12 Rekomendasi Anime Berjelajah Waktu (Time Traveler) Terbaik

Perjalanan Waktu atau Time Travel mungkin sudah umum terjadi pada anime atau film, time traveler tentu bisa pergi ke masa depan atau kembali ke masalalu.

Best Anime Time Travel / Time Traveler

Biasanya kembalinya seseorang ke masa lalu atau perginya ke masa depan dipicu dengan suatu kondisi seperti melihat kupu-kupu atau terpleset ke jurang dan tiba tiba aja udah berganti waktu.

Juga dapat menggunakan suatu alat seperti Portal Waktu atau seperti halnya mesin Microwave, ya intinya ada banyak cara untuk menjadi Time Traveler.
Bisa dikatakan untuk menjadi Time Traveler sangatlah sulit, karena seharusnya kita tidak boleh yang namanya “Masa Lalu” karena sedikit saja yang berubah di masa lalu akan berdampak besar dimasa depan nantinya, teori ini disebut sebagai Butterfly effect (kalau gak salah).


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan rekomendasi anime time traveler atau tentang perjalanan waktu baik ke masa lalu maupun masa depan, dan dari pada banyak basi basi mendingan kita langsung menuju ke rekomendasinya.


Steins;Gate

Salah satu anime series yang berhasil menempati ranking 2 pada forum Myanimelist (terakhir kali saya cek tanggal 12 Oktober 2019), karena Steins;Gate bisa dikatakan anime time travel yang sangat unik.

Menceritakan tentang seseorang yang memiliki julukan sebagai ‘Mad scientits’ bernama Okabe Rintarou, dia adalah penemu sekaligus pendiri organisasi “future gadgets” atau “gadget masa depan”.

Tentu dong sebuah organisasi sudah sewajarnya memiliki anggota, selama memimpin di organisasi tersebut Okabe ditemani oleh teman masa kecilnya yang bernama Mayuri, sekaligus terdapat seorang Hacker dan juga Wibu bernama Hashida Itaru.

Organisasi kecil ini berfokus pada penemuan masa depan, salah satunya membuat mesin teleportasi hanya dengan bermodalkan sebuah Microwave dan juga Handphone.

Pada akhirnya mesin Teleportasi yang dibuat dari Microwave berhasil, namun setelah diteliti kembali ternyata bukanlah mesin teleportasi melainkan mesin waktu atau time travel machine.

Kan tadi saya bilang bahwa, jika seseorang pergi ke masa lalu dan merubah kejadian sedikit saja maka akan berdampak besar dimasa depan nantinya, dan entah gimana ceritanya saya lupa namun berkat Okabe pergi me masa lalu (Okabe tuh karakter utamanya).

Dan benar saja, perubahan yang dilakukan dimasalalu meskipun hanya sedikit saja membuat perubahan besar di masa depan nantinya (perubahan ini bisa dibilang bertanda baik atau juga sebaliknya).


Kimi no Nawa

Sebenarnya anime ini tak usah dimasukin ke daftar rekomendasi pasti sudah pada tau lah ya, dan sudah sempat saya ulas pada pembahasan sebelumnya mengenai Seluruh Alur Cerita Kimi no Nawa dan juga pada Apa Itu Kataware Doki Pada Anime Kimi no Nawa.

Menceritakan tentang dua manusia yang mengalami fenomena pertukaran tubuh. Taki adalah remaja SMA di kota Tokyo sedangkan Mitsuha adalah seorang siswi di SMA Itomori kalau gak salah.

Mereka (Taki dan Mitsuha maksudnya) bertukar tubuh setiap 2 hari sekali dan kejadian ini terjadi pada malam hari, dan pemicu bertukarnya tubuh adalah tidur (bagun bagun eh jadi cewek, ehmmmm).

Lalu dimana kisah Time Travelnya? Setelah diselidiki oleh tim kami, fenomena anehnya itu tidak hanya sekedar bertukar tubuh saja, melainkan ternyata dimensi waktu mereka berbeda.

Menurut riset yang saya lakukan mereka memiliki selisih waktu selama 3 kalau gak 4 tahunan (eh kok spoiler sih, gpp lah ya?), dan juga pemuda yang bernama Taki itu pergi ke Masalalu hanya karena.. karena apa ya? Silahkan liat sendiri aja deh.


Boku Dake ga Inai Machi

Kisah dari Time Travel pada anime Boku Dake ga Inai Machi atau dalam Bahasa Inggris adalah ERASED memiliki alur cerita yang sangat menyedihkan ya, sudah sempat saya masukan kedalam Rekomendasi Anime NTR atau Nikung Tanpa REM tersakit yang pernah ada.

Intinya sih menceritakan tentang seorang pemuda berumur 18 tahun yang bernama Satouru, ada sebuah kejadian dimana Satoru bisa pergi ke Masa Lalu tanpa disengaja.

Ternyata pemicunya kembalinya ke masalalu adalah Satoru melihat sebuah kupu kupu terbang, kan udah biasa, bahkan sudah sangat umum pada anime yang mengangkat kisah perjalanan waktu, terkait pemicu perjalanan waktu itu bisa berasal dari hewan kupu kupu.

Satoru kembali waktu dimana ia masih menduduki bangku Sekolah Dasar atau SD (kenapa kok waktu SD enggak masa SMA aja kan enak tuh) ya terserah pembuat ceritanya dong.

Setelah diselidiki kembalinya Satoru ke masa SD ada alasanya, ternyata ia dituntun oleh Kupu-kupu atau Buterfly Effect untuk menyelamatkan teman masa SDnya yang bernama Hinazuki Kayo.

Apakah Satoru bisa menyelamatkan temanya? dan apakah Satoru juga mengetahui apa yang ia perbuat akan berdampak besar pada masa depan nantinya? Simak sendiri aja deh gan.


Charlotte

Mungkin bagi kamu yang sangat suka atau penggila karakter utama yang Overpower, anime dengan judul Charlotte menjadi jawabanya. Karena ya karakter utamanya bisa dibilang Overpower, tapi dipertengahan episode sih.

Menceritakan fenomena jatuhnya sebuah komet yang bernama Charlotte (udah kayak Kimi no Nawa anying, pake komet komentan segala). Jatuhnya komet Charlotte menyebabkan radiasi ke seluruh dunia (maksudnya seluruh dunia tuh kena radiasinya).

Radiasi tersebut membuat seseorang bisa menggunakan kekuataun superpower, seperti halnya karakter utama yang bernama Yuu Otosaka, dia memiliki kekuatan untuk berpindah tubuh ke tubuh milik orang lain (udah kayak Taki sama Mitsuha aja di anime Kimi no Nawa).

Dan juga terdapat sekelompok atau organisasi yang dimana memiliki kemampuan khusus, diantaranya adalah Nao Tomori yang memiliki kekuatan untuk menghilangkan tubuhnya atau menjadi tak terlihat, sekaligus gadis ini akan menjadi pacar dari karakter utama.

Teman laki lakinya yang bernama Takajou memiliki kekuatan untuk teleportasi, namun sangat disayangkan kekuatanya masih belum bisa dikenalikan secara penuh, sehingga membuat pengguna kekuatanya celaka ketika menggunakan kemampuan teleportasi.

Lalu dimana bagian Time Travelnya? Ada sebuah kejadian yang dimana mewajibkan karakter utama atau Yuu Otosaka harus kembali ke masalalu, kalau saya kasih tau karena apa ya nanti spoiler dong, lebih baik simak sendiri aja deh dijamin seru kok.


Nobunaga Concerto

Sebuah anime yang mengisahkan tentang perjalanan waktu yang berjudul Nobunaga Concerto bisa dikatakan memiliki cerita yang bagus untuk disimak ya, apalagi bagi kamu yang fanatik mengenai sejarah peperangan yang terjadi di Jepang.

Ceritanya remaja SMA yang bernama Saboru tidak sengaja mengalami perpindahan waktu ke masa sebelum dimana masih terdapat sebuah peperangan di Jepang.

Tidak sengaja atau emang udah takdir, Saboru bertemu dengan Nobunaga (buat yang gak tau siapa itu Nobunaga bisa cari di Wikipedia atau menonton anime ini saja, soalnya kalau saya ngejelasin takut salah).

Nobunaga pada saat itu memiliki kondisi lemah atau sakit, dikarenakan wajanya Nobunaga dengan Saboru itu mirip atau bahkan sama, munculah niat Nobunaga untuk menjadikan Saboru menjadi Nobunaga Palsu (ya karena pada saat itu Nobunaga asli tuh sedang sakit dan mungkin tertekan kali ya).

Singkat cerita Saboru menggantikan peran Nobunaga dalam memimpin klanya, selain bisa menyuruh pasukan untuk melakukan peperangan Nobunaga Palsu juga diberikan Bonus seseorang Wanita Cantik yang seharusnya menjadi Istri Oda Nobunaga yang asli, wanita cantik itu bernama Kichou.

Mulai sekarang Saboru harus memimpin klan milik Nobunaga, mulai dari melakukan peperangan, hingga bagaimana cara agar mambuat rakyat sejahtera, tentu dikala lelah Saboru atau Oda Nobunaga Palsu dilayani oleh Istrinya dong, hehehe.


Buddy Complex

Suka dengan hal yang berbau dengan robot atau Mecha (Mesin), kalau iya berarti kita gak sama, namun sangat direkomendasikan untuk menonton anime dengan judul Buddy Complex.

Perpaduan antara Perjalanan Waktu, dan tentang robot yang bisa dikatakan sangat pas sekaligus dicampuri dengan bumbu bumbu romantis, meskipun romantisnya sangat sedikit sekali sih, tapi meskipun dikit bisa bikin wuaaah.

Kalau saya jelasin alur ceritanya sih agak pusing, jadi saya akan memberikan gambaran singkat aja lah ya. Intinya menceritakan murid SMA yang bernama Aoba, kebetulan di dunianya terdapat murid cantik bernama Hina.

Ternyata Hina ini adalah seseorang yang berasal dari masa depan, dan dia datang ke masa lalu atau lebih tepatnya saat ini untuk menjemput Aoba (kalau gak salah dimasa depan nanti Aoba jadi profesor).

Alasan Hina datang ke Masa lalu adalah untuk melindungi Aoba ini, dan benar saja tepat beberapa minggu setelah Hina datang, terdapat seseorang dengan robot raksaksa datang yang dimana orang itu juga berasal dari Masa Depan.

Dengan cepat Hina mengevakuasi Aoba dengan mengajaknya masuk kedalam Robot Raksaksa, yang selama ini ia sembunyikan untuk keadaan genting seperti saat ini.

Singkat cerita terdapat sebuah portal waktu yang dimana pada portal tersebut menghubungkan ke masa depan, masuklah mereka berdua yakni Hina dan Aoba kedalam portal tersebut.

Dan mereka pun sekarang ke masa depan, entah gimana, apa gara gara saya jadi bucin, kalau gak salah sebelum benar benar masuk kedalam portal waktu Hina bilang “Carilah aku dimasa depan nanti” eh pas ketemu malah gak inget apa apa, anjay kek Kimi no Nawa aja deh.


Re:Zero Kara Hajimaru

Sebuah anime isekai yang bisa dikatakan sangat menarik karena menghadirkan sebuah cerita yang berbeda dengan anime isekai pada umumnya.

Yang dimana ketika karakter utama masuk kedalam Isekai pasti disangoni dengan kekuatan yang dasyat bahkan setara dengan dewa atau memiliki pengetahuan yang dimana membuat dirinya paling overpower di isekai itu.

Namun Re;Zero berbeda, cerita dimulai ketika Natsuki Subaru keluar dari sebuah Minimarket, waktu perjalanan pulang kemudian ada seseorang yang memanggilnya (eh dipanggil gak sih, keknya enggak deh).

Ketika Natsuki Subaru melanjutkan langkahnya untuk pulang, tiba tiba ia sudah tidak ada didunianya lagi, ini masih menjadi misteri sih dia mendadak mati atau bener bener dipanggil, tapi itu gak penting sih.

Subaru datang ke Isekai tanpa diberikan kekuatan yang katakanlah bisa untuk melawan musuh, bahkan untuk bertahan hidup aja sangat susah, intinya karakter ini benar-benar sangat lemah.

Tapi bukan berarti dia dibawah ke Isekai tanpa dibekali apapun, nyatanya ketika dia Mati, Subaru dapat hidup kembali (namun berdasarkan check point yang sudah ditentukan).

Ya seperti game RPG pada umumnya yang terdapat sebuah check point atau save poin, ketika karakter mati didalam game maka akan mengulangi dari check point yang sudah ditentukan, intinya tidak mengulang semuanya dari nol.

Kalau diposisi Subaru tetap bakal stres, dan depresi sih. Soalnya ketika mau mati kan ngrasain sakit tuh, apalagi habis mati bisa dihidup lagi dan ketika tidak ada perubahan juga pasti akan ngrasain sakit lagi yang berujung pada kematian.

Mau mati eh hidup lagi, mau hidup eh disakiti sampai mati, nah loh gimana?


Orange

Sebenarnya anime Orange bukan Time Traveler sih cuman Time Travel doang (beda loh Time Traveler sama Time Travel), soalnya disini tidak ada karakter yang melakukan perjalanan waktu. Namun masih ada kaitanya dengan Time Travel.

Pada anime ini mungkin lebih difokuskan kepada unsur Romancenya ya, karena cerita berlatar waktu dan tempat disekolahan, lebih tepatnya SMA. Sebenarnya pada anime ini memiliki alur cerita mundur karena menceritakan tentang masa lalu.

Seorang karakter cantik bernama Takamiya Naho mendapatkan surat dari dirinya sendiri yang berasal dari masa depan. Setelah diselidiki ternyata dirinya di masa depan menyesali perbuatan yang dilakukan pada masa lalu.
Rumor Youkoso Jitsuryoku Season 2 – “Deeper Introduction”
Sehingga dirinya yang dimasa depan memberikan surat ke dirinya yang berada dimasa lalu agar tidak mengulangi suatu hal yang ia sesali di masa lalu (bingung gak lu pada).

Cerita ini difokuskan kepada kisah percintaan antara Naho Takamiya (atau yang dapat surat dari masa depan tadi) dan juga seorang lelaki tampan yang bernama Kakeru Naruse.

Seru sih ceritanya, soalnya diberikan petunjuk oleh dirinya yang berada dimasa depan, terkait bagaimana cara membuat si cowoknya ini suka sama ceweknya, bagi sobat bucin mungkin wajib nonton.


Oda Nobuna no Yabou

Bisa dibilang seluruh alur ceritanya mirip dengan anime time travel yang berjudul Nobunaga Concerto, hanya saja karakter dalam anime itu digantikan (emang apanya yang dinganti).

Dilihat dari judulnya aja udah gak beres yang seharusnya Oda Nobunaga diubah menjadi Oda Nobuna, Yepp… (yepp apaan anying). Seperti yang saya bilang tadi bahwa karakternya yang diubah.

Dimana seharusnya Oda Nobunaga itu laki laki, karena judul animenya Oda Nobuna maka karakter utamanya adalah Perempuan, ceritanya sama hanya saja karakternya jadi perempuan semua loh.

Meskipun karakter utama didalam anime perempuan, tapi bukan berarti tidak ada laki laki loh ya. Sagara Yoshiharu adalah seorang remaja SMA yang sama sama pergi ke masa lalu, dimana jaman Jepang masih melakukan peperangan.

Secara keseluruhan sama kok ceritanya dengan Nobunaga Concerto, karena karakternya aja yang diubah jadi cewek.


In Search of the Lost Future

Memiliki alur cerita yang bisa dikatakan agak dark atau gelap ya, karena kalau gak salah pada awal episode sudah ada satu karakter yang meninggal dunia (bener gak sih, agak lupa saya soalnya).

Tapi meskipun begitu karena basiknya ini Time Traveler jadi bisa mengulangi kejadian kembali dan dimana bisa digunakan untuk menyelamatkan seseorang (ya kurang lebih seperti Re;Zero).

Menceritakan tentang sebuah klub Astronomi, namun bukanya meneliti mengenai fenomena yang terjadi di langit, justru malah meneliti kejadian aneh atau sebut saja Supranatural, karena berhubungan dengan makhluk lelembut.

Dalam klub ini juga menerima laporan mengenai Penampakan Hantu, Kecelakaan Misterius, Penyakit, dan Sebuah Insiden yang tidak dijelaskan dengan nalar manusia (tapi kok bisa dijelaskan ke dalam bentuk anime, berarti bisa dinalar dong, hahaha).


Devil Survivor 2: The Animation

Kamu Wibu dan Suka dengan game gelud geludtan? Sangat direkomendasikan untuk menonton Devil Survivor 2: The Animation (lah kok langsung season 2 gan gak season 1 dulu?) ya karena season 1 nya itu game, bagi yang penasaran bisa mainkan sendiri (soalnya gak bisa multiplayer).

Sebuah Fenomena aneh (dari tadi fenomena mulu deh perasaan), yang disebut sebagai “Penjajahan Septentrion” datang ke Negara Jepang. Untuk melawan penjajah itu, para Survivor harus menjalin kontrak dengan Iblis.

Iblis itu nantinya akan digunakan untuk melawan para penjajah yang dimana juga Iblis juga, kenapa bisa dimasukan ke dalam rekomendasi anime time travel?

Karena dalam anime ini memiliki latar waktu di masa depan dan pada akhirnya kembali lagi ke masa lalu (sama seperti ketika kamu menyelesaikan game God of War, ketika sudah selesai memainkanya ya kembali ke awal lagi kan?).

Cuman ya setelah menamatkan gamenya pasti akan mendapatkan sebuah bonus kekuatan atau dikabulkan suatu permintaanya, mantap pokoknya.


Island

Salah satu anime Time Travel yang dapat diadaptasi oleh sinetron di Indonesia, bagaimana tidak? Karena dalam anime Island ini terdapat sebuah makna “Pacarku ternyata adalah Anakku dimasa depan” atau “Anakku adalah pacarku dimasa depan” bisa juga “Istriku ternyata Ibu dari pacarku”.

Anime Island bisa dikatakan memiliki cerita yang hampir sama seperti Stein;gate, karena mengangkat cerita mengenai mesin waktu atau Time Travel Machine.

Menceritakan tentang seorang pemuda bernama Setsuna, pemuda ini terbangun disebuah tempat yang mengandung pasir juga terdapat air, yaitu pantai (berbelit belit amat anying, tinggal nyebut pantai aja apa susahnya sih).

Setsuna kehilangan keingatan kenapa dirinya bisa tertidur telanjang dipantai. Kalau gak salah sih menurut penduduk Setsuna ini terbawa arus air laut dari pulau Urashima (saya udah agak lupa soalnya).
20 Tempat Situs Download Anime & Baca Manga Terbaru
Nah konon katanya Pulau Urashima ini adalah pulau yang terpisah sangat jauh sekali dari daratan, sehingga kalau dinalar ya gak mungkin lah ya. Saya kasih spoiler dikita aja lah ya, soalnya bingung nyampainya gimana.

Singkat cerita, seiring berjalanya waktu ingatan milik Setsuna kembali, dan ternyata dia adalah orang yang berasal dari masa depan, dia kembali ke masalalu untuk menyematkan seseorang, siapakah orang itu? Tonton sendiri aja deh.

Gimana? Dari rekomendasi diatas, seri anime mana yang menurut kamu paling bagus? Eh ini kan saya ngasih rekomendasi ya, pasti ya pada belum ditonton lah, ya kalau udah nonton silahkan kembali lagi disini dan berikan pendapatmu.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai Rekomendasi Anime Time Travel terbaik menurut saya, jika memiliki saran besok mau bahas apa bisa langsung dm melalui akun Instagram di @akuwega , dan juga yang pengen liat daftar animenya lebih lengkap bisa berkunjung di forum Nafaskuda, link sudah saya taroh di deskripsi.

Sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel