Baterai iPhone Boros? Ini 5 Tips Agar Baterai iPhone Lebih Awet

5 Tips Agar Baterai iPhone Lebih Awet

Kapasitas baterai pada iPhone selama ini memang lebih kecil dibandingkan ponsel Android pada umumnya. Contohnya, iPhone 13 Pro Max hanya dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.352 mAh, sementara ponsel Android seperti Samsung S22 Ultra memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh. Walaupun begitu, hal ini tidak menentukan masa pakai baterai secara pasti.

Menurut beberapa sumber, masa pakai baterai tidak hanya tergantung pada kapasitasnya, melainkan juga dipengaruhi oleh sistem operasi dan hardware yang memproses smartphone.

Dalam kondisi normal, baterai iPhone 13 Pro Max berkapasitas 4.352 mAh bisa bertahan hingga 43 jam dengan pemakaian rata-rata 7 jam per hari. Semakin tinggi tingkat pemakaian, tentu baterai juga akan semakin boros. Bagi yang hobi gaming atau main game di m88asia, tentu baterai akan terasa lebih boros.

Maka, baterai iPhone yang cepat habis tidak hanya karena kapasitas baterainya saja. Ada beberapa hal lain yang mempengaruhi, seperti usia baterai yang sudah lama. Berikut adalah tips agar baterai iPhone lebih awet digunakan.


1. Rutin update software

Update software pada iPhone seringkali membawa fitur baru yang bermanfaat, termasuk fitur yang membantu menghemat baterai. Contohnya, pada sistem operasi iOS 13 dan yang lebih baru, Apple menambahkan fitur yang mencegah iPhone mengisi ulang baterai secara otomatis ketika sudah mencapai 80% saat sedang intens digunakan. Karena itu, pastikan untuk selalu rutin melakukan update software pada iPhone Anda.


2. Memakai charger original

Selanjutnya untuk menghemat baterai iPhone pastikan untuk menggunakan perangkat pengisi daya yang asli dari Apple. Charger asli memiliki output daya yang sesuai dengan kemampuan baterai iPhone, sementara charger palsu mungkin memiliki output daya yang tidak sesuai.

Output daya yang tidak sesuai dapat merusak kesehatan baterai iPhone dan membuat durasi pemakaian perangkat menjadi lebih singkat, seperti yang dilaporkan oleh situs resmi Apple.


3. Tidak mengisi daya lebih dari 80% saat iPhone sedang digunakan

Cara lain untuk menghemat baterai iPhone adalah dengan tidak mengisi daya lebih dari 80% saat perangkat sedang digunakan intens. Aktivitas seperti bermain game atau merekam video dalam waktu lama dapat meningkatkan suhu iPhone. Mengisi daya saat suhu tinggi dapat memperparah situasi ini dan mempengaruhi kesehatan baterai iPhone secara negatif.

Oleh karena itu, pastikan untuk tidak mengisi daya lebih dari 80% saat iPhone sedang digunakan intens. Pada iPhone dengan sistem operasi iOS 13 atau yang lebih baru, ada fitur yang akan secara otomatis menghentikan pengisian daya pada 80% saat suhu meningkat.


4. Bersihkan secara teratur

Partikel debu dan kotoran yang menempel pada iPhone dapat membuat suhu dalam perangkat menjadi tinggi dan mempengaruhi proses pendinginan. Partikel-partikel ini bisa masuk ke antara gap-gap perangkat dan menghalangi aliran udara yang diperlukan untuk membantu pendinginan. Jika suhu dalam iPhone meningkat, maka baterai juga akan lebih cepat terkuras.

Oleh karena itu, penting untuk membersihkan iPhone secara berkala, terutama bagian-bagian yang rentan terkena kotoran seperti port charger, speaker, dan lubang mikrofon. Ini akan memastikan bahwa pendinginan iPhone bekerja dengan baik dan baterai tidak terkuras terlalu cepat.


5. Menonaktifkan Background App Refresh

Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat memakan banyak daya baterai iPhone, terutama jika aplikasi tersebut terus memperbarui konten di latar belakang. Oleh karena itu, matikan fitur background app refresh untuk menghemat daya baterai.

Caranya cukup mudah, masuk ke pengaturan iPhone, pilih bagian "General", kemudian pilih "Background App Refresh". Anda bisa mematikan fitur ini secara keseluruhan atau hanya untuk beberapa aplikasi saja.

Baca juga

Posting Komentar

Tata Cara Berkomentar Dengan Benar
~ Menggunakan bahasa yang sopan dan benar
~ Dilarang menggunakan bahasa kotor
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang memancing keributan