10 Aplikasi Traveling Untuk Mempermudah Liburan Terbaik

Pengen liburan yang gak ribet tanpa guide tour? Gunakanlah aplikasi travel untuk mempermudah perjalanan liburan kamu hanya bermodal smartphone android.

Aplikasi Traveling

Liburan memanglah sangat dibutuhkan untuk merefresh otak, dengan liburan tentu akan meredakan sedikit stres akan beratnya menjalani kehidupan.

Tentu ketika ingin liburan ke suatu kota kita membutuhkan yang namanya Guide Tour agar perjalanan wisata menjadi terstruktur, yang penting lagi supaya tidak nyasar.

Namun untuk menyewa Guide Tour tentu menambah ongkos liburan yang dimana bisa digunakan untuk keperluan pribadi, seperti untuk nambah uang sewa tempat, atau biaya transportasi.

Tapi tak perlu khawatir, kini kamu bisa traveling tanpa tergantung kepada Guide Tour asalakan memiliki smartphone android, liburan kamu akan menyenangkan, tanpa ada batasan.



Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan aplikasi traveler yang dapat digunakan baik Di Indonesia maupun Di Luar Negeri.


Google Maps

Pergi ke sebuah tempat yang asing bagi kamu? Tak perlu khawatir, karena sekarang terdapat aplikasi resmi buatan Google yang bernama Google Maps.

ikon Maps - Navigasi & Transportasi Umum
Maps - Navigasi & Transportasi Umum
Free - Android
File Code: Maps - Navigasi & Transportasi Umum.Apk

Aplikasi ini membantu menunjukan arah ke seuatu destinasi, mulai dari Wisata, Hotel, Cafe, dan masih banyak lagi. Selain itu kamu dapat menggunakan Google Maps untuk mengetahui tempat Wisata pada suatu daerah.

Google Maps

Untuk smartphone android, aplikasi travel navigation ini seharusnya sudah terpasang secara otomatis, karena merupakan produk dari Google, namun jika tidak ada kamu bisa mendownloadnya sendiri melalui link diatas.

Cocok digunakan bagi solo traveler, karena dengan Voice Navigation dapat membantu menunjukan arah melalui suara tanpa harus melihat layar. Misalnya memberi tahu bahwa 100 meter lagi belok kanan, atau 50 meter lagi belok kiri dan sebagainya.

Kuota tipis sehingga tidak bisa selalu Online atau jaringan internet jelek? Tenang, terdapat sebuah fitur Offline Maps yang dapat kamu gunakan untuk menunjukan arah tanpa koneksi internet.

Sehingga ketika tidak terdapat sinyal kamu tetap bisa melihat peta atau navigasi secara offline, cukup membantu bukan?


Waze – Map Navigation

Sama seperti Google Maps, Waze sebuah map navigasi yang bertugas menunjukan jalan kepada pengguna. Aplikasi ini sangatlah populer dikalangan traveler karena dulu memiliki fitur Voice Navigation (pada masanya Google Maps belum punya fitur Voice Navigation).

ikon Waze - Navigasi GPS, Peta & Lalu Lintas
Waze - Navigasi GPS, Peta & Lalu Lintas
Free - Android
File Code: Waze - Navigasi GPS, Peta & Lalu Lintas.Apk

Hal yang membuat aplikasi ini berbeda dengan map navigasi lainya adalah terdapat sebuah fitur untuk menyimpan suatu lokasi. Misalnya menambahkan lokasi tempat kerja, atau rumah milik teman.

Waze Navigation

Tentu fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering lupa arah suatu tempat, karena dengan bantuan Waze kamu bisa menyimpan suatu lokasi yang ingin kamu kunjungi kembali.


TripAdvisor

Ketika ingin mengunjungi sebuah tempat atau menyewa hotel tentu sangat penting untuk melihat ulasan terbaru dari pengunjung, agar nantinya kita tahu tempat mengenai tempat itu.

ikon TripAdvisor: Hotel, Restoran, Penerbangan, Ulasan
TripAdvisor: Hotel, Restoran, Penerbangan, Ulasan
Free - Android
File Code: TripAdvisor: Hotel, Restoran, Penerbangan, Ulasan.Apk

TripAdvisor adalah sebuah aplikasi untuk traveler yang dikhususkan untuk merekomendasikan tempat – tempat wisata dari suatu Kota, Provinsi, maupun Negara.

TripAdvisor

Selain merekomendasikan tempat wisata, TripAdvisor juga memiliki ulasan atau review dari pengunjung pada suatu tempat. Dari ulasan itu pengguna bisa menentukan baik – buruknya sebuah tempat.

Melihat ulasan perlu dilakukan agar nantinya tidak kecewa ketika sudah sampai ke tempat tujuan. Tentu sebagai pengguna kamu juga bisa memberikan ulasanmu sendiri pada aplikasi TripAdvisor.


Traveloka

Malu memesan tiket karena takut duit kurang atau mager keluar? Tak perlu khawatir segala kebutuhakn baik tiket kereta, hotel, villa, rental mobil dan kebutuhan travel lainya dapat kamu temukan pada aplikasi Traveloka.

ikon Traveloka: Booking Tiket, Hotel, Wisata & Kuliner
Traveloka: Booking Tiket, Hotel, Wisata & Kuliner
Free - Android
File Code: Traveloka: Booking Tiket, Hotel, Wisata & Kuliner.Apk

Traveloka adalah sebuah situs atau platform untuk melakukan Booking atau Pemesanan Tiket secara online, sekaligus mencangkup hampir seluruh hotel, pesawat, dan penginapan diseluruh dunia.

Traveloka

Dengan adanya aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membandingkan harga hotel A dengan hotel B, sehingga dapat menghemat dana ketika liburan di suatu tempat.

Traveloka juga menyediakan sistem topup, yang dimana saldo bisa digunakan untuk melakukan pemesanan tanpa harus mengirim dana dari rekening bolak – balik.


Tiket.com

Hampir sama atau bisa dikatakan sama seperti Traveloka, Tiket.com adalah sebuah situs atau aplikasi yang berfokus pada pemesanan tiket secara online.

ikon tiket.com Hotel & Pesawat
tiket.com Hotel & Pesawat
Free - Android
File Code: tiket.com Hotel & Pesawat.Apk

Karena aplikasi ini masih tergolong baru maka juga terdapat promo menarik lainya yang dapat kamu gunakan untuk perjalanan liburan. Tiket.com juga merupakan bagian dari Wonderful Indonesia.

Tiket.com

Untuk kamu yang suka berpergian ke luar negeri, Tiket.com juga menyediakan JavaMifi, sedikit gambaran mengenai produk ini. Jadi JavaMifi adalah sebuah perangkat Mifi yang dapat kamu gunakan untuk mengakses internet dengan cepat dan murah.

Tak usah khawatir akan sinyal, karena produk ini memang sudah dirancang untuk terhubung dengan internet ketika sedang di luar negeri. Meskipun sekarang banyak paket internet roaming yang murah sih, tapi sangat direkomendasikan untuk menggunakan JavaMifi.


Google Translate

Ketika berpergian ke luar negeri tentu terkadang kita tidak memahami beberapa tulisan maupun percakapan, hal ini tentu akan sulit ketika tidak membawa translater atau guide tour yang bersedia menterjemahkanya.

ikon Google Terjemahan
Google Terjemahan
Free - Android
File Code: Google Terjemahan.Apk

Namun kini Google Translate hadir dengan fitur penerjemah yang jauh lebih canggih dari versi sebelumnya. Bagaimana tidak? Sekarang pengguna bisa menterjemahkan dari berbagai macam bahasa hanya bermodalkan foto atau gambar saja.

Google Translate

Google Translate akan melakukan pemindai (scan) otomatis mengenai suatu tulisan dan menterjemahkanya kedalam bahasa yang kamu pahami. Misalnya tulisan Inggris ke tulisan Indonesia.

Tak hanya itu, karena terdapat Voice to Text yang dimana dapat mengubah suara menjadi tulisan, dan menterjemahkan secara otomatis ke dalam Bahasa Indonesia, begitu juga sebaliknya, fitur ini sangat memungkinkan pengguna melakukan percakapan dengan orang asing.


GO-JEK

Pergi tanpa menggunakan kendaraan pribadi? Mungkin aplikasi GO-JEK wajib kamu miliki, didalam aplikasi GOJEK terdapat banyak sekali fitur yang dapat kamu gunakan.

ikon Gojek - Transportasi Ojek, Delivery, Pembayaran
Gojek - Transportasi Ojek, Delivery, Pembayaran
Free - Android
File Code: Gojek - Transportasi Ojek, Delivery, Pembayaran.Apk

Mulai dari GORIDE untuk memanggil Ojek secara online, dikala lapar kamu juga bisa memesan makanan melalui fitur GOFOOD, tak suka panas? Tenang karena terdapat GOCAR dan GOBIRD yang dimana bisa digunakan untuk berpergian menggunakan mobil.

GOJEK

Nikmati potongan harga dengan menggunakan saldo GOPAY dan dapat digunakan disegala layanan GOJEK seperti Gofood, Gocar, Gopulsa dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang memiliki banyak pulsa juga bisa ditukarkan dalam bentuk saldo GOPAY loh, bisa membaca pada artikel Cara Menukarkan Pulsa ke Saldo GOPAY dan OVO.


Uber

Hampir sama seperti GOJEK, Uber adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk memesan mobil atau taksi secara online, hanya saja Uber tidak tersedia Di Indonesia, melainkan dapat digunakan untuk berpergian di luar negeri.

ikon Uber
Uber
Free - Android
File Code: Uber.Apk

Tentu dong ketika perpergian pasti membutuhkan sebuah kendaraan? terutama ketika melakukan perjalanan ke luar negeri, mungkin aplikasi Uber akan menjadi solusi akan masalah transportasi pada saat melakukan traveling ke luar negeri.

Uber

Namun perlu dingat, untuk melakukan pembayaran tentunya mengikuti mata uang di negara itu. Pastika kamu memiliki mata uang yang sama untuk melakukan pembayaran ya!

Atau juga bisa menggunakan wallet online seperti Paypal, Android Pay, Credit Card dan maish banyak lagi.


Apps Tour Guide

Tentu ketika terdapat tour guide perjalanan lebih terstruktur, dan akan lebih mudah menemukan destinasi wisata. Namun ketika budget liburan terbatas, kamu bisa menggunakan sebuah aplikasi tour guide.

ikon Perjalanan Jepang - Japan Travel route, map, JR
Perjalanan Jepang - Japan Travel route, map, JR
Free - Android
File Code: Perjalanan Jepang - Japan Travel route, map, JR.Apk

Sudah banyak aplikasi guide travel yang bisa kamu gunakan dan diunduh secara gratis, misalnya ketika kita ingin pergi kesebuah Negara Jepang, cukup ketik di Google Play Store “Travel Guide Japan” nanti akan muncul banyak sekali aplikasi yang menyedikan Guide Tour.

Apps Tour Guide

Atau bisa menggunakan bantuan sebuah web yang terdapat informasi wisata disuatu tempat, milsalnya MalangTravel, JogjaTravel, dan lain lain. Cukup ketik di Google maka akan muncul banyak sekali situs yang menyediakan jasa maupun informasi tempat wisata.


TripIt: Travel Planner

Jika lebih memilih melakukan tour sendiri tanpa ditemani oleh Guide, alangkah baiknya untuk menyiapkan sebuah Tour Planner agar ketika sedang traveling waktu yang digunakan akan lebih efisien.

ikon TripIt: Travel Planner
TripIt: Travel Planner
Free - Android
File Code: TripIt: Travel Planner.Apk

Dengan menggunakan aplikasi Tour Planner, kamu bisa mencatat tempat yang ingin kamu kunjungi sekaligus tanggal, waktu pergi dan pulang. Sehingga perjalanan akan lebih terstruktur layaknya menyewa guide.


Sebenarnya aplikasi ini layaknya pengingat atau semacam note agar nantinya tidak lupa ketika liburan mau pergi kemana saja.


Tips Liburan Ke Luar Kota

Bagi kamu yang ingin mulai perjalanan liburan atau ingin menjadi Traveler ada beberapa tips untuk kamu nih;

Rancang Budget Liburan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat rancangan budget. Hal ini bisa untuk menghitung atau memberikan estimasi dana yang dibutuhkan nantinya.

Agar nantinya tidak pusing dalam mengatur keuangan, alangkah baiknya dibuatkan list kebutuhan misalnya:

  • Biaya Transportasi
  • Biaya Penginapan
  • Biaya Makan & Minum
  • Biaya / Tiket Destinasi Wisata
  • Beli Oleh Oleh

Hal itu perlu dilakukan jika bepergian ke luar kota, kalau masih didalam kota mah sepertinya tak perlu dipikir ribet. Namun jika ingin terstruktur ya harus membuat rancangan finansial.

Bawa Makan dan Minuman Sendiri

Bagi yang memiliki budget liburan yang pas – pasan atau ingin menghemat, usahakan untuk membawa makanan dan minuman sendiri. Karena percayalah, ditempat wisana nanti beberapa barang atau makanan akan mengalami kenaikan harga 50% – 100%.

Sudah menjadi rahasia umum melihat harga barang ditempat wisata mahal, terutama makanan. Untuk itu untuk menghemat biaya liburan, alangkah baiknya membawa apa apa dari rumah seperti makanan dan minuman.

Gunakanlah Beberapa Aplikasi Travel Diatas

Pastikan kamu menggunakan rekomendasi aplikasi untuk travel diatas, karena sangat berguna dalam membantu menimkati masa liburan.

Terlebih lagi jika kota itu sangat asing bagi kamu (nolep), daripada menanggung resiko kesasar alangkah baiknya menggunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps dan Waze.

Sekaligus dikala malas untuk mengendarai motor atau transportasi lainya kamu bisa memanggil ojek online. Kini liburan jauh lebih mudah bukan?

Bawa Power Cadangan

Sangat penting sekali untuk selalu sedia power cadangan seperti halnya membawa power bank. Hal ini untuk membantu smartphone agar memiliki daya yang tercukupi.
Three Letter Code Domestic dan Seputar Dunia Pariwisata!
Apalagi jika kamu seorang nolep seperti saya, pasti akan sangat ketergantungan dengan smartphone, bukan untuk bermain melainkan untuk melihat navigasi (kan saya gak tau tempatnya dimana, nanti malah nyasar lagi).

Jangan Lupa Bawa Oleh – Oleh

Jangan semena mena liburan untuk menyenangkan diri sendiri. Ingatlah keluarga yang ada dirumah kamu, dan jangan lupa untuk membawa oleh – oleh sebagai bukti kalau kamu pernah liburan ke luar kota.

Membeli oleh – oleh juga tak perlu barang atau makanan yang mahal, cukup membeli aksesoris gatungan kunci atau makanan yang sekiranya menjadi ikon atau khas daerah tersebut.

Bagaimana pendapatmu mengenai aplikasi traveling diatas? apakah ada salah satu aplikasi yang kamu gunakan ketika berpergian? atau justru memiliki aplikasi andalan ketika melakukan liburan?

Yang terperting ketika melakukan liburan harapanya bisa menghilangkan rasa stres dan kembali merefresh otak, tapi jangan lupa siapkan uang untuk liburan ya, mulai nabung mulai sekarang atau melakukan Investasi.

Untuk artikel Tips Liburan lebih banyak mungkin akan saya ulas pada kesempatan selanjutnya, jadi selalu pantau blog ini supaya kamu bisa jadi traveler yakk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel