-->

Cara Investasi dan Beli Emas Secara Online, Aman dan Mudah!

Sekarang bisa melakukan jual dan beli emas online melalui marketplace maupun dompet digital yang menyediakan layanan pembelian emas online. 

Jual & Beli Emas Online

Emas menjadi instrumen investasi yang aman ketika bursa saham mengalami crash, dan turunya nilai mata uang akibat krisis moneter maupun penurunan ekonomi.

Harga emas dari tahun ke tahun cenderung terus mengalami kenaikan. Meskipun harga emas bersifat volatil (naik-turun) banyak orang yang mulai memindahkan asetnya ke dalam bentuk emas.

Dengan alasan, instrumen investasi emas sangatlah menguntungkan bagi para investor jangka panjang (long-term) mengingat harganya terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Lalu adakah tempat untuk melakukan pembelian dan penjualan emas secara online?

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tempat untuk melakukan jual dan beli emas secara online, praktis, mudah dan tentunya aman karena dijamin oleh lembaga negara.

 

Keutungan Beli Emas Secara Online

Keutungan yang didapatkan ketika membeli emas secara online yakni kepraktisan akan aktivitas jual beli, kamu tidak perlu keluar rumah dan pergi ke toko emas untuk melakukan pembelian atau penjualan.

Karena hanya dengan modal smartphone dan koneksi internet hal tersebut dapat dilakukan secara online, keutungan selanjutnya yakni dapat menghemat lebih banyak waktu, mengingat untuk menjual atau membeli tidak terdapat antrian dan semua itu diproses secara instan.

Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan ketika ingin menjadi trader harian atau mingguan, ketika harga emas naik bisa langsung menjual aset emas yang dimiliki, dan ketika harga turun bisa membeli lebih banyak emas lagi.


Tempat dan Cara Beli Emas Online

Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang melayani jual & beli barang dalam lingkup nasional.

Namun siapa sangka bahwa marketplace yang identik dengan warna hijau ini juga melayani pembelian produk instrumen investasi seperti emas dan reksa dana.

Yep, kamu bisa melakukan pembelian emas dan juga investasi reksa dana di Tokopedia secara online. Untuk melakukan pembelian sangatlah mudah;

Tokopedia Finance 
 
1. Pertama unduh aplikasi dan lakukan registrasi pada Tokopedia.

2. Kemudian pada halaman utama pilih produk Keuangan.
 
 
Beli Emas di Tokopedia

3. Jika ingin mulai untuk menabung emas, maka pilih produk Emas.

Fintech Emas

4. Untuk melakukan pembelian emas tekan tombol Beli Emas.

5. Untuk melakukan penjualan emas tekan tombol Jual Emas.

Kamu bisa melakukan pembayaran melalui rekening maupun melalui dompet Ovo.

Emas yang telah kamu beli akan disimpan atau dititipkan ke dalam ruang penyimpanan milik PT Pegadaian, tentu kamu juga bisa menukarkan ke dalam bentuk emas fisik melalui website resmi atau mengunjungi kantor Pengadaian.

PT Pegadaian ini adalah perusahaan milik BUMN, jadi untuk masalah kemanan aset yang disimpan akan jauh lebih aman daripada menyimpan diperusahaan swasta lainya.
 
 

GOJEK

Aplikasi yang dulunya hanya untuk melayani jasa pengataran atau ojek online, namun siapa sangka bahwa aplikasi ini sekarang sudah berkembang sangat pesat.

Tidak hanya berhenti menjadi dompet digital (Gopay) saja, lantaran pihak GOJEK terus menghadirkan inovasi salah satunya dengan menghadirkan sebuah fitur bernama Goinvestasi.

Dengan Goinvestasi pengguna Gojek bisa melakukan pembelian emas secara online dengan biaya spread yang sangat kecil, lalu bagaimana cara untuk melakukan pembelianya? 

GOJEK

1. Buka aplikasi GOJEK dan pilih pada fitur Goinvestasi.

Goinvestasi

2. Tekan Buy Gold untuk membeli emas.

3. Tekan Sell Gold untuk melakukan penjualan emas.

Keutungan yang didapatkan ketika membeli emas melalui aplikasi GOJEK yakni emas yang kamu kumpulkan dapat ditukarkan kedalam emas fisik secara langsung.

Caranya sangat mudah dengan cara menekan tombol Redeem Gold dan ikuti intruksi yang diberikan.

Dalam pembelian emas ini, pihak GOJEK menjalin kerja sama dengan pihak Pluang atau sebuah aplikasi yang dibawah perusahaan PT PG Berjangka, setelah saya selidiki dan melakukan riset kecil-kecilan.

Perusahaan PT PG Berjangka sudah terdaftar dan diawasi oleh Bappeti – http://web.bappebti.go.id/pialang_berjangka/detail/927

Dengan terdaftarnya suatu perusahaan komoditas di Bappeti tentu akan menambah nilai kepercayaan ketika menitipkan aset emas ke dalam perusahaan tersebut.


DANA

Masih seputar dompet digital, DANA juga menghadirkan eMAS yang dapat kamu gunakan untuk beli emas online.

Untuk langkah pembelian pastikan akun dompet digital sudah diverifikasi dan berstatus DANA Premium, jika sudah berikut panduanya:

Dompet Digital Dana


1. Buka aplikasi DANA dan tekan pada fitur eMAS.

Beli Emas di Aplikasi DANA

2. Tekan BUY GOLD untuk melakukan pembelian.

3. Tekan SELL GOLD untuk menjual emas yang dimiliki.

Pihak DANA bekerja sama dengan Pluang selaku aplikasi dibawah perusahaan PT PG Berjangka sama seperti GOJEK, karena perusahaan tersebut sudah diawasi dan terdaftar di Bappebti, maka kita bisa mempercayakan aset kita ke perusahaan tersebut.

Catatan: Saya sendiri masih belum mencoba keseluruhan dari agen/marketplace emas diatas (saat ini hanya pakai Tokopedia), namun untuk kedepanya, saya akan mencoba agen lainya dan menuliskan pengalaman diblog ini.


Pengalaman Beli Emas Online

Disini saya akan membagikan pengalaman secara singkat tentang pembelian emas yang saya lakukan di Tokopedia.

Pengalaman Beli Emas di Tokopedia

Pada tanggal 11 dan 25 Maret saya melakukan pembelian dengan nominal Rp.100.972 dan mendapatkan emas sebanyak 0.1246 gram.

Pengalaman Jual Emas di Tokopedia

Karena pada tanggal 7 April emas mengalami kenaikan harga, maka saya memutuskan untuk menjualnya, dan mendapatkan hasil penjualan sebesar Rp.106.033.

Bedasarkan modal yang saya tanam dan hasil penjualan yang saya terima (Rp.100,972 – Rp.106,033 = Rp.5,061) dapat disimpulkan disini saya mendapatkan keutungan sebesar Rp.5,061 dari penjualan emas.

Mungkin jika saya ‬terus menambah modal dan menjualnya dalam waktu satu tahun kedepan, saya akan mendapatkan keutungan yang lebih banyak lagi.

Note: Saya tidak yakin modal saya murni Rp.100,972, karena terkadang saya tidak sengaja menekan nabung emas ketika sedang melakukan pembelian Di Tokopedia.


Apakah Beli Emas Online Aman

Tergantung, jika membeli emas online diagen atau sebuah perusahaan yang diawasi oleh lembaga negara maka jawabanya aman.

Maka sebelum membeli emas online, cari tahu terlebih dahulu tentang latar belakang agen atau sebuah perusahaan yang memberikan layanan pembelian emas digital.

Usahakan untuk melakukan pembelian pada suatu perusahaan atau agen yang familiar atau yang kita kenal, seperti Tokopedia yang menjalin kerja sama dengan PT Pegadaian (Persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pastikan juga bahwa suatu perusahaan sudah dijamin dan diawasi oleh Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) agar keamanan atas aset yang kita beli dapat terjaga.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai tempat jual beli emas secara online aman dan terpercaya, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel