Makna Akhiran -Chan, -Kun, -San, -Sama, -Dono Pada Bahasa Jepang

Ketika memanggil nama seseorang terdapat sebuah akhiran kata -Chan, -Kun, -San, -Sama dan -Dono apa sih makna akhiran kata dan fungsinya

Definisi Akhiran Kata Chan, Kun, San, Sama, Dono Bahasa Jepang

Selamat datang di Sekolah Wibu, disini kita akan membahas segala sesuatu hal yang berbau tentang jepang terutama anime.

Pernah gak sih kalian mendengar akhiran kata ketika sedang menyebut atau memanggil nama seseorang pada anime? Tentunya ya pasti udah pernah lah.

Karena hampir semua karakter pada anime tuh kalau manggil nama seseorang pasti diakhir dengan kata -chan, -kun dan sebagainya.

Lalu apakah akhiran itu memiliki arti atau fungsi? Ya pastinya ada dong.


Menurut saya sih gak ada artian khusus sih mengenai akhiran kata ini, misalnya chan tuh artinya apa, atau san tuh artinya apa.

Maksudnya kalau “Okane” kan jelas tuh artinya adalah Uang, dan “Jitensha” tuh artinya Sepeda, gitu..

Cuman kalau kata ini atau (-chan, -kun, dan sebagainya) digunakan pada akhiran kata panggilan nama seseorang, jadilah memiliki sebuah makna dan arti tentunya.

Nah dari pada bingung mendingan kita bahas secara perlahan mengenai makna atau arti akhiran kata nama seseorang tentunya dengan cara penggunaanya.


Arti Kata -Chan dan Penggunaanya

Makna dari kata Chan ialah ditujukan untuk seseorang yang dekat dengan kita atau digunakan untuk panggilan seseorang yang lebih muda dari kita.

Akhiran kata -Chan biasanya digunakan untuk memanggil seseorang yang sekiranya udah dekat atau sangat dekat dengan kita, misalnya seperti seorang adik, teman, atau juga bisa pacar.

Kebanyakan sih akhiran kata -Chan sering atau kebanyakan digunakan untuk memanggil nama seseorang wanita atau perempuan, namun juga bisa digunakan untuk memanggil nama laki – laki (asalkan orang tersebut adalah orang yang dekat).

“Tapi kok ada beberapa orang yang baru kenal, langsung manggil nama seseorang diakhiri kata -chan sih?”
Apa itu Tsundere, Yandere, Kuudere, Dandere dan Yangire!
Ya emang ada sih, dengan syarat orang tersebut lebih tua daripada orang yang dipanggil. Contoh sederhana aja deh, kamu bertemu dengan seorang anak kecil yang bernama Alice atau kalau pake mulut jepang bancanya Arisu.

Nah karena Alice ini jauh lebih muda dari kamu, boleh tuh dipanggil dengan akhiran kata -chan, jadinya ya Alice-chan atau kalau pake mulut jepang ya Arisu-chan.

“Tapi dianime kok ada sih yang panggil kakaknya dengan kata chan? Katanya harus yang lebih muda?”

Ya emang ada sih, cuman kan gak langsung pakai nama aslinya kan?

Kalau manggil kakaknya juga paling oni-chan (untuk kakak laki – laki) dan one-chan (untuk kakak perempuan) gitu….


Arti Kata -Kun dan Penggunaanya

Makna Akhiran Kata Kun ditujukan untuk seseorang yang sudah kita kenal seperti teman sekolah dan teman sejak kecil (intinya teman lama).

Akhiran kata -Kun sebenarnya agak sama seperti -Chan, namun kata -Kun bisa digunakan untuk siapa aja, maksudnya gak usah terlalu dekat dengan orang itu, asalkan kenal juga diperbolehkan memanggil nama seseorang dengan akhiran kata -Kun.

Ingat kalau udah kenal loh ya, ya minimal kenal lebih dari satu minggu lah atau satu bulan lah.

Akhiran kata ini juga kebanyakan digunakan untuk memanggil nama seorang laki – laki, namun juga masih bisa digunakan untuk memanggil nama seorang perempuan atau seorang wanita.


Arti Kata -San dan Penggunaanya

Makna Akhiran Kata San ditujukan untuk memanggil nama seseorang yang dimana orang tersebut lebih tua dari kita, atau orang yang kita hormati sekaligus orang yang baru saja kita kenal.

Akhiran kata -San ini mungkin sangat umum dan sangat sering digunakan ketika memanggil nama seseorang, karena akhiran kata -san memiliki sebuah makna untuk menghormati seseorang.

Secara sederhana kalau di Negara Indonesia sih seperti panggilan Kak, Mas, Gan, Mbak, Bang (bang makan bang) dan sebagainya. Intinya kata -san ini digunakan untuk memanggil seseorang yang lebih tua dan orang yang kita hormati tentunya atau digunakan untuk seseorang yang baru saja kita kenal.

Misalnya kalau kalian ketemu seseorang yang baru aja kalian kenal, nah akhiran kata San ini sangat diperlukan ketika kalian menyebut nama orang itu.

Atau secara sederhana gini aja deh

Misalnya kalian tidak sengaja ketemu saya nih diacara apa gitu, terus kita kenalan, otomatis kalau kenalan jadi tau kan nama orang yang diajak kenalan itu.
Apa itu Seiyuu atau Voice Actor? Daftar Seiyuu Terbaik!
Misalnya nama saya Wega nih dan misalnya nama kalian adalah Peralon, meskipun kita udah kenalan tapi kan belum kenal dekat tuh.

Nah baik saya maupun kalian wajib tuh menggunakan akhiran kata -San (karena secara teknis kita belum deket atau baru aja kenal).

Dan meskipun saya lebih tua dari kalian atau kalian lebih tua dari saya, tetep wajib menggunakan akhiran kata -San yah.

Saya manggil kalian Peralon-san dan kalian tetep manggil saya Wega-san

Tapi ya kalau ketemu beneran jangan panggil pake ala jepang lah.

“Wega-san anjir aneh bet dah, plis jangan panggil gitu deh, cringe bngst”


Arti Kata -Sama dan Penggunaanya

Makna Akhiran Kata Sama ditujukan untuk memanggil seseorang atau yang memiliki derajat lebih tinggi daripada kita.

Akhiran kata -Sama ini biasanya digunakan untuk memanggil seseorang yang memiliki derajat tinggi seperti Raja, Presiden, Pelanggan atau seseorang yang memiliki kekuasaan yang besar disuatu wilayah.

Tidak hanya digunakan untuk nama seseorang saja, pasalnya kata -Sama ini juga digunakan untuk akhiran dalam menyebut tuhan atau dewa, misalnya Kami kan artinya Dewa atau Tuhan.

Karena memiliki derajat yang jauh lebih tinggi dari kita makanya harus diakhiri dengan kata -sama, jadilah Kami-sama gitu.

"Tapi kok ada tuh yang nyebut Pelanggan jadi Okyaku-sama, padahal dia cuman pelanggan disebuah toko atau restoran."

Well, disini kata Okyaku memiliki arti Pelanggan ya.

Ada pepatah atau apa gitu yang mengatakan bahwa Pelanggan adalah Raja, dengan pernyataan itu otomatis derajat pelayan dengan derajat pelanggan yang setara dengan raja, maka penggunaan akhiran kata Sama pun bisa digunakan.

Jadilah Okyaku-sama atau artinya adalah Pelanggan yang terhormat, kurang lebih sih seperti itu.


Arti Kata -Dono dan Penggunaanya

Makna Akhiran Kata Dono ditujukan untuk seseorang yang memiliki gelar kehormatan Di Negara Jepang.

Akhiran kata -Dono ini biasanya digunakan untuk memanggil seorang samurai atau seseorang penguasa didaerah tertentu.

Kata akhiran ini sebenarnya jarang dipakai sih diera modern ini, karena ya sekarang udah jarang tuh Samurai yang ada Di Negara Jepang.
Apa itu Manga, Light Novel, Visual Novel, Galge dan Eroge?
Atau secara sederhana kata Dono ini memiliki arti Tuan, kalau Di Indonesia sih seperti Raden, atau Raden Kian Santang, dan kalau Dijepangin jadi Kian Santang-dono, gitu…

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai arti kata -Chan, -Kun, -Sama, dan -Dono berserta penggunaanya, sampai bertemu dikempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel