Menerima Pembayaran Google AdSense Menggunakan DANA

Ternyata begini cara untuk menerima pembayaran Google AdSense menggunakan aplikasi DANA dan dompet online lainya seperti OVO dan Rekening Jenius mudah!

Menerima Pembayaran Google AdSense Menggunakan DANA

Sudah membuat akun AdSense tapi belum buat rekening tabungan? Tak perlu khawatir karena kebanyakan dompet online yang ada Di Indonesia sudah dilengkapi dengan teknologi Virtual Account.

Sedikit gambaran mengenai Virtual Account adalah akun rekening virtual yang dapat kita gunakan untuk menerima pembayaran dari rekening lain.

Biasanya e-wallet membuat nomor virtual rekening berdasarkan kode bank + nomor hp, yang dimana sangat mudah untuk kita ingat! Untuk mendapatkan akun virtual ini kamu tidak perlu datang ke bank untuk melakukan registrasi.

Cukup mengunduh aplikasi dompet online seperti OVO, GOPAY, DANA, LinkAja dan dengan otomatis kamu akan mendapatkan nomor rekening virtual secara gratis.


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk withdraw saldo Google AdSense ke aplikasi DANA terbaru!


Apa itu Aplikasi DANA

DANA adalah e-wallet atau dompet online yang bisa membantu pengguna dalam permasalahan finansial harian, seperti melakukan pembelian pulsa, listrik, membayar tagihan internet dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan DANA kamu juga bisa melakukan pembelian tiket di bioskop maupun melakukan pembayaran di merchant yang bekerja sama dengan dompet online ini.

Pada awal peluncuran banyak sekali promo dan cashback yang bisa kamu dapatkan pada pembelian produk tertentu, bahkan sampai saat ini juga masih banyak promo yang disediakan oleh pihak DANA.

Pada kesempatan sebelumnya saya juga pernah membahas bagaimana Cara Untuk Menerima Pembayaran Google AdSense Menggunakan OVO, namun dikarenakan kebijakan baru dari pihak OVO membuat cara itu tidak bekerja lagi (namun bagi pengguna lawas masih bisa menggunakan OVO untuk menerima pembayaran).


Cara Cairkan Pembayaran AdSense Melalui DANA

Sebelum menuju ke tutorial, pastikan akun DANA kamu sudah terverifikasi atau sudah ada pada level PREMIUM. Memang pada bedanya?

Jika akun DANA kamu belum terverifikasi maka:

  1. Jumlah saldo dibatasi sebanyak Rp.2,000,000 (dua juta rupiah).
  2. Tidak bisa melakukan Transfer ke Rekening lain.
  3. Tidak bisa melakukan Withdraw / Pencairan DANA.

Sedangkan jika akun kamu sudah PREMIUM maka:

  1. Jumlah batas saldo ditingkatkan maksimal Rp.10,000,000 (sepuluh juta rupiah).
  2. Bisa digunakan untuk Transfer ke Rekening Lain.
  3. Gratis biaya transfer 10 kali setiap bulanya (direset setiap tanggal 1).
  4. Bisa melakukan withdraw dan cashout ke uang tunai.

Untuk proses verifikasinya sendiri sangat mudah kok, hanya membutuhkan dokumen seperti:

  1. Foto Tanda Identitas (KTP, SIM, atau Paspor).
  2. Verifikasi Foto Wajah (selfie).
  3. Nomor telepon yang masih aktif.

Proses verifikasi biasanya membutuhkan waktu kurang dari satu hari (tergantung antrian). Bedasarkan pengalaman teman hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam.

Oke lanjut ke tutorial cara menambahkan dana ke pembayaran adsense.

Aplikasi Dompet Online DANA

Pertama unduh dan buka aplikasi DANA terlebih dahulu, kemudian pilih menu Top Up.

Opsi Rekening Topup DANA

Selanjutnya nanti kamu akan ditampilkan oleh beberapa bank yang tersedia untuk melakukan isi ulang saldo, sangat direkomendasikan untuk memilih Permata Bank, karena bank ini bisa digunakan untuk menerima dana dari segala bank yang ada.

Nomor Virtual Rekening DANA

Nantinya kamu akan dikasih nomor virtual rekening (VA) yang dapat kamu gunakan untuk mengisi formulir pembayaran pada AdSense. Salin nomor rekening tersebut dengan menekan Copy Code.

Pembayaran Google AdSense

Langkah selanjutnya adalah membuka akun Google AdSense dan langsung menuju ke Menu Pembayaran (seperti gambar diatas).

Mengelola Metode Pembayaran AdSense

Untuk menambahkan rekening kamu hanya perlu untuk menekan Kelola Metode Pembayaran.

Menambahkan Metode Pembayaran

Dilanjut memilih opsi Tambahkan Metode Pembayaran.

Informasi Rekening Untuk Mencairkan DANA Adsense

Nantinya kamu akan diminta untuk mengisi sebuah formulir informasi mengenai rekening bank yang kamu gunakan

Nama Pada Rekening Bank: Masukan nama yang sama seperti nama akun / pemilik akun DANA.
Bank: Jika kamu memilih bank permata maka pilih opsi pada BANK PERMATA.
Nomor Rekening: Masukan nomor virtual rekening (virtual account) yang telah kamu copy / salin tadi.

Menetapkan Sebagai Metode Pembayaran Utama

Jika pada akun Google AdSense kamu terdapat lebih dari satu rekening untuk menerima pembayaran, pastikan kamu memberikan tanda centang / checklist pada Tetapkan sebagai metode pembayaran utama.

Dan untuk mengirim formulir tersebut silahkan klik SIMPAN.

Proses verifikasi rekening AdSense

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah Menunggu kiriman uang dari Google untuk melakukan verifikasi kurang lebih membutuhkan waktu selama satu sampai dua hari, klik OKE untuk menghilangkan pesan.

Oh iya agar tidak bingung, usahakan untuk tidak menggunakan aplikasi DANA untuk melakukan transaksi selama proses verifikasi ya, agar mudah untuk melihat histori transaksi.

Kode verifikasi telah sampai ke Rekening DANA

Buka Histori transaksi pada aplikasi DANA secara berkala, jika menemukan transaksi topup yang memiliki nominal kurang dari Rp.1,000 silahkan buka detail transaksi tersebut.

Pada gambar diatas terlihat Google AdSense telah mengirimkan uang untuk melakukan verifikasi sebesar Rp.472 perak melalui Bank Permata (sesuai dengan bank yang dipilih ya).

Ketika sudah mendapatkan kode verifikasi langkah selanjutnya adalah memberikan konfirmasi pembayaran kepada pihak AdSense, caranya sebagai berikut.

Notifikasi Untuk Melakukan Verifikasi Pembayaran

Buka akun Google AdSense dan langsung menuju ke menu Pembayaran (silahkan simak tutorial diatas jika bingung menuju ke menu pembayaran).

Kemudian nanti akan muncul sebuah notifikasi kurang lebih sama seperti gambar diatas, Klik pada notifikasi tersebut untuk melakukan verifikasi.

Verifikasi Rekening AdSense

Masukan dengan jumlah nominal pengiriman yang dilakukan oleh Google AdSense sesuai dengan nominal uang yang kamu terima, dikasus saya menerima kiriman sebesar Rp.472 perak, maka saya memasukan angka Rp.472 pada kolom Pilih Jumlah.

Jika sudah merasa yakin silahkan klik Verifikasi untuk melakukan pengecekan.

Proses Verifikasi Berhasil Dilakukan
Rekening kamu berhasil ditambahkan ketika mendapatkan notifikasi seperti gambar diatas, yang kurang lebih memiliki pesan Rekening bank yyyy Anda siap untuk digunakan.

Klik OKE untuk menghilangkan notifikasi tersebut, dan saat ini kamu telah berhasil menambahkan rekening dan bisa menggunakan dompet DANA untuk menerima pembayaran Google AdSense.

Untuk pembahasan seputar tanggal penerimaan pembayaran ataupun mengenai fitur AdSense bisa menyimak pada pembahasan paling bawah yah.


Kelebihan dan Kekurangan Dompet Online DANA

Serasa ada yang kurang jika tidak sekalian mengulas kelebihan dan kekurangan tentang dompet online yang bernama DANA ini, khususnya jika digunakan untuk withdraw balance AdSense.

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan dompet online ini untung jangka panjang maupun jangka pendek.

Kelebihan Aplikasi DANA:

  1. Sistem keamanan setara dengan keamanan level bank.
  2. Terdapat gratis transfer ke beda rekening sebanyak 10 kali setiap bulanya.
  3. Proses pengiriman uang ke rekening lain instan.
  4. Tidak dikenakan biaya bulanan.
  5. Bisa digunakan untuk membeli pulsa, voucher, maupun produk lainya.

Kekurangan Aplikasi DANA:

  1. Maksimal saldo dalam akun DANA adalah Rp.10,000,000 (sepuluh juta).
  2. Tidak bisa melakukan tarik tunai secara langsung (secara cash).
  3. Tidak terdapat informasi mengenai nama pengirim uang. 

Yang saya sebutkan diatas mungkin hanya beberapa kelebihan dan kekuranganya saja, karena saya disini menekankan dalam penggunaan pembayaran AdSense saja.

Jika dilihat berdasarkan data diatas sangat tidak direkomendasikan menggunakan DANA bagi publisher AdSense yang memiliki penghasilan lebih dari 10juta setiap bulanya (karena nantinya akan terkena limit).

Saya sendiri TIDAK menggunakan DANA untuk masalah AdSense, saya menggunakan aplikasi ini hanya untuk membeli pulsa, melakukan pembelian tiket, maupun menikmati biaya transfer gratis ke rekening lain

Bagi kamu yang sudah memiliki penghasilan besar, sangat disarankan juga untuk membuat rekening tabungan saja. Males ke bank? Tak perlu khawatir karena saat ini membuat rekening bisa melalui internet atau secara online.

Kamu bisa menggunakan Jenius – Buka Rekening Tabungan Online Tanpa Biaya! Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan tentang bagaimana dan tata cara pembuatan rekening secara online.

Jenius juga tidak mengenakan biaya bulanan kepada nasabah, dan Jenius sangat direkomendasikan untuk digunakan menerima pembayaran dari Google AdSense.

Untuk tata cara menghubungkan Jenius ke AdSense mungkin akan saya bahas pada kesempatan selanjutnya saja lah ya, jadi terus pantengin blog ini saja.


Pembahasan Google AdSense Pemula Bahasa Indonesia

Bagi kamu yang baru saja terjun ke dunia marketing dan masih awam dalam penggunaan produk Google AdSense, saya juga sudah menyediakan artikel dengan pembahasan seputar AdSense yang bisa kamu baca pada:

  1. Pembahasan Tentang Google AdSense, Panduan Untuk Pemula!
  2. Cara Membuat Blog – Panduan Lengkap Untuk Blogger Pemula

Kedua artikel tersebut saya buat dengan harapan supaya para konten kreator Di Indonesia bisa mencari pendapatan melalui platform monetisasi. Tidak perlu mengeluarkan modal besar agar dapat menghasilkan uang dari internet.

Oh iya Google AdSense akan melakukan pengecekan pembayaran setiap tanggal 21 (setiap bulanya) dan publisher atau kita akan menerima uang pada tanggal 22-25 (biasanya tanggal 22 kok).

Pasalnya kamu bisa menggunakan produk Google yang bernama Blogger untuk membuat sebuah blog, atau jika kamu lebih suka ke bentuk visual seperti video bisa menggunakan platform YouTube untuk mendapatkan penghasilan.

Tentu untuk meraih itu semua dibutuhkan usaha dan kosistensi yang tinggi, jadi tetaplah berusaha agar dapat menggapai apa yang diinginkan yah..

Oke mungkin itu saja pembahasan tentang bagaimana cara mencairkan saldo Google AdSense lewat aplikasi DANA, sampai bertemu dikesempatan selanjutnya, stay kerad adn keep kalem, akhir kata sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Tukar Pulsa Jadi Uang

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel