Apa itu Plot Twist, Plot Armor, Plot Hole dan Plot Major

Ingin mengulas sebuah anime? Kenali dulu istilah atau pengertian Plot Twist, Plot Armor, Plot Hole, Plot Major pada suatu film, drama maupun anime.

Pengertian Plot Twist, Plot Armor, Plot Hole, dan Plot Major

Plot adalah sebuah alur atau jalan cerita pada sebuah film, anime, drama, game, komik maupun sebuah novel.

Atau secara sederhana plot merupakan sebuah struktur / kerangka yang berisi oleh deretan peristiwa, mulai dari pengenalan, konflik (masalah), klimaks dan penyelesaian (ending).

Seperti yang kita pelajari pada sekolahan, plot dibagi menjadi 3 jenis, yakni:

  1. Alur Maju (Plot Flash-foward)
  2. Alur Mundur (Plot Flash-back)
  3. Alur Campuran (Plot Maju Mundur)

Itu hanyalah penjelasan singkat mengenai pengertian Plot atau Alur.


Pada kesempatan kali ini saya akan lebih fokus membahas membahas mengenai apa itu plot hole, plot armor, dan juga plot twist pada suatu film maupun anime.


Pengertian Plot Twist

Plot Twist adalah sebuah alur cerita yang sengaja dipelintirkan dengan tujuan agar penonton/pembaca tertipu, dan terkejut (tak menduga) akan jalan cerita yang sedang terjadi.

Secara sederhana Plot Twist dibuat untuk menyesatkan para penonton dan menggiring para penoton agar beranggapan atau mengira bahwa si A itu baik dan si B itu jahat, namun pada kenyataanya justru si A itu malah yang jahat dan si B itu justru baik.

Atau contoh lain misalnya karakter yang bernama A tertusuk oleh pedang sehingga dikabarkan mati dan membuat musuh gembira.
Apa itu Chunibyou dan Hikikomori
Namun, beberapa waktu kemudian atau diakhir cerita, karakter yang dikabarkan mati atau si A ini muncul kembali, ternyata orang yang tertusuk oleh pedang dulu tuh bukanlah karakter si A, melainkan karakter si B yang kebetulan wajah mereka sangatlah mirip.

Sehingga dengan hidupnya karakter si A ini semua musuh yang ada dapat dikalahkan, dan orang orang yang ditahan oleh musuh dapat diselamatkan, sehingga mereka dapat hidup bahagia.

Tapi bo’ong, ternyata si karakter A ini beneran mati, dan mengalahkan musuhnya itu hanyalah sebuah imajinasi atau hanyalah sebatas mimpi dari kematian.

Ya Intinya sih Plot Twist dibuat agar para penonton/pembaca itu terkejut dan tidak menduga akan jalan cerita yang sedang terjadi.


Pengertian Plot Armor

Plot Armor adalah sebuah perlindungan yang diberikan kepada sebuah karakter secara tidak langsung. Plot Armor dibuat karena betapa pentingnya atau berpengaruhnya suatu karakter pada sebuah jalan cerita.

Dengan adanya Plot Armor membuat karakter utama atau karakter yang dilindungi tidak akan mati meskipun terdapat sebuah kejadian yang mengancam nyawanya.

Jadi meskipun dihajar sampai babak belur, tertusuk pedang, terkena racun, terimpa meteor, dengan adanya plot armor ini karakter tersebut tidak akan atau tidak bisa mati.

Seperti halnya karakter Naruto pada anime Naruto, jadi meskipun Naruto ini dihajar sampai babak belur, hingga tertusuk pedang dibagian jatung, karena memiliki plot armor si Naruto ini tidak akan mati apapun yang terjadi.

Berbeda dengan karakter tanpa plot armor, ibaranya karakter tanpa plot armor terkena goresan pisau aja bisa mati, karena ya gak ada plot armor.

Ya intinya plot armor tidak akan membiarkan suatu karakter yang dilindungi mati apapun yang terjadi, gitu aja lah.


Pengertian Plot Hole

Plot Hole adalah sebuah celah, atau kesalahan pada suatu cerita baik dalam novel, film maupun anime. Biasanya plot hole menghadirkan sebuah kejadian yang melawan arus logika, atau bisa juga disebut sebagai cerita yang tidak relevan (janggal) dan tidak konsisten.

Sebagai contoh ada seorang karakter ibu yang sangat menyayangi anaknya, tiba tiba pada suatu hari ibu ini berubah menjadi kejam kepada anaknya tanpa dijelaskan penyebabnya karena apa.
Apa itu Tsundere, Yandere, Kuudere, Dandere dan Yangire!
Atau terdapat sebuah karakter yang sangat hebat dan bisa dikatakan hampir tidak terkalahkan, namun tiba tiba karakter tersebut mati tanpa dijelaskan penyebanya karena apa.

Sehingga dengan adanya lubang atau hole pada cerita membuat para penonton kebingungan dan bertanya tanya.

“Kok bisa seperti itu karena apa?”

Ya intinya plot hole ini adalah suatu lubang dari sebuah cerita, dimana lubang yang dimaksudkan adalah tidak lengkapnya atau kurangnya penjelasan pada sebuah cerita.

Lalu apakah plot hole ini buruk pada sebuah cerita?

Karena saya bukan penulis cerita jadi saya kurang tau, namun ada beberapa penulis yang memang sengaja membuat plot hole dengan tujuan mengajak pembaca untuk berimajinasi dan melengkapi lubang dalam cerita tersebut.

Secara sederhana sih menyuruh pada pembaca untuk melengkapi cerita tersebut sesuai dengan keiinginan atau imajinasi pembaca (alternatif story).


Pengertian Plot Major

Plot Major / Plot Point adalah inti cerita atau alur cerita yang dialami oleh tokoh utama.

Biasanya Plot Major ini berisikan tentang inti cerita dari seluruh kejadian yang ada pada sebuah cerita, dengan menghilangkan beberapa hal seperti karakter tambahan atau sebuah kejadian yang sekiranya tidak terlalu berpengaruh pada alur cerita.

Misalnya plot major singkat pada film Titanic adalah:

Seseorang laki – laki bernama Jack Dawson bertemu dengan seseorang wanita cantik yang bernama Rose disebuah kapal yang bernama Titanic, tidak sengaja kapal tersebut menabrak sebuah karang es sehingga menyebabkan kapal Titanic tenggelam.
Makna Akhiran -Chan, -Kun, -San, -Sama, -Dono Pada Bahasa Jepang
Contoh diatas adalah sebuah plot major pada film Titanic secara singkat, kalau plot major yang sebenarnya ya seperti itu cuman agak lebih rinci lagi disetiap kejadianya.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai makna plot twist, plot armor dan plot hole. Sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel