5 Emulator Android Paling Ringan Untuk PC / Laptop (Komputer)

Sedang mencari emulator android untuk bermain game atau membuka aplikasi? Pastinya ingin mendapatkan emulator yang ringan untuk pc atau laptop yang memiliki kompatibilitas tinggi. Namun spesifikasi pc atau laptop kentang (rendah) ? Tenang kami punya solusinya.

5 Emulator Android Paling Ringan Untuk PC / Laptop (Komputer)

Emulator Android adalah sebuah program library yang berfunsi untuk menjalankan android pada sebuah komputer, laptop atau perangkat tertentu, dengan bantuan emulator ini kamu bisa membuka atau menjalankan aplikasi termasuk game android pada perangkat yang kamu gunakan.

Namun untuk menjalankan emulator android ini dibutuhkan perangkat pendukung yang tinggi, karena akan memakan resource komponen seperti CPU, RAM, Hardisk yang tinggi untuk mendapatkan peforma yang baik.

Tapi kini tak perlu khawatir, karena sudah terdapat pengembang software emulator android yang mendesain struktur sistem sedemikian rupa agar ringan pada saat diakses meskipun spesifikasi pc rendah.

Jadi tenang, kamu tetap bisa bermain game Mobile seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, AOV dan game mobile lainya pada komputer kamu tanpa membeli smartphone android.


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas 5 Emulator Android yang sangat ringan untuk dijalankan sekaligus memiliki kompatibilitas tinggi terhadap aplikasi dan game yang dijalankan.


Rekomendasi Emulator Android Paling Ringan dan Stabil

Android menjadi sistem operasi yang paling banyak digemari oleh banyak orang, karena banyak sekali pengembang game dan aplikasi mengembangkan produknya pada perangkat ini. Kebanyakan para gamer menggunakan sistem operasi android untuk bermain game.

Maka tidak heran juga banyak perusahaan yang membuat emulator android agar bisa memberikan pemecahan masalah atau solusi bagi orang yang tidak memiliki smartphone android agar bisa bermain game android pada komputer maupun laptop


1. MEmu - The best free android emulator PC ever

MEmu adalah sebuah aplikasi emulator android yang dikembangkan oleh developer yang bernama MICROVIRT. Aplikasi ini memiliki kecepatan dan kestabilan yang sangat tinggi (high compatibility) maka dari itu aplikasi ini sangat digemari, terutama untuk bermain game FPS.

ikon MEmu
MEmu
Free - Windows
File Code: MEmu.exe

Terdapat sebuah fitur yang sangat saya suka dari MEmu yakni fitur High FPS Locked yang dimana pada fitur ini berfungsi untuk mengunci agar FPS atau Frame per Second agar selalu tinggi, sehingga akan memberikan pergerakan yang halus atau Smooth.
10 Cara Mempercepat & Menstabilkan Koneksi Internet Download
Bagi kamu yang sangat maniak dengan Frame per Second, dengan menggunakan MEmu kamu bisa mendapatkan sensasi lock FPS sampai 120 FPS pastinya dengan FPS diatas 60 akan memberikan pergerakan yang sangat halus.

Hal lain yang menjadikan MEmu direkomendasikan adalah penggunakan RAM dan CPU tidak terlalu besar, sehingga tidak terlalu membebani kinerja dan resource yang ada pada perangkat komputer dan laptop.
 

2. NOX - Emulator Android

NOX atau BigNox kurang lebih sama seperti emulator android yang bernama MEmu, bisa dianggap bahwa mereka berdua ini adalah Rival terkait pengembangan emulator android. Karena sepengamatan saya ketika salah satu developer melakukan update sebuah fitur maka rivalnya ini juga memperbaharui fitur yang lebih banyak.

ikon NOX
NOX
Free - Windows
File Code: NOX.exe

Persaingan yang sangat cepat ini menjadikan aplikasi NOX sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin bermain sebuah video game pada komputer, karena NOX juga tergolong dengan emulator android yang sangat ringan untuk pc komputer dan juga laptop.

Namun beberapa hal yang sangat disayangkan untuk beberapa game seperti Rules of Survival, ketika menggunakan aplikasi NOX ini sering ngebug, pasalnya texture rumput pada game ROS suka menghilang, meskipun ini menjadi keutungan pemain sih karena sama saja melakukan cheat atau kecurangan (no grass), jadi musuh yang sedang tiarap atau Prone akan terlihat.


3. Tencent Gaming Buddy

Bagi pemain PUBG Mobile dikomputer pasti tidak asing lagi dengan Tencent Gaming Buddy. Emulator yang didesain khusus oleh pihak Tencent sendiri dimana memberikan dukungan yang tinggi terhadap produk game yang dibuat oleh perusahaanya sendiri.

ikon Tencent Gaming Buddy
Tencent Gaming Buddy
Free - Windows
File Code: Tencent Gaming Buddy.exe

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa emulator ini menjadi emulator android ringan terbaik yang pernah ada, hanya saja masih sedikit aplikasi dan game yang didukung, mengingat TGB ini masih baru jadi masih banyak hal yang harus dikembangkan.

Untuk masalah pengalaman pengguna mungkin TGB ini menjadi yang terbaik karena ketika saya bermain PUBG Mobile peforma yang diberikan sangatlah ajib, bisa memberikan 60 FPS tanpa mengalami lag. Perbandingan menggunakan MEmu sangatlah jauh karena terkadang MEmu memberikan lag atau frame parah.


4. KOPlayer - EMU gratis terbaik untuk PC

KOPlayer adalah emulator android ringan yang didesain sedemikian rupa agar dapat menjalankan aplikasi dan game android pada perangkat Windows, memberikan fitur yang terfokus pada stabilitas, peforma yang tinggi, kompatibilitas, dan masih banyak lagi.

ikon KOPlayer
KOPlayer
Free - Windows
File Code: KOPlayer.exe

Kelebihan yang sangat terlihat pada aplikasi KOPlayer adalah multi-tasking yang sangat ringan, atau bagi kamu yang ingin menjalankan atau memainkan lebih dari 2 aplikasi sekaligus maka KOPlayer lah jawabanya.

Sangat cocok digunakan bagi kamu yang ingin bermain lebih dari 2 akun dalam game, karena dengan adanya multi-taksing kamu bisa membuka banyak sekali aplikasi atau game pada android sekaligus dan memainkan secara bersamaan.

Ya barang kali ingin melakukan GB poin dengan akun tumbal, dimana akun tumbal akan bermain weird atau lemah, seingga akun utama akan mendapatkan poin yang banyak. Fitur multi-taksing ini juga banyak digunakan oleh Player "nakal" untuk melakukan Team up.


5. Bluestack

Sebuah emulator android ringan yang mengingatkan saya pada jaman Clash of Clan, karena pada saat itu hanya emulator inilah yang paling tinggi stabilitas dan kompatibilitas. Namun pada jaman dahulu aplikasi Bluestack sangat membutuhkan resouce yang sangat tinggi sehingga ketika orang menggunakan aplikasi ini akan merasa LAG.

ikon Bluestack
Bluestack
Free - Windows
File Code: Bluestack.exe

Namun karena sudah dikembangkan oleh developer yang semakin antusias terhadap pengguna android dikomputer, membuat aplikasi ini berubah pesat, karena sekarang dapat dinikmati dengan ringan yang dapat dinikmati oleh pengguna pc dan komputer dengan spesifikasi kentang.

Mungkin semakin kedepan para pengembang emu ini akan terus ditingkatkan, sehingga kita para pengguna akan dinyamankan oleh fitur yang disediakan oleh setiap emu yang kita gunakan. Namun sangat amat disarankan untuk bermain game android pada tempatnya, dimaksudkan menggunakan atau membeli smartphone android saja.
Blogger? 11 Aplikasi Untuk Membantu Mengelola Blog di Android
Mengingat juga harga smartphone android yang semakin hari semakin murah dengan spesifikasi yang sangat tinggi membuat pengguna emu juga semakin menurun, karena bermain game dan aplikasi android paling enak yang di perangkat mobile atau smartphone.

Selain mudah dibawa, smartphne android juga memiliki kompatibilitas yang tinggi, hingga sangat jarang ketika bermain game kamu akan mendapatkan sebuah pesan error atau game mendadak rusak.


Manakah Emulator Android Yang Terbaik?

Jika dibandingkan atau disuruh memilih, saya lebih merekomendasikan untuk menggunakan MEmu dan Tencent Gaming Buddy, karena kedua emulator tersebut sangat ringan diakses dan juga memiliki kompatibilitas yang tinggi (stabil).

Namun sangat disayangkan untuk emulator Tencent Gaming Buddy sendiri saat ini masih perlu mendapatkan pengembangan yang lebih lanjut, karena beberapa aplikasi dan game tidak didukung ketika menggunakan aplikasi ini, atau bahasa simpelnya sering Force Close.

Terlepas dari itu semua TGB atau Tencent Gaming Buddy sangat direkomendasikan untuk bermain game FPS terutama untuk PUBG Mobile dan juga Free Fire dalam komputer, karena dengan bantuan emulator TGB ini, kamu akan disediakan pergerakan yang sangat smooth sekaligus gambar yang sangat bening / High Definition (HD)

Saya sendiri pernah membagikan bagaimana cara mensetting emulator Tencent Gaming Buddy terkait dengan bagaimana agar tidak lag saat bermain PUBG dan juga bagaimana cara mengantur Sensitivitas PUBG Mobile pada komputer agar tidak recoil, artikelnya bisa baca dibawah ini
Setting Terbaik Game PUBG Mobile di Tencent Game Buddy
Namun pastinya semua emulator android memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, mengingat didunia ini tidak ada yang sempurna namun terdapat yang memiliki peforma bagus. Kini tak perlu khawatir tentang kompatibilitas karena selaku pengembang pasti akan selalu memberikan pembaruan sistem agar aplikasi menjadi lebih baik lagi.

Kita selaku penikmat atau pengguna hanya perlu menunggu developer agar memberikan update yang dimana pada update tersebut akan meningkatkan kinerja pada sebuah emulator, dan pastinya bug yang ada akan dihilangkan.

Oke mungkin dari saya itu saja terkait emulator android yang paling ringan digunakan untuk komputer pc dan laptop, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad and keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel