Apa itu Seiyuu atau Voice Actor? Daftar Seiyuu Terbaik!

Sudah lama nonton anime tapi sampai sekarang tidak tahu Apa Itu Seiyuu? Selamat datang Di Sekolah Wibu, disini kita akan membahas segala sesuatu tentang Jejepangan.

Apa itu Seiyuu atau Voice Actor? Daftar Seiyuu Terbaik!

Ketika sedang menonton sebuah anime, pasti ada sebuah percakapan yang melibatkan lebih dari dua karakter (kalau ngomong sendiri ntar dikira gila). Ketika karakter dalam anime ngomong pasti ada suara percakapanya kan?

Nah orang yang mengisi suara percakapanya tadi tuh namanya adalah Seiyuu, atau dalam Bahasa Inggris adalah Voice Actor, secara singkat sih Seiyuu adalah pengisi suara pada anime, maupun sebuah video game.


Tapi semua yang saya jelaskan tadi hanyalah sebuah gambaran singkat, yuk mari kita perdalam tentang Apa sih itu Seiyuu?


Pengertian Seiyuu atau Voice Actor

Seiyuu ( 声優 ) adalah sebutan pengisi suara / voice actor yang ada Di Jepang, ya kurang lebih sama seperti sebutan animasi buatan Negara Jepang yakni Anime.

Seiyuu tidak hanya mengisi suara dalam anime saja, melainkan diberbagai macam produk seperti Game, Ringtone, Narasi pada suatu Film, Radio, sampai ke menyanyikan sebuah lagu.
Rumor Youkoso Jitsuryoku Season 2 – “Deeper Introduction”
Setiap Negara pasti memiliki Voice Actor, bahkan Di Indonesia sendiri pun juga memilikinya, yang saya ketahui sih mbak Hanna Bahagiana, beliau adalah pengisi suara pemeran utama pada anime Naruto (sebagai Naruto).

Lalu bagaimana cara kerja si Seiyuu ini?


Cara Kerja Seiyuu atau Pengisi Suara

Biasanya Seiyuu ini memiliki setidaknya 4 macam suara yang berbeda, seperti halnya bisa menirukan suara anak anak – anak, tante – tante, nenek – nenek, kakek – kakek, ibu – ibu (apa Ibu ibu?).

Tidak hanya suara manusia saja, Seiyuu ini juga bisa menirukan berbagai macam suara hewan dan juga suara benda, seperti suara kucing, anjing atau suara benda seperti pesawat, motor dan masih banyak lagi.

Oh iya, mungkin ada beberapa dari kalian yang gak tau bahwa Pengisi Suara pada Anime Naruto tuh cewek loh, padahal Naruto sendiri adalah cowok. Tapi suaranya pas sih, maksudnya seperti cowok pada umumnya.

Bagi yang pengen liat atau pengen tau dunia Seiyuu, bisa melihat anime dengan judul Sore ga Seiyuu! ya mungkin akan memberikan referensi atau gambaran mengenai dunia voice actor, oke lanjut.

Proses perekaman dalam anime ini disebut sebagai Afureko atau dalam Bahasa Inggris adalah After Recording, yang dimana sebuah anime akan ditampilkan dilayar dan ketika mulut dari karakter itu bergerak, si Seiyuu ini akan membaca atau berbicara sesuai dengan dialog.
Nisekoi Live Action? Alternatif Nisekoi Season 3, Chitoge Menang Telak
Ada juga metode yang bernama Puresuko atau dalam Bahasa Inggris adalah Pre-scoring, yang dimana hanya menampilkan sebuah sketsa suatu anime dilayar, dan masih sama ketika sudah waktunya berbicara ya si Seiyuu ini ngomong, gak tau kok bisa pas tuh gimana.

Mungkin dikalangan kita ini Seiyuu atau Voice Actor disebut sebagai Dubber atau aktivitasnya tuh disebut sebagai Dubbing, ya sebenernya sama aja sih cuman penyebutanya aja yang berbeda.


Belajar Menjadi Seiyuu

Ternyata Seiyuu atau Voice Actor juga terdapat sebuah sekolahan atau tempat untuk belajar menjadi pengisi suara, dan Di Indonesia sendiri juga ada (tapi saya gak tau tempatnya dimana, tapi ada kok).

Kalau menurut Informasi yang saya dapatkan di Internet sih, ketika kamu sudah lulus SMA atau sederajat lainya, jika ingin belajar menjadi Seiyuu bisa langsung mengambil kuliah di jurusan Drama, nama Universitasnya sih kalau gak salah (Senmon Gakkou) itu Di Jepang loh ya.

Sebenarnya saya dulu pengen belajar jadi Pengisi Suara, cuman ya ngisi suara dichannel ini juga tak kalah seru sih, jadinya yaudah mending ngisi suara kek gini aja. (channel telocaspoHD)


Daftar Seiyuu Anime Terbaik

Dalam dunia hiburan, Seiyuu juga terdapat sebuah peringkat yang dimana ketika si pengisi suara ini punya kinerja bagus, punya banyak penggemar, atau famous lah intinya, akan mendapatkan sebuah penghargaan, nama acaranya tuh Seiyuu Award.

Mari kita akhiri pembahasan mengenai Voice Actor dengan membahas Daftar pengisi suara anime terbaik (menurut saya pribadi) dan langsung saja mari kita bahas.

  1. Hanazawa Kana
    – Go Toubun no Hanayome (Nakano Ichika)
    – Koi to Uso (Takasaki Misaki)
    – Stein; Gate (Shina Mayuri)
    – Bakemonogatari – (Sengkou Nadeko)
  2. Kamiya Hiroshi
    – Attack on Titan (Levi Ackerman)
    – Bakemonogatari (Araragi Koyomi)
    – Devil Survivor 2 The Animation (Kuze Hibiki)
    – Prison School (Fujino Kiyoshi)
  3. Kaji Yuki
    – Nanatsu no Taizai (Meliodas)
    – Accel World (Arita Hariyuki)
    – Ao Haru Ride (Mabuchi Kou)
    – Guilty Crown (Ouma Shuu)
  4. Matsuoka Yoshitsugu
    – Go Toubun no Hanayome (Uesugi Fuutaro)
    – Sword Art Online (Kirito)
    – Danmachi (Cranel Bell)
    – Shora (No Game No Life)
  5. Kayano Ai
    – No Game No Life (Shiro)
    – Sakurasou no Pet na Kanojo (Shiina Mashiro)
    – ReLife (Hishiro Chizuru)
    – Saenai Heroine no Sodatekata (Kasumigaoka Utaha)

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai Apa itu Seiyuu atau Voice Actor serta daftar pengisi suara terbaik (menurut saya pribadi).
20 Tempat Situs Download Anime & Baca Manga Terbaru
Bagi yang pengen ngasih saran besok mau bahas apa bisa mengirimkan via DM Instagram di @akuwega, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad, and keep kalem, akhir kata, sampai jumpa. (ini saya termasuk pengisi suara bukan sih?)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel