10 Rekomendasi Anime Misteri Terbaik Dengan Jalan Cerita Seru!

Sebuah anime dengan genre Misteri pasti akan mengajak para penonton untuk berfikir dalam memecahkan suatu hal, ya salah satunya adalah sebuah misteri.

Anime Misteri Terbaik

Karena sebuah misteri itu harus dipecahkan, supaya tidak menjadi misteri lagi (lah trus jadi apa?) jadi apa ya?

Terdapat satu anime misteri yang bisa dikatakan sangat melegenda yang berjudul Detective Conan, itu anime udah lama banget bahkan ketika saya SD pun sudah ada, hingga sekarang lulus SMK pun juga masih diproduksi, gila emang.
Namun dikarenakan Detective Conan terlalu banyak episodenya dan bisa dikatakan terlalu rumit untuk wibu jaman sekarang, maka saya tidak akan memasukan ke dalam daftar rekomendasi.

(karena kita tuh butuh sesuatu yang fresh, bukan anime lawas yang grafiknya burik)


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 10 Rekomendasi Anime Misteri yang memiliki alur cerita seru, dimana ceritanya santai cuman tetep harus mikir keras kalau pengen jadi detektif, kalau saya mah nonton ya nonton aja.


Subete ga F ni Naru

Sebuah anime Underrate yang bahkan tidak banyak orang yang mengetahuinya. Meskipun tidak terkenal, sebuah anime misteri dengan judul Subete ga F ni Naru memiliki alur cerita yang cukup unik dan seru untuk ditonton.

Karena pada anime ini penonton akan diajak untuk berfikir dalam menemukan siapa pelaku atas insiden pembunuhan. Ya barang kali kalian pengen jadi detektif ya sangat direkomendasikan untuk ditonton.

Oh iya sampai lupa, Anime dengan judul Subete ga F ni Naru menceritakan tentang seorang ahli dalam pemecahan suatu masalah dan juga salah satu anggota dari Saikiawa Research Lab bernama Mas Sohei.
9 Rekomendasi Anime NTR-Nikung Tanpa Rem Terbaik
Seperti yang saya bilang tadi bahwa Mas Sohei ini ahli dalam memecahkan suatu masalah, singkat cerita Mas Sohei ini ngadain liburan ke sebuah pulau, dan juga seorang cewek cantik yang bernama Nishinosono Moe ikut dalam liburan itu.

Siapa itu Nishinosono Moe? Dia adalah putri dari mentornya si Mas Sohei. Tiba lah mereka ditempat tujuan, bukanya bersenang senang mereka malah dihadapkan dengan sesosok mayat yang mati (mayat kan emang mati).

Dari situlah awal mula pemecahan misteri dimulai, misteri tentang terjadinya pembunuhan berantai, kenapa ya anime misteri pasti ada kaitanya sama pembunuhan, heran saya.


Hyouka

Sebuah anime misteri yang berlatar tempat disekolahan, dan juga mungkin banyak dari kalian yang menggunakan foto karakter utama yang bernama Oreki Houtaru sebagai foto profile sosial media.

Ya karena karakter ini masuk kedalam daftar karakter “Gue Banget” terbaik sepanjang masa, eh gak Gue Banget deng, Lu banget aja.

Atas pemintaan kakaknya, Oreki Houtaro terpaksa bergabung disebuah klub sastra di SMA Kamiyama, ya meskipun ia tidak memiliki minat untuk bergabung diklub sastra, namun ya karena permintaan kakaknya dia terpaksa untuk bergabung.

Didalam klub tersebut terdapat sebuah anggota yang sangat unik, seperti temanya Oreki yang bernama Fukube Satoshi, ia mendapatkan julukan sebagai “Database” dikarenakan Fukube Satoshi selalu mengetahui sesuatu hal yang baru atau tahu segala sesuatu.

Sekaligus karakter wanita cantik dan juga sangat kepo terhadap sesuatu yang bernama Eru Chitanda, intinya cewek itu tuh kalau ada apa gitu langsung pengen tau sebab, akibatnya. Intinya dikit dikit kepo.

Namun berkat sifat kekepoanya itu membuat Oreki Houtaro mau tidak mau harus memecahkan masalah dan misteri yang ada, alur cerita dalam anime ini bisa dibilang sangat seru.

Karena pada awal episode kita diperlihatkan kasus yang ringan ringan terlebih dahulu (gak langsung berat), seperti memecahkan kasus dimana karakter yang bernama Chitanda Eru itu bisa masuk kedalam ruangan Klub tapi dalam keadaan pintu luar kekunci.

Dan juga Chitanda Eru tidak mengunci pintu itu dari dalam karena dia tidak memiliki kuncinya, nah loh gimana kok bisa? Apakah masuknya lewat jendela? atau gimana? Silahkan tonton sendiri aja deh.


Monogatari Series

Sebuah anime misteri yang bisa dikatakan sangatlah “Absurd” karena memiliki pembahasan yang sekiranya agak ngalor-ngidul atau kemana mana.

Terlebih lagi mengangkat makhluk supranatural seperti Kepiting Raksaksa, Kucing Putih, Tangan dari Kera yang dimana itu tuh sangatlah absurd (ini menurut saya sih, soalnya saya gak tau hal begituan).

Tapi meskipun begitu, jujur saja saya sangat menyukai anime ini karena alur ceritanya sangatlah seru untuk ditonton, yang jelas tuh bikin penasaran kenapa ini kok bisa gitu, terus makhluk ini apaan sih?

Oh iya sinopsisnya lupa, menceritakan tentang remaja SMA yang bernama Araragi Koyomi yang telah menyematkan hidup seorang Vampir Legenda dan Terkuat.

Konon katanya, barang siapa yang melihat vampir itu akan jatuh cinta, karena ia sangatlah cantik dan karakternya tuh kayak tante-tante, tentu dong menggoda.

Singkat cerita Araragi Koyomi memberikan darahnya kepada Vampire itu, dikarenakan Vampirenya tuh dalam keadaan sekarat, kalau gak salah habis diburu oleh para exorcis atau gampangnya pemburu vampir.

Seharusnya sih ketika Araragi Koyomi memberikan darahnya otomatis ia mati dong, tapi disini si Vampire itu tidak membiarkan si Araragi Koyomi, bahkan ia juga memiliki tubuh yang abadi sama seperti Vampire pada umumnya, dimana ketika luka bisa melakukan regenrasi.

Berkat berubah dirinya menjadi Vampire, Araragi Koyomi harus menghadapi fenomena aneh yang terjadi disekitarnya, mulai dari teman sekelasnya kerasukan Kucing Putih, Pacarnya kerasukan Kepiting, Temannya Pacarnya kerasukan Monyet dan fenomena kerasukan aneh lainya.

Tapi disini karakter yang “Kerasukan” itu cewek semua, jadi bisa dikatakan anime ini tuh punya genre harem, mantap kan. Entah A *engok* yang merasuki mu, DJ gagak anying.


Gosick

Anime Misteri kesukaan teman saya, karena karakter utama wanita adalah sebuah makhluk yang disebut sebagai Loli atau gadis kecil (jangan keras keras deh ntar dianu lagi).

Berlatar waktu jauh dari tahun sekarang atau lebih tepatnya pada tahun 1924 disebuah negara yang bernama Sauville. Karakter utama yang bernama Kazuya Kujo merupakan Putra dari Prajurit Kekaisaran Jepang.

Dia pergi ke sebuah negara yang bernama Sauville untuk melanjutkan sekolahnya, tepatnya dia masuk kedalam akademi yang bernama St.Margurite, intinya pada akademi itu isinya orang orang elit semua.

Singkat cerita sesampai disana, Kazuya Kujo bertemu dengan gadis kecil dan imut yang bernama Victorique, siapa itu Victorique, seperti yang saya jelaskan tadi bahwa ia adalah Loli.

Dia merupakan gadis yang sangat misterius dan menganggumkan, namun meskipun begitu ia tidak pernah masuk kedalam kelas, hari harinya dia gunakan untuk memecahkan sebuah misteri, atau dikala senggang ia juga membaca buku diperpustakaan besar.

Meskipu Victoryque tidak pernah menghadiri kelas, namun dia memiliki kemampuan untuk memecahkan misteri dengan cepat, yang dimana detektif sekelas Sherlock Home pun tidak bisa memecahkanya.


Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru

Sakurako-san atau judul panjangnya adalah Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru bisa dibilang anime misteri yang agak aneh, ya gak aneh sih.

Sebelum membacakan sinopsinya saya akan memperkenalkan karakter utama terlebih dahulu, untuk memperpanjang durasi video, soalnya sinopsisnya pendek bener cuy.

Takewaki Shoutaro adalah seorang pelajar SMA Ashikawa dikota Hokkaido, nah suatu hari dia bertemu dengan seorang wanita misterius yang bernama Sakurako.

Nah kenapa saya tadi bilang anime ini aneh? Mungkin kalau orang yang suka meneliti benda purba atau suka dengan hal purba gak aneh sih, karena saya nolep jadinya aneh. Terus anehnya dimana?

Sakurako seorang perempuan yang sangat amat suka sekali dengan segala hal yang berhubungan dengan tulang belulang, entah itu tulang manusia atau tulang dari peninggalan hewan purba, intinya semua tentang tulang.

Pertemuan mereka pun menjadi awal mula cerita dalam anime Sakurako-san, dimana mempersatukan dua manusia untuk meneliti segala hal misteri yang berhubungan dengan tulang belulang, aneh gak sih? gak aneh lah ya.


Kamisama no Memochou

Menceritakan tentang seorang detektif NEET atau gampangnya detektif tapi nolep, soalnya kerjaanya ya duduk didepan komputer untuk menyelidiki sesuatu.

Namun meskipun detektifnya itu Nolep, sudah banyak kasus misteri yang berhasil dipecahkan oleh detekif nolep, oh iya detektif ini bernama Yuuko, atau nama panggilanya tuh Alice, ia adalah seorang gadis kecil kira kira masih usia SMP kalau gak SD (loli lagi dong astagah).

Selain memiliki alur cerita yang cukup bagus untuk ditonton, sekaligus pengisi suara atau Seiyunya pun juga terkenal, seperti Matsuoka Yoshitsugu sekaligus Kayano Ai.

Kalau secara singkat cerita atau sebagian besar cerita dalam anime Kamisama no Memochou itu tentang pemecahan misteri terkait narkoba yang bernama “Angel Fix”.
20 Tempat Situs Download Anime & Baca Manga Terbaru
Gambaran singkat mengenai “Angel Fix” adalah jenis narkoba dimana pengonsumsinya bisa terbang dan bertemu malaikat, seperti namanya “Angel” yang berarti malaikat dan Fix artinya Fix, jadi kalau digabung ya “Angel Fix”.

Peredaran narkoba ini tertutup (ya iyalah bapak, kalau terbuka ya ntar ketangkep), ya intinya sangat sulit untuk diketahui jarigan penyebaranya tuh kek gimana dan dimana.

Dikarenakan polisi juga udah lelah untuk mencari jaringan peredaran “Angel Fix” maka pihak kepolisian dan pemerintahan mengirimkan permintaan kepada detektif nolep ini, agar mencari tahu jaringan peredaran Narkoba sekaligus dalangnya tuh siapa.


Ergo Proxy

Sebuah anime yang mengisahkan kehidupan dimasa depan, dimana manusia sudah hidup berdampingan dengan AutoReiv, buat yang belum tahu, AutoReiv itu semacam android yang memiliki kesadaran layakanya manusia, gampangnya sih Robot Android.

AutoReiv diciptakan untuk membantu kehidupan manusia, karena AutoReiv memiliki cara berfikir yang cepat 100x lipat dibanding dengan manusia (namanya juga robot) sekaligus bisa digunakan sebagai alat pertempuran.

Awalnya kehidupan Manusia dengan AutoReiv ini berjalan dengan damai dan penuh kasih sayang, namun semua berubah ketika virus yang bernama Cogito mulai menyerang.

Virus itu membuat robot AutoReiv tidak bisa berfikir jernih, dan alhasil menyerang siapa saja yang ada dihadapanya (intinya jadi tak terkendali). Dari sinilah awal mula pertemuran manusia dengan AutoReiv dimulai.

Lalu dimana letak anime misterinya gan? Ya dikarenakan virus tersebut menginfeksi robot android atau autoreiv secara tidak diketahui atau misterius, munculah orang yang bernama R-L Mayer untuk mulai menginvestigasi fenomena ini.

Tentang virus apa, mengapa virus itu dibuat dan siapa pembuatnya, nah mulai dari sinilah pertempuran sembil memecahkan sebuah misteri virus pun dimulai.


Dantalian no Shoka

Cerita dimulai setelah perang Dunia ke I, dan berlatar tempat Di Negara Inggris, Hugh Antothony Disward atau akrab dipanggil dengan sebutan Huey, jadi Huey ini adalah mantan tentara dari peperangan dunia ke I.

Suatu hari kakenya pun meninggal, dan memberikan si Huey ini sebuah surat warisan, dalam warisan tersebut si Kakek yang meninggal menitipkan sebuah massion atau perpustakaan besar segede gaban.

Intinya si Hue ini disuruh oleh kakeknya untuk menjaga perpustakaan pribadinya itu, oh iya ternyata perpustakaanya itu namanya adalah “Dantalian no Shoka”.

Didalam perpustakaan tersebut ada banyak sekali jenis buku yang dapat dibaca dan dipelajari, bahkan terdapat sebuah buku yang terdapat kekuatan magis atau magic, dimana ketika orang mempelajarinya akan mendapatkan kekuatan magis dari buku itu.

Lalu dimana letak anime misterinya? Nah tidak sreg ketika sebuah anime misteri tidak ada karakter villain atau karakter jahat. Disini, didalam anime maksudnya ada beberapa orang yang juga menyalahgunakan perpustakaan tersebut.

Tugas dari ahli waris Perpustakaan “Dantalian no Shoka” tentu harus bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi, termasuk menyelidiki dan memecahkan kejadian kejadian aneh yang terjadi di perpustakaan. 


Shinsekai yori

Sebuah anime yang menceritakan tentang kekuatan Psikokinesis, buat yang belum tahu Psikokinesis itu apa, singkatnya sih sebuah kekuatan yang dapat mengendalikan atau menghancurkan sesuatu hanya dengan melalui pikiran, kurang lebih seperti Cenayang.

Kalau tidak salah sih, barang siapa yang memiliki kekuatan Psikokinesis atau kekuatan cenayang, akan diangkat dan resmi menjadi Warga Kota Kamisu, nah di Kota Kamisu ini seperti tempat berkumpulnya orang yang memiliki kekuatan superpower.

Karakter utama yang bernama Watanabe Saki penasaran, kenapa ia bisa mendapatkan kekuatan psikokinesis, dan apa yang terjadi pada orang lainya ketika tidak bisa membangkitkan kekuatan supranatural itu? Mengingat dirinya juga baru saja masuk ke dalam Kota Kamisu.

Buat yang lupa apa itu Kota Kamisu, intinya dalam kota itu tempat berkumpulnya orang yang memiliki kekuatan super. Karena rasa penasaran tak tertahankan, tidak sengaja atau disengaja Watanabe Saki dengan empat temanya bertemu dengan suatu makhluk aneh.

Konon katanya Makhluk itu menyimpan sejarah 1,000 tahun tentang manusia dan kebenaran terkait kekuatan Psikokinesis, ya intinya Misterinya tuh menyelidiki tentang kebenaran umat manusia dan kekuatan Psikokinesis.


Zetsuen no Tempest

Sebuah anime Misteri dan juga mengandung unsur Time Travel yang sangat direkomendasikan untuk ditonton, bicara mengenai Time Travel saya sempat membuat ulasan mengenai Rekomendasi Anime Time Traveler Terbaik, bagi yang berminat silahkan cek diforum atau divideo saya pada channel ini.

Menceritakan dimana dunia sudah hancur dikarenakan sebuah fenomena aneh, gak tau nama fenomenanya apa yang jelas gara gara fenomena ini menyebabkan hampir seluruh penduduk Di Jepang menghilang entah kemana.

Kalau tidak salah Fenomena Kerusakan ini disebabkan ulah manusia yang memulai sebuah ritual apa gituh saya lupa, intinya berkat ritual itu membuat penduduk Jepang menghilang atau dengan kata lain meninggal.

Cerita ini berfokus kepada seorang remaja SMA bernama Yoshino, dan teman misteriusnya yang bernama Mashiro, si temanya ini atau si Mashiro membuat kesepakatan dengan penyihir terkuat yang bernama Hakaze.

Kenapa ia membuat kesepakatan dengan penyihir terkuat? Dikarenakan Mashiro ingin membunuh pelaku yang telah membunuh adiknya sendiri, jadi ceritanya adiknya Mashiro tuh terbunuh, tapi gak tau siapa pembunuhnya.

Di dalam anime Zetsuen no Tempest ini karakter Mashiro seperti Kakak suka dengan Adeknya sendiri njir, dan Ironisnya lagi Pacar dari adeknya Mashiro adalah temanya sendiri yakni Yoshino (agak rumit juga relationshipnya).
10 Anime Mirip Go-Toubun No Hanayome (Harem, Romance, & School)
Dan yang lebih parahnya Mashiro melarang si adeknya ini untuk perpacaran dengan siapapun, tapi kan udah berpacaran sama temenya sendiri? Ya intinya adeknya menjalani hubungan cinta dengan temanya sendiri secara diam diam (agak kayak NTR sih meskipun adek kakak).

Bicara soal letak misterinya ya, Menemukan siapa yang telah membunuh adeknya si Mashiro. Seru juga sih, karena hanya karena ingin menemukan siapa pembunuh adeknya ini dunia menjadi sangat kacau.

“Adekku penyebab dunia ini menjadi kiamat, ya gak kiamat sih, jadi bencana besar aja lah”.

Akhirnya selesai juga, ee hanya itu saja sih, ngasih rekomendasi jumlahnya 10 ternyata banyak juga ya ngejabarinya, bagi yang mau liat daftar lebih lengkapnya bisa liat di forum Nafaskuda, link sudah saya taroh didekripsi.

Mungkin itu saja 10 rekomendasi anime bertemakan misteri yang bikin mikir lalu pusing.

Bagi kamu yang pengen ngasih saran besok mau bahas apa juga bisa mengirimkan DM Instagram di @akuwega, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa (niatnya nonton biar jadi detektif, eh malah pusing sendiri, hadehh).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel