Cara Menggunakan Stable Diffusion di Android Gratis Tanpa Menggunakan PC Komputer

Kini Kamu bisa menggunakan aplikasi stable diffusion untuk membuat gambar AI anime pada smartphone android gratis dna tanpa menggunakan komputer.

Cara Menjalankan Stable Diffusion di HP Android Gratis

Stable Diffusion adalah teknologi AI yang mampu membuat gambar berdasarkan prompt atau perintah, istilah ini sering disebut sebagai text-to-image atau tulisan ke gambar.

Umumnya untuk menjalankan stable diffusion dibutuhkan komputer dengan spesifikasi yang tinggi yang mengacu pada bagian GPU (Graphic Processing Unit), sebab daripada penggunaan CPU stable diffusion lebih cenderung melakukan proses pada kartu grafis.

Lalu muncul sebuah pertanyaan apakah bisa menjalankan stable diffusion pada smartphone android mengingat dibutuhkan daya komputasi yang begitu besar? Jawabanya bisa.

Maraknya penggunaan generative image mendorong beberapa komunitas dan perusahaan besar dalam menyediakan tempat untuk menjalankan stable diffusion online secara gratis dengan fitur seadanya.

Meski terdapat pembatasan pada beberapa fitur namun masih bisa digunakan untuk belajar pengguaan prompt, yang terpenting kamu bisa membuat gambar AI pada hp android.

1. Pertama kunjungi situs Stable Diffusion Android 3.1 ||--|| Server 2 Diffusion V.3.0
   
(jika tidak bisa gunakan server 2)

Stable Diffusion Android

2. Masukan Prompt sesuai dengan apa yang kamu inginkan, misalnya saya memasukan

1girl, arima kana, kimono, shy face, open mouth

Penjelasan mengenai prompt

  • 1girl berarti foto atau gambar AI hanya akan menampilkan satu wanita.
  • arima kana merupakan nama karakter pada anime Oshi no Ko
  • kimono adalah pakaian yang digunakan
  • shy face prompt untuk mengeluarkan ekspresi wajah malu
  • open mouth adalah perintah agar karakter membuka mulut


3. Masukan Negative Prompt untuk sesuatu hal yang tidak ingin kamu tampilkan

worst quality, low quality, bad hand

Penjelasan mengenai negativ prompt

  • worts quality dan low quality untuk menghindari kualitas gambar yang buruk
  • bad hand untuk menghindari tangan aneh seperti halnya memiliki lebih dari 5 jari, dan juga posisi jari yang tidak sesuai dengan tubuh manusia


3. Sekiranya prompt dan negativ prompt sudah sesuai silahkan tekan Generate untuk membuat gambar.

Biasanya akan terdapat Queue yang berati Anda harus antri terlebih dahulu, lama atau tidaknya generate image tergantung pada antrian.

Generate Image

Gambar diatas merupakan hasil generate dari Prompt 1girl, arima kana, kimono, shy face, open mouth sangat mudah bukan menggunakan stable diffusion pada hp android?

Sebagai tambahan saya ingin memperjelas atau memperbaiki sedikit prompt serta menggunakan LoRa agar gambar yang dihasilkan dengan baik.

Kali ini saya memasukan prompt;

1girl, arima kana, oshi no ko, kimono, shy face, open mouth, white hair

Dan menggunakan LoRa bernama Style-enhancer-xl-lora

Animagine LoRa

Sayangnya prompt white hair disini terbaca untuk menambahkan efek cahaya putih pada rambut, mungkin harus ditambahkan prompt yang lebih spesifik lagi agar rambut bisa berganti warna menjadi putih.

Bagaimana sangat mudah bukan? kalian bisa memodifikasi prompt sesuai dengan imajinasi, semisal saya ingin membuat Arima Kana menggunakan baju olahraga dimana wajahnya memerah dan juga berkeringat maka tinggal masukan prompt

1girl, arima kana, oshi no ko, sport uniform, shy face, sweating, outdoor, school

Prompt yang perlu diperhatikan yakni sport uniform untuk mengganti pakaian olahraga sekolah, sweating agar karakter berkeringat, serta school disini agar latar tempatnya adalah sekolah

Maka akan menghasilkan gambar seperti dibawah:

Animagine Model

Kamu bisa membuat gambar AI dengan bebas secara gratis pada android karena terdapat aplikasi Google Transalte yang mampu menterjemahkan Bahasa Indonesia yang kemudian diubah menjadi text to image.

Bonus terakhir semisal Anda ingin membuat karakter Kurokawa Akane membaca buku di perpustakaan dan menggunakan seragam sekolah maka tinggal masukan prompt:

1girl, kurokawa akane, school uniform, library, reading, holding a book

Dengan prompt diatas maka akan menampilkan gambar dibawah:

Kurokawa Akane Oshi no Ko

Sangat mudah bukan? Ya meskipun tidak bisa dipungkiri antrian dalam stable diffusion gratis memang memakan waktu yang lama, kalau ingin cepat ya belilah komputer yang memadai atau bisa juga menyewa komputer online untuk menjalankan stable diffusion melalui android.

Saya sendiri berencana untuk mengupload hasil generate gambar pada blog ini, jika anda tertarik melihat hasilnya bisa langsung kunjungi kategori /image-gallery

Berikut adalah beberapa karakter yang bisa Anda generate menggunakan Stable Diffusion 3.0 XL Android:

Genshin Impact
hu tao, lumine, zhongli, mona, aether, keqing, venti, eula, klee, kamisato ayaka, xiao, nilou, furina, yelan, jean, fischl, kaedehara kazuha, yoimiya, diluc, dan masih banyak lagi.

Blue Archive
sensei, asuna, yuuka, shiroko, toki, hina, karin, koharu, aris, hoshino, hanako, kisaki, mari, aru, hasumi, rio, arona, noa, momoi, miyu, dan masih banyak lagi.

Azurlane
manjuu, taiho, bremerton, atago, prinz eugen, formidable, belfast, sirius, commander, unicorn, illustrioous, enterpirise, takao, dan masih banyak lagi.

Honkai Series
kiana kaslana, bronya zaychik, raiden mei, kafka, fu hua, trailblazer, merch 7th, seele vollerei, yae sakura, elysia, silver wolf, rita rossweisse, dan masih banyak lagi.

Kalian bisa melihat daftar lengkap anime atau karakter apa saja yang bisa dibuat dengan melihat dokumenya secara langsung: list all character.txt (up to 2000 dataset)

Application Error

Jika terdapat pesan error seperti tulisan This application is too busy. Keep trying! menadakan bahwa antrian melebihi batas maksimal, hal biasa yang saya lakukan yakni spam menekan tombol Generate hingga prompt saya masuk kedalam antrian atau Queue.

Untuk pembahasan mengenai pejelasan prompt lebih lengkap mungkin Anda bisa mencari referensi pada Google karena saya sendiri juga masih belajar.

Oke mungkin itu saja pembahasan mengenai cara menggunakan stable diffusion di android gratis tanpa menggunakan pc komputer, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Baca juga

Posting Komentar

Tata Cara Berkomentar Dengan Benar
~ Menggunakan bahasa yang sopan dan benar
~ Dilarang menggunakan bahasa kotor
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang memancing keributan