Cara Kompres Gambar atau Foto Format PNG dan JPG

Compress PNG & JPG

Melakukan kompres gambar atau foto baik dalam format PNG maupun JPG terbukti dapat mengurangi ukuran file foto, sangat direkomendasikan untuk para blogger yang sering mengupload sebuah gambar pada artikel atau bagi orang yang memiliki kapasitas memori kecil.

Banyak aplikasi yang disediakan untuk mengecilkan ukuran gambar, namun tak sedikit hasil yang diberikan sangat menurunkan kualitas gambar, setelah gambar dikompres kualitas dan pixel turun derastis dan pada akhirnya tidak jelas (blur).


Tentu jika gambar blur tidak enak dilihat karena tidak jelas, lantas bagaimana mengkompresi sebuah gambar tanpa menurunkan kualitas?


Cara Mudah Compress Gambar atau Foto

Pada dasarnyaa mekompres gambar adalah untuk menurunkan jumlah pixel, namun ada sebuah situs yang dimana menyediakan sebuah mesin coding pixel yang dimana memberikan kualitas gambar bagus meski gambar sudah dikompres.

Kompres Gambar PNG
Gunakan untuk foto atau gambar dengan format PNG (biasanya format ini digunakan untuk sebuah vektor atau untuk hal yang berbasis Web seperti logo sebuah blog, atau icon untuk tampilan web.

Kompres Gambar JPG 
Kebanyakan format JPG sering dihasilkan dari sebuah foto kamera karena JPG sangat bagus untuk menghasilkan gambar dengan pixel yang sangat banyak.

Baca juga: 10 Cara Mempercepat & Mentstabilkan Koneksi Internet Download

Untuk melakukan convert pastikan format file terlebih dahulu, ketika sudah menentukan format file apakah JPG atau PNG silahkan pilih salah satu diatas (ingat ini hanya bisa dilakukan Online yang dimana membutuhkan koneksi internet).

Cara Kompres Gambar atau Foto Format PNG dan JPG

Pertama hal yang perlu dilakukan adalah mengupload gambar atau foto terlebih dahulu, jika kamu menggunakan smartphone android bisa dengan cara menekan tombol Unggah File namun jika kamu menggunakan komputer bisa langsung menseret foto ke kolom yang sudah disediakan (drag & drop).

Cara Kompres Gambar atau Foto Format PNG dan JPG

Jika kamu mengupload banyak file (batch) bisa langsung menekan tombol Unduh Semua maka dengan otomatis semua file yang kamu kompres akan terunduh secara otomatis, namun jika mengupload file tunggal atau satu file saja bisa memilih Unduh pada gambar yang diinginkan.

Cara Kompres Gambar atau Foto Format PNG dan JPG

Kita bisa melihat disini perbandingan sebelum dan sesudah pengompresan gambar, dan ternyata terdapat selisih 100kB, ya meskipun sangat sedikit akan mempengaruhi kecepatan akses, terlebih lagi jika kamu seorang blogger yang selalu mencantumkan sebuah gambar dalam artikel / postingan, sangat direkomendasikan untuk melakukan compres gambar terlebih dahulu.


Kelebihan Gambar atau Foto Yang Sudah Dikompres

Mungkin kelebihan dari melakukan penurunan ukuran file ini sangat dirasakan jika kamu seorang pengembang web atau content creator, karena Google sangat mempertimbangkan kecepatan akses dalam blog yang kamu kelola, semakin cepat akses web maka akan mendapatkaan nilai positif dimata mesin pencari Google, ya mungkin kelebihan lainya adalah:

  • Ukuran file jauh lebih kecil dari ukuran normal (terutama file PNG).
  • Mendapatkan akses cepat pada web yang mengandung multimedia
  • Menghemat kapasitas memori lebih dari 20%
  • Kualitas tidak jauh berbeda dengan file original atau asli
  • Sangat bagus digunakan untuk web pada postingan


Kekurangan Gambar atau Foto Yang Sudah Terkompres

Segala kelebihan pasti terdapat kekurangan, yap dalam melakukan kompresi juga terdapat kekurang, meskipun tidak terlihat dengan mata telanjang, mungkin kekuranganya yang bisa dirasakan adalah berkurangnya jumlah pixel pada foto atau gambar.

Konsep kompresi sendiri adalah mengurangi jumlah pixel yang ada pada sebuah foto, mungkin bagi yang belum tahu bahwa sebuah gambar itu terdiri dari jutaan pixel (tergantung resolusi) pixel ini adalah titik titik yang akan membentu sebuah gambar.

Jika kalian perhatikan, saat kalian melakukan Zooming akan terlihat sebuah titik atau kotak yang memiliki satu warna, nah foto ini adalah gabungan dari berbagai kotak kotak atau titik titik warna.

Baca juga: Cara Membuat Safelink Blog Spot Dengan Blogger Mudah

Namun kekurangan ini tidak begitu terlihat, hanya orang yang sangat teliti yang mampu melihatnya dan sedangkan jika ada orang yang menelitinya berarti orang itu kurang kerjaan ya meskipun meneliti itu termasuk sebuah pekerjaan.

Saya sarankan untuk tidak menggunakan aplikasi, karena meskipun banyak sekali aplikasi yang menyediakan fitur ini namun menurut saya terlalu over sehingga membuat kualitas yang dihasilkan sangat menurun bahkan bisa dikatakan tidak layak pakai.

Usahakan menggunakan situs rekomendasi ini, namun jika saking banyaknya file sehingga membuat kuota habis mau tidak mau harus menggunakan sebuah aplikasi untuk mengantisipasi kuota habis. Banyak sekali aplikasi yang sudah disediakan dalam Google Play Store Seperti:


Jadi bagaimana menurutmu tutorial bagaimana cara kompres ini? begitu mudah bukan? mungkin pada kesempatan selanjutnya saya akan membagikan tutorial cara memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya, karena akhir akhir ini terdapat format (Codex) dimana ukuran video sangat kecil namun memiliki kualitas yang sama seperti Orisinilnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel