Apa itu Manga, Light Novel, Visual Novel, Galge dan Eroge?

Apa itu Manga, Light Novel, Visual Novel, Galge dan Eroge?
 
Banyak orang yang baru saja memasuki dunia wibu kebingungan tentang apa sih itu Manga, Light Novel, Visual Novel, Galge dan Eroge? Padahal hal itu adalah hal yang wajib diketahui dikalangan Wibu, pada kesempatan saya akan membahas semua itu

Sebelumnya selamat datang di Sekolah Wibu, dimana pada program ini, kamu akan diberikan sebuah informasi yang dapat mengedukasi, menambah ilmu dan wawasan terkait dunia perwibuan. Oke dari pada banyak basi basi mendingan kita langsung menuju ke pembahasan.

Jepang adalah negara yang dikenal dengan sebuah karya cerita baik fiksi maupun diambil dari kisah nyata, diantara lainya adalah sebuah Animasi (Anime) yang terus diproduksi setiap musimnya, sedangkan anime biasanya mengambil cerita atau mengadaptasi dari sebuah Manga, Light Novel atau Visual Novel.

Dari sini muncul sebuah pertanyaan apa itu Manga, apa itu Light Novel dan sebagainya, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskanya, yuk mari kita simak.

Pengertian Manga

Apa itu Manga? Manga ini sebenarnya adalah sebuah komik namun hanya dibuat di Jepang, atau simpelnya Komik buatan Jepang (Kurang lebih sama seperti Anime, Apa itu Anime? Anime adalah sebuah animasi buatan Jepang), sedangkan orang yang membuat Komik atau Manga disebut sebagai Mangaka.

Biar mudah diingat, biasanya Manga ini terdiri dari sebuah gambar yang sangat banyak, atau kaya akan Ilustrasi beserta gambar dan dialog yang berwujud tulisan, berbeda dengan Light Novel yang isinya cuman tulisan, tenang setelah ini saya akan bahas apa itu Light Novel.
Youkoso Jitsuryoku Season 2 Release | Masalalu Kiyotaka
Tidak sedikit dari studio anime yang mengadaptasi cerita dari Manga, beberapa diantaranya adalah (Go-Toubun no Hanayome, One Punch Man, Attack on Titan dan lain lain).

Pengertian Light Novel

Apa itu LN atau Light Novel (Novel Ringan), seperti judulnya bahwa Light Novel adalah sebuah Novel Ringan, pada dasarnya ini adalah sebuah Novel hanya saja disertai dengan Ilustrasi berupa gambar. Berbeda dengan Manga yang kaya akan gambar, dengankan Light Novel ini kaya akan tulisan dan sangat minim Ilustrasi berupa gambar.

Banyak sekali anime yang mengadaptasi cerita dari LN, karena cerita jauh lebih kompleks atau lengkap, soalnya ya isinya cuman tulisan doang. Beberapa anime yang diadaptasi dari cerita Light Novel adalah (Sword Art Online, Classroom of The Elite, Sakurasou dan lain lain).


Pengertian Visual Novel

Apa itu VN atau Visual Novel? Sama seperti judulnya yakni sebuah Novel yang menyediakan sebuah Visual, biasanya Visual Novel ini berbentuk sebuah game interaktif, yang dimana kamu bisa menentukan jalan ceritanya sendiri.

Dilengkapi dengan Ilustrasi baik gambar, tulisan berupa dialog, dan juga suara membuat Visual Novel ini banyak diminati oleh para wibu.

Beberapa Visual Novel juga mengambil cerita baik dari Novel maupun Light Novel. Hal yang menarik dalam Visual Novel yakni player atau pemain dapat menentukan jalan ceritanya sendiri, dengan memilih berbagai dialog yang sudah disediakan, (Kenapa bisa dibilang begitu?)

Ya karena VN adalah sebuah game, contoh simpel aja (ini cuman contoh ya), kan anime yang berjudul White Album 2 ada Visual Novelnya kan? sedangkan jika mengikuti jalan cerita pada anime, karakter utama memilih dengan si rambut hitam, panggil aja gadis A, nah pada Visual Novel ini player dapat menentukan endingnya pengen sama siapa, bisa aja dengan gadis B, atau malah gadis Z, tergantung dialog yang kamu pilih.

Pengertian Galge

Apa itu Galge? Kurang lebih sama seperti Visual Novel, karena Galge ini bisa dikatakan adalah genre dari Visual Novel, Galge sendiri adalah sebuah game Interaktif yang terfokuskan pada masalah percintaan, biasanya akan ada banyak sekali karakter wanita atau sebaliknya.

Menurut saya sendiri sih Galge adalah sebuah game yang terfokus pada sebuah simulasi dating, atau kencan, ya bisa dinikmati atau untuk latihan jika pengen punya pacar. Saya sendiri sudah pernah mengulas tentang beberapa game Galge yang  mirip dengan Summertime Saga, ehmm.. perlu diingat ini mengandung 18+, maksudnya dalam lingkup kehidupan dewasa, dan tidak ada ena enanya.
Rekomendasi Anime Romance Comedy Terbaik
Skema dari game Galge yakni memilih sebuah dialog atau jawaban dari sebuah percakapan, yang dimana pada saat memilih jawaban itu, akan berpengaruh besar pada jalan cerita, karena sangat sulit untuk dijelaskan mendingan kalian main game galge aja, dengan catatan yang tidak ada unsur dewasanya.

Pengertian Eroge

Apa itu Eroge? Lagi lagi sama seperti Visual Novel, hanya saja Eroge ini berhubungan dengan hal yang berbau 18+. Dilihat dari judulnya aja Eroge atau Erotic Game atau game erotis yang dimana mengandung hal dewasa, seperti adegan ena ena.

Saya juga pernah mengulas tentang Eroge ini baik pada channel youtube ini maupun pada forum nafaskuda, tapi ya karena ini sebuah game yang mengandung *ehem* jadi ya kondisikan diri sendiri ya.
Rekomendasi Anime Yang Mirip Dengan Amagami SS
Kebanyakan orang yang memainkan game ini, adalah spesies yang sama seperti pengunjung situs KucingPoi, atau orang yang membutuhkan asupan gizi yang ena ena. Sangat tidak direkomendasikan untuk anak kecil karena ya tau sendiri lah.

Bagaimana nih? Sudah mengerti terkait perbedaan diantara Manga, Light Novel, Visual Novel, Galge dan Eroge belum? Jika tidak silahkan ulangi aja gan.


Mungkin dari saya itu saja, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata, sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel