4 Cara Menyimpan Foto/Video Di Instagram Tanpa Aplikasi

4 Cara Menyimpan Foto/Video Di Instagram Tanpa Aplikasi
Cara menyimpan atau mendownload foto dan video di Intagram bisa dilakukan tanpa aplikasi. Instagram adalah tempat yang sangat cocok untuk mengabadikan sebuah momen dalam hidup baik berebentuk foto maupun video.

Biasanya orang mengunggah sebuah lama agar tidak terlalu memberi beban pada memori dengan cara upload kemudian hapus, namun terkadang kita kangen pada suatu foto dan ingin mengunduhnya kembali untuk diunggah ke sosial media lainya.

Banyak sekali pengguna Instagram yang menggunakan media ini sebagai tempat untuk berjualan. Maka dari itu penjual membutuhkan foto yang telah terupload dengan cara meyimpan kembali ke memori dan mengunggah ke sosial media lainya untuk melakukan promosi.

Baca juga: Tidak Bisa Buka WhatsApp, Facebook dan Instagram? Begini Solusinya

Seperti yang saya bilang tadi bahwa mendownload kembali foto maupun video dalam Instagram dapat dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan aplikasi maupun tanpa menggunakan aplikasi. Sebelum itu pastikan terlebih dahulu kamu sudah menentukan sebuah foto ataupun video yang ingin di simpan.

Cara Menyimpan Foto/Video Di Instagram Tanpa Aplikasi


Cara mendapatkan alamat / Link sebuah foto dan video

  1. Masuk kedalam aplikasi Instagram terlebih dahulu, atau bisa juga menggunakan sebuah browser.
  2. Pilih foto / video yang ingin disimpan.
  3. Ketuk pada titik yang berjumlah tiga seperti petunjuk diatas.
  4. Kemudian pilih Copy Link.
Dengan begitu kamu sudah memiliki sebuah alamat foto dalam IG. Sekarang tinggal mengunduhnya dengan 4 cara dibawah ini;

1. Cara menyimpan foto Instagram tanpa aplikasi

Jika ingin mengunduh video dalam Instagram, maka kamu perlu mengakses sebuah web dimana pada website tersebut sudah disediakan tools untuk menyimpan foto dari Instagram ke memori android kamu.

Pada tutorial kali ini saya menggunakan salah satu situs downloader image/videos Instagram, kamu bisa langsung mengunjungi situs [Instaweb Download]. Disarankan menggunakan sebuah browser yang mendukung javascript seperti (Mozilla Firefox, Google Chrome, UC Browser, atau Purfin). Tidak direkomendasikan menggunakan UC Browser.

Cara Menyimpan Foto/Video Di Instagram Tanpa Aplikasi

Masukan alamat foto yang telah di salin alamatnya kedalam kolom yang telah disediakan, selanjutnya klik Download dibawahnya, tunggu beberapa detik maka akan muncul Download image untuk sebuah foto dan Download video untuk mengunduh sebuah video.

Setelah unduhan selesai kamu bisa langsung untuk memposting kembali ke sosial media lainya, untuk lokasi penyimpanan biasanya terdapat dalam sdcard/download atau folder unduhan bawaan sebuah browser maupun sistem android.

2. Cara menyimpan video Instagram menggunakan aplikasi

Hampir sama dengan cara diatas hanya saja pada metode ini kamu harus mengunduh sebuah aplikasi terlebih dahulu, namun dengan menggunakan aplikasi ini kamu akan diberikan sebuah fitur yang sangat lengkap seperti multiple download (video/foto) dan juga bisa digunakan untuk langsung repost sebuah postingan dengan otomatis. 

Cara Menyimpan Foto/Video Di Instagram Tanpa Aplikasi

Unduh terlebih dahulu sebuah apk untuk menyimpan sebuah foto, [Instagram Photos/Videos Downloader], bisa dibilang aplikasi ini relatif sangat ringan karena hanya membutuhkan membutuhkan memori penyimpanan empat sampai lima MB dengan fitur yang sangat banyak.

Cara Menyimpan Foto/Video Di Instagram Tanpa Aplikasi

  1. Buka aplikasi, Masukan url atau alamat foto/video pada kolom diatas, tunggu beberapa detik nanti akan muncul sebuah thumnail yang menampilkan sebuah preview postingan.
  2. Setelah muncul langsung menekan sebuah tombol Share yang berwarna Pink (Merah muda).
  3. Klik icon Foto atau Download Image.
  4. Maka dengan otomatis foto dan video sudah masuk kedalam galeri.
  5. Jika ingin melihat Histori (Riwayat) unduhan bisa langsung menuju ke menu HISTORY.

Kelebihan menggunakan aplikasi?
Berbicara mengenai kelebihan menggunakan aplikasi seperti mendapatkan sebuah fitur tambahan sepeerti
  • Repost
    Dengan fitur ini kamu bisa melakukan Repost atau Re-posting (posting ulang) langsung ke Instagram, jadi kamu tidak perlu mencari foto ataupun sebuah video dalam galeri untuk memposting ke aku Instagram. Fitur ini sangat cocok digunakan untuk penjualan sebuah produk.
  • Share
    Selain bisa melaukan Repost kamu juga bisa langsung membagikan ke teman teman dengan platform sosial media yang besar seperti Facebook, Whatsapp, LINE dan lain lain.
  • Download Image
    Fitur utama aplikasi ini yakni untuk mengunduh sebuah gambar, dengan fitur ini kamu bisa mengunduh foto atau video dengan mudah dan cepat.
  • History View
    Menu ini dibuat untuk memberitahu kepada para pengunduh mengenai foto / video apa saja yang telah mereka unduh.

3. Menyimpan foto & video dengan mudah menggunakan Browser

Mungkin cara ini jarang diketahui oleh banyak orang karena bisa dikatakan lumayan ribet, metode ini bisa digunakan baik melalui komputer PC ataupun smartphone android, yang perlu kalian siapkan hanyalah sebuah browser saja.

NB: Jika kalian menggunakan smartphone android, WAJIB menggunakan browser Google Chrome, karena hanya Chrome yang mendukung metode ini. Untuk pengguna PC kalian bebas untuk menggunakan browser apapun, asalkan jangan Internet Explore.
  1. Pertama buka browser dan langsung kunjungi sebuah foto yang ingin kamu simpan.
  2. Bagi pengguna komputer kamu bisa langsung menekan CTRL + U atau bisa juga;
  3. Untuk pengguna hp kamu wajib menggunakan Google Chrome dan pada alamat sebuah foto berikan sebuah kode didepan alamat atau link yaitu view-source:Jadi misalnya saya memiliki sebuah foto dengan alamat:
    https://www.instagram.com/p/B1Lw8kmFppd/
    Setelah ditambahkan kode view-source menjadi
    view-source:https://www.instagram.com/p/B1Lw8kmFppd/ 
  4. Maka dengan otomatis nanti kamu akan melihat sekumpulan kode yang sangat banyak, kemudian cari kode dengan tulisan og:image untuk gambar dan og:video untuk sebuah video, untuk mencari dengan cepat gunakanlah fitur Find Text pada browser. Bisa dilihat gambar dibawah ini.

    Cara Menyimpan Foto/Video Di Instagram Tanpa Aplikasi

  5. Kemudian salin alamat setelah content=", link tersebut adalah alamat sebuah foto yang bisa langsung di unduh. Namun mungkin cara ini sedikit sulit karena kita harus mencari sebuah kode terlebih dahulu.

4. Menyimpan foto melalui Screenshot

Tanpa disadari bahwa menyimpan foto Instagram bisa dilakukan dengan cara Screenshot atau tangkap layar dan kemudian dicrop melalui Galeri atau menggunakan aplikasi editing seperti Picsay Pro. Cukup bermodalkan fitur screenshot bawaan handphone kamu tidak perlu ribet ribet mengunduh atau pergi kesebuah website downloader.

Baca juga: Dampak Negatif Dalam Penggunaan Auto-Follower Instagram

Saya sendiri lebih suka menyimpan foto kembali ke galeri tanpa menggunakan sebuah aplikasi, karena mengingat handphone yang saya pakai memiliki spesifikasi yang sangat rendah dan penyimpanan memori yang sangat sedikit tidak memungkinkan untuk memasang sebuah aplikasi yang terlalu banyak.

Mungkin hanya segitu pembahasan kali ini tentang cara menyimpan video dari instagram baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi, begitu mudah bukan?

Baca juga