-->

Apa Itu OVA, ONA, OAD dan TV Series Pada Anime

Suka nonton anime atau kartun buatan Jepang? Pasti tidak asing dengan sebuah istilah OVA, ONA, OAD dan TV Series pada anime.

Pengertian OVA, ONA, OAD, dan TV Series pada Anime

Maraton anime atau menonton anime satu season dalam waktu satu hari mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi kaum wibu elite, terutama jika anime tersebut memiliki alur cerita yang menarik.

Namun pernah gak sih kalian nonton satu episode anime TV yang dimana pada episode tersebut ceritanya gak nyambung dengan episode sebelumnya atau selanjutnya?
Jika pernah mungkin episode yang kalian tonton adalah versi OVA, apa itu OVA? Dikesempatan sebelumnya kita sudah membahas tentang Apa Itu Manga, Manhwa dan Manhua.


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian dari OVA, ONA, OAD, dan TV Series pada anime.


Pengertian Anime TV

TV adalah singkatan dari kata Televisi atau jika dalam Bahasa Inggris adalah Television, maka dengan itu sebuah anime yang memiliki label TV maka anime tesebut akan atau telah ditayangkan pada televisi Di Negara Jepang.

Umumnya anime versi TV memiliki durasi sekitar 25 atau 24 menit kebawah sekaligus pada versi ini terkadang terdapat sensor seperti sinar dewa dikarenakan peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak penyiar.

Namun pada intinya anime versi TV adalah anime yang ditayangkan di televisi Negara Jepang.


Pengertian OVA

Original Video Anime atau OVA adalah sebuah episode anime yang diproduksi oleh pihak studio anime tanpa melibatkan cerita canon/utama dari sumbernya (LN, Manga, Visual Novel, dll).

Jadi tidak heran ketika melihat anime versi OVA terkadang ceritanya agak tidak nyambung dengan versi TV-nya, karena tidak mengambil cerita berdasarkan sumbernya.

Namun pada dasarnya OVA ini adalah sebutan untuk sebuah anime yang tidak ditayangkan di televisi dan dikemas dalam bentuk kaset dan juga DVD atau yang biasa kita sebut sebagai BD.

Terbuatanya Original Video Anime dikarenakan suatu anime itu tidak mendapatkan slot untuk tayang pada televisi, maupun terdapat suatu adegan yang melanggar peraturan sensor penyiaran pada televisi.

OVA banyak dimanfaatkan untuk membuat cerita sampingan (spinoff) dari cerita utamanya, bisa juga digunakan untuk membuat cerita parodi dari versi aslinya.

Jadi jangan kaget kalau liat anime versi OVA tapi kok jalan ceritanya enggak nyambung, alasanya ya karena tidak mengambil cerita dari sumbernya.


Pengertian ONA

Original Net Anime atau ONA adalah sebuah anime yang memiliki jalur distribusi atau ditayangkan pada internet melalui web atau aplikasi streaming anime.

Tapi ingat! Ketika ada anime versi TV namun ditayangkan pada web streaming itu bukanlah ONA, anime tersebut tetap versi TV namun bedanya bisa ditonton secara online.

Sedangkan ONA sejatinya adalah anime atau animasi yang hanya ditayangkan pada web streaming saja.

Biasanya pembuat Original Net Anime adalah idependen atau perusahaan kecil yang baru terjun ke dalam dunia animasi, jadi bisa dibilang dari segi kualitas grafis bisa dibilang tidak bagus namun juga tidak jelek.

Namun jangan salah sangka bahwa terdapat studio anime besar juga yang pernah merilis karya mereka melalui web streaming anime, ya intinya ONA adalah anime yang didistribusikan melalui internet.


Pengertian OAD

Original Anime DVD atau OAD adalah sebuah anime yang didistribusikan atau dijual melalui kepingan DVD atau yang biasa kita kenal sebagai Blue-ray Disk (BD).

Sebuah anime OAD biasanya adalah anime versi TV namun dikemas dalam bentuk kepingan DVD, dan pada versi ini kualitas gambar atau grafis akan diperbaiki atau ditingkatkan sekaligus segala jenis sensor (sinar dewa) akan dihilangkan.

Pada versi OAD atau versi BD juga terdapat episode khusus (OVA) dan juga adengan khusus yang dimana pada versi TV tidak ditayangkan karena berbagai macam alasan.


Kesimpulan

Bisa ditarik kesimpulan dan bisa disederhana bahwa;

Anime label TV adalah suatu anime yang ditayangkan pada televisi Negara Jepang.

OVA adalah episode yang dibuat secara khusus oleh pihak studio dan ceritanya terkadang agak ‘beda’ dengan versi aslinya.

ONA adalah suatu anime yang didistribusikan atau ditayangkan hanya melalui internet saja.

OAD adalah anime yang dikemas dalam bentuk DVD atau yang lebih kita kenal sebagai anime versi BD dimana tidak terdapat sinar dewa.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai Apa itu OVA, TV Series, ONA, dan juga OAD pada seri anime, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel