Belajar Investasi Untuk Pemula, Hanya Modal HP Android

Kebutuhan manusia setiap harinya terus meningkat, tentu untuk memenuhi kebutuhan pasti membutuhkan uang. Finansial mungkin menjadi hal terpenting untuk bertahan hidup.

Belajar Investasi Untuk Pemula, Hanya Modal HP Android

Menurut Survey bahwa generasi Milenial (lahir ditahun 1990 hingga awal 2000) terancam tidak bisa membuat rumah sendiri karena pendapatan rendah. Untuk mencegah itu alangkah baiknya mulai berinvestasi dari sekarang.

Memang tidak bisa dibantah bahwa kenyataanya memang begitu, sementara biaya membangun rumah saja 100 – 200 juta. Jika gaji sekitar 2 juta per bulan maka membutuhkan waktu 100 bulan agar dapat membangun rumah (itupun jika 2 juta tidak dibagi kebutuhan lainya).


Pada artikel sebelumnya saya sempat membahas tentang Cara Menukar Pulsa Menjadi Uang Asli / ATM Transfer, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara berinvestasi untuk pemula.


Apa itu Investasi? 

Menurut Wikipedia, Investasi adalah kegiatan yang berhubungan dengan finansial (keuangan) & ekonomi dengan harapan mendapatakan keutungan dimasa depan.

Lalu apa bedanya dengan menabung? Jelas beda, jika kita menabung, uang yang kita simpan nominalnya cuman segitu aja, maksudnya akan bertambah jika kita memasukan uang lagi.

Berbeda dengan Investasi, meskipun sama halnya seperti menabung, akan tetapi dengan Investasi uang yang disimpan akan bertambah. Loh kok bisa? Tentu bisa dong.

Akan tetapi perlu diketahui jenis Investasinya terlebih dahulu, karena banyak sekali jenisnya mulai dari resiko rendah sampai resiko tinggi. Tentu karena panduan untuk pemula akan saya bahas mulai dari resiko rendah dulu.


Tujuan & Keutungan Melakukan Investasi

Sebelum melakukan Investasi, kamu harus memiliki tujuan terlebih dahulu agar dapat menentukan Invest dalam jangka pendek (short term) atau jangka panjang (long term).

Misalnya untuk membiayai pendidikan itu bisa dikategorikan sebagai short term (jangka pendek) karena dana akan digunakan secepatnya atau begitu tagihan pendidikan diberikan.

Atau untuk jangka panjang (long-term) seperti membangun rumah atau biaya pernikahan, tentu kedua hal tersebut membutuhkan biaya cukup banyak sehingga jika menabung membutuhkan waktu yang lama, maka bisa dikategorikan sebagai Investasi jangka panjang (long-term)

Saya sendiri karena usia sudah menginjak 19 tahun lebih suka untuk lebih memilih Investasi jangka panjang, berikut adalah daftarnya:

  1. Biaya Traveling (1 Tahun)
  2. Biaya Membangun Rumah (5 Tahun)
  3. Biaya Pernikahan (6 Tahun)
  4. Biaya Pendidikan Anak 1 dan 2 (7 Tahun)
  5. Tabungan Hari Tua / Pensiun (50 Tahun)

Tahun diatas adalah kapan dana akan dipakai. Lebih dari 2 tahun bisa dikategorikan dalam long-term sehingga masih mempunyai waktu menabung.

Setelah menentukan tujuan mari kita membahas bagaimana sih kok bisa mendapatkan keutungan hanya dengan Investasi? Seperti yang saya bilang tadi bahwa tidak jauh berbeda dengan menabung, tapi bedanya disini kamu mendapatkan keutungan setiap bulanya.

Misalnya Investasi Reksa Dana suatu organisasi, sebut aja nkid low risk investment menawarkan keutungan 5% setiap tahunya, jika dihitung keutungan perbulan maka 5% dibagi 12 bulan = 0.4% perbulan.

Jika kamu menginvestkan dana sebesar 100,000 IDR, maka 0.4% dari 100,000 adalah 400 Rupiah, artinya kamu bisa mendapatkan keutungan 400 Rupiah perbulanya. Sedikit? Tidak juga.

Apa jadinya jika tabungan kamu sudah mencapai 100 juta, maka 0.4% dari 100 juta adalah Rp. 400,000 setiap bulanya. Tentu daripada menabung mendingan di investasikan. Selagi menabung juga dapat keutungan.

Keutungan Investasi Resiko Rendah

  1. Mendapat Keutungan & Menambah Tabungan.
  2. Tidak beresiko tinggi akan kehilangan uang.
  3. Tidak perlu memiliki kemampuan mengelola uang.
  4. Hanya perlu deposit, uang sudah dikelola oleh pihak manajemen (Reksa Dana).
  5. Proses penarikan / pencairan dana cepat.

Semakin tinggi resiko maka semakin tinggi juga keutungan didapatkan setiap bulanya. Makanya saya akan mengulas pada level resiko tinggi dan juga menengah untuk pembelajaran bagi kita semua.

Tapi sebelum itu perlu diketahui bahwa ada banyak sekali jenis Investasi yang dapat kamu lakukan baik secara online maupun offline, tentunya dibantu dengan smartphone android sebagai alat bertransaksi.


Macam Macam Investasi

Sebagai calon Investor sangat perlu mengetahui beberapa jenis Investasi. Hal ini juga dapat membantu melihat presentase / berapa persen tingkat resiko dan pendapatan.

Reksa Dana
Reksa Dana adalah suatu tempat (wadah) yang menghipun dana dari masyarakat pemodal (investor). Kemudian dana akan dikelola oleh Manejemen Invetasi.

Saham
Ada berbagai macam jenis Saham juga, namun akan saya ulas Saham Biasa adalah suatu surah berharga dimana berfungsi sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan.

Emas & Cryptocurrency
Sudah tidak asing lagi ditelinga kita mendengar kata Emas sekaligus Cryptocurrency. Semua orang terutama wanita sangat suka dengan perhiasan karena bisa untuk bahan pamer ke tetangga maupun teman teman.

Namun terdapat sebuah fungsi lain dari Emas ini, yakni bisa dijadikan benda Investasi untuk masa depan. Pasalnya harga emas dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan secara signifikan.

Begitu juga dengan Cryptoccurency seperti Bitcoin, Dogecoin, Litecoin dan masih banyak lagi, sama halnya seperti EMAS namun tidak memliki wujud fisik alias Virtual.

Properti (Rumah & Apartemen)
Punya lahan besar? Bisa disewakan ke orang lain atau dibangun kedalam bentuk properti seperti Rumah, Apartement atau Ruko. Setelah dibangung dalam bentuk properti bisa digunakan berjualan, bisa juga disewakan kepada orang lain.

Banyak orang yang mulai membuat rumah apartemen maupun kos kosan, karena memang dari waktu ke waktu kebutuhan ini terus meningkat, terutama Kos Kosan.

Tanam Modal / Meminjamkan Modal
Jenis selanjutnya adalah Tanam Modal atau Meminjamkan modal kepada orang lain. Biasanya modal pinjaman akan digunakan untuk mendirikan suatu usaha, tentu keutungan sesuai kesepakatan (bagi hasil).

Sebenarnya masih banyak lagi jenisnya, namun disini saya hanya akan lebih fokus Reksa Dana dan juga Saham.


Investasi Reksa Dana & Saham 

Menginvestasikan Reksa Dana & Saham mungkin adalah langkah paling tepat belajar bagi calon Investor Pemula karena memiliki tingkat resiko jauh lebih rendah dari yang lainya.

Sebelum itu mari kita pahami apa itu Reksa Dana adalah wadah atau suatu pola mengelolaan dana dan modal dari investor, uang ini akan dikelola oleh Manajer Investasi jadi kamu tidak perlu mengelolanya.

Manajer Investasi mengelola dana kedalam bentuk portofolio investasi seperti saham, pasar uang, obligasi dan dokumen lainya. Reksa Dana memiliki resiko rendah karena sudah ada Manajemen Keuangan berpengalaman.

Sedangkan bermain Saham adalah suatu unit (kepemilikan) yang dijual pada suatu perusahaan atau organisasi. Biasanya pemilik perusahaan atau pemegang saham akan mendapatkan keutungan dan imbalan berupa tunai.

Kenapa bermain Saham beresiko tinggi dari pada Reksa Dana? Sudah jelas karena dengan Reksa Dana kamu dibantu oleh Manajer Investasi yang sudah berpengalaman dalam bidangnya, sedangkan ketika bermain Saham kamu dipaksa belajar mengatur pola atau instrumen keuanganmu sendiri.

Hal yang membuat beresiko tinggi adalah waktu penjualan dan pembelian unit saham yang dibeli. Karena tentu saja sebuah perusahaan ada masanya jaya juga merugi, maka dari itu sangat penting menentukan kapan membeli unit saham dan kapan untuk menjualnya.

Setelah mengetahui pengertian sedikit mengenai Reksa Dana & Saham, alangkah baiknya langsung mengaplikasikan kepada hidupan nyata (praktek). Kini modal Investasi dapat dimulai dengan nominal Rp.10,000 berikut adalah aplikasinya.


Aplikasi Investasi Android Terpercaya

Tidak seperti tahun lalu dimana untuk membeli saham atau reksa dana harus datang ke seuatu organisasi atau perusahaan, kini bisa dilakukan secara online tentunya dengan bantuan smartphone android.

Atau jika kamu tidak memiliki perangkat android tapi memiliki komputer spesifikasi tinggi, bisa menggunakan bantuan emulator android sebagai memanajemen keuangan – Emulator Android Komputer Ringan.


Tanamduit

Tanamduit adalah sebuah aplikasi perantara antara Investor dengan sebuah perusahaan maupun pengelola uang (manajemen). Memberikan banyak sekali perusahaan maupun organisasi yang menyediakan dan menerima para Investor baru.

ikon tanamduit - Reksadana, Sukuk Tabungan, SBR Online
tanamduit - Reksadana, Sukuk Tabungan, SBR Online
Free - Android
File Code: tanamduit - Reksadana, Sukuk Tabungan, SBR Online.Apk

Tanamduit juga sudah terdaftar sekaligus terverifikasi oleh OJK sehingga menambah keamanan uang yang ingin kita investkan. Tidak hanya itu, sebuah marketplace terbesar di Indonesia yakni Bukalapak telah bekerja sama dengan aplikasi Tanamduit.


Dalam aplikasi ini disediakan berbagai macam pilihan, pada pertama pendaftaran kamu akan diberikan survey singkat mengenai minat kamu terhadap dunia investasi. Survey ini akan menentukan profil resiko, dimana nantinya digunakan sebagai menampilkan investasi pemula relevan untuk kamu.

Portofolio Tanamduit

Menyediakan banyak sekali pilihan suatu perusahaan dan organisasi, jadi kamu bisa memilih ingin menyuntikan dana pada siapa, terdapat data pendukung juga seperti grafik Portofolio dimana memperlihatkan peforma keutungan setiap tahunya.


Halofina

Sama seperti Tanamduit, Halofina adalah aplikasi yang didesain khusus untuk melakukan Investasi pemula. Salah satu fitur paling saya sukai adalah estimasi menabung.

ikon Halofina - Investasi Semudah Menabung
Halofina - Investasi Semudah Menabung
Free - Android
File Code: Halofina - Investasi Semudah Menabung.Apk

Pada saat pertama pendaftaran tentu kamu akan diberikan sebuah survey, dimana hasil survey tersebut digunakan untuk menampilkan resiko profile.

Resiko Profil Halofinansial

Melanjutkan pembahasan mengenai estimasi menabung, dalam Halofina (Halofinansial) akan diberikan sebuah daftar harapan dimana uang akan digunakan untuk apa, seperti:

Estimasi Tabungan Halofinansial

DP Rumah (Rp.37.296.045) dalam 8 Tahun, maka setiap bulanya harus menabung Rp. 333.742. Kamu bisa mengatur dan mengubah dana sesuai kebutuhan, dengan otomatis kamu diberikan suatu estimasi perkiraan harus menabung setiap bulanya.

Tentu ketika menabung menggunakan aplikasi ini akan mendapatkan keutungan seperti Tanamduit, sekaligus Halofina juga sudah terdaftar dalam OJK sehingga menyimpan uang jadi lebih aman.


iGrow

Suka bertani atau game Harvestmoon? mungkin iGrow cocok buat kamu yang suka dengan hal bertani dan berkebun. iGrow adalah sebuah perusahaan investasi pemula berfokus dibidang pertanian.

ikon iGrow : Investasi Pertanian Aman dan Profitable
iGrow : Investasi Pertanian Aman dan Profitable
Free - Android
File Code: iGrow : Investasi Pertanian Aman dan Profitable.Apk

Dalam aplikasi ini investor bertugas mendanai seorang petani atau pengelola lahan. Sama halnya kamu menyewa sebuah lahan dan juga seorang petani.

Dari semua aplikasi disebutkan diatas, iGrow menurut saya terbaik, karena selain membantu petani juga membantu negara dalam menyediakan bahan pangan seperti Padi menjadi Beras, Ikan, Jagung dan masih banyak lagi.

Profit diperoleh setiap tahunya tergolong besar, karena bisa mencapai 16%. Namun tidak bisa dinikmati para pemula, karena dana miminum untuk ikut berpartisipasi adalah Rp.1,000,000 atau satu juta rupiah.

Investasi Bidang Pertanian

Mengapa bisa dikatakan dapat membantu disektor pertanian dan juga negara? Jelas dong, karena secara tidak langsung kamu ikut berpartisipasi dalam pembuatan bahan utama makanan salah satunya adalah beras.

Intinya sama sama menguntungkan, dimana kamu mempunyai dana namun tidak punya skill bertani, begitu juga sebaliknya petani memiliki skill bertani namun tidak memiliki modal untuk bertani.

Sangat cocok digunakan sebagai metode pemutaran keuangan, dimana jika mempunyai uang sisa namun bingung digunakan untuk apa, maka bisa mendanai proyek di iGrow.

Tidak perlu khawatir soal kemanan karena sudah terverifikasi oleh OJK dan berdiri sejak lama. Bahkan banyak orang berpartisipasi dalam program iGrow ini.


Bareksa

Mungkin bagi yang sering berbelanja di marketplace terbesar Di Indonesia yakni Bukalapak dan Tokopedia tidak asing lagi dengan Bareksa. Minimum untuk melakukan investasi dapat dimulai dengan Rp.100,000

ikon Bareksa - Reksadana Online
Bareksa - Reksadana Online
Free - Android
File Code: Bareksa - Reksadana Online.Apk

Bareksa adalah perusahaan berfokus pada teknologi keuangan (financial technology). Hampir sama seperti Tokopedia dan Bukalapak dimana berbasis Marketplace Produk barang, Bareksa juga berfokus pada martkeplace investasi.

Bareksa Menabung Sambil Investasi

Banyak sekali perusahaan yang menawarkan penjualan saham atau kerja sama dalam bentuk Reksa Dana pada situs maupun aplikasi Bareksa. Tentu sudah terdaftar dalam OJK (Otoritas Jaksa Keuangan).


Propertilord

Seperti judulnya yakni PropertiLord sebuah organisasi berfokus pada bisnis Properti. Memiliki sistem yang hampir sama dengan iGrow dimana nantinya kamu sebagai investor akan dimintai dana sebagai membiayai pembangunan rumah.

ikon PropertiLord – Investasi Properti Jaman Now
PropertiLord – Investasi Properti Jaman Now
Free - Android
File Code: PropertiLord – Investasi Properti Jaman Now.Apk

Pembangunan dan urusan dokumen semua ditanggung oleh PropertiLord jadi kamu tinggal memberikan dana dan nantinya dana tersebut akan dikelola oleh Manajemen Keuangan.

Tidak punya uang banyak? Tenang minimum untuk ikut berpartisipasi membangun rumah bisa dimulai dari Rp.10,000 per token. Ingat semakin banyak token maka imbalan juga akan lebih besar.

Investasi di Propertilord

Khawatir akan kepemilikan? Tenang karena dokuman yang disediakan juga lengkap serta informasi lebih lanjut mengenai informasi bangunan seperti luas tanah, lokasi pembangunan, penyewaan tanah dan masih banyak lagi.

Aplikasi & Situs diatas sudah mendapatkan terverifikasi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dimana sudah terjamin kemananya sekaligus pengelolaan keuanganya.

OJK atau kepanjangan dari Otoritas Jasa Keuangan adalah lembaga resmi dari Indonesia mempunyai fungsi, tugas, wewenang pengaturan, pengawasan, penyelidikan dan pemeriksaan kepada sebuah perusahaan/aplikasi/situs sektor keuangan.


Memutar Uang Memaksimalkan Pendapatan 

Setelah mendapatkan keutungan dari investasi jangan langsung digunakan untuk menuruti nafsu saja seperti menghabiskan uang, berfoya foya atau kebutuhan tidak penting lainya dimana bersifat sementara.

Agar dapat memaksimalkan pendapatan kamu harus memutarkan kembali pendapatan, seperti memperbanyak unit saham ataupun saldo dalam reksa dana. Semakin banyak dana yang ada maka semakin besar juga keutungan didapatkan.

Mendapatkan imbalan lebih banyak memang sudah menjadi sebuah harapan bagi para Investor baik pemula maupun tergolong sudah ahli1 dibidangnya.

Beberapa cara untuk meningkatkan pendapatan antara lain adalah:


1. Membelikan Unit Saham

Memperbanyak kepemilikan perusahaan (unit saham) menjadi cara paling tepat menambah serta memaksimalkan keutungan. Tentu semakin banyak unit saham yang kamu miliki maka semakin besar juga imbalan didapatkan setiap bulanya.

Intinya jika bermain lembar saham, semakin besar status kepemilikan imbalan juga meningkat, tapi perlu diingat bahwa semakin banyak lembar saham maka semakin tinggi juga resiko ditanggung ketika suatu perusahaan mengalami masalah.



2. Menambah Saldo Reksa Dana

Inti dalam Reksa Dana sama seperti lembar saham, jika suntikan dana semakin banyak maka imbalanya juga bertambah besar. Sebusa mungkin keutungan dari reksa dana ini jangan dipakai terlebih dahulu.

Biarkan mengendap, karena semakin banyak saldo maka keutungan juga semakin meningkat, jika ingin mengejar keutungan lebih tinggi ya tinggal menambahkan saja nominal investnya.



3. Membuat Usaha Rumahan / Bisnis Modal Kecil

Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan keutungan dari investasi untuk membangun suatu bisnis, baik rumahan maupun sampai membentuk organisasi.

Bingung ingin membuat Usaha apa? Silahkan baca pada – 13 Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan, kebetulan keluarga saya juga menggunakan referensi artikel itu untuk membuat usaha.

Intinya kita harus bersyukur, namun jangan pernah merasa puas, harus mencari cara lain agar pendapatan bisa lebih membaik dari pada hari sebelumnya.

Ketiga cara diatas adalah langkah tepat sekaligus efektif untuk dilakukan, tentu tidak lupa selalu berdoa agar diberikan rejeki dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena keutungan yg kita dapatkan hari ini adalah rejeki dari Tuhan.


Resiko Melakukan Investasi

Tentu segala hal didunia memiliki kelebihan dan kekurangan termasuk resiko. Tidak selamanya dalam dunia Investasi mengalami profit saja, melainkan sewaktu waktu mengalami kerugian meskipun tingkat resiko rendah.

Terutama bagi orang yang bermain pada Saham perusahaan,beresiko mengalami kerugian jika tidak pintar dalam menganalisis, terlebih lagi jika perantara (aplikasi) terjadi error dan tidak terdapat sebuah kabar.

Dalam dunia digital ini juga tidak jauh dari penipuan, namun penipuan bisa diminimalisir dengan adanya suatu dokumen pendukung resmi seperti diverifikasi dan terdaftar pada lembaga Otoritas Jaksa Keuangan (OJK).

Banyak sekali kasus beberapa situs finansial membawa kabur seluruh saldo milik pengguna, hal ini membuat pengguna mengalami kerugian yang besar. Penipuan ini lebih dikenal sebagai SCAM.
Tidak semua perusahaan yang menjual unit saham itu aman. Karena ada beberapa kasus uang pembelian unit saham dibawa kabur oleh pengelolanya, hal ini tentu merugikan 2 pihak, antara Investor dimana dana dibawa kabur sekaligus Perusahaan dicap sebagai penipu.

Demi menghindari semua itu sangat perlu melakukan analisis terlebih dahulu sebelum memberikan suntikan dana kepada suatu perusahaan, lembaga dan organisasi.

Saya rasa pembahasan cukup sampai disini saja, panduan belajar investasi untuk pemula lebih lengkap akan saya bahas pada kesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel