Apa itu Tsundere, Yandere, Kuudere, Dandere dan Yangire!

Suka nonton anime? Pasti tidak asing lagi dengan sifat karakter Tsundere, Yandere, Kuudere, Dandere, Yangire dan masih banyak lagi.

Apa itu Tsundere, Yandere, Kuudere, Dandere dan Yangire!

Selamat datang di Sekolah Wibu, dimana pada program ini kamu akan diberikan edukasi tentang hal yang berbau Jepang terutama anime.

Pada pembahasan sebelumnya kita sudah pernah membahas terkait Apa itu Manga, Light Novel, Visual Novel, Galge dan Eroge? dan juga Apa itu Seiyuu atau Voice Actor?

Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai sifat seseorang atau sifat karakter dalam anime, mulai dari Tsundere, Yandere dan masih banyak lagi.



Dari banyaknya sifat yang ada, saya hanya akan membahas beberapa sifat yang sekiranya sering muncul dalam anime, dan dari pada banyak basi basi mendingan kita langsung menuju ke pembahasan.


Apa itu Dere?

Mari kita bahas kata “Dere” terlebih dahulu, karena nantinya semua sifat pasti memiliki akhiran “Dere” misalnya Tsundere, Yandere, Kuudere dan masih banyak lagi.

Dere sendiri adalah suatu sifat yang menggambarkan keadaan seseorang yang sedang jatuh cinta, atau suka sama seseorang. Kata ini juga berasal dari kata “Dere-dere” yang kemudian disingkat menjadi Dere.

Di dalam anime penggambaran sifat ini sering digunakan untuk karakter wanita. Karena sejauh ini saya belum pernah menemukan sifat ini dipakai oleh karakter cowok, ya mungkin ada cuman saya belum pernah liat aja.

Oke mungkin hanya itu saja gambaran singkat mengenai Dere atau Dere-dera, mari kita lanjut ke pembahasan…


Apa itu Tsundere?

Tsundere biasanya julukan untuk orang yang memiliki sifat keras, agresif, dan dingin. Tsundere sendiri gabungan dari kata “Tsun-tsun” dan “Dere-dere” disingkat deh jadi Tsundere.

Biasanya ketika orang memiliki sifat Tsundere akan sangat sulit sekali untuk menyatakan atau mengungkapkan perasaan yang sebenarnya (intinya tidak mau jujur), terlebih lagi karakter ini biasanya memiliki harga diri yang sangat tinggi.

Contoh penggambaran dari sifat Tsundere yakni semisalnya ada cewek yang sangat suka dengan seorang cowok nih, ketika si cewek ini tanya sama cowok yang dia suka “Kamu suka aku po?” dengan cepat si cewek Tsundere ini akan menjawab “Kagak lah, najis, jijik, siapa juga yang mau sama kamu.”

Padahal dalam hati si cewek ini bilang “Suka” atau “Daisuki”, ya kalau pengen tau lebih lengkap bisa melihat beberapa karakter Tsundere pada anime:

  • Kirisaki Chitoge – Anime Nisekoi
  • Aisaka Taiga – Anime Toradora
  • Kotegawa Yui – Anime To Love Ru
  • Misaka Mikoto – Anime Toaru Majutsu no Index
  • Makise Kurisu – Anime Stein;Gate

Namun ketika cewek dengan Karakter Tsundere ini sudah jatuh cinta maksudnya cintanya sudah diketahui oleh tokoh utama, dia akan menjadi karakter paling setia untuk tokoh utama atau seseorang yang sangat disukainya.

Sifat Tsundere sendiri dibagi menjadi:

  1. Tsundere Natural – Biasanya ketika orang memiliki tipikal Tsundere Natural dia akan mengeluarkan sebuah reaksi yang spontan, seperti langsung lari ketika orang yang disukai menghampirinya, atau memalingkan wajah ketika dilihat oleh orang yang disukai, ya intinya malu – malu gimana gituh.
  2. Tsundere Narsisme – Tipikal orang yang tidak suka atau tidak dapat menerima opini / saran dari orang lain.
  3. Tsundere Ojou – Sama seperti Himedere (silahkan simak dibawah) yang dimana seseorang suka diperlakukan layaknya seorang tuan putri / princess.
  4. Deviant Tsundere – Tipe Tsundere yang paling berbahaya yakni Deviant Tsundere, karakter ini biasanya suka berinteraksi dengan orang lain didasari kekerasan, mirip seperti sifat Yandere dan Yangire, intinya Wibu Psiko.
  5. Tsundere Pragmatis – Biasanya orang yang memiliki tipe ini tidak bisa diajak bercanda, karena apa – apa yang dibahas atau dibicarakan pasti dianggap serius (selera humor rendah).
  6. Extrovert Tsundere – Sama seperti orang orang Extrovert didunia nyata, yakni orang yang memiliki sifat Extrovert pasti terlihat selalu ceria dan banyak tingkah (caper), terkadang terlihat kekanak kanakan.
  7. Introvert Tsundere – Tipikal orang ini biasanya lebih suka terdiam, menyendiri, dan tidak suka dengan tempat yang ramai, bisa dibilang kebalikan dari Extrovert. Biasanya orang yang memiliki kepribadian Introvert adalah mereka para kaum Nolep.

Oke mungkin hanya itu saja pembahasan mengenai Sifat Tsundere, mari kita lanjut ke…


Apa itu Yandere?

Bisa dikatakan Yandere adalah sebuah Sifat paling disukai setelah Sifat Tsundere, mengapa? Karena kebanyakan Wibu Di Indonesia menyukai tentang beberapa hal yang berbau psikopat.

Pada pembahasan sebelumnya saya juga pernah membahas tentang Rekomendasi Anime Untuk Wibu Psikopat, nah bisa dikatakan Sifat Yandere ini adalah awal mula terciptanya para Wibu Psikopat, kenapa?

Karena Yandere adalah julukan untuk orang yang terobsesi akan suatu hal yang ia sukai, misalnya menyukai seseorang. Yandere sendiri berasal dari kata “Yanderu” (omaewa mo shindeiru) yang artinya Gangguan Mental atau Sakit Mental.

Orang yang memiki sifat ini cenderung menunjukan rasa cintanya dengan kekerasan layaknya Wibu Psiko. Karena dapat membunuh orang lain atau seseorang yang disukai tanpa panjang pikir.

Beberapa Karakter Yandere pada anime:

  • Yuno Gasai – Anime Mirai Nikki
  • Mikasa Ackerman – Anime Attack on Titan
  • Kotonoha Katsura – Anime School Days
  • Lucy – Anime Elfen Lied
  • Hitagi Senjougahara – Anime Bakemonogatari

Entah kenapa orang orang suka dengan karakter cewek Yandere, padahal kan serem juga kalau punya pacar Yandere.


Apa Itu Kuudere?

Sifat Kuudere ini berasal dari kata “Kuu” atau dalam Bahasa Inggris “Cool” dan jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah “Keren, Santai, Kalem”, tapi biasanya malah condong ke Flat sih, atau tanpa ekspresi.

Sifat ini menggambarkan seorang karakter yang selalu tampil keren atau tenang dalam keadaan apapun, termasuk dalam masalah percintaan. Meskipun selalu tampil kalem dan santai, karakter dengan sifat Kuudere cenderung tidak menunjukan emosinya.
Tempat Situs Download Anime & Baca Manga Terbaru
Seperti ketika sedang sedih, atau kesusahaan, karakter ini tidak ingin menunjukan ekspresi sedih atau susahnya, dikala sedang senang atau bahagia juga lebih memilih untuk tidak menunjukan ke siapapun, ya biar tetap keren intinya.

Beberapa Karakter Kuudere pada anime:

  • Tachibana Kanade – Anime Angel Beats!
  • Yuki Nagato – Anime Suzumiya Haruhi no Yuuutsu
  • Inori Yuzuriha – Anime Guilty Crown
  • Misaki Mei – Anime Another
  • Rei Ayanami – Anime Neon Genesis Evangelion

Kebetulan saya juga punya teman yang punya sifat Kuudere, ekspresinya flat bener dah, cuman bisa senyum doang, belum pernah liat ketawa sampai ngakak.


Apa Itu Dandere?

Sifat yang dimiliki oleh banyaknya manusia yang ada di bumi ini (terutama kaum nolep), yeps yaitu Sifat Dandere, berasal dari kata “Danmari” yang memiliki arti Pendiam.

Kebanyakan karakter yang memiliki sifat Dandere pasti orangnya pemalu, apalagi ketika bertemu dengan seseorang yang dia sukai, pasti tidak tau mau bertingkah seperti apa.

Karakter ini juga memilih untuk tidak berbicara terlalu banyak, karena takut kata – kata yang diucapkan justru menyakiti lawan bicaranya atau gampangnya takut salah omong.

Namun ketika ia sudah memiliki teman atau seseorang yang membuatnya nyaman, karakter Dandere akan lebih terbuka seperti lebih banyak berbicara tentang dirinya, atau kehidupanya.

Beberapa Karakter Dandere pada anime:

  • Hyuuga Hinata – Anime Naruto
  • Furukawa Nagisa – Anime Clannad
  • Shihoru – Anime Hai to Gensou no Grimgar
  • Nagato Yuki – Anime Nagato Yuki-chan no Shoshitsu
  • Sengkoku Nadeko – Anime Monogatari Series

Pada dasarnya kepribadian Dandere ini dimiliki oleh semua orang Introvert, biasanya loh.


Apa itu Yangire?

Kurang lebih hampir sama seperti sifat Yandere, yang dimana memiliki sifat Wibu Psiko. Lah emang bedanya dimana? Perbedaanya Yangire berasal dari kata Yangire, dimana tidak mimiliki akhiran “Dere”.

Karena tidak memiliki akhiran Dere, maka bisa dikatakan Yangire adalah sifat Psikopat tanpa dipengaruhi suatu hubungan, atau menjadi psikopat bukan atas nama cinta.

Atau lebih gampangnya Yangire itu kepribadian para Wibu Psiko, yang dimana dapat membunuh orang lain tanpa panjang pikir.

Beberapa Karakter Yangire pada anime:

  • Kureo Mado – Anime Tokyo Ghoul
  • Shiro – Anime Deadman Wonderlan
  • Izumi Shinichi – Anime Kiseijuu: Sei no Kakuritsu
  • Nashetania Loei Piena Augustra – Anime Rokka no Yuusha
  • Seryu Ubiquitous – Anime Akame ga Kill

“Jadi apakah watashi wibu yangire?”


Apa itu Himedere?

Bisa dibilang bahwa sifat Himedere hampir sama seperti Tsundere Ojou, dimana karakter ini memiliki sifat “Harus diperlakukan layaknya tuan putri”.

Himedere berasal dari kata “Hime” yang memiliki arti Putri atau Tuan Putri, sedangkan jika diartikan yakni “Suka dengan perlakuan layaknya tuan putri” atau justru malah Wajib diperlakukan layaknya Ojou-saa atau Hime-sama.
Tempat Situs Download Drama Korea, Jepang & Film Terbaru
Biasanya karakter ini berasal dari keluarga yang sangat kaya atau elite, yang dimana setiap ngomong selalu berakhir dengan tambahan kata “desu wa, desu no” dan sebagainya. Misalnya “Watashi desu wa, Kimochi desu wa”

Beberapa Karakter Himedere pada anime:

  • Sakayanagi Arisu – Anime Classroom of The Elite
  • Urnea Belfast Yumina – Anime Isekai wa Smartphone
  • Mio Aoyama – Anime The World God Only Knows
  • Catherine Mcdonald – Anime Kaze no Stigma
  • Kanade Suzutsuki – Anime Mayo Chiki

“Kimochi desu wa”


Apa itu Cringere?

Terakhir adalah sifat Cringere yang menunjukan kepribadian orang yang suka nonton anime, terus ketika karakter itu overpower, pendiam, kuat, paling pintar selalu bilang “wah ini karakter kok kayak gue banget ya”.

Beberapa karakter anime yang dijadikan slogan “Gue Banget” oleh para Cringere:

  • Oreki Houtarou – Anime Hyouka
  • Kiyotaka Ayanokouji – Anime Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e
  • Kirito – Anime Sword Art Online
  • Shiba Tatsuya – Anime Mahouka Koukou no Rettousei
  • Hikigaya Hachiman – Anime Oregairu

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai apa itu Tsundere, Yandere, Kuudere, Dandere, Yangire dan Himedere, (Cringere gak termasuk loh ya) atau beberapa sifat karakter cewek pada anime. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel