GeoGuessr, Pertandingan Game Digital yang Mirip Esports

GeoGuessr, Pertandingan Game Digital yang Mirip Esports

Cambridge, Oxford dan Dictionary.com mendefinisikan 'persaingan dalam video game' tapi deskripsi itu merupakan margin yang sangat luas. Mungkin kita sudah ramah dengan game seperti League of Legends atau CS:GO, tetapi bagaimana dengan pilihan kompetisi yang tidak biasa dan benar-benar aneh, seperti Farming Simulator, Microsoft Excel — atau GeoGuessr?

Mungkin disinilah jawabannya. GeoGuessr adalah game browser web yang menggunakan data dari Google Street View untuk menempatkan pemain di area geografis secara acak. Pemain kemudian harus menebak di mana lokasinya, dan skor poin tergantung pada seberapa akurat tebakan mereka.


Kompetisi GeoGuessr

Game ini telah menjadi favorit para streamer dan pembuat konten sejak diluncurkan pada 2013, kemudian meledak saat era pandemi COVID-19.

Popularitasnya yang terus berlanjut dan meningkatnya keterampilan para pemain, membuat tim pengembang berpikir di luar kotak pepatah dan menggelar Piala Dunia GeoGuessr yang pertama, yang akan berlangsung di Stockholm, Swedia pada 13-14 Oktober.

Falgard seorang perwakilan dari komunitas memberi tahu Esports Insider bahwa kompetisi GeoGuessr  sudah ada dan telah mengatur turnamen sejak lama. Namun implementasinya jauh lebih sulit karena GeoGuessr berbeda dengan Esports kebanyakan.


“Agak Laen” dengan Esports

Tantangan utamanya adalah kenyataan bahwa tidak semua orang memainkan permainan dengan cara yang sama. Falgard menyoroti bahwa mode permainan, pengaturan, mod, dan tim dapat berbeda dari satu wilayah ke wilayah lainnya, sehingga tim GeoGuessr perlu membuat mode kompetisi baru yang dapat digunakan oleh semua orang.

“Tantangan terbesar adalah membatasi acara. Kami ingin memberikan acara yang hebat dan dengan banyak hal yang tidak diketahui, saya pikir penting untuk tetap fokus dan melakukan semuanya dalam langkah-langkah kecil, dan melakukannya dengan sangat baik, ”tambah Falgard.

“Tahun depan saya ingin menambahkan kualifikasi terbuka, mungkin kompetisi tim, dan banyak hal lainnya, tetapi untuk melakukannya saya pikir kami perlu membuktikan bahwa kami dapat memberikan acara yang sukses tahun ini, dan dengan melakukan itu — kami akan menambah kredibilitas GeoGuessr sebagai esport.”


GeoGuessrs terbaik dari seluruh dunia

Mengingat turnamen tersebut bernama Piala Dunia, Falgard mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk mengikutsertakan sebanyak mungkin kewarganegaraan. Karena ini adalah edisi perdana acara tersebut, tidak diragukan lagi akan ada banyak pemain dari negara yang sama, tetapi proses seleksi akan tetap dilakukan untuk memastikan bahwa pertandingan terbaik dan yang paling bergengsi yang dimainkan.

Selain para pemain, sejumlah kreator konten GeoGuessr juga akan ikut ambil bagian dalam acara tersebut. Falgard memberi tahu Esports Insider bahwa tim GeoGuessr sedang dalam proses menyelesaikan detail tentang cara melibatkan sebanyak mungkin pembuat konten dari seluruh dunia. Karena tidak semua orang bisa berada di Stockholm untuk final LAN, tim bertujuan untuk meminta pembuat konten untuk meningkatkan profil turnamen.

Acara ini memiliki peluang untuk menjadi salah satu tontonan esports yang lebih menarik, meskipun bukan yang terbesar, di tahun 2023, sekaligus menunjukkan bahwa GeoGuessr dapat menjadi upaya kompetitif yang terampil.

Anda bisa menyaksikan pertandingan GeoGuessr dengan channel TV kabel ataupun link streaming pada 26 Agustus 2023 mendatang. Jangan lupa untuk selalu mengakses m88bet sebelum pertandingan dan jagokan pemenang agar Anda bisa memperoleh keuntungan setelah turnamen usai.

Baca juga

Posting Komentar

Tata Cara Berkomentar Dengan Benar
~ Menggunakan bahasa yang sopan dan benar
~ Dilarang menggunakan bahasa kotor
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang memancing keributan