Terbaik! 5 Antivirus Paling Ampuh dan Ringan Untuk Komputer Terbaru

Mencari Antivirus terbaik dan ringan untuk melindungi data pada komputer / laptop? Tenang ada rekomendasi antivirus ampuh untuk membasmi virus terbaru.

Antivirus Terbaik dan Ringan Terbaru

Virus Komputer sama halnya dengan virus dalam dunia nyata, yang bertugas untuk menghancurkan suatu organ / komponen yang ada agar menganggu kinerja atau bahkan membuat berhenti kinerja.

Dampak sebuah komputer terkena virus yakni melambatnya kinerja komputer, beberapa program tidak dapat berjalan dengan baik dan hal yang paling buruknya adalah resiko kehilangan berkas baik file, gambar, video, dan dokumen lainya.

Untuk mencegah semua itu terjadi maka hadirlah sebuah Antivirus yang bertugas untuk menghapus dan melindungi komputer dari serangan virus berbahaya baik (Malwer, Adware, Spyware, Trojan, Rootkit, Backdoor dan masih banyak lagi.)

Tidak perlu khawatir akan semua itu karena rata rata antivirus sudah didesain sedemikian rupa untuk mengeksekusi virus tanpa ampun hingga ke akar akarnya, namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua Antivirus dapat berjalan di spesifikasi komputer yang rendah (low-end).

Maka dari itu kita perlu antivirus terbaik dan ringan agar dapat berjalan seimbang menyesuaikan komponen spesifikasi sebuah komputer maupun laptop, kebanyakan rekomendasi dari artikel ini berjalan baik pada sistem operasi Windows.


Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang antivirus terbaik dan ringan untuk komputer, tentunya dilengkapi dengan fitur kemanan keren sehingga virus tidak bisa menginfeksi data dan berkas.

Saya tidak akan mengulas semua antivirus secara spesifik, dan mungkin hanya beberapa saja. Karena jujur saja saya belum mencoba semua AV yang dicantumkan, namun sudah diuji oleh sobat Nafaskuda Lab tentang peforma dan kinerjanya.

Dan juga bagi pengguna android, tak perlu untuk mencari antivirus android. Karena pada dasarnya OS android sudah aman dari serangan virus (jika penggunanya pintar).


1. ESET Internet Security

Antivirus sekaligus Internet Protection sangat direkomendasikan adalah ESET Internet Security, kenapa demikian? Karena fitur yang ditawarkan sangatlah lengkap, mulai dari Scanning Real-time, pemblokiran otomatis file mencurigakan (proteksi virus Ransomware) dan perlindungan dari serangan hacker.

ikon ESET Internet Security
ESET Internet Security
Free/Trial - Windows, Android
File Code: ESET Internet Security.apk/exe

Hal yang paling saya suka dalam ESET Smart Security adalah fitur Firewall, dimana kita bisa memblokir akses internet suatu aplikasi tidak diinginkan, tentu hal ini bisa membatasi aplikasi “nakal” yang menjalankan internet dalam latar belakang (background).

Tak perlu khawatir lagi ketika terdapat program yang mengandung miner atau berpotensi untuk menambang bitcoin secara diam diam, karena dengan Firewall dari ESET mampu membatasi akses protokol tersebut.

Bahkan sempat saya membahas tentang Cara Mematikan Windows Update 10, 8, dan 7 Semua Versi Terbaru menggunakan bantuan ESET Internet Security ini.

Berbicara mengenai peforma, menurut pengalaman saya yang sudah menggunakan lebih dari 5 tahun (produk ESET maksudnya) komputer tidak pernah terinfeksi virus sama sekali. Karena fitur Realtime Scanning akan langsung mengeksekusi sebuah file terdeteksi sebagai virus.

Suka bertransaksi Internet Banking atau hal yang berhubungan dengan Financial? Tenang ESET juga menyediakan perlindungan terhadap aktifitas transaksi atau berbau finansial, seperti halnya fitur Banking & Payment Protection.

Fitur ini berkerja sama halnya dengan Incognito mode dimana akan memberikans sebuah web browser otomatis dengan tingkat keamanan tinggi. Membuat orang yang “nakal” tidak bisa jahil terhadap akun kamu.

Tentu setiap hari ke hari aktivitas virus semakin berkembang, dan menggunakan berbagai metode untuk merusak perangkat lunak komputer, namun tenang karena pihak ESET sendiri memberikan Update setiap hari, dimana akan memperbaharui database virus yang ada.

Untuk masalah kemanan komputer dari serangan virus, saya dan tim Nafaskuda mempercayakan sepenuhnya kepada ESET Internet Security, jangan lupa untuk mengupdate antivirus ini setiap hari agar data dalam komputer dapat terlindungi secara maksimal.

Tentu setiap kelebihan pasti ada kekurangan, dalam antivirus terbaik ESET ini pun ada hal yang terkadang membuat saya risih, meskipun sangat membantu melindungi komputer namun juga terkadang membuat user pemula kebingungan.

Ketika saya sedang melakukan uji coba menggunkan WiFi seperti bereksperimen terkadang akses diblokir oleh Firewall ESET karena dianggap mencurigakan, dan hasilnya harus melakukan unblock secara manual agar dapat membuka akses tersebut.


2. Windows Defender (Windows 10)

Berbicara soal kemanan komputer, ternyata Microsoft selaku pengembang operating system Windows juga tak mau kalah. Pasalnya pihak Microsoft sendiri menghadirkan Windows Defender untuk Windows 10 yang tak kalah ampunya dengan Antivirus lainya.

Sebenarnya sebuah Windows 10 tidak perlu memasang atau menginstall antivirus lainya, karena sudah terdapat keamanan bawaan dari sistem operasi itu sendiri yakni Windows Defender.

Windows Defender adalah antivirus dikembangkan oleh pihak Microsoft atau sistem operasi itu sendiri, yang kini terdapat banyak sekali fitur kemanan disediakan seperti Virus & threat protection, Account Protection, Firewall & Network Protection, Apps & browser control, Device Security, Device performance & health, dan Family Option.

Fitur yang dihadirkan bisa dikategorikan sangat cukup untuk melindungi komputer dari serangan hacker, seperti halnya perlindungan firewall yang ada, bahkan sama seperti ESET, Windows Defender juga rutin melakukan pembaharuan virus database.

Dikarenakan sistem operasi Windows 10 rentan terhadap virus berbahaya yang bernama Ransomware, kini juga menghadirkan Ransomware Protection. Bisa diambil kesimpulan bahwa tanpa menggunakan antivirus terbaik lainya pun data kita akan aman.

Namun perlu diingat bahwa Windows Defender ini hanya berjalan baik (Peforma lebih optimal) hanya di Windows 10 versi terbaru saja, meskipun pada Windows 8 juga ada, namun menurut saya kinerja dari AV tersebut kurang maksimal.

Jika ditanya, apakah saya menggunakan AV bawaan sistem operasi, jawabanya TIDAK, karena jujur saja saya sudah terpesona dengan perlindungan yang diberikan dari ESET Internet Security, udah nyaman bahasa gampangnya.

Terkadang juga Win10 Defender ini suka memakan resource sangat tinggi ketika melakukan scanning, terutama pada fitur Real-time protection, namun hanya diawal scanning saja kok.


3. Kaspersky – Best Antivirus & Internet Security

Terkenal dengan keganasan terhadap virus yang mulai menginfeksi komputer, bahkan pernah dijuluki antivirus terbaik karena peforma yang diberikan sangatlah bagus.

ikon Kaspersky – Best Antivirus
Kaspersky – Best Antivirus
Free/Trial - Windows
File Code: Kaspersky – Best Antivirus.exe

Selain menyandang sebagai antivirus, Kaspersky juga menghadirkan layanan untuk melindungi keamanan ketika sedang berjelajah di internet, yakni layanan VPN atau Virtual Private Network.

Layanan VPN Kaspersky bisa digunakan baik dalam sistem operasi android dan windows. Tidak perlu khawatir akan data yang bocor karena layanan VPN ini sudah terpercaya sejak lama.

Jika ingin mencari referensi aplikasi VPN dan DNS bisa membaca pada Gratis! 9 Aplikasi VPN Terbaik dan DNS Tunnel Tercepat Android.

Mungkin banyak vendor yang menggunakan perlindungan Kaspersky untuk melindungi website mereka. Biasanya untuk mengamankan sebuah toko online / marketplace dari serangan hacker / carding.

Sama halnya dengan ESET, yakni Kaspersky juga memiliki berbagai macam seri kemanan, yakni Kaspersky Antivirus, Internet Security, dan Total Security.


4. Norton Antivirus Terbaik 

Antivirus terbaik yang kurang lebih sama seperti Kaspersky, tidak sudah ditanyakan lagi mengenai peforma diberikan oleh Norton karena sangat ganas membunuh virus masuk.

ikon Norton Antivirus Terbaik
Norton Antivirus Terbaik
Free/Trial - Windows
File Code: Norton Antivirus Terbaik.exe

Menurut pengamatan yang saya lakukan, Antivirus Norton sering digunakan untuk melindungi data internet banking atau transaksi dilakukan dalam internet pada marketplace / toko online besar.

Tidak mau kalah dengan Kaspersky, karena Norton juga menyedikan total security yakni menggunakan jaringan Norton VPN, berfungsi untuk mengenkripsi sebuah data paket ketika sedang berjelajah di Internet.

Beberapa produk dikeluarkan oleh Norton yakni:

  1. Norton Antivirus Plus
  2. Norton 360 Standar
  3. Norton 360 Deluxe
  4. Norton 360 with Lifelock Select
  5. Norton 360 with LifeLock Advantage
  6. Norton 360 with LifeLock Ultimate Plush
  7. Norton Secure VPN
  8. Norton Privacy Manager
  9. Norton Family Premier
  10. Norton Mobile Security for Android
  11. Norton Utilities Premium

Tentu setiap produk memiliki fitur unggulan masing masing, dan juga menyesuaikan kebutuhan pengguna, apakah untuk melindungi komputer pribadi atau perusahaan, bahkan sampai toko online.

Tidak hanya hadir dalam komputer saja, karena Norton juga hadir sebagai antivirus android terbaik saat ini, karena sangat ringan ketika dijalankan, dapat juga membantu menghindari serangan adware (iklan) pada android.


5. SMADAV – Antivirus Terbaik Buatan Indonesia

SMADAV bisa dikatakan Antivirus terbaik buatan Indonesia yang sampai saat ini masing dikembangkan dan terus mengalami peningkatan sekaligus Optimasi sehingga kinerja jauh lebih membaik dari versi sebelumnya.

ikon SMADAV Pro
SMADAV Pro
Free - Windows
File Code: SMADAV Pro.exe

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama antivirus SMADAV ini, karena kebanyakan orang di Indonesia menggunakan AV ini sebagai perangkat lunak pelindung komputer. Bisa dikatakan dari semua AV diatas, SMADAV hanya membutuhkan resource yang sangat sedikit, sehingga ringan untuk dijalankan.

Meskipun sebagai perangkat lunak keamanan, pihak SMADAV memberitahu bahwa aplikasi ini digunakan sebagai pihak ke 2 atau sebagai pelapis saja, artinya kamu membutukan antivirus lainya sebagai Main / Keamanan Utama.

Hal yang paling saya suka dari AV ini adalah mencegah dan menghapus virus pada flashdrive, dimana penularan virus sering terjadi pada perangkat penyimpanan micro seperti Flashdisk, SD Card dan yang lainya.

Karena buatan lokal, tentu SMADAV menanggapi keluhan warga lokal dalam masalah virus cepat tersebar melalui media penyimpanan micro, sangat cocok digunakan bagi pengguna Quick Transfer atau penyimpan cepat berpindah (anak warnet).

Bisa juga dikombinasikan dengan Windows Defender atau ESET Smart Security sebagai perlindungan utama / main protection, sekaligus terdapat fitur PRO yang dapat kamu nikmati ketika membeli produk lokal ini.

Konon katanya smadav hadir sebagai antivirus android, namun setelah diselidiki ternyata berita tersebut hanyalah HOAX atau berita palsu, jadi bagi temen temen ketika menemukan Antivirus Android yang bernama SMADAV kemungkinan itu bukan resmi dari pihak smadav.


6. Tips Pemasangan Antivirus Terbaik pada Komputer

Sebelum memasang antivirus terbaik untuk komputer perlu diketahui prosedur untuk cara pemasangan supaya tidak terjadi kontraksi / tabrakan antara aplikasi satu dengan yang lainya.

Memasang Antivirus memanglah baik untuk kemanan komputer, namun jika memasang terlalu banyak AV juga dapat berakibat buruk pada kinerja komputer, karena dapat membuat lambat.

Pastikan memasang antivirus tidak lebih dari 2, yakni 1 berperan sebagai main protection (perlindungan pertama) dan yang kedua sebagai pembantu scanning saja (secondary protection).

Sebagai contoh kamu bisa menggabungkan antara Windows Defender dengan SMADAV, atau juga bisa menggunakan ESET Internet Security dengan SMADAV.
5 Emulator Android Paling Ringan Untuk PC / Laptop (Komputer)
Pemasangan aplikasi perlindungan yang belebihan juga sangat buruk untuk komponen komputer dalam jangka panjang, bisa dikatakan justru memperpendek komponen seperti Hardisk dan CPU, karena jika banyak aplikasi yang berjalan komponen tersebut akan cepat panas.

Gunakan perlindungan yang secukupnya, usahakan satu saja cukup, seperti pendamping hidup, yakni cukup satu saja.

Oke mungkin itu saja ulasan mengenai antivirus terbaik dan ringan terbaru, sampai bertemu dikesempatan dan pembahasan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel