-->

Cara Membeli Saham Luar Negeri Mulai Dari 1$

Kini anda bisa membeli saham luar negeri (US Stock) seperti Google, Microsoft, Apple, maupun Tesla mulai dari 1$ atau setara dengan Rp.15,000.

Cara beli saham luar negeri (US Stock)

Melakukan diversifikasi investasi adalah langkah penting untuk menghindari kerugian beserta memaksimalkan keutungan, jika anda sudah berinvestasi pada Bursa Efek Indonesia (BEI) tidak ada salahnya anda mencicipi bursa efek luar seperti US Stock.

Banyak perusahaan besar dengan fundamental baik yang telah melakukan listing pada Bursa Saham Amerika atau US Stocks seperti Starbucks, Adobe, Nvidia bahkan baru-baru ini Tokopedia dan Gojek (GOTO) juga akan melakukan listing pada US Stock.

Tidak bisa dipungkiri bahwa bursa saham US menawarkan return (keutungan) yang lumayan besar namun untuk berinvestasi disana kita membutuhkan perantara untuk dapat melakukan jual beli pada saham US.

Jika untuk membeli saham pada Bursa Efek Indonesia bisa melalui sekuritas Indo Premier, Sinarmas, atau sekuritas lainya untuk membeli saham US kita bisa menggunakan aplikasi bernama GoTrade (bukan punya GOJEK ya~).

Disclaimer: mengingat aplikasi GoTrade masih baru pastikan anda berinvestasi menggunakan uang dingin dimulai dari Rp.150,000 per bulan, jangan langsung masuk dengan nominal besar (sambil melihat perkembangan GoTrade).

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan panduan tentang bagaimana cara membeli saham diluar negeri (US Stocks) dimulai dari 1$ atau seharga Rp.15.000.


Apa itu GoTrade

GoTrade adalah nama dagang dari TR8 Securities Inc merupakan aplikasi untuk melakukan perdagangan saham pada Bursa Efek Amerika Serikat (US Stocks).

TR8 Securities Inc telah memiliki ijin untuk menjalankan usahanya oleh Labuan Securities Licensee dibawah Labuan Financial Services and Securities Act 2010 (Malaysia).

Visi dan Misi GoTrade yakni memfasilitasi para investor yang bukan merupakan Warga Negara Amerika Serikat untuk mulai berinvetasi pada bursa AS dengan biaya yang sangat murah.


Cara Daftar GoTrade

Sebelum mendaftar pastikan anda sudah berumur 18 tahun atau sudah memiliki kartu tanda penduduk (KTP) beserta smartphone android maupun iphone.

1. Unduh aplikasi GoTrade terlebih dahulu bisa melalui Google Play Store dan Apps Store atau juga bisa [Klik Disini].

Pembukaan akun Gotrade

2. Pilih metode registrasi yang anda inginkan bisa melalui akun Google atau bisa menggunakan alamat email (saya sarankan untuk mendaftar menggunakan email).

Registrasi Email

3. Masukan alamat email yang masih aktif untuk menerima kode aktivasi.

Aktivasi Email

4. Buka kota masuk pada email dan tekan tombol Login to Gotrade seperti gambar diatas.

Pengisian Formulir Identitas

5. Isi formulir pendaftaran sesuai dengan kolom yang diminta seperti nama lengkap, nomor ponsel dan jangan lupa untuk memberi tanda ceklist atau centang pada I already have an invite token (untuk saat ini pendaftaran harus menggunakan kode token).

6. Tekan tombol Get Started untuk melanjutkan.

Invited Token

7. Masukan invite token 040148 atau 631419 dan klik tombol warna hijau untuk melanjutkan.

Mulai Berinvestasi Gotrade

8. Tekan tombol Let’s do it untuk mengambil survey dalam menentukan profil resiko investasi.

Survey Profile Resiko Investasi

9. Anda bisa melewati survey dengan cara mengeklik tulisan Skip this step.

Mulai Investasi

10. Klik tombol Start investing untuk melanjutkan proses verifikasi.

Verifikasi Identitas (KYC)

11. Anda disuruh untuk menyiapkan dokumen seperti kartu identitas bisa menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk) jika sudah disiapkan tekan tombol hijau yang terletak pada pojok kanan bawah.

Bonus Saldo Pendaftaran

12. Ketika akun anda telah terverifikasi maka anda akan mendapatkan bonus saldo hingga sampai 5$ yang dapat langsung digunakan untuk membeli saham maupun trading saham.

Proses verifikasi akun biasanya memakan waktu 1-2 hari kerja (tergantung antrian) jadi harap bersabar ya! Jika akun tak kunjung diverifikasi setelah 1 minggu berlalu anda bisa bertanya kepada support baik melalui aplikasi maupun melalui sosial media mereka.


Panduan Deposit Saldo

Agar dapat membeli saham US tentu harus melakukan deposit saldo terlebih dahulu, anda beberapa cara untuk deposit baik melalui wire transfer maupun melalui virtual account bank lokal.

Deposit Saldo Gotrade

1. Tekan gambar dollar yang terletak pada bagian bawah dan pilih Instant deposit to Gotrade.

Metode Pembayaran Bank Transfer

2. Pilih bank yang anda gunakan namun jika bank yang anda gunakan tidak terdaftar maka anda bisa memilih metode Bank Transfer.

Nominal Deposit Saldo

3. Masukan nominal yang ingin anda depositkan (minimal deposit 10$) untuk rate atau kurs nilai tukar bisa dilihat pada kolom bagian bawah.

4. Jika sudah menentukan nominal tekan tombol Preview Deposit untuk melanjutkan.

Cash Deposit

5. Untuk mengetahui apakah deposit sudah masuk atau belum bisa anda cek pada gambar capital gain dan dilihat dari jumlah Cash.

Proses deposit biasanya memakan waktu sekitar 1-5 menit dan diproses secara otomatis oleh sistem (tanpa perlu konfirmasi atau mengirim bukti transfer).


Cara Membeli Saham Luar Negeri

Setelah deposit anda sudah masuk kini anda bisa menggunakan Cash atau saldo tersebut untuk membeli suatu saham dan pastikan pada saat melakukan pembelian dilakukan pada saat bursa saham US buka (20:30 – 03:00).

Mencari Saham Luar Negeri

1. Tekan gambar pencarian yang terletak pada menu bar bagian bawah.

2. Masukan kode saham yang ingin anda beli atau juga bisa mencari secara manual dengan cara menelusuri berdasarkan sektor perusahaan.

Membeli ETF S&P 500 (US Stocks)

3. Misalnya disini saya ingin membeli etf S&p 500 maka saya memasukan kode (SPY) dan secara otomatis nanti akan muncul ETF-nya.

Trading Saham S&P 500

4. Untuk melakukan pembelian atau penjualan tekan tombol Trade.

Beli ETF SPY

5. Jika anda ingin membeli maka pilih Buy namun jika ingin menjual maka tekan Sell.

Nominal Pembelian Saham

6. Anda bisa membeli ETF atau saham dengan menggunakan fitur Order type yang terdapat Buy in dollar (beli berdasarkan nominal USD), Buy in shares (membeli berdasarkan jumlah lembar saham) dan menggunakan metode Buy at a limit price (metode limit namun minimal pembelian yakni 1 lembar saham).

7. Disini saya menggunakan metode Buy in dollar maka saya disuruh untuk memasukan jumlah nominal USD pembelian.

8. Masukan nominal pembelian saham dan tekan Preview buy untuk melakukan pembelian.

Transaksi Pembelian Berhasil

9. Untuk melihat jumlah saham atau kepemilikan saham bisa menekan tombol View my portofolio.

Jumlah Kepemilikan Saham

10. Jumlah kepemilikan bisa dilihat dibawah saham/etf yang anda beli (shares).

Bagaimana sangat mudah bukan membeli saham diluar negeri?


Withdraw Saldo

Perlu diketahui sebelum anda mencairkan dana pada aplikasi GoTrade bahwa biaya penarikan (per tanggal 28 juli 2021) dikenakan biaya sebesar 12$ alangkah baiknya keutungan dari transaksi saham sudah mendapatkan profit lebih dari 12$ untuk menghindari kerugian.

Withdraw Saldo Gotrade

1. Pergi ke menu dollar yang terletak pada menu bar bagian bawah.

2. Pilih Withdraw from GoTrade.

Menambahkan Rekening Bank Lokal

3. Tekan Add new account untuk menambahkan rekening bank.

Daftar Bank Lokal

4. Pilih bank BUMN yang anda gunakan jika bank yang anda gunakan tidak terdaftar tekan tulisan Others.

Formulir Data Bank

5. Isi formulir rekening berdasarkan instruksi yang diberikan. Untuk mendapatkan kode SWIFT atau alamat bank, anda bisa bertanya kepada pihak bank yang anda gunakan (untuk menghindari salah pengisian).

Proses withdraw biasanya akan memakan waktu 3-7 hari kerja (mengingat transfer antar negara membutuhkan waktu 3 hari + waktu pencairan dana dari sekuritas).


Kenapa Berinvestasi Saham US

Banyak perusahaan besar yang melakukan listing pada bursa saham AS dan tentu perusahaan tersebut memiliki fundamental yang kuat berserta prospek cerah untuk beberapa tahun kedepan.

Tidak perlu pusing memikirkan perusahaan apa itu, bisa dilihat dari produk yang sering kita pakai dalam kehidupan sehari-hari seperti sistem operasi Android atau YouTube itu merupakan produk dari perusahaan Google (GOOGL).

Anda atau teman anda menggunakan hp iPhone? itu merupakan produk dari perusahaan Apple (AAPL), suka minum kopi Starbucks sambil menikmati suasana senja? Itu merupakan produk dari perusahaan Starbucks (SBUX) yang didirikan pada Negara Amerika Serikat.

Banyak produk dari perusahaan besar yang berasal dari AS untuk itu berinvestasi pada saham AS sangat cocok untuk digunakan sebagai investasi jangka panjang (mengingat produknya tersebar di seluruh dunia).

Index S&P 500 (US Stocks)

Jika anda malas untuk menganalisa berbagai macam perusahaan cukup membeli ETF (Exchange-Traded Fund) seperti S&P 500, NASDAQ atau DOW yang memiliki fungsi hampir mirip seperti Reksa Dana Index.

Dalam portofolio saya sendiri juga mengoleksi ETF S&p 500 karena dalam beberapa tahun terakhir etf tersebut memiliki kinerja yang sangat bagus (meskipun kinerja ditahun sebelumnya tidak bisa menjadi acuan untuk kedepanya sih~).

Apakah GoTrade membagikan dividen?
Iya, GoTrade membagikan dividen kepada investornya dengan catatan dividen yang diterima tidak kurang dari 0.01$ (belum termasuk pajak).

Gotrade Dividend

Saya sendiri merupakan investor yang sangat suka dengan perusahaan yang membagikan dividen entah itu beberapa bulan atau setahun sekali (Dividen Hunter wkwk).


Apakah GoTrade Aman?

Apakah GoTrade Aman? Sejauh ini aman, karena GoTrade bekerja sama dengan broker Alpaca Securities LLC selaku sekuritas Di Negara Amerika Serikat.

Gotrade Regulated

Alpaca Securities LLC sendiri sudah teregulasi oleh US Securities and Exchange Commission (SEC) dan juga Financial Industry Regulatory Authority (FINRA).

https://brokercheck.finra.org/firm/summary/288202 (FINRA)

Apakah GoTrade Ilegal? Jika anda merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) saat ini GoTrade masih belum memiliki ijin OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau dengan kata lain masih belum legal Di Indonesia.

Namun meskipun begitu GoTrade telah memiliki ijin dan diawasi oleh Labuan Finansial Services and Securities Act yang memiliki fungsi sebagai OJK namun terletak pada Negara Malaysia (mengingat perusahaan Go Trade berasal dari Malaysia).

Bagaimana jika GoTrade Tutup? Semoga saja jangan sampai terjadi namun jika terjadi anda tak perlu khawatir, mengingat Alpaca Securities adalah broker dari aplikasi GoTrade dan sudah terdaftar pada Securities Investor Protection Corporation (SIPC).

Maka dana investor atau nasabah akan diproteksi (cover) hingga $500,000 setara dengan 7 miliar. Untuk sumbernya anda bisa melihat pada website resmi SIPC (https://www.sipc.org/list-of-members/?query=alpaca).


Portofolio Gotrade Pribadi

Saya sendiri menggunakan aplikasi GoTrade kurang lebih baru 2-3 bulanan (untuk melakukan riset dan melakukan diversifikasi tentunya).

Portofolio Gotrade

Per tanggal artikel ini dibuat saya sudah membeli saham dan ETF beberapa diantaranya ada;

  • Vanguard High Dividend ETF (VYM)
  • Vanguard Dividend Appreciation ETF (VIG)
  • Unilever (UL) *berniat untuk drop, soalnya saya sudah beli di BEI*
  • Reality Income (O)
  • Coca-Cola (KO)
  • S&P 500 ETF (SPY)
  • JPMorgan Chase (JPM)
  • Johnson & Johnson (JNJ)
  • iShares Dividend Growth ETF (DGRO)

Seperti yang saya jelaskan tadi bahwa saya merupakan investor dividend hunter sehingga portofolio saham yang saya miliki kebanyakan berfokus pada besar kecilnya dividend yang diberikan.

Kenapa tidak membeli saham Google? atau Apple yang juga membagikan dividen? Yang pertama Google tidak membagikan dividend dan yang kedua perusahaan Google dan Apple sudah masuk ke dalam S&P 500 ETF (SPY).

Jadi jika ingin membeli kedua saham tersebut ya tinggal berinvestasi pada etf S&P 500 saja. Saya sendiri selaku menyisihkan uang sebesar Rp.150,000 setiap bulanya untuk dimasukan ke dalam US Stock (mengingat minimal deposit yakni Rp.150,000 atau setara dengan 10$).

Toh tujuan utama juga melakukan riset sambil diversifikasi aset investasi. Mungkin jika kedepanya aplikasi ini sudah digunakan oleh banyak orang dan diakui oleh berbagai negara baru kita hajar menggunakan dana yang lebih besar, aminn.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai cara membeli saham amerika dengan bantuan aplikasi bernama GoTrade, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel