Cara Beli Bitcoin, Ethereum, dan Cryptocurrency Lainya

Belakangan ini Cryptocurrency sedang marak dibicarakan bahkan beberapa negara mulai menggunakan mata uang kripto sebagai alat pembayaran yang sah.

Cara Beli Bitcoin Dan Cryptocurrency

Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan memanfaatkan teknologi blockchain suatu komunitas maupun lembaga dapat menciptakan layanan finansial secara desentralisasi.

DeFi atau Desentralisasi Finansial adalah layanan keuangan yang sepenuhnya berjalan atau beroprasi pada jaringan blockchain, sesuai namanya bahwa DeFi tidak dikontrol oleh suatu bank, lembaga, atau suatu negara sekalipun.

Beberapa layanan DeFi yang sering digunakan oleh pemegang cryptocurrency yakni UniSwap (UNI), Terra (Luna), Wrapped Bitcoin (WBTC), PancakeSwap (CAKE), dan masih banyak lagi.


Mengingat sebentar lagi mata uang kripto Ethereum akan melakukan update menjadi versi 2.0 alangkah baiknya anda mulai mengenal teknologi blockchain, DeFi, dan juga mining.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara untuk membeli bitcoin, bnb, ethereum dan mata uang kripto lainya!


Daftar Dompet Bitcoin

Hal yang paling dibutuhkan untuk menyimpan Bitcoin atau mata uang digital lainya yakni wallet bitcoin, untuk mendapatkan dompet digital anda bisa mendaftar [Klik Disini].

Formulir Pendaftaran Indodax

1. Isi formulir pendaftaran seperti username, alamat email, password dan nomor telepon.

2. Jangan lupa untuk membaca Syarat dan Ketentuan dan beri tanda centang ketika sudah selesai membaca.

3. Buka Inbox atau Pesan Masuk pada alamat email anda dan tekan Aktivasi pada email dari pihak Indodax untuk mengaktifkan akun.

4. Kembali ke situs atau aplikasi Indodax dan masuk menggunakan username beserta password yang telah anda daftarkan tadi.

5. Siapkan kertas putih beserta KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk melakukan verval akun.

6. Lakukan verifikasi identitas dengan cara menuju ke menu Profil dan ikuti instruksi yang diberikan oleh pihak Indodax untuk melakukan verifikasi identitas.

Proses verifikasi biasanya memakan waktu sekitar 1-2 hari kerja (lama atau lambatnya proses tergantung antrian verifikasi).


Bagaimana Cara Beli Bitcoin

Setelah akun berhasil terverifikasi kini anda dapat melakukan transaksi jual beli bitcoin dan cryptocurrency, berikut adalah panduanya;

Halaman Utama Indodax

1. Buka situs atau aplikasi Indodax dan tekan 3 garis yang terletak pada bagian kanan atas dilanjut dengan menekan tombol Marketplace.

Marketplace IDR

2. Lakukan deposit mata uang rupiah (IDR) terlebih dahulu dengan cara menekan tulisan IDR.

Deposit Rupiah

3. Masukan nominal rupiah yang ingin anda tambahkan pada akun Indodax untuk metode pembayaran anda bisa menggunakan transfer virtual account, dompet digital (ovo, gopay, dana), alfamart dan masih banyak lagi.

4. Lakukan pengiriman dana sesuai instruksi yang diberikan.

Halaman Utama Aplikasi Indodax

5. Kunjungi kembali menu Marketplace.

Marketplace BTC

6. Pilih Cryptocurrency atau mata uang kripto yang ingin anda beli, jika anda ingin membeli Bitcoin maka pilih kode BTC.

Beli Bitcoin

7. Anda akan diberikan pilihan untuk membeli Bitcoin pada pasar trading jika anda ingin membeli Bitcoin sesuai dengan harga yang anda inginkan maka alangkah baiknya memilih Order Type: Limit.

Namun jika anda ingin segera membeli dan mendapatkan aset Bitcoin maka gunakan metode Order Type: Market/Instant seperti yang saya lakukan selama ini.

Baca juga: Cara Menabung Pada Deposito Mata Uang Dollar (USD)

Perlu diketahui bahwa menggunakan metode Market/Instant maka harga BTC akan sesuai dengan harga pasar saat ini dan jika menggunakan metode Order Type: Limit maka anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah (namun membutuhkan waktu yang lama).

8. Masukan nominal IDR/Rupiah yang ingin anda ubah menjadi aset Bitcoin nantinya akan muncul estimasi jumlah BTC yang akan anda dapatkan.

9. Jika sudah yakin tekan tombol Beli Bitcoin untuk melakukan pembelian BTC.

Jual Bitcoin

Sedangkan untuk menjual aset Bitcoin yang dimiliki anda cukup scroll pada bagian bahwa hingga menemukan sebuah fitur yang bernama Jual Bitcoin.

Sama seperti pada saat membeli Bitcoin bahwa nantinya anda akan diberikan 3 opsi Order Type, memasukan jumlah BTC yang ingin dijual maka akan muncul estimasi jumlah Rupiah yang akan anda dapatkan.

Langkah terakhir tekan Jual Bitcoin untuk mengubah aset Bitcoin menjadi Rupiah, sangat mudah bukan?

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai bagaimana cara membeli bitcoin dan mata uang digital lainya, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Baca juga

Posting Komentar

Tata Cara Berkomentar Dengan Benar
~ Menggunakan bahasa yang sopan dan benar
~ Dilarang menggunakan bahasa kotor
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang memancing keributan