13 Usaha Rumahan Bisnis Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan

Ingin memulai usaha rumahan dengan modal yang kecil namun untung besar? Tentu hal itu dapat diwujudkan beberapa usaha yang menjanjikan, dan minim resiko.

Usaha Rumahan Modal Kecil

Ketika kita bekerja dalam sebuah perusahaan pasti ada masa kontrak, atau masa berlaku untuk bekerja. Tentu kapan saja sebagai pegawai bisa diberhentikan ketika masa kontrak habis atau kinerja kurang maksimal.

Sebelum itu terjadi, banyak orang mulai melakukan investasi atau memulai usaha rumahan dan bisnis rumahan dengan modal kecil namun sangat menjanjikan keutunganya.

Salah satu hal investasi adalah reksa dana, sistem kerja reksa dana yakni memberikan sebuah modal ke pengguna lain yang dimana nantinya akan bagi hasil sesuai kesepakatan, bisa membaca pada artikel Investasi Online Terpercaya Cuman Modal Rp.10 ribu.

Pada artikel diatas membahas mengenai investasi reksa dana, saya juga sempat mengulas bisnis rumahan, kurang lebih sama seperti artikel ini isinya.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang 13 Usaha Rumahan Bisnis Modal Kecil Untung Besar Menjanjikan, dimana dapat membuat lapangan pekerjaan baru bagi orang lain juga. Mengapa Usaha Sampingan Sangat Penting?


1. Mengapa Usaha Sampingan Sangat Penting? 

Sangat penting, karena sebagai karyawan / pegawai dalam sebuah perusahaan kita tidak tahu nasib apakah akan bertahan lama atau tidak, karena dalam sebuah perusahaan barang siapa yang kerjanya kurang bagus, optimal dan maksimal tidak tanggung tanggung agan segera dikeluarkan.

Tentu sebagai makhluk hidup kita membutuhkan uang untuk membeli bahan, pangan, sandang, dan papan agar tetap bertahan hidup. Sebelum itu terjadi makanya menjalankan usaha sampingan dirumah sangatlah penting agar tetap mendapatkan penghasilan.

Meskipun status masih bekerja, tidak ada salahnya untuk menjalankan bisnis ini, karena bisa dikerjakan oleh Ibu Rumah Tangga, ketika bisnis kecil ini menjadi besar, maka kapapun kamu mau bisa langsung resign (mengundurkan diri) kapanpun itu, karena sudah memiliki pemasukan dari bisnis ini.

Sangat menguntungkan untuk memulai usaha ini ketika masih bekerja, karena bisa mencoba dan menganalisa tentang untung dan rugi, dimana kedepanya bisa menjadi bahan revisi agar lebih menguntunkan lagi.


2. Kenapa Banyak Orang Gagal Menjalankan Bisnis?

Tidak sedikit juga kebanyakan orang gagal dalam menjalankan sebuah bisnis baik dalam skala besar maupun kecil, bisa dikatakan gagalnya bukan karena rugi tapi karena kurangnya usaha, namanya aja “usaha” ketika orang yang bertanggung jawab kurang “usaha” ya maka usaha tersebut tidak akan bisa berjalan.

Kurangnya berkomunikasi juga menjadi salah satu faktor penyebab kegagalan dalam memulai bisnis online dan offline, karena hal ini akan mengacu pada target penjualan & pemasaran.

Semakin bagus dalam berkomunikasi maka dapat meningkatkan penjualan, terlebih lagi jika memiliki banyak jaringan (teman) bisa membantu dalam pemasaran ataupun pencarian bahan baku.

Hal paling penting dari semua itu adalah melakukan analisa, terkait modal yang dibutuhkan, pengeluaran & juga keutungan. Sebagai calon wirausaha sangat penting untuk menghitungkan semua itu, tenang akan saya bahas pada artikel ini.


3. Hal Yang Harus Dipersiapkan Memulai Usaha Rumahan

Tentu agar tidak gagal dan rugi kita perlu memperhatikan beberapa faktor penting harus kita kita ketahui sebelum memulai suatu usaha sampingan, hal pertama harus dilakukan adalah melakukan sebuah Riset.

Riset adalah melakukan penelitian lebih lanjut (investigasi) bertujuan untuk menemukan hal yang dicari, dimana akan mendapatkan atau menemukan sebuah informasi lanjut (detail).

Seperti yang saya bilang tadi bahwa, hal pertama harus dilakukan adalah melakukan Riset, tentang usaha apa yglaku ketika dijual disekitar rumah / kompleks / desa.

Aspek lainya adalah ketersediaan tempat & modal, apakah kamu memiliki tempat untuk memulai usaha itu? apakah modal sudah cukup untuk menjalankan bisnis? Mari kita analisis lebih dalam lagi.

Sebagai contoh saya ingin memulai usaha yakni Berjualan Telur atau Peternak Ayam hal perlu dilakukan adalah melakukan riset, apakah ada tempat untuk mengurus Ayam? Jika ada mari kita lanjut ke langkah riset selanjutnya.

Analisa tingkat permintaan Telur didaerah perumahan, apakah penjual telur ayam banyak atau tidak, jika tergolong persediaan / penjual telur ayam masih sedikit berarti potensi yang besar untuk menjalankan usaha rumahan Peternakan Ayam / Ayam Telur.

Selanjutnya tinggal membeli ayam dan pakan sesuai dengan modal yang dimiliki (untuk perhitungan harga akan saya bahas pada tulisan dibawah).

Setelah ayam sudah bertelur & beranak, untuk memperoleh hasil tentu harus menjual produk ke orang yang membutuhkan, seperti saya bilang tadi bahwa komunikasi sangat dibutuhkan untuk melakukan penjualan.


4. 13 Usaha Rumahan Modal Kecil Untuk Besar

Sebelum memilih usaha apa yang ingin dijalankan, sangat perlu melakukan riset (bisa membaca tulisan diatas) agar dapat memperoleh hasil maksimal.

Setelah mengetahui target produk yang ingin dijual, langkah selanjutnya menentukan usaha sampingan apa yg ingin dijalankan, berikut adalah daftar usaha rumahan modal kecil namun keutungan besar.


1. Berjualan Pulsa Elektrik dan Listrik

Hal sering dilakukan orang untuk usaha rumahan dengan modal kecil namun sangat menjanjikan. Meningat pulsa elektrik dan listrik sudah termasuk kebutuhan pokok untuk kehidupan.

Terlebih lagi didaerah komplek menggunakan tagihan listrik metode token, yang dimana harus melakuna top-up terlebih dahulu agar kebutuhan listrik terpenuhi.

Dari sini peluang untuk berjualan pulsa listrik sangatlah besar, bisa digunakan sebagai usaha sampingan, terlebih lagi jika sudah dikenal oleh banyak orang, maka pelanggan akan datang dengan sendirinya tanpa melakukan promosi.

Untuk memulai berjualan pulsa tentu kamu harus menjadi agen pulsa terlebih dahulu, untuk mendaftar menjadi agen pulsa & tata cara agar berjualan untung bisa membaca pada artikel Buka Kios Agen Pulsa Sendiri, Hanya Dengan Modal Rp.50,000.

Biasanya dalam berjualan pulsa, jumlah keutungan dihitung dari banyak sedikitnya transaksi, tentu harga jual dapat meningkatkan keutungan. Pada umunya setiap transaksi mendapatkan keutungan Rp.100 – Rp.500

Jadi semisalnya terdapat 10 Transaksi setiap harinya maka perbulan bisa mendapatkan penghasilan Rp. 500 x 10 x 30 hari = Rp.150.000. Tentu jika transaksi terus meningkat akan mendapatkan keutungan lebih besar, jadi tinggal cara mempromosikanya bagaimana.

Tidak hanya berjualan pulsa, karena agen nkpay juga bisa untuk membeli sebuah voucher game, bayar tagihan air, dan masih banyak lagi, bahkan bisa digunakan untuk kirim kirim uang juga.

Karena usaha kecil ini rawan dengan HUTANG maka harus berhati hati atau memberikan kebijiakan tidak boleh hutang lebih dari nominal yang telah ditentukan, untuk mencegah sulit memutar keutungan dan modal.


2. Beternak Ayam dan Bebek

Telur sudah menjadi bahan membuat lauk setiap harinya, kebanyakan telur berasal dari ayam baik jenis ayam petelur maupun ayam jawa. Melihat potensi yang ada, telur bisa dijadikan bisnis sampingan.

Karena setiap bulanya harga telur sangat tidak stabil, namun bisa digolongkan sering mengalami peningkatakn daripada sebuah penurunan.

Selain telur untuk dijual, daging ayam juga bisa dijual dengan harga yang relatif tinggi, dengan permintaan yang sangat stabil. Bisa dilihat makanan diseberang jalan rata rata menggunakan bahan daging ayam.

Bebek juga sama dengan ayam, yakni bisa dimanfaatkan baik dari daging. Untuk segi pengurusan bisa dikatakan sangat mudah, karena bisa memanfaatkan sisa makanan yang ada (khusus untuk ayam jawa dan bebek).

Berbeda dengan ayam petelur yang membutuhkan perawatan ekstra serta pakan yang khusus sehingga membuat cara memelihara membutuhkan ketelitian. Namun jangan pernah putus asa karena Susah memelihara, karena usaha tidak akan membohongi sebuah hasil.


3. Budidaya Ikan Konsumsi di Kolam Kecil

Daging ikan menjadi bahan pokok makanan sehari hari, tidak sedikit juga toko yang ada diseberang jalan menggunakan bahan baku daging ikan sebagai lauk makanan.

Banyak jenis ikan yang bisa dibudidayakan seperti Ikan gurame, ikan lele, ikan nila, ikan gabus, dan masih banyak lagi. Perlu diingat juga bahwa perawatan setiap jenis ikan juga berbeda.

Bisa dikatakan bisnis kecil ini membutuhkan lahan yang luas, namun modal hanya sedikit dalam pembuatan kolam. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola ikan adalah kualitas air.

Seperti halnya ikan gurame harus diganti setiap 1 hari 2 kali, untuk ikan lele (konsumsi bukan bibit) harus diganti air dengan kurun waktu 1 minggu sekali (karena ikan lele lebih suka dengan air keruh), dan masih banyak lagi (informasi lebih lanjut bisa mencari referensi panduan menjalankan bisnis rumahan di google atau melalui buku panduan).

Aspek penting lainya adalah kualitas makanan, perlu diketahui juga ketika sebuah ikan sudah berumur pakan yang diberikan juga harus ganti menyesuaikan bentuk tubuh / berat tubuh / umur ikan.

Misalnya iklan berumur 1-3 minggu harus menggunakan pakan seri PV100, kemudian 3-5 minggu menggunakan PV500, dan ikan tergolong besar menggunakan PV1000 dan seterusnya.

Mengelola usaha budidaya ikan tak jauh jauh dari pemberian makanan dan penjagaan air. Memang butuh ketelatenan dalam mengelola suatu bisnis rumahan dengan modal kecil.


4. Bisnis Laundry Baju / Pakaian

Usaha rumahan selanjutnya adalah bisnis cuci baju atau lebih dikenal sebagai Laundy Baju, siapa sangka masih banyak orang lebih mencucikan baju mereka kepada jasa cuci baju daripada mencuci sendiri.

Bukan karena males, menurut survey yang belum pernah dilakukan, kebanyakan dari mereka tidak memiliki waktu mencuci sendiri. Jadi lebih baik menggunakan jasa cuci dalam urusan membersihkan baju.

Disamping murah juga tidak membuang buang waktu untuk mencuci, mengeringkan, dan menseterika. Maka dari sini bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis jasa cuci baju disekitar kompleks atau jasa cuci baju panggilan.

Jasa cuci panggilan mungkin terdengar asing ditelinga kita, karena Saat ini suatu perusahaan menggunakan fitur jasa cuci panggilan hanyalah GOJEK, dimana ketika orang membutuhkan jasa cuci, maka kurier atau si pekerja akan mengambil barang cucian.

Hampir sama dengan sistem pengiriman barang, hanya saja ini pengiriman barang cucian rumah tangga. Tentu bisnis kecil ini sangat sangat potensial ketika tidak ada jasa cuci baju / celana dalam area / daerah.

Biasanya sistem perhitungan menggunakan berat perkilo cucian, seperti mematok harga Rp.3,000/kg dari pernyataan ini mungkin keutungan dari semua itu adalah Rp.500/kg.

Perhitungan sederhana setiap hari terdapat pesanan 20 kg x 500 = 10,000 dalam sebulan mungkin mencapai Rp.300,000 (itupun jika 20kg) karena calon konsumen / pengguna pasti mencuci lebih dari 5KG/hari.

Disini juga langkah untuk melakukan promosi sangat dibutuhkan (untut bagaimana cara untuk melakukan promosi bisa dilihat artikel dibawah).

Artinya tidak ada persaingan diantara penyedia jasa. Meskipun begitu jangan kaget jika terdapat persaingan antara penyedia jasa cuci, karena bisnis rumahan ini hanya membutuhkan modal sedikit seperti membeli mesin cuci, seterika, dan pewangi jadi siapa saja bisa memulai bisnis kecil ini.


5. Membuka Ruko / Toko Sembako

Jangan salah, seorang wanita atau seorang ibu ibu juga suka berbelanja dalam sebuah ruko atau sering disebut sebagai toko sembako. Kenapa kok bisa begini?

Karena Toko Sembako sendiri kebanyakan menyediaakan harga grosir, bisa dikatakan harga sangat jauh berbeda dengan harga aslinya. Meskipun pemilik toko sendiri hanya mendapatkan keutungan sedikit, namun lebih baik dari pada merugi.

Melihat dari potensial tinggi, bisa dicontoh usaha merka, iya memang keutungan tidaklah tinggi, namun dengan banyaknya transaksi dari pelanggan akan membuat keutungan itu juga sama halnya seperti berjualan dengan harga asli namun sepi pengunjung.

Tidak selamanya berjualan untuk mencari keutungan, karena tidak sedikit melakukan aktifitas jual beli untuk menjalin dan mempererat tali persaudaraan.


6. Bisnis Makanan Ringan / Kue

Membuat sesuatu makanan layak dikonsumsi tentu seirng dilakukan pada rumah, seperti halnya membuat kue. Siapa sangka dibali enaknya kue, ternyata dibuat dalam rumah loh.

Bahkan di Indonesia sendiri banyak bisnis kue rumahan yang bis dibilang bisa bersaing pada sebuah toko kue termasuk golongan besar. Membuat kue sendiri bisa dikategorikan tidak susah cuman juga tidak gampang.

Disini perlu menentukan juga kue jenis apa yang ingin dibuat, apakah kue kering atau basah. Lakukan analisis / riset terlebih dahulu agar dapat melihat peluang untuk menjual produk kue.


7. Kedai Kopi / Angkringan

Setiap pulang dari kerja tentu membutuhkan sebuah teman untuk hiburan atau teman untuk nyatai. Salah satunya adalah secangkir kopi manis (karena rasa pahit cukup terjadi pada hidup saja).

Membuat angkringan atau kedai kopi sangat cocok untuk usaha rumahan kecil, dan juga tidak perlu membutuhkan tempat yang strategis, karena dapat dilakukan dirumah sekalipun.

Namun kembali lagi, tempat yang paling strategis berjualan adalah dipinggir jalan raya (besar) karena siapa saja bisa mampir ketika merasa lapar atau ingin beristirahat sejenak.

Teman saya kebetulan membuat kedai kopi, dan membandrol harga paling tinggi kopinya adalah Rp.15.000, tentu harga ini bisa dinalar oleh kalangan remaja, dimana uang mereka pas pasan.

Bisa diambil contoh penjualan secangkir kopi dengan harga Rp.15,000. Sudah terdapat angan angan bahwa setiap penjualan secangir kopi bisa mendapatkan keutungan Rp.2,000 – Rp.5,000/kopi.

Jika sehari terdapat penjualan 10 Kopi maka, Rp.5,000 x 10 = Rp.50,000 dan jika dalam sebulan tinggal dikalikan 30 maka Rp.50,000 x 30 = Rp.1,500,000 (1,5jt/bln) tidak sedikit bukan?

Selain berjualan kopi juga dapat disampingi makanan ringan seperti gorengan, atau cemilan ringan seperti kentang goreng dan sebagainya.


8. Copywriting & Content Creator / Desainer

Kegiatan menulis adalah aktifitas yang sudah diajarkan sejak TK (Taman Kanakanak). Namun siapa sangka dengan menulis ini bisa menghasilkan sebuah karya dan nantinya dapat menghasilkan uang?

Sudah tidak asing lagi bagi pengguna internet aktif, ketika mendengar kata Copywritting dan Content Creator, yups, kedua profesi ini adalah pekerjaan sangat populer dan paling diminati oleh banyak remaja.

Yakni menjadi seorang YouTuber (content creator) bagaimana tidak? Di Platform berbagi video atau lebih dikenal sebagai YouTube, pasalnya kita hanya bermain sebuah video game kemudian dapat menghasilkan uang.

Tentu tidak semudah itu ferguso! Karena semakin hari juga persaingan semakin banyak sekaligus peraturan YouTube juga semakin ketat, membuat para creator baru kesulitan untuk menghasilkan uang dari internet.

Selanjutnya adalah pekerjaan Copywritting, yakni lebih dikenal sebagai Blogger, bisa dikatakan profesi ini paling mudah dilakukan, karena hanya sekedar menulis saja. Tulisan ini juga diulis oleh seorang blogger atau copywritting.

Bagi yang berminat menjadi seorang blogger mungkin bisa membaca artikel pada Panduan Membuat Blog Untuk Pemula Lengkap.

Kenapa bisa dimasukan kedalam usaha rumahan dengan modal kecil? Ya karena dapat dilakukan dirumah tentunya, sekaligus peralatan menulis juga hanya sebuah laptop bisa dibeli dengan harga 2juta.

Ketika sudah terbiasa menjalani profesi sebagia Copywritter dan Content Creator, kini mendalami kemampuan lagi menuju ke dunia Desain menggunakan aplikasi yang bernama CorelDraw.

CorelDraw adalah sebuah aplikasi untuk mendesain gambar/grafis yang dimana nantinya desain tersebut dapat dijual kesebuah situs besar seperti 99desain, sribu, freelancer, project dan masih banyak lagi.

Untuk tutorial atau pembelajaran dasar mengenai dunia desain bisa membaca Pengetahuan Dasar Desain Gambar dan Grafis. Teman saya sendiri kebetulan seorang desainer.

Dia ketika mengikuti sebuah kontes atau mendapat sebuah order, bayaranya tidak main main, lantas bisa mendapatkan 100$ – 500$ untuk setiap desain terjual.

Jika dirupiahkan 100$ = Rp.1,000,000 (1jt dibulatkan) dan juga 500$ jika dibulatkan adalah Rp.5,000,000 (5jt) sungguh nominal uang bisa untuk membeli kebutuhan setiap bulanya.

Dikategorikan pekerjaan ini sebagai bisnis online atau usaha online, lebih dikenal sebagai Freelancer (pekerja bebas).


9. Percetakan Rumahan

Bisnis modal kecil lainya adalah membuka sebuah rumah percetakan, yang melayani fotokopi, printing, cetak banner, poster dan terlebih lagi melayani foto editor.

Mungkin sangat membutuhkan keahlian dibidang komputer, terutama mengedit sebuah foto maupun logo. Karena percetakan tidak jauh dari sebuah tulisan dan desain.

Jika ingin membuka usaha ini, setidaknya kamu paham dengan beberapa program seperti Microsoft word, Adobe Photoshop, Adobe Lightroom CC, Corel Draw.

Tapi jika hanya ingin membuka percetakan (tulisan) kamu hanya perlu memahami dasar Microsoft Word saja, namun tetap saja memahami semua program diatas adalah langkah untuk mengasah sebuah kemampuan dalam mengakses aplikasi komputer.

Jasa percetakan juga menlayani pemotretan entah itu sebuah acara pernikahan (weeding), kondangan, atau suatu acara penting terjadi pada sebuah tempat.

Selain jasa pemotretan + shooting dibayar, biasanya mereka akan meminta hasil fisik berupa foto (frame) ataupun video bentuk fisik (CD/DVD), sambil menyeram minum air.


10. Jasa Menjahit Baju, Jaket, Celana

Baju sudah menjadi kebutuhan untuk menutupi anggota tubuh, bahkan sering digunakan sebagai sarana fashion show. Mengingat kita hidup didunia fana, pasti segala sesuatu memiliki umur, hal ini juga terjadi pada benda mati yakni Baju, jaket, celana.

Dari waktu kewaktu pasti sebuah baju akan mengalami kerusakan, meskipun kecil seperti robek, kelonggaran, kesempitan. Ketika mengami hal ini tentunya sangat sayang untuk membeli produk baru, karena produk lama saja masih layak pakai.

Pada akhirnya mereka yg tidak mau membeli produk baru, mencoba memdandani / membengkel baju mereka ke jasa jahit. Dimana nanti akan didesain ulang agar tidak longgar, atau mempersempit ukuran serta memperbaiki kerusakan pada celana maupun baju.

Tentu melihat potensi yang ada maka sangat cocok digunakan untuk memulai usaha rumahan sampingan dengan modal kecil. Karena hanya modal mesin jahit dan keahlian menjahit saja.


11. Bisnis Online Dropship & Jualan Barang Online

Tidak jauh berbeda dengan Copywritter dan Content Creator, yakni sebuah Dropshipper atau orang yang melakukan aktifitas penjualan barang milik orang lain ke orang lain. Intinya Dropshipper hanya mempromosikan suatu produk, namun seolah olah produk itu miliknya sendiri.

Saat ini banyak sekali marketplace yang mendukung aktifitas dropshipping seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dkk. Bisa dikatakan bisnis ini tidak membutuhkan modal sama sekali.

Karena yang perlu dilakukan adalah menjual ulang produk yang telah disediakan oleh orang lain, dalam kata lain kamu hanya perlu melakukan promosi produk saja.

Namun suatu keunggulan Dropship yakni identitas pengiriman bisa diganti dengan nama toko yang diinginkan, jadi seolah olah kamu menjual dan sebagai pengirim produk.

Contoh sederhana menjalankan bisnis usaha rumahan Dropshipper.

Pembeli => Kamu => Penyedia => Pembeli (dengan identitas toko yg kamu kelola)

Jadi seolah olah memang kamulah pemilik produk tersebut. Hal ini sangat disukai oleh banyak orang karena tidak membutuhkan modal yang besar.


12. Pom Mini / Isi Ulang Bensin

Suatu kebutuhan pokok untuk kendaraan yakni bensin, karena bahan bakar utama kendaraan (terutama sepeda motor) adalah bensi. Jika rumah kamu berada di pinggir jalan maka bersyukurlah.

Karena bisnis usaha rumahan kecil bentuk isi ulang bensin atau pom mini menurut saya sangat potensial untuk meraup keutungan dengan modal kecil. Mengingat kebutuhan bensin terus menerus semakin meningkat.

Dilangsir dari situs Kontan, bahwa keutungan penjualan 100 liter bensin adalah Rp. 120.000 per hari, berarti jika dikalikan 30 maka keutungan setiap bulanya adalah 3,6 juta.

Perlu diingat bahwa penjualan bensin menggunakan pom mini membutuhkan tempat strategis, terutama berada ditempat ramai dan dekat dengan jalan raya (besar).


13. Berjualan Ikan Hias 

Hal yang bisa dilakukan oleh anak kecil sekalipun yakni berjualan ikan Hias, bisa dikatakan untuk perawatan ikan hias sendiri sangatlah mudah, cukup menyediakan sebuah kolam / aquarium, memberikan pergantian air dengan radiator, dan pakan cukup.

Saya sendiri juga memelihara ikan hias namun dengan metode yg cukup menekan modal, bisa dikatakan usaha rumahan dengan modal paling sedikit, karena hanya bermodalkan sebuah kolam kecil, diberi ikan hias tanpa memberi pakan sedikitpun.

Namun hasilnya luar biasa, para ikan memakan lumut yang ada diarea kolam dan alhamdulilah dari induk ikan hias menghasilkan sebuah anak ikan kecil (hias) dimana nantinya bisa dijual.

Karena tidak membutuhkan modal yang besar, saya mematok harga penjualan ikan hias murah, namun jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, salah satu contohnya ikan cepat besar yakni diberikan sebuah pakan.

Katakanlah penjualan ikan hias (ukuran kecil) per ekor adalah Rp.100, setiap penjualan 10 ekor berarti Rp.1,000. Jika menggunakan metode saya (menggunakan pakan lumut dikolam) tentu hal ini sangat menguntungkan, karena bisa dikatakan bisnis dengan modal sangat kecil.

Dikarenakan hanya membutuhkan lahan kecil, maka berjualan ikan hias bisa dijadikan usaha sampingan dengan modal kecil namun dapat memperoleh keutungan besar.


5. Tips Sukses Mengelola Bisnis Rumahan Modal Kecil

Ternyata ada tips sukses mengelola usaha sampingan rumahan loh, agar tidak rugi dalam setiap penjualan kita harus memperhatikan aspek penting, beberapa diantaranya adalah;

1. Jangan lupa untuk berdoa & bersyukur
Terkadang kebanyakan orang lupa berdoa & bersyukur ketika menjalankan suatu bisnis rumahan atau bisnis lainya. Berdoa juga sangat penting agar suatu usaha kecil sukses. Karena pada dasarnya rejeki sudah diatur oleh tuhan.

Berapapun keutungan yang diperoleh saat ini juga harus bersyukur, jika sedikit ya diterima, jika banyak sebagai manusia ya sebaiknya bersyukur.

Jadikan suatu pekerjaan adalah mencari rejeki dari tuhan, jangan hanya memikirkan kepentingan duniawi saja. Bedoa dan bersyukur adalah poin pertama hal yang harus diperhatikan.

2. Memberikan Kebijakan Hutang
Ketika kita melakukan aktivitas jual beli / transaksi pasti tak lepas dengan Hutang pihutang, atau bahasa gaulnya adalah ngebon “Tidak melayani Bon, Hirosima hancur karena bom, warung ini hancur karena bon” mungkin bisa memasang slogan itu bisnis kecil yang dikelola.

Atau juga bisa memberikan batasan hutang & pinjaman, semisal tidak boleh ngebon lebih dari nominal Rp.10,000 dan sebagainya. Hal ini demi meminimalisir macetnya perputaran dana.

Memang terkadang agar dapat sukses kita harus menjadi kejam, karena tidak mengijinkan orang menhutang lebih dari nominal yg telah ditentukan, namun bagaimana lagi? Karena kita sebagai makhluk hidup juga membutuhkan uang untuk bertahan hidup.

Jika tidak enak dengan orang lain, bisa dengan cara tadi, yakni memasangi slogan tidak boleh ngutang.

3. Melakukan Promosi
Ketika memulai bisnis kecil, sangat perlu untuk melakukan promosi. Tujuan dilakukanya promosi agar orang orang tahu produk apa yang disediakan dan ditawarkan. Ketika sudah banyak orang tahu, juga tetap harus menjalankan sebuah promosi.

Bagaimana cara melakukan promosi, bisa melihat caranya pada tulisan dibawah (dijabarkan metode bagaimana dan cara paling efektif memberikan informasi serta ajakan ke calon konsumen).

Bahkan banyak perusahaan besar yang melakukan promosi secara terus menerus baik melalui media daring dan non-daring, salah satunya iklan sering muncul dalam televisi.

4. Mencari Tempat Penjualan (Konsumen) Baru
Ketika suatu bisnis kecil sudah memiliki suatu tempat berjualan (konsumen) jangan merasa puas terlebih dahulu, berjaga jaga dengan cara mencari tempat lain dimana bisa menjadi tempat penjualan produk.

Memang bisnis modal kecil retan terhadap pesaingan, karena biasanya akan tergusur oleh bisnis sudah besar. Maka dari itu sangat penting untuk menemukan sebuah tempat penjualan jika tempat penjualan lama sudah dikuasai oleh usaha lainya.

Bisa juga mendistribusikan produk ke luar kota atau tempat dimana yang dimana produk tersebut belum banyak pembuatnya.

5. Usaha, Ketekunan, Ketelitian dan Kesabaran
Kunci dari sebuah kesuksesan bisnis rumahan tak lain dan tak bukan adalah perbanyak usaha, tekun dalam melakukan sesuatu, teliti dalam melakukan perhitungan terkait (pemasukan dan pengeluaran) serta kesabaran yang ekstra dalam menghadapi kendala.

Meskipun hanya bisnis rumahan atau statusnya usaha rumahan modal kecil, lama kelamaan akan menjadi besar seiring dengan seberapa keras pengelola dalam mengembangkan bisnis tersebut.

Jadi sebenarnya bicara soal keutungan, maka jawabanya ada dipengelola bisnis sampingan, apakah mampu mengelola usaha tersebut atau tidak, teliti dalam melakukan perhitungan, sabar dalam menghadapi konsumen atau tidak?

Tapi menurut saya pribadi sebuah kunci sukses dalam menjalankan sebuah bisnis baik offline/online atau dalam skala kecil maupun besar adalah perbanyak usaha & berusaha tentu selalu didampingi dengan doa dan rasa bersyukur.

Karena sebenarnya rejeki sudah ada yg mengatur, kita tinggal berusaha semaksimal mungkin agar mendapatkan rejeki itu. Baik kita menuju ke pembahasan selanjutnya yakni tentang cara promosi atau pemasaran.


6. Cara Pemasaran / Promosi Usaha Sampingan

Agar bisnis kita diketahui oleh banyak orang tentu melakukan promosi sangat penting supaya calon konsumen mengetahui tentang apa yang dijual dan produk apa yang ditawarkan.

Dengan berkembangnya teknologi yg semakin pesat membuat cara promosi tidak sesulit dahulu, karena bisa dibagi menjadi 2 metode yakni promosi online & offline, beberapa diantaranya adalah;

1. Menggunakan Media Sosial
Sekarang banyak sekali orang yang berjualan baik makanan dan minuman menggunakan sosial media untuk melakukan promosi. Karena orang jaman sekarang sudah terbiasa & bahkan menjadi pengguna aktif sosial media, terutama Instagram.

Hal ini tentu sangat relevan karena kebanyakan orang di Indonesia aktif dalam menggunakan Instagram, terlebih lagi terdapat sebuah promo misalnya Jika ingin mendapatkan minuman coklat gratis, kamu harus memposting menjadikan Instastory dan tag akun resmi instagram dari nafaskuda misalnya.

Jika ingin mempromosikan jauh lebih tertarget gunakanlah riset Hashtag, bisa dilihat tutorialnya pada Cara Ampuh Mencari Hashtag Populer Untuk Menambah Follower gunakan metode itu untuk memboosting promosi gratis dalam sosial media Instagram.

Bisa juga memanfaatkan sebuah komunitas yang berada pada Facebook, misalnya berjualan makanan didaerah jogja. Usahakan untuk bergabung dalam grup yg domisil daerah Yogyakarta.

Atau lebih spesifik, kita berjualan ikan gurameh maka mencari grup yang membahas sesuatu tentang perikanan dan sebisa mungkin cari grup memiliki area dekat dengan kamu agar jika terdapat transaksi lebih mudah untuk mengurusnya.

2. Menggunakan Toko Online / Marketplace
Banyak toko online atau usaha rumahan kecil mempromosikan produk melalui internet, salah satunya sebuah marketplace terbesar di Indonesia bernama Tokopedia. Perlu diketahui bahwa sekarang banyak marketplace mendukung pendaftaran agen terbaru.

Seperti halnya Tokopedia, Bukalapak, Lazada dll, kamu hanya perlu mendaftar & bisa langsung memposting produk yang dijual. Namun usahakan produk yg dijual bisa tahan ketika dikirim.

Karena mayoritas produk dijual melalui marketplace atau toko online akan mendapatkan pesanan dari luar kota / daerah. Usahakan berjualan produk tahan lama (tidak basi dalam waktu dekat). 

3. Memanfaatkan Media Blog (Content Placement)
Ketika usaha kecil sudah menjadi besar, tidak ada salahnya untuk memcoba promosi dengan cara content placement, yakni mempromosikan produk / toko melalui media blog.

Di Indonesia sendiri sudah banyak blog terkenal menyediakan sebuah layanan Content Placement, biasanya mereka menawarkan dua pilihan yakni membayar lebih namun artikel (promosi) tim mereka yang membuat, atau membayar murah akan tetapi artikel (ulasan) pihak pemohon yg membuat.

Tentu ketika melakukan content placement kesebuah blog atau situs relevan akan memancing banyak calon konsumen. Kamu tidak perlu memikirkan SEO agar produk kamu berada nomor 1 mesin pencari.

Atau jika memang ingin membuat blog / web sendiri untuk melakukan promosi (Content Placement) pribadi bisa membaca Panduan Membuat Blog Untuk Content Placement, disana sudah dijelakan bagaimana tata cara membuat blog dengan baik dan benar. 

4. Mendaftarkan Usaha Rumahan di Google Maps
Ternyata Google Maps selain memiliki fungsi memberikan petujuk arah suatu tempat, bisa juga digunakan promosi toko pribadi. Dikarenakan ketika kita mencari sebuah kata kunci misalnya ingin membeli Ikan gurameh terdekat maka akan muncul suatu tempat yang relevan (dekat) dengan calon konsumen.

Cara untuk mendaftarkan bisnis kecil tidaklah sulit, cukup datang ke Google Maps, dan tandai lokasi tempat bisnis kecil dikelola, nantinya kamu akan disuruh mengisi formulir informasi lebih lanjut seperti Nomor telepon, Waktu / Jam Operasional, Alamat lengkap dan lainya.

Pengalaman saya mencari toko ikan gurameh terdekat di Yogyakarta juga sangat terbantu dengan adanya Google Maps ini.

Tentu akan lebih menguntungkan lagi jika memiliki sebuah website / marketplace resmi menyediakan tentang berbagai macam informasi mengenai produk yang akan dijual, serta sebuah harga agar calon pembeli tidak merasa dibohongi.


5. Meningkatkan Kualitas Produk dan Pelayanan
Ternyata meningkatkan kualitas produk & pelayanan juga dapat meningkatkan tingkat penjualan produk, secara tidak langsung juga akan menjadikan metode promosi mudah.

Bagaimana tidak? Ketika sebuah produk yang dijual memiliki rasa dan kualitas baik sekaligus pelayanan yang ramah, maka orang orang tidak akan ragu untuk mempromosikan / mereferensikan produk dari bisnis kecil kamu ke orang lain.

Bisa dikatakan The power of people, dimana orang orang akan secara otomatis mempromosikan usaha kecil dikelola tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Namun sebagai pemilik bisnis kecil harus berani memberikan kualitas produk tinggi & pelayanan yang bagus.

Sebenarnya masih banyak bagaimana cara untuk melakukan promosi, namun menurut saya yang paling ampuh adalah 5 metode diatas, karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan efesiensi waktu.


7. Memutar Uang Agar Lebih Untung 

Jangan pernah membuang buang waktu untuk hal yang tidak perlu, gunakan uang atau keutungan dengan bijak agar kedepanya bisa digunakan untuk membuat bisnis kecil kecilan lagi atau usaha kecil lainya.

Mungkin sangat penting untuk memperhatikan psikologis wirausahawan dengan cara mencari hiburan ke pantai, bioskop, shoping, atau pergi besama teman, namun perlu diketahui bahwa suatu bisnis tidak akan selalu berjalan mulus.

Maka untuk itu perlu bijak dan pintar dalam mengatur keuangan, usahakan untuk selalu memutar uang dengan baik dan benar agar dapat menghasilkan keutungan lainya. Salah satunya adalah melakukan investasi atau memulai usaha yg baru lainya.

Ketika sekiranya keutungan sudah cukup untuk membayar suatu pegawai, maka jangan ragu untuk merekrut pegawai, bahkan bisa juga untuk menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain dengan memperkejakan pegawai disuatu tempat.

Sistem ini disebut sebagia investasi tanam modal, dimana akan bagi hasil / keutungan dari berjualan. Yang perlu dilakukan adalah kamu memberikan sebuah modal kepada seseorang (pegawai) yang nantinya modal tersebut akan digunakan untuk memulai usaha baru.

Kamu tidak perlu mengurusi usaha kecil baru ini, karena sepenuhnya diserahkan kepada orang yang dipinjami dana. Ketika penjualan meningkat maka disinilah sistem bagi hasil dilakukan. Perlu untuk membuat kebijakan bagi hasil sebelum meminjami dana seseorang.

Misalnya total keutungan dibagi dengan rasio 80% keutungan bersih untuk pengelola kemudian 20% keutungan bersih untuk pemberi modal, ketika kedua belah pihak setuju maka sah sah aja.

Tidak perlu kerja ekstra disini sudah mendapatkan keutungan 20% dari penjualan yang ada, bahkan tidak perlu menggaji pegawai juga karena 20% benar benar keutungan langsung diberikan kepada penanam modal.

Contoh perhitungan kecil menjalankan usaha kecil bagi hasil;
Keutungan bersih per bulan Rp.1,000,000 dengan ketentuan 80% untuk pengelola dan 20% untuk pemodal.

80% dari 1 juta adalah = Rp.800,000
20% dari 1 juta adalah = Rp.200,000

Maka dari pernyataan ini akan mendapatkan keutungan tambahan Rp.200,000 setiap bulanya tanpa harus mengurusi bisnis baru tersebut. Jika ingin mendapatkan keutungan lebih banyak bisa memutar kembali dengan cara membuat usaha rumahan atau bisnis sampingan lainya dengan metode Investasi tanam modal.




8. Motivasi Memulai Usaha Sampingan Rumahan

Mungkin beberapa dari calon wirausahawan membutuhkan sebuah motivasi agar dapat memulai usaha rumahan dengan modal kecil. Dikarenakan berbasis Usaha Sampingan tentu keutungan tidak sebesar ketika kita bekerja.

Namun ketika dikelola dengan serius maka keutungan bisa 2x lipat dari gaji yang didapatkan bahkan bisa 10x lipat. Tergantung bagaimana cara kita mengelola terkait kualitas produk, pelayanan & juga promosi.

Dikarenakan saya tergolong masih pemula jadi tidak akan banyak memberika sebuah motivasi sesama pemula, namun ada beberapa hal yang harus ditanamkan dalam hati dan pikiran kamu.

Semua Bisnis yg dijalankan memang akan terasa Sepi pada saat penjualan pertama kali, karena orang orang tidak tahu tekait produk apa yg dijual, bagaimana kualitasnya, dan pelayanan.

Masalah sering ditemukan mungkin tekanan dari tetangga, yakni berkata “halah bisnis rumahanmu tidak jalan” atau “mendingan cari kerja daripada bisnis rumahan gak jelas” dan sebagainya. Tentu hal ini membuat wirausahawan tertekan bahkan bisa membuat depresi.

Namun jangan gunakan waktu berhaga untuk hal yg tidak berguna, yakni Depresi dan memikirkan Omongan tetangga, hal itu tidak penting. Sebagai penjalan bisnis kita hanya perlu membuktikan dengan hasil bukan omongan.

Jadikan hasutan, omongan negatif mereka menjadi dorongan agar kita berusaha, buktikan kalau kita bisa menjalankan usaha rumahan modal kecil ini. Buat mereka memakan omongan mereka.

Mungkin iya, keutungan didapatkan pada awalnya sedikit, namun kembali lagi bahwa “sek penteng halal boss” atau yang penting halal, dari waktu ke waktu jika memang sudah rejekinya keutungan akan meningkat dengan sendirinya.

Mungkin saya memang tidak pandai dalam berkata kata, jadi teman teman bisa membaca artikel tentang kata kata, harapanya bisa membuat teman teman semangat.

  1. 100+ Kata Kata Bijak Motivasi
  2. 100+ Kata Kata Cinta Romantis
  3. 100+ Kata Kata Sedih Patah Hati

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai usaha rumahan yang membutuhkan modal kecil namun bisa mendapatkan keutungan besar. Sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel