Mau Cuan dengan Investasi Emas? Perhatikan Dulu 4 Tips Ini!

Tips Mendapatkan Cuan dengan Investasi Emas

Investasi emas merupakan salah satu bentuk investasi yang paling banyak diminati masyarakat. Harga emas cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dan relatif stabil, jadi investasi emas dinilai akan selalu menguntungkan. Investasi emas juga mudah dilakukan, bahkan dapat dilakukan sendiri dengan menyimpan emas secara fisik di rumah.

Banyak juga yang segera membeli emas untuk tujuan investasi setelah mendapatkan pemasukan yang tidak disangka-sangka, misalnya setelah mendapat hadiah atau setelah menang saat main di fun88.

Namun sayangnya, meskipun investasi emas minim resiko, tidak jarang ada yang mengeluh mengalami kerugian saat berinvestasi emas. Mengapa demikian? Agar tidak menyesal atau rugi saat berinvestasi emas, perhatikan dulu 5 tips berikut ini.

1. Pastikan emas disimpan di tempat yang aman

Banyak yang melakukan investasi emas tapi kurang memperhitungkan keamanan tempat penyimpanannya. Tempat penyimpanan emas yang kurang memadai dapat meningkatkan resiko kehilangan karena pencurian.

Karena itu, sebelum memutuskan akan berinvestasi emas dan menyimpannya sendiri, pastikan Anda memiliki tempat penyimpanan dengan keamanan yang maksimal. Pertimbangkaan untuk memiliki brankas tersembunyi atau tempat penyimpanan lain yang hanya dapat diakses dengan kode rahasia.

Saat ini banyak juga yang memilih untuk membuka rekening investasi emas di bank karena dinilai lebih aman dibandingkan dengan menyimpan emas sendiri di rumah. Namun pertimbangkan juga faktor lainnya, misalnya kemudahan akses dan juga faktor biaya tambahan yang bisa terjadi. Bagaimanapun juga, pilihlah cara aman yang paling fleksibel dan menguntungkan bagi Anda.

2. Perhatikan kemurnian emas

Membeli perhiasan untuk investasi emas memang menggoda, terutama bagi kaum wanita. Namun, jika ingin digunakan untuk tujuan investasi, sebaiknya belilah emas yang memiliki kemurnian yang lebih tinggi daripada emas perhiasan, misalnya emas batangan.

Apapun bentuk emas yang Anda gunakan untuk berinvestasi, pastikan Anda telah yakin dengan kemurniannya., sehingga Anda terhindar dari hal yang tidak diinginkan jika suatu hari ingin menjual emas tersebut.

Emas dengan kemurnian tinggi seperti emas batangan cenderung akan lebih stabil dan menguntungkan untuk berinvestasi. Emas batangan lebih menguntungkan saat dijual kembali jika dibandingkan dengan emas perhiasan.

3. Bandingkan harga emas terlebih dahulu

Jangan terburu-buru menginvestasikan semua uang Anda untuk membeli emas. Harga emas selalu berubah, jadi menentukan waktu untuk berinvestasi sangat penting untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal. Selain itu, harga emas juga bisa berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya.

Karena itu, sebelum berinvestasi, lakukan riset harga emas terlebih dahulu dan bandingkan kapan waktu yang tepat dan tempat mana yang paling menguntungkan untuk membeli emas. Begitu juga halnya dengan investasi emas dalam bentuk tabungan. Harga emas dari satu bank bisa berbeda satu dari lainnya.

4. Memantau harga emas

Investasi emas umumnya dilakukan untuk jangka panjang. Namun seperti jenis investasi yang lainnya, prinsip investasi emas juga sama, yaitu untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan melakukan pembelian saat harga rendah, dan melakukan penjualan saat harga tinggi.

Harga emas memang cenderung stabil dan cenderung selalu naik. Namun tidak menutup kemungkinan terjadi fluktuasi yang cukup signifikan pada waktu tertentu sehingga harga emas tiba-tiba turun drastis atau naik drastis.

Dengan selalu memantau harga emas, Anda akan dapat mengetahui dengan pasti perubahan harga emas dan dapat melakukan keputusan yang tepat saat berinvestasi. Dengan memanfaatkan kesempatan ini, keuntungan yang didapatkan dari investasi emas pun dapat berlipat ganda.

Baca juga

Posting Komentar

Tata Cara Berkomentar Dengan Benar
~ Menggunakan bahasa yang sopan dan benar
~ Dilarang menggunakan bahasa kotor
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang memancing keributan