana cara pelafalan atau pengucapan terdapat juga arti dari kata tersebut.

Bisa digunakan untuk belajar Bahasa Inggris secara otodidak karena berbasis aplikasi android.

Pastinya sangat membantu dong untuk meningkatkan skill menguasai suatu bahasa, oh iya dalam U-Dictionary juga bisa menerjemahkan kata melalui suara dan melalui foto, jadi tidak perlu repot repot mengetik untuk mengetahui arti dalam suatu bahasa.

Tentu fitur ini sangat berguna ketika bepergian ke suatu negara asing, terutama Negara Jepang, disana terdapat banya sekali tulisan Katana dan Hiragana yang mungkin akan sulit menerjemahkanya kalau tidak bisa mengetik huruf atau kata tersebut.

Namun dengan bantuan menterjemahkan suatu kata atau huruf melalui foto scan, tidak perlu lagi kebingungan karena tinggal memfoto kata yang ingin diterjemahkan, maka dengan otomatis aplikasi ini akan memberikan informasi arti dan bagaimana cara membacanya.

Quis untuk meningkatkan skill

Setelah kosa katamu mengingkat mari kita tingkatkan lagi skill Bahasa Inggris dengan mengikuti permainan dalam U-Dictionary yakni antara lain Pemeriksaan Ejaan dan Sinonim Game dimana pada game ini  akan diberikan sebuah pertanyaan dan pilihan tentang ejaan dan sinonim suatu kata.

Terdapat banyak sekali kata sinonim dalam semua bahasa yang wajib kamu ketahui, meskipun pengucapanya berbeda namun memiliki arti yang sama. Maka dari itu kamu bisa melatih menggunakan bantuan aplikasi ini untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

Soal listening pada aplikasi U-Dictionary

Hampir sama seperti Duolingo, aplikasi ini juga memiliki fitur Listening untuk menginkatkan skill pendengaran, dalam game ini kamu disuruh untuk mendengarkan suatu dialog atau percakapan yang nantinya kamu akan disuruh untuk menjawab atau menuliskan kembali kata yang diucapkan.

Meskipun ini Listening kamu juga bisa belajar Speaking dengan cara menirukan apa yang narator katakan, dengan menirukanya lidah dan mulut kita akan terbiasa sehingga ketika kamu ingin mengajak orang lain seperti Turis atau Bule melakukan percakapan, mulut kamu sudah terbiasa.

Perjalanan belajar pun tidak berhenti sampai disini karena masih banyak kemampuan yang harus ditingkatkan seperti Grammar atau Tata bahasa, dimana sangat penting sekali ketika kita mengucap English Language.

Selain agar mudah dimengerti, Grammar yang baik dapat membuat pengucapan lebih enak didengar karena tata bahasa tidak membingunkan. Untuk melatih Grammar kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi yang bernama;

3. English Grammar Test

Disini kamu akan diuji pengetahuan tentang Grammar, menentukan kata yang cocok untuk suatu kalimat, ya meskipun Vocabulary dan Pelafalan sangatlah bagus namun bisa membingungkan jika tidak memperhatikan sebuah Grammar.

Untuk mengunduh English Grammar Test bisa melalui tautan [Unduh Sekarang]

Kamu bisa memanfaatkan English Grammar Test yang dapat diunduh di Google Play Store untuk mengasah kemampuan yang dapat digunakan secara gratis juga.

Menguji kemampuan Grammar

Disini kamu disediakan berbagai macam topik seperti:
  • Tenses and Passive Voice
  • Passive Voice and Tenses Revision
  • Conditional and Modal Verbs
  • Preposition
  • Reported Speech
  • Questions and Adjectives
  • Word Formation
  • Phrasal Verbs
  • More Advanced Structures
  • dan masih banyak lagi.

Tingkatan pengujian Grammar

Tak perlu khawatir karena disini sudah disediakan pilihan tingkat kesulitan mulai dari Beginner atau Pemula dan Advanced atau Sudah Ahli, saya sarankan untuk memilih yang Beginner karena disana kamu akan diuji mulai dari dasar hingga tingkatan yang lebih sulit.

Pertanyaan atau Soal pada Grammar Test

Disini kamu akan diberikan sebuah soal yang nantinya kamu disuruh untuk memilih jawaban yang benar. Biasanya akan diberikan 50 soal untuk kamu jawab, dimana hanya diberikan sekitar 10-15 menit untuk menyelesaikan kesuluruhan soal.

Jangan berfikiran sulit terlebih dahulu, meskipun kamu salah menjawab kamu tetap bisa mengulanginya sampai kamu bisa, seperti kata pepatah "Belajarlah dari kesalahan". Ya bisa dimulai belajar bahasa inggris secara otodidak sendiri.

4. Menggunakan Media YouTube

Jika Guru menjelaskan pelajaran kurang jelas, kamu bisa mencari sebuah video yang ada di YouTube tentang belajar bahasa karena sekarang sudah banyak sekali konten kreator yang membuat video tentang edukasi atau pendidikan salah satunya belajar bahasa inggris tapa kursus yang dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone.

Belajar melalui media video YouTube

Salah satu channel untuk belajar yang saya sukai adalah BondLingo, didalam channel youtube tersebut terdapat banyak sekali konten tentang belajar bahasa jepang yang bisa dipelajari secara gratis. Terkadang terdapat video game tebak tebakan yang sangat seru dan menghibur.

Tidak hanya bahasa jepang melainkan bahasa asing bisa kamu pelajari melalui YouTube, bahkan sebenarnya dalam Google pun juga sudah banyak tersedia materi untuk dipelajari namun biasanya niat untuk belajar tidak sekuat niat untuk bermain game PUBG.

Tips dan Trik Belajar Bahasa Inggris Cepat

Ternyata terdapat tips dan trik mahir dalam belajar bahasa asing, bahkan sebagian orang yang ahli bahasa asing pun menggunakan tips ini untuk belajar atau meningkatkan kemampuan mereka, beberapa triknya adalah;

Niat?
Jika kita belajar hal yang harus dimiliki adalah Niat, karena tanpa niat kita tidak dapat melakukan sesuatu hal, pasti akan merasa malas untuk belajar. Untuk itu memiliki niat sangatlah penting untuk kedepanya.

Ingatlah kamu belajar untuk apa? siapa? Misalnya saya belajar karena ingin mendapatkan suatu hadiah dari orang tua, atau ingin mendapatkan pengakuan dari calon mertua, dengan mengingat niat tersebut maka akan tumbuh rasa semangat untuk belajar.

Jangan salahkan orang tua, teman kamu, atau bahkan menyalahkan saya jika kamu BELUM PINTAR, karena pada dasarnya manusia semuanya sama, hanya saja untuk mencapai sesuatu kita harus niat, belajar, take action, dan berdoa tentunya.

1. Mendengarkan Musik

Lengkah awal yang dapat dilakukan yakni mendengarkan sebuah musik yang dinyanyikan menggunakan bahasa inggris. Sebenarnya langkah ini untuk melatih pelafalan atau pengucapan suatu kata, langkah ini sangat terbukti ampuh karena ketika kita menyukai suatu musik maka akan didengarkan berulang ulang kali juga.

Membuat kamu mengerti tentang bagaimana cara mengucapkanya, terlebih lagi jika saking penasaran dengan liriknya membuatmu mencari lirik dalam google dari sinilah selain kemampuan pengucapan meningkat juga menambah Vocabulary atau kosa kata.

2. Menonton Film Dengan Subtitle Inggris / English

Hal yang paling saya suka adalah menonton sebuah film atau anime, karena mengingat saya adalah Wibu yakni sangat menyukai anime membuat saya sering sekali menonton sebuah film, dari sini kita bisa manfaatkan untuk menonton sebuah video menggunakan subtitle bahasa inggris.

Karena akan sangat terganggu jika menonton sebuah film namun tidak mengetahui artinya, maka mau tidak mau harus menggunakan bantuan Google Translate untuk menterjemahkan apa arti dari bahasa tersebut, dengan otomatis cari menonton film juga akan meningkatkan kosa kata atau vocabulary.

3. Menonton Film English Tanpa Subtitle

Pernahkah menonton sebuah film tanpa menggunakan subtitle? tentunya film dengan bahasa asing ya bukan bahasa Indonesia. Menonton film tanpa subtitle ternyata membantu menginkatkan kemampuan listening atau pendengaran bahasa asing.

Bahkan ketika menonton film tanpa subtitle kita juga tidak tahu artinya, disini otak tentunya akan dipaksa bekerja dengan berat karena harus mendengarkan baik baik apa yang dikatakan disisi lain juga otak harus menterjemahkan apa yang dikatakan.

Menurut saya ini adalah tips paling seru karena akan memacu adrenalin otak untuk berfikir keras, tapi jangan belebihan untuk berfikir karena otak juga perlu istirahat, serasa usah tidak kuat atau tidak mampu usahakan untuk beristirahat sejenak agar otak menjadi lebih fresh.

4. Membaca Sebuah Artikel Bahasa Inggris

Membaca sebuah artikel kemudian membacanya akan membantu membiasakan lidah dan mulut untuk berbicara bahasa asing, tidak perlu mengetahui arti kata yang kamu lihat yang penting bacalah karena lidah orang Indonesia terutama orang Jawa sangat kaku sekali ketika mengucapkan bahasa asing.

Namun banggalah menjadi orang Indonesia karena sebagian besar orangnya mampu mengucapkan berbagai macam bahasa asing dengan lancar dan benar.

5. Mencoba Mengartikan Suatu Kata

Untuk mengartikan sebuah kata tentunya harus ada sebuah kalimat terlebih dahulu, kamu bisa mengartikan suatu kalimat atau kata melalui artikel yang ada didalam internet, tidak perduli teks tentang berita, novel atau segala macam selama tulisan tersebut menggunakan bahasa asing maka terjemahkanlah.

Dari sini Vocabulary atau kosa kata yang kamu pelajari akan diuji, karena untuk menerjemahkan seuatu kalimat maka harus mengetahui kata kata yang ada dalam suatu kalimat. Tak perlu dipikir keras jika kebingungan mintalah bantuan aplikasi Translater untuk menerjemahkan.

Setelah mengartikan dari bahasa inggris ke indonesia, sekarang saatnya membalik yakni menulis dari bahasa indonesia ke bahasa inggris, dari sini juga Vocabulary dan juga Grammar akan diuji, meningat untuk terbentuknya suatu kalimat tata bahasa harus diperhatikan agar mudah diucapkan dan dimengerti.

6. Membaca Kamus Bahasa Inggris

Malas membaca buku? Tenang karena saat ini kamus dapat ditemukan dalam smartphone yang kamu punya, di era moderen ini banyak sekali aplikasi yang dibuat untuk media pembelajaran. Bisa menafaatkan beberapa situs kamus atau aplikasi yang ada di Google Play Store untuk menambah kosa kata dan belajar bagaimana cara melafalkan.

Kamus seperti U-Dictionary dapat dimanfaatkan, mengingat setiap harinya terdapat sebuah kosa kata yang baru dimana kita bisa menghafalkan dan mengetahui bagaimana cara menguncapkanya.

7. Berteman dengan orang yang fasih Bahasa Inggris

Bertemanlah dengan orang yang menguasai bahasa asing yang dipelajari akan sangat membantu proses pembelajaran, karena ada dimana kita benar benar kesulitan dalam belajar maka dari itu carilah orang yang fasih dalam hal tersebut.

Selain menambah tali persaudaraan juga menambah ilmu tentang hal yang baru seperti halnya bahasa asing. Biasanya terdapat mahasiswa dalam suatu fakultas yang fasih dalam suatu bahasa.

8. Mencoba melakukan percakapan dengan orang lain menggunakan Bahasa Inggris

Belajar keras namun tidak mengaplikasikan dalam kehidupan nyata sama saja bohong, sama saja  memiliki sebuah senjata mematikan namun tidak pernah digunakan. Setelah belajar keras sebisa mungkin menggunakanya dalam kehidupan sehari hari.

Seperti halnya mencoba memulai percakapan dengan orang lain contohnya Turis atau Bule bahkan jika ada teman yang bisa diajak bicara menggunakan bahasa asing pun sebenarnya tidak masalah selama percakapan bisa dilakukan.


Jika kamu tinggal dikota yang kaya akan wisatanya maka bersyukurlah, karena biasanya terdapat banyak sekali Bule atau Turis yang berkunjung dikotamu yang dimana bisa diajak untuk berbicara, selain melatih mental bertemu dengan orang lain juga dapat mengetahui kemampuan speaking didepan orang.

Kota kota besar yang ada di Indonesia seperti Yogyakarta, Jakarta, Bali, Surabaya dan Bandung pasti terdapat banyak sekali turis.


Kesimpulan JANGAN MENYERAH! 
Jika telah mengikuti langkah yang sudah saya sebutkan diatas namun masih saja bingung? tenang pada dasarnya setiap orang memiliki kemampuan untuk berfikir masing masing, namun terdapat kesamaan antara otak manusia yakni mengingat dan belajar secara berulang ulang.

Langkah penting yang harus dilakukan adalah mengulangi dan mengulangi lagi atau belajar dan belajar sebisa mungkin jadikan kebiasaan, karena otak manusia akan mengingat jika dilakukan secara berulang ulang.

Jadi bagaimana tentang Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Tanpa Kursus? cukup mudah atau sulit? atau mungkin kamu memiliki cara ampuh dan tips keren lainya? Silahkan berkomentar untuk berbagi informasi bersama teman teman kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel