-->

Apa Itu Sequel, Prequel, Remake, Reboot dan Spinoff

Pengertian dan perbedaan dari Sequel, Prequel, Remake, dan Spinoff pada film, anime, manga hingga drama series, mari cari tahu arti yang sebenarnya.

Pengertian Sequel, Prequel, Remake, Reboot dan Spin-off

Sebuah anime atau drama series mungkin sudah menjadi kebutuhan wajib untuk menghilangkan rasa lelah dan juga sebagai obat untuk mengistirahatkan otak.

Untuk beberapa orang menonton film jauh lebih menyenangkan daripada mencari hiburan diluar rumah, terutama bagi kaum wibu nolep dan juga kaum introvert.

Kebanyakan penikmat film atau anime mungkin tidak asing lagi dengan istilah ini, dan buat yang belum tahu, jangan khawatir karena kita akan membahas istilah itu.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas pengertian Sequel, Prequel, Remake dan Spinoff pada sebuah cerita.


Pengertian Sequel

Sequel adalah istilah untuk lanjutan cerita dari sebuah film maupun anime. Biasanya setiap karya yang mendapatkan/memiliki sequel terdapat sebuah format nama yakni season 2, 3, atau part 2, 3.

Jika dalam Light Novel sequel ini memiliki format nama yakni Volume 2, 3 dan seterusnya, contoh kasus penerapan sequel pada anime:

Anime Sword Art Online Season 2 adalah sequel dari Anime Sword Art Online Season 1.

Secara sederhana Sequel adalah sebuah lanjutan cerita dari suatu film, anime, light novel hingga manga.


Pengertian Prequel

Prequel adalah sebuah cerita atau kejadian yang berlatar sebelum cerita pertama dibuat, istilah prequel ini sering disebut juga sebagai back story.

Misalnya terdapat sebuah cerita mengisahkan tentang suatu karakter yang memiliki kekuatan yang sangat besar, namun pada versi ini tidak diceritakan darimana karakter tersebut mendapatkan kekuatan itu.

Baca juga: Contoh dan Pengertian Genre Film, Anime dan Light Novel

Dibuatlah sebuah prequel atau back story yang menceritakan tentang darimana karakter tersebut bisa mendapatkan kekuatan yang sangat besar.

Jika dalam kasus anime mungkin salah satu contohnya adalah anime No Game No Life, dimana pada anime tersebut menceritakan tentang sebuah dunia game.

Karena tidak dijelaskan tentang awal mula terbuatnya dunia game tersebut dibuatlah prequel yang berjudul No Game No Life: Zero, dimana pada versi prequel menceritakan tentang awal mula terbentuknya dunia game tersebut.

Atau jika disederhanakan Prequel ini adalah flashback dari sebuah cerita (bener-bener full flashback).


Pengertian Remake

Remake adalah istilah untuk pembuatan ulang suatu film atau anime yang telah dirilis. Biasanya Remake dibuat karena pada versi sebelumnya suatu film atau anime sangat laku dipasar dan disukai oleh banyak orang.

Dalam segi cerita versi remake masih sama seperti versi asli, meskipun terkadang terdapat adegan tambahan untuk melengkapi sebuah cerita.

Ketika suatu film, game atau anime diremake kualitas grafis yang disajikan akan meningkat atau lebih bagus dari versi aslinya. Kita ambil contoh pada kasus video game.

Resident Evil 2 adalah game yang dikembangkan oleh perusahaan Capcom, dan dirilis pada tahun 1998 di PS1 (PlayStation). Mungkin saat ini game Resident Evil 2 bisa dibilang sudah sangat ketinggalan jauh dalam segi grafis.

Munculah game Resident Evil 2 versi Remake, dimana pada versi Remake kualitas grafis lebih ditingkatkan dan terdapat sedikit tambahan adegan untuk melengkapi sebuah cerita.

Tentu hal ini dilakukan karena pada versi RE2 asli sangatlah populer dan dimainkan oleh banyak orang pada masanya.


Pengertian Reboot

Reboot adalah istilah untuk pembuatan ulang suatu anime atau film namun cerita yang ada didalamnya berbeda dari versi aslinya.

Misalnya kasus film berjudul Spiderman, pada film pertamanya atau versi aslinya karakter Spiderman diperankan oleh Peter Parker, dirinya mendapatkan kekuatan tersebut dikarenakan digigit oleh laba-laba.

Karena pada versi Reboot biasanya memiliki cerita yang berbeda dengan film pertama atau versi aslinya, maka bisa saja pada film Spiderman reboot tokoh utama yang dulu diperankan oleh Peter Parker berubah menjadi Rami Malek.

Dan penyebab dirinya mendapatkan kekuatan super tersebut dikarenakan digigit oleh Serigala atau dikarenakan eksperimen yang dilakukan oleh Umbrella Corporation (misalnya).

 

Pengertian Spinoff

Spin-off adalah istilah untuk sebuah cerita sampingan (side story) atau cerita khusus yang dibuat untuk karakter pembantu atau karakter sampingan dari cerita utama.

Spin-off bisa dibuat karena suatu karakter tidak sengaja menarik perhatian para penonton, sehingga akan lebih menarik jika dibuatkan cerita khusus untuk karakter tersebut.

Dimana pada cerita asli / cerita utama karakter tersebut hanya sebagai karakter sampingan, namun dalam versi spin-off karakter sampingan tersebut menjadi karakter utama.

Baca juga: Apa itu Plot Twist, Plot Armor, Plot Hole dan Plot Major

Salah satu anime yang mendapatkan spin-off yakni Danmachi (Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka), spin-off tersebut memiliki judul Sword Oratoria.

Atau kalau berbicara film mungkin spin-off dari film The Conjuring yang berjudul The Nun, dimana seharusnya hantu di film The Conjuring hanyalah sebagai karakter sampingan, namun pada versi spin-off Hantu ini jadi main topik atau cerita utama.

Mungkin itu saya pembahasan mengenai apa itu sequel, prequel, remake, dan spinoff pada film atau anime, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel